Ikut Andil menyebarluaskan

15:16:00

www.novanovili.com
Jempol mesti bijak , untuk ikut menyebarluaskan suatu berita, yang kita pun belum tahu kebenarannya
Beberapa waktu lalu aku mendapat pesan singkat di facebook ku:
“Pagi kak..” akrab sekali , seperti kenal dekat. Tapi aku sama-sekali gak familiar dengan nama yang tercantum. Sebelum membalas pesan itu aku coba lihat profilenya…
Degh. Ya Tuhan… foto profilenya itu loh, masa dia memasang foto polos nya alias tanpa busana setengah badan, dan maaf… PD nya terpampang nyata…, eits….. ga usah dibayangin ya.. (ini mah nyuruh tau..  hehehehe..)

Skip…
 lanjut ya..

Karena aku penasaran… maka kuliat foto-fotonya yang lain…ternyata ada beberapa foto serupa, yang sangat Haram dipajang di media seperti ini dimana semua mata bisa liar ..melihatnya. aku coba bandingkan dengan foto dia  yang berhijab, sangat mirip..dan sama. Aku yakin ini bukan editan, lagian tu di foto bukan artis, siapa juga yang meluangkan waktu buat nyari tubuh n kepala yang beda, kurang kerjaan banget.
Ini memalukan, di profilenya tertulis pula pernah bersekolah di XXX ga tega rasanya seseorang seperti dia , ngaku-ngaku jadi alumni sekolah XXX. Aku bales pesannya..sembari nanya… Nama asli kamu siapa, kamu benar pernah sekolah di XXX , angkatan tahun berapa?hmmm..teman-teman seangkatan kamu siapa aja, mungkin kakak..lupa?

Aish…bukannya menjawab pertanyaan..malah menerangkan silsilah keluarganya, masa Kakak lupa aku kan A anak si anu, mantan istri si anu, keponakan si anu. Lah…. Mana aku kenal. Langsung aja aku todong..
“ Kamu laki-laki kan.. kamu hack akunt A, hapus foto-foto..itu, kasian tau….” Jawaban ku terima juga ga nyambung. Ya ..udah…. aku tutup aja jendela pesan.

Aku masih gak rela nama sekolah XXX tercantum disana. Ku lihat ada 13 teman yang sama, ingin sekali aku bertanya dengan mereka siapa si A ini. Tapi…. Hati kecil  melarang, jangan-jangan mereka yang ku Tanya belum tahu tentang foto –foto ini, dan belum pernah lihat. Jika  aku nanya dan membuat mereka  penasaran dan pasti melihat foto ini. Ini sama saja aku ikut menyebarkan luaskan foto tersebut, menyebarluaskan aib. Bukankah  itu gak boleh?!. Akhirnya ku urungkan niat tersebut. Beberapa jam kemudian aku cek lagi profilenya,Alhamdulilah semua foto sudah dihapus.

Selang beberapa hari kemudian  foto tersebut diapload lagi dan memenuhi berandaku. Kali ini lebih  banyak dari sebelumnya. Aku kembali mengingatkan agar menghapus foto, ternyata dia nantangin aku . Masa pict Pin BBM ku di FB , dia  tag namanya…  itu bearti membuat pin ku terpajang di FB nya dia. Langsung ku blokir tuh dia.

Tapi ternyata yang melihat itu tak hanya aku. Dari 13 Teman tersebut ada salah satu membuat status begini kira-kira :
“ Memalukan alumni XXX  tanpa malu memajang foto bla..bla..”

Aku kemudian Tanya (dasar mak-mak kepo hi2), tentu tanpa sebut nama… ternyata benar dia alumni XXX…yang katanya  sudah cerai dan menjadi PSK . Aku ga percaya sih…. Masa jadi PSK terang-terangan gitu. Tanpa malu memajang foto yang di sana juga ada foto orang tua dan keluarganya..anak-anaknya juga. Gak butuh waktu lama komentar dan like bejibun, dan pake keceplosan tuh jempol main ketik nama. Jadilah tu akunt SI A buruan banyak orang.  

Ini ga bisa di biarkan, langsung aku kirim pesan sama  adek yang bikin status… menyarankan agar dihapus saja. Karena semakin banyak yang penasaran semakin banyak yang melihat. Takut tanpa sengaja kita bisa jadi ikut andil menyebarkan aib itu. Dan bisa saja  ada orang jahat ikut ngesave picturenya dan menyebarkannya pula. Padahal semua belum jelas.Memang benar asli foto dia, tapi belum tentu dia yang apload, mungkin ada orang jahat yang menguasai FB nya. Kesalahannya Cuma satu kok ya mau di foto dengan pose tersebut,Alhamdulilah Adek faham dan menghapus status nya. Makasih Ya Dek…
----
Ada  yang dapat ku petik  dari kejadian ini.
1.       Jangan berfoto dengan pose erotis, seksi, ntah itu selfie atau difotoin suami   atau siapapun, oke deh itu koleksi pribadi. Tapi kita gak jamin, naudzubillah minzalik kalau sampai cerai terus dia dendam n menyebarkan semua. Atau Hp hilang dan diketemukan sama orang gak bertanggung jawab, wah..bisa berabe.
2.       Jangan membuat status tentang sesuatu yang kita juga gak faham, bahkan gak tahu. Takut justru kita tertuduh pencetus utama menyebarkan fitnah.
3.       Di Medsos sangat banyak berita yang berbau SARA, Fornografi, Provokasi kita harus bijak menggunakan jempol buat ikut ngeshare, atau ngelike. Toh kita ga tau pasti itu berita benar atau tidak. Jaman sekarang yang baik bisa kelihatan jahat yang jahat juga bisa keliatan sangat baik. Jangan sampai Jempol  yang seharusnya terangkat untuk menyatakan kebaikan lah..justru menjerumuskan kita  ke jurang neraka…
-------
#SelfReminder





Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

6 komentar

  1. Jadi emang di hack ya mak FB nya, trus fotonya beneran poto dia?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yakin fbnya di hack. Tapi dari komentar status teman..itu banyak yg yakin dia apload sendiri. Msa iya...sih? Emang ga punya malu apa.. *wallahualam

      Delete
  2. mengerikan ya, Mak...memang harus lebih bijak lagi menggunakan medsos

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak... kita mesti hati2, kdang yg tukang share tertuduh..yg membuat foto..malah lenyap..

      Delete
  3. waduh,
    mgkin doi lg khilaf kali y mbk, jd masang foto2 gt, atau mgkin jg dibajak, wallohua'lam..
    ngemedsos memang harus bener2 bijak dah yak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tau...deh mba... smga aja ga gitu...wallahualam

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA