Mencegah Bayi Sembelit

13:51:00


Sebagai  salah satu tanda  sehat nya seseorang adalah  baiknya sistem  pencernaan yang ditandai lancarnya buang air besar setiap hari. Umumnya BAB dilakukan pada pagi hari namun semuanya itu  tergantung kondisi dan kebiasaan seseorang.  Jika memiliki kebiasaan BAB yang tidak teratur misalnya 3-4 hari sekali kemungkinan terkena sembelit atau konstipasi. Jika orang dewasa  yang mengalami sembelit  solusi sangat mudah, karena orang dewasa cepat tanggap dan banyak obat dan lainnya yang bisa dilakukan. Bagaimana jika ini terjadi pada bayi kita, bayi belum bisa mengeluh bercerita apa yang iya rasakan  dan hanya bisa menangis.

Pada usia 10 bulan bayi ku pernah kena sembelit, ketika BAB ia menangis dan mengeluarkan keringat menahan sakit pada anusnya karena BAB keras dan besar. Bahkan sempat mengeluarkan bercak darah dan  kami dengan memejamkan mata karena tidak tega memasukkan obat pencahar dari anus. Kemudian kami pun mencari cara bagaimana agar bayi tidak  lagi  terkena sembelit. Setelah browshing sana sini  ada beberapa tips yang bisa dilakukan orang tua agar bayi  tidak sembelit lagi.

1.                Memberikan cairan yang cukup.  Anak usia 10 bulan ternyata sudah dianjurkan minum air putih satu hari sekital setengah liter lebih. Tentu saja  tidak diberikan sekali gus tapi diangsur. Untuk memudahkannya kita sedia kan saja air putih dibotol atau teko air seukuran itu , dan kita berikan itu dari pagi sampai sore, cara ini hanya untuk mengetahui takaran air putih yng telah diminum.
2.                Memberikan susu formula yang cocok dengan takaran yang sesuai dan tidak kental, karena dapat menyebabkan anak sembelit.
3.               Memberikan buah atau jus , biasanya anak terutama bayi malas untuk minum air putih karena sudah terbiasa dengan air susu. Untuk menggantikan cairan itu kita bisa  memberikan jus buah papaya, melon, bisa juga jus wortel dan tomat.
4.             Memberikan makanan pendamping yang sesuai umur, usia 8 bulan keatas biasanya bayi sudah tumbuh gigi, ada baiknya diberi nasi tim yang  bertektur kasar dicampur dengan sayuran, misalnya sayur bening bayam atau sup . sayur berkuah diharapkan dapat menambah asupan cairan.


Jika usia bayi sudah sekitar satu tahun dan sulit makan terutama sayur dan buah kita  bisa memberinya VEGEBLEND 21 JUNIOR dan FRUIT 18 junior. Vegeblend 21 junior dan fruit 18 junior bukan obat tapi merupakan suplemen makanan bagi anak agar tercukupi kebutuhan vitamin harian mereka yang juga memberikan stamina yang kuat bagi anak sehingga tak mudah diserang penyakit.  Kandungan buah dan satur didalamnya membuat BAB mereka menjadi lancar.
agar bayi tidak sembelit
Vegeblend 21 Junior mengandung berbagai sayur alami dan serat alami untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak diantaranya brokoli, wortel, tomat, bit, bayam, ketimun, kubis Brussel, kol hijau, seledri, dll, juga mengandung Vitamin dan mineral  Asam askorbat , Kalsium karbonat , Bentonite  .yang semuanya dapat meningkatkan nafsu makan anak, mengoptimalkan  pertumbuhan anak. Vegeblend 21 junior tidak mengandung pengawet, pemanis buatan dan bahan kimia lainnya sehingga sangat bermanfaat dan tidak akan menimbulkan efek samping untuk penggunaan jangka panjang.

Fruit 18 Junior  mengandung 18 ekstrak buah-buahan  alami seperti jeruk papaya, lemon,pisang dan lainnya . mencukupi kebutuhan serat pada anak sehingga daya tahan tubuh anak terhadap penyakit semakin kuat dan memperlancar  BAB anak, untuk dosis dan kapan meminumnya bisa dilihat pada botol kemasannya.

Ekstrak suplemen ini dikemas dalam kapsul.  Bagi anak yang sulit menelan kapsul kita bisa membuka kapsul dan mencampur kannya kedalaman minuman atau makanan kesukaan anak seperti susu formula, jus, bubur bahkan es krim sehingga kita tidak mengalami kesulitan . untuk Vegeblen 21 junior warnanya agak kehijauan, jika dicampur pada susu akan merubah warna susu.
agar bayi tidak sembelit 
Keduanya dianjurkan untuk bayi usia satu tahun keatas, jadi jika anak kita masih  berusia 10 atau 11 bulan belum dianjurkan, jadi jangan ambil inisiatif sendiri dengan memberi separuhnya atau sebagian. Karena takut lambung dan system pencernaan bayi belum menerimanya takutnya malah membuat bayi sakit atau diare.

Sahabat blog pernah bayinya mengalami sembelit atau bagaimana cara mengatasinya, boleh share juga ya…

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

13 komentar

  1. Anak aku pernah sembelit Bund... udah 15 bulan tp sampai skrg blm berani ngasih suplemen makanan... ;(

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sembelit terus malah takut wasir mba.... karena sempat keliatan bercak darah... sekarang anak ku usia 14 bulan....
      tapi aku ngasih ga tiap hari.... seling2 gitu...

      Delete
  2. postingan bermanfaat. buat kelak kalau udah berkeluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelum berkeluarga..dianjurin buat ponakan..he2

      Delete
  3. Alhamdulillah anakku tidak pernah sembelit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anakku sempat sembelit mba... kalau dua hari aja ga bab.. pasti keras..., senang kalau anak bab nya lancar..

      Delete
  4. kadang kekurangtahuan ibu seperti bikin susu terlalu kental juga bisa ya mbak...makasi atas sharing tipsnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya..sih..pengenya bikin kental biar anak kenyang..n banyak vitamin yang masuk..nyatanya bikin babnya keras...

      Delete
  5. oo ini bisa untuk anak diatas setahun, saya kira 3 tahun ke atas baru boleh

    ReplyDelete
  6. biasanya anak-anak saya kasih jus wortel kalau sembelit. Alhamdulillah lancar :)

    ReplyDelete
  7. anak ku alhamdulilah belom pernah sembelit tapi boleh juga neh mak buat simpen di rumah buat jaga-jaga ;)

    ReplyDelete
  8. fitry waktu bayi BABnya lancar....sekarang gitu jg :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA