5 Hal yang harus dijaga saat musim hujan

13:18:00



Ntah mengapa musim hujan identik dengan musim penyakit, terutama sakit flu dan batuk. Sebenarnya  mungkin penyakit  itu timbul bukan karena  kesalahan si musim hujan itu sendiri, tapi cuma kitanya aja yang kurang menjaga kesehatan dan terlalu cuek dengan keadaan. Alasan kedua  ada musim yang mengiringi musim hujan ya…. yang musim-musiman deh, contohnya banjir musiman heheheh. 

Air hujan menggenang dimana-mana, sampah yang berserakan, lalat , nyamuk berkeliaran bebas, jika kita tidak menjaga lingkungan hal-hal tersebut menjadi sumber penyakit. Musim buah buahan di penghujung tahun dan bertepatan pada musim hujan  bisa menjadi sumber penyakit juga. Buah-buahan musiman dipenghujung tahun memang menggoda selera, karena adanya cuma waktu musim itu saja. Buah-buahan dipenghujung tahun itu adalah Durian, Rambutan, Manggis, Duku atau langsat, disusul buah mata kucing, ada yang belum tahu  buah mata kucing?. Kalo kita tanya sama mbah google, maka jawabannya adalah buah kelengkeng. Tapi kalau di daerah ku buah mata kucing beda dengan buah kelengkeng. Buah kelengkeng itu lebih besar dan dagingnya lebih tebal, sedangkan buah mata kucing itu lebih kecil, seukuran kelereng terkadang malah ada yg lebih kecil dan daging buahnya juga tipis  harganya kalaau lagi musim itu cuma 3000 rupiah perkilonya.

Kebayang donk…. Kalau lagi musim buah tapi gak bisa nahan selera, apa jadinya tubuh mengolah itu semua. Durian habis lima buah atau rambutan 2 kilogram sekali duduk, manggis lah…. aduh!, abis makan ya puyeng, sakit perut, diare, asam urat, kolesterol, batuk langsung menyerbu tiap aliran darah. Jadi ada baiknya kita menjaga kesehatan tubuh, jadi jangan tunggu alarm tubuh bunyi baru sadar kalo ada penyakit. 

Ada beberapa hal yang perlu kita jaga  pada saat-saat begini*tsaaahhh

1.       Jaga makanan. Ini wajib, buah-buahan memang sehat tapi jika dimakan tak beraturan alamat penyakit sukses mendarat cantik ditubuh. Musim hujan memang enak makan yang panas atau hangat, tapi gak mesti tiap hari juga kali makan bakso, mia ayam, atau mi rebus. Mending perbanyak makan buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk. Jika pengen yang anget-anget gak mesti gorengan atau mie rebus, mending bikin wedang jahe, kan lebih sehat. Jika perlu vitamin boleh dikonsumsi.
2.       Jaga Lingkungan. Biasanya musim hujan  banyak  nyamuk, lalat, sampah. Jadi luangkan buat bersih-bersih. Membuang yang membuat air tergenang plastik-plastik, kaleng-kaleng atau lainnya masih ingat 3 M kan? Menutup , Menguras, dan mengubur. Membuang dan mengubur yang membuat terkenang juga perlu, misalnya mantan. #Eh!
3.       Jaga  Pola tidur, ini penting jangan banyak begadang ataupu kebanyakan tidur. Kebanyakan tidur juga bikin sakit. Dingin-dingi hujan memang malas bangun pagi, enakan tidur, tapi bangun siang justru bikin badan pegel-pegel.
4.       Jaga ingatan. Maksudnya jangan lupa membawa hal-hal yang perlu dibawa saat bepergian. Terutama bagi yang kerja pulang pergi naik motor atau angkutan umum. Hujan bisa datang kapan saja. Jadi jangan lupa bawa baju hangat, payung, dan jas hujan. Hujan-hujanan emang enak.. tapi ntar kalau sakit , kalau gimana-gimana, gimannaa? Ya kan… mending kalau sakit nya sendiri kalau nular ke anak atau istri gimana? * untuk  mengucapkan kata gimana mohon dilebaykan…mulut sedikit lebar dan dagu..agak dipanjangkan kebawah…*# gimannnaa, bisa?*
5.       Jaga hati. Loh… kok hati dijaga. Ya iyalah… biasanya musim hujan juga di ikuti musim undangan pernikahan, alias musim kawin. Lebih baik bersabar dan tawakkal kepada Allah, semuanya indah pada waktunya. Jaga hati biar gak galau… galau juga penyakit loh..karena menyangkut kejiwaan juga  kaya si FOMO itu. Fomo? Siapa dia? Oh…. Itu Fomo Jomblo Ngenes   RT sebelah :D

*hahahhaaha…sedikit ikut kekinian ..dengan bawa-bawa  “Fomo” di post blog, twitter dan status Fb..kamu bakalan  ..dianggap modern, walau kamu ga pernah nulis #Berkahngeblog laaaaa..apa yang mau dibanggain lomba blog aja gwe ga pernah menang.*kesiiiiaaaaaan…-ipin upin) tapi mah..gue gak iri... orang sukses itu karena usaha nya lebih...nah sadar diri aja.... baca aja semua..dan ambil ilmunya.. fomo gak fomo ....ya itu bukan urusan saya,setuju!! ( yang setuju bearti senasib)

Nah..kembali ke fomo..eh ke laptop, jadi..menurutku minimal 5 hal diatas cukup buat kita lebih sehat, minimal  membuat kita tak mudah jatuh sakit   karena faktor cuaca. Semoga bermanfaat ya…


-----
Airmolek, 5 januari 2016
(hampir aja nulis 2015, contoh orang yg susah move on)
Mendung..menggantung…
Love rain….

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

12 komentar

  1. Anu mak, jaga perasaan karena kalau hujan suka sok2an liat ke luar trus galau~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hati dan perasaan...biasanya suka jalan bareng mak .... he2. Kalau salah satunya galau...yg lain ikutan juga...

      Delete
  2. Salam kenal Mak. Hahayy ... kasian musim hujan ya. Sering jadi kambing hitamkalau banyak yg sakit. Eh? Hujan kok kambing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..ya....padahal kambing ga suka hujan hujanan...

      Delete
  3. Wkwkwk, ada si fomo rupanya...
    Btw belum pernah nemuin buah mata kucing,baru dengar malah.

    ReplyDelete
  4. jaga ingatan nih kadang kurang dijaga
    habis kehujanan, jas hujan dijemur/diangin-angin eh besoknya lupa dibawa, eh hujan pula, ya sudah basah sekaliiii...
    hehehe
    salam kenal mbak nov :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo pas buru-buru..apalagi kalo udah mepet waktu dan telat..sering kelupaan..he2

      salam kenal kembali...

      Delete
  5. Wkwkwkwk point 5 lucu gitu sih mba :p

    ReplyDelete
  6. wah tips musim hujan, senag sih datang musim hujan secara cirbeon panas, tapi kalau kehujanan paling malas apalagi kalau hujannya deras, basah semua bajunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak..mandi hujan mak..., malesnya..sih takut aja demam..n nular ke anak..

      Delete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA