BERBAGI MENU BANCAKAN

09:53:00

bancakan
Bancakan dengan menu sayur gudangan, ikan asin , telur, ayam goreng, dan kerupuk
Waktu kecil aku sering makan among-among atau bancakan , menunya biasanya urab atau  gudangan ada telur dan ikan asin. Seingatku acara ini diadakan kalau ada lahiran adek bayi atau  mengingat hari lahir. Kadang juga acara selamatan atau syukuran setelah habis sakit.

Tanpa undangan sebelumnya, jadi anak-anak sekitar rumah dipanggil ngumpul  gitu aja... bahkan yang sedang main dilapangan juga. Ga perlu pake baju bagus atau nyiapin kado apa pun, terus  kami diberi nasi dan lauk pauk yang dibungkus dengan daun pisang. Boleh makan ditempat juga boleh dibawa pulang.

Kalau sekarang lebih simpel, biasanya  yang punya hajat udah membungkusnya dalam kotak makanan, atau cup plastik,  terus langsung diantar kerumah tetangga -tetangga dan mengatakan ini bancakannya si A, yang lagi Ulang tahun atau alasan lainnya.Tradisi ini terkadang dilakukan tak hanya oleh para Pujakesuma :D alias putra/putri jawa kelahiran sumatra. Tapi juga oleh suku melayu dan minang. Ya... mungkin menu gudangannya itu enak..jadi banyak yang suka.

Miasalnya untuk memperingati hari lahir, dari pada ngadain acara ulang tahun , pakai ngundang, bikin kue dan tiup lilin, banyak yang bilang udah diamong-amongin aja... bagi-bagi rejeki , semoga makin sehat dll.
 among-among
Beberapa waktu lalu Hamid habis sakit, kok jadi kepikiran   pengen ngadain bancakan juga.
Aku ngadain ini murni ingin berbagi, gak ..ada maksud lain , Sayur tak mesti tujuh macam tanpa bubur merah atau putih, tanpa peduli weton dll. Karena setelah  acara dilakukan kok aku nemuin situs yang rada seram , disitu diterangkan kalo bancakan ditujukan buat "pemomong bayi", la..yg momong bayi kan kita.... siapa yang dimaksud? ntahlah... aku jadi takut kalo ini sebuah kesyirikan.

Tapi bagiku semua tergantung Niat. Niat karena Allah, tujuan hanya ingin bersyukur dengan cara berbagi dengan menu tersebut. Toh..sedekah tak tergantung menu, waktu, dan harus ini itu. Wallahualam.
Keluarga dekatku sering mengadakan ini, aku tidak tahu apakah tujuan mereka lurus ingin berbagi atau terikat pada ritual-ritual seperti dikatakan situs tersebut. Tapi sepengetahuanku  biasanya mereka membungkus menu tersebut  dan membagikannya pada anak-anak, tak pernah melihat mereka  membuat ritual-ritual lainnya. Mungkin tradisi ini terbawa dari kakek -nenek moyang dahulu yang berasal dari daerah jawa. Hmm.... sepertinya termasuk aku disini he2.... menu sama tapi niat  harus beda donk.

Bagaimana di tempat lain selain pulau jawa adakah bancakan ini dilakukan?

O, iya... kalau teman-teman baca ini n bilang.." kok aku ga kebagian ya...?" he2, maaf karena aku cuma bikin sedikit untuk anak-anak tetangga dekat rumah aja.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

17 komentar

  1. Menunyaaa enak bangeeet nih mba.. Aku sering denger bancaan tapi di jakarta udah gg ada.. Apa lagi di sini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya..iyalah mba...masa di Luar Negri Ada bancakan he2... klo mau gudangan bikin sendiri.... biar tetangga disana kenal makanan kita..hahhaah

      Delete
  2. Replies
    1. sekarang...udah jarang pake daun... lebih enak simple pake besek,
      ni aku kebetulan di rumah ada pohon pisang jadi dimanfaatin aja..he2

      Delete
  3. Sodaraku byk, klo dpt nasi bancaan suka rebutan hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya jarang-jarang menunya begini... dan sedikit pula...jadi seru kalo makan rebutan mba.. :)

      Delete
  4. biasanya kalau tumpengan gini, alias bancaan mah didesaku kalau lauknya daging ayam rebutan semua pada

    ReplyDelete
    Replies
    1. ditempatku... kadang ga pake ayam..suka rebutan juga.... , ga tau ya...kloo rebutan gitu bawaan jadi happy.. :)

      Delete
  5. Betul sekali, jaman dulu pas ada bancakan tinggal manggil anak-anak yang sedang bermain di sekitar rumah begitu saja. Lalu datang rame-rame dan berkumpul, lalu dibagi deh bancakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya...ustad..
      waktu dulu masih anak-anak..klo dengar ada yang mau bancakan...mainnya ga jauh-jauh dari rumah yang ngadain acara...hahahahah..., masih kecil udah modus..gitu..., jadi klo dipanggil bisa lsg ngekor ma teman2 yg lain...

      Delete
  6. kurang sambel trasi mbakk hehe..
    btw, sayur gudangan kalo di tempatku disebut urap

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah...klo didaerah ku jarang ..malah ga pernah dikasi sambel ..., beda daerah beda kebiasaan..

      Delete
  7. Selamatan ya mba kalo dilingkungan aku biasanya pakai besek atau kotak gitu hihi terus isinya nasi uduk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nasi uduk...enak ya....., kalo di daerah ku ya..nasi urab... gini... , kadang pake daun kadang ya dibesekin juga..

      Delete
  8. Kalau ibarat tamu kan kurang baik kalau enggak dikasih..
    ini saya bertamu ke blognya mbak dikasih jajanannya enggak nih :p wkwkwkwkw

    ReplyDelete
  9. Wah jadi inget emak di rumah. Beliau itu ga pernah lupa buat bancaan tiap hari lahirku atau sodaraku. Bahkan sampai segede ini aku masih suka suasana bancaan :D

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA