WASPADA DAN CURIGA KETIKA NYAMAN DAN AMAN (DIRASA) TAK LAGI ADA

05:18:00



Ruang aman bagi anak

Curiga dan Waspada itu beda tipis. Karena kita Curiga maka kita waspada, karena waspada  bawaan jadi curiga. Benar ga sih…?
Hidup dicurigai emang gak enak. Tapi keadaan menuntut kita untuk selalu waspada dimana pun kita berada. Contohnya didalam  angkot atau taransportasi umum , kita selalu waspada jangan-jangan  diantara penumpang ada pencopet, penjambret, penodong, maka kita berhati-hati. Ya…. Mungkin juga kita dicurigai oleh yang lain…
“haaaa…. Aku pencopet ya..nggaklah…!!!!”
Itukan kata kita, orang mah gak tau apakah kita jujur atau nggaknya.
Kenapa jadi curigaan gini ya.
Seperti yang aku bilang sebelumnya, saling mencurigai itu gak enak, tapi keadaan memaksa kita harus waspada, tapi bukan bearti menuduh.
Akhir-akhir ini banyak pristiwa perlakuan kekerasan terhadap anak . Terakhir yang masih hot adalah peristiwa pembunuhan anak SD usia 9 tahun di Jakarta Barat. Hal ini banyak menimbulkan kekhawatiran terhadap orang tua, yang biasanya tidak pernah mengantar dan menjemput anak , sekarang meluangkan waktunya untuk itu.  Karena khawatir kejadian serupa menimpa anak mereka. Anak-anak diwanti-wanti agar berhati-hati terhadap orang asing.
Kekerasan kepada anak sebenarnya tak hanya dilakukan oleh orang asing. Terkadang justru dilakukan oleh orang-orang terdekat. Ntah itu tetangga, saudara, om, teman,  bahkan orang tua sendiri. Kekerasan Fisik misalnya pemukulan, cepat diketahui orang sekitar dan biasanya segera  dilaporkan oleh masyarakat setempat ke pihak yang berwenang.
Yang paling mengerikan bagi ku adalah kekerasan dalam bentuk pelecehan seksual pada anak, baik pemerkosaan ataupun sodomi. Biasanya peristiwa ini telah berlangsung lama , bahkan tahunan dan telah banyak korban , baru kejadiannya terbongkar.  Pelecehan Seksual  tak hanya meyebabkan trauma fisik tapi juga psikis bahkan bisa menyebabkan anak-anak menderita dis orientasi seksual ketika dewasa, dan melakukan hal sama. Ah, rasanya tak termaafkan untuk pelakunya.
Baik kembali kepada Curiga
Kalau dulu orang tua seenaknya menitipkan anak ketetangga , jika ingin kepasar atau jika ada keperluan sebentar. Sekarang jadi takut jangan-jangan anak aku diapa-apain, atau jangan-jangan ART dirumah juga gitu.
 Disekolah ? “ Kamu hati-hati ya nak, jangan dekat-dekat pak guru loh,  atau hati-hati dengan pak satpam disekolah, kalau mau ke kamar kecil ajak teman”atau
“ Nak..disekolah kamu pernah disentuh-sentuh pak guru ga…?”

Guru dan Pak satpam adalah orang tua disekolah, yang seharusnya tempat pelindung dan memberikan rasa aman pada anak. Justru menjadi orang pertama yang dicurigai yang mungkin ngapa-ngapain anak. Ditempat Les, juga begitu. Hampir disegala ruang membuat anak waspada dan curiga.
Bahkan dirumah sendiri.
“ Dek..kamu kan udah gede, jangan  sembarangan  masuk kamar abang ya..” abang sendiri loh..
“ Nak.. kalau ibu gak dirumah, Pintu kamar kunci rapat ya, kalau perlu jangan keluar dulu sebelum ibu pulang. Pada hal ada Suami dirumah. Ayah pun perlu diwaspadai?! Ya Allah…lantas siapa lagi yang dapat dipercaya dibumi ini. Jika Bapak kandung juga di waspadai ,yang seharusnya membela anak dunia dan akhirat.
Kenapa ini terjadi. Sebab banyak sekali peristiwa ayah kandung menodai anaknya hingga hamil. Dan seenaknya mengatakan itu khilaf.  Jika bapak kandung saja diwaspadai apalagi orang lain.Lantas dimana tempat yang aman dan nyaman bagi anak-anak?
Terkadang nggak habis pikir dengan segala pristiwa yang terjadi. Jika sudah kejadian, gak bisa menyalahkan siapa-siapa , karena akan terlalu banyak yang akan dipersalahkan. Mulai dari kelalaian orang tua, guru, bahkan teknologi pun ikut andil karena salah dalam memanfaatkannya. Dan biasanya  Lebih Fokus kepada penyelesaian dan penyembuhan fisik dan psikisnya.
Tapi Kewaspadaan itu wajib, waspada tak hanya mencurigai tapi lebih bertindak pada pencegahan dari diri sendiri. Misalnya:
1.       Berpakaian yang sopan untuk anak-anak perempuan , jangan pernah mengatakan “alah….bukan karena pakaian, emang dasar laki-laki aja yang bejat buktinya yang jilbabban aja ada yang dilecehkan” Nah. Kalau yang tertutup aja  berpeluang untuk dilecehkan apalagi yang buka-bukaan.
2.       Jangan memakai perhiasan, walaupun sedikit. Ya… bagi yang punya mungkin sedikit. Bagi yang butuh  dan jahat itu akan kelihatan sangat banyak
3.        Jangan memberi anak uang jajan yang berlebih. Ini berpeluang dia untuk dipalak oleh teman-temannya  atau orang luar.
4.       Jangan berhias. Terkadang ada anak SD yang udah pakai lipgloss pink, bedak tebel dan lainnya. Tentu akan membuka mata orang-orang yang berpikiran mesum.
5.       Berpakaian sederhana. Untuk kesekolah misalnya gunakan merk yang umum dipakai jangan yang  bermerk. Biasanya penjahat juga paham dengan merek merek tertentu misalnya jam tangan atau lainnya. Bisa ditandain loh..ini anak orang kaya, bisa saja berniat menculik.
Aduhhhh..kalau diturutin banyak banget ya…… Mungkin itu tak sepenuhnya  mencegah pristiwa kejahatan paling tidak kita meminimalisasi peluang terjadinya tindak kejahatan.
Hmm…tuh kan..??? jadi beneran curigaan aja bawaannya…
-------------


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

14 komentar

  1. iya, ngeri gt lihat kasus ksus kejahatan pd anak,na'udzubillah, smoga trhindar dr yg jahat2 bgitu, amin
    aku sndiri jg lg brusaha memberikan pemahaman kpd si kecil ken mak,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..mak.jadi parno kalo keponakan main jauh2...

      Delete
  2. bener banget karena waspada bawaan jadi curiga hehe...
    Memang ya sekarang kejahatan thd anak itu ngeri...Semoga kita semua dijauhkan dari hal demikian ya mba...Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin....
      miris banget..terlalu banyak kejahatan yg membahayakan anak..terutama kejahatan seksual...
      terimakasih kunjungannya... :)

      Delete
  3. Anak zaman sekarang pengawasannya harus ekstra ketat ya, bahkan konon katanya kekerasan pd anak kebanyakan dilakukan oleh ibu kandung sendiri. Miris yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengawasan wajib mak....
      terutama orang luar yang terlihat baik tanpa alasan terhadap anak-anak apalagi kaya bikin komunitas nggak jelas... bukan curiga tapi waspada....
      tuhkan..?

      Delete
  4. Ketika memiliki anak, rasa khawatir selalu ada, selain waspada tentunya banyak berdoa dan bertawakal kepada Allah, semoga Allah selalu melindungi anak kita dari segala bahaya. aamiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mak... selain waspada dan usaha.. tentunya harus dilengkapi dengan doa agar kita selalu dilindungiNya dari marabahaya...., karena tak kan terjadi sesuatu tanpa izin Nya
      aammiin..

      Delete
  5. Musuh dalam selimut, predator lah orang macam itu mah, emang sih kebanyakan orang sekarang malah terus memandang orang lain penuh rasa curiga padahal itu malah bisa menjadikan dosa dan bisa-bisa benar-benar terjadi.
    semoga saja kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Allah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mendekatkan diri kepada Allah agar terhindar dari Bahaya.

      Curiga dan waspada... itu boleh.. karena didasarkan kekhawatiran , cemas..sehingga berhati2, bukan justru buruk sangka..karena hati kita yng diliputi rasa benci dengki thdp seseorang sehingga kita selalu punya pikiran buruk..nah ini yang bikin dosa...

      terimakasih udah mampir....jngan lupa sering main2 kesini.

      Delete
  6. Kejahatan emang udah dimana-mana mbak -_- kita mesti jaga diri dan saudara supaya nggak kena kejahatan itu :'

    ReplyDelete
  7. Iya betul Mba..aduh mulai sekarang kita bawaannya curiga dan waspada ya.. semoga anak-anak perempuan kita terlindung dari segala hal yang tak diinginkan

    ReplyDelete
  8. Iya betul Mba..aduh mulai sekarang kita bawaannya curiga dan waspada ya.. semoga anak-anak perempuan kita terlindung dari segala hal yang tak diinginkan

    ReplyDelete
  9. HARUS HARUS HARUS banget waspada, dan selalu doakan anak-anak kita ya mak.

    ALLAH Maha Penjaga :)

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA