Merawat Bayi yang Benar

13:35:00

Merawat bayi itu ternyata tidak mudah, apalagi bagi seorang ibu baru yang baru melahirkan pertama kali seperti aku. Sama sekali belum punya pengalaman, terkadang bingung mesti melakukan apa, takut bayi kenapa-napa. Diminggu-minggu pertama punya baby aku dan suami suka cemas,apa lagi kami sudah lama menantikan kehadiran buah hati.

 Melihat anak sering cegukan, bingung bagaimana menghentikannya, anak gumoh dan muntah selesai menyusu stress minta ampun, apalagi waktu itu pernah sampai keluar dari hidung..aku sampai nangis takut Hamid gak bisa bernafas. ya ampun.... pokoknya sering shock deh... dengan keadian-kejadian kecil seperti itu.

Terkadang kami bertanya pada kakak, ibu dan saudara lain tapi jawaban tidak memuaskan dan tidak rasional. Anak cegukan bearti dia membesarkan badan, anak gumoh bearti nyiram badan biar bersih. Terus kalau bayi habis minum susu harus diberi air putih.
 Tentu kami tidak serta merta percaya dan menuruti saran tersebut. Sebagai orang tua kami ingin Hamid tumbuh sehat dengan cara yang benar. Tak jarang kami meggali informasi dari internet tentu dengan banyak sumber. Ternyata cegukan pada bayi karena rongga pernafasannya belum sempurna, dan anak gumoh itu bisa di hindari misalnya dengan menggendong bayi di pundak agar bersendawa setelah minum susu. Dan air putih untuk bayi enam bulan kebawah itu ternyata tidak boleh dan belum boleh diberi makanan apa pun selain susu.

 Ternyata banyak mitos yang berkembang di masyarakat yang sebagian besar tidak benar. Kita sebagai orang tua harus pintar memilah-milah saran yang diberikan oleh “senior” . kita harus cari kebenarannya. Pokoknya jangan percaya “katanya-katanya” bagaimanapun perawatan anak harus optimal terutama usia menjelang  tiga tahun yang masih rentan dengan berbagai penyakit. Sebagai orang tua kita perlu Panduan Cara Merawat dan Mendidik Bayi umur 0-3th yang benar. Agar tidak salah mengambil tindakan dalam merawat bayi..begitu juga soal pendidikannya, mereka bagai kertas putih yang masih bersih tanpa coretan, mereka akan menjadi sesuatu seuai yang kita tuangkan..apakah sebuah tulisan indah ataukah hanya coretan-coretan yang tak bermakna.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

8 komentar

  1. Memang sih Mak, banyak mitos seputar merawat bayi, seperti halnya banyaknya mitos mengenai ibu hamil. Dan kita harus pandai2 memilah2 :)

    Tapi kalau mengenai pemberian air minum, saya sesekali memberikan air putih pada bayi-bayi saya sewaktu masih ASI eksklusif. Hal ini saya lakukan supaya sisa ASInya tidak nempel di lidah. Kalau tidak minum air putih atau lupa dibersihkan, sering ada sisa-sisa ASI yang nempel di lidah dan numpuk di situ. Kalau menebal, menjadi masalah baru lagi :)

    *Sekadar sharing, Mak :)*

    ReplyDelete
  2. Iya mbak, memang banyak khawatirnya ya, sebagai new mom ;) Mudah2an semuanya berjalan lancar ya, mbak.. aamiin.

    ReplyDelete
  3. kepada semburat senja...
    masihkah ingat lanjutannya?

    ReplyDelete
  4. Meski merawat bayi tidak mudah, tapi rasa cinta dan tanggung jawab yang besar, yang tidak mudah itu dapat diatasi dengan baik. Termasuk dengan cara terus mempelajari ilmunya, baik melalui buku, bertanya senior, maupun mohon kemudahan kepada-Nya. Begitu ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  5. merawat bayi tidak mudah dan cenderung sulit tapi itu dapat menjadikan pengalaman untuk orang tua dalam mengurus bayi

    ReplyDelete
  6. Berkunjung lagi kemari, hehe... boleh kan, Mbak :)
    Artikel ini tentu tidak hanya bermanfaat bagi ibu sang bayi, tapi juga ayahnya.

    ReplyDelete
  7. Sip banged artikelnya mba.. Saya mencoba merawat ponak'an tapi ndak sukses. malah slalu bikin dia nangis terus :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan gak sukses tapi kurang belajar aja :) coba lebih banyak cari informasi hehe

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA