DARI BLOG SEORANG JURNALIS

15:08:00


DARI BLOG SEORANG JURNALIS
Ketika aku masuk dalam kelompok arisan link, hal yang pertama kali aku lakukan adalah mengunjungi  link-link alamat blog teman-teman arisan. Walaupun saat itu belum tahu skema  menjalankan arisan tapi gambarannya aku udah dapat, bahwa  siapapun yang menang akan  mendapatkan link menuju blognya.
Maksud dari kunjungan itu untuk sekedar  mengenal dan selanjutnya semakin sayang dan sering berkunjung #eeeea :D .
Diawal pengenalan itu aku mencoba baca-baca postingan mereka  dan aku sempatkan berkomentar. Disitu aku takjub bagai menemukan ilmu-ilmu baru dari mereka dan juga merasa “waw” banget ketika aku mengetahui latar belakang mereka, sampai terdetak dihati… nih patut dijadikan guru, caranya..berkunjung ke blog mereka lalau diam-diam mencuri ilmunya hahahahaaha.. #muriddurhaka.

Dalam perjalanan  mencari kitab suci itu akhirnya sampailah aku pada sebuah blog yang menurutku penampilannya sederhana , tidak banyak warna-warni, adem ayem, tenang, aku bagaikan terdampar pada pulau yang  sepi dari kasat mata. Kemudian aku mulai membaca beberapa postingannya. Bahasanya lugas, tegas, gak banyak embel-embel, titik komanya pas. Ah… ini blog beda banget dengan blog yang aku punya, satu paragraph aja..kadang belum ketemu tanda “titik”, koma yang berderet-deret. Hm…sepertinya  blog ini tak sesuai dengan tampak fisiknya aku curiga, siapa pemilik blog ini ya?. Kemudian aku mengalihkan pandangan (dari tadi emang pandangan kemana aja..seehhhhh…?) ke profile pemilik blog disitu tertulis :

 “Seorang Ummi, istri, jurnalis Kompas TV dan anggota Aliansi Jurnalis Independen (AJI). Sebelumnya bekerja di GATRA. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis”

Waw! Waw!, tuh..kaan.. pantas saja, ternyata pemiliknya adalah seorang wartawan dari media yang terkenal tegas dan lugas dalam beritanya pantas saja cara menulisnya juga keren banget.  Dan aku lihat dari archivenya bahwa siempunya blog udah mulai ngeblog sejak tahun 2007 dimana saat itu aku belum mengenal yang namanya Mozilla hahhaha… kampung banget deh. Namun ntah mengapa setelah tujuh tahun barulah muncul postingan-postingannya.

Tampilan Blog mba Alida yang sederhana, namun memiliki kontent yang tak sederhana ,
Blog siapa?
Ummi yang  seorang jurnalis itu adalah Rachmawati Alida Bahaweres, yang kerap disapa dengan panggilan ‘Alida’ atau ‘Lid’ . Blognya   yang memiliki bahasa yang lugas tegas itu beralamat di http://www.lidbahaweres.com, dengan  nama blog yang sesuai dengan namanya Rach Alida Bahaweres dengan tagline “Keabadian itu diperoleh dari menulis. Maka, menulislah ...”

Mba Alida sendiri memulai karir jurnalisnya sejak sejak duduk dibangku  kuliah dengan menjadi jurnalis freelance disebuah tabloid di Jawa Timur. Namun dengan alasan tertentu tabloid tempat mba Alida itu tutup , kemudian melanjutkan karirnya sebagai Kontibutor Gatra di Jawa Timur dengan wilayah liputan seluruh daerah Jawa Timur. Setelah 8 tahun di Gatra (2005-2013) kemudian ia pindah ke Kompas TV pada  saat ia melanjutkan studi S2 nya di jurusan kriminologi FISIP UI .

Keunggulan Blog
Blog nya enak dibaca  dengan alasan yang kuuraikan sebelumnya bahwa blog seorang jurnalis itu beda banget dengan blog seorang alay seperti aku.. :D. Tulisannya lebih simple, tegas, lugas gak banyak muter-muter. Bisa jadi tempat belajar bagaimana menulis  dengan paragraph yang baik.(ini menurut aku mungkin manteman punya penilaian sendiri)

Saran untuk Blog mba Alida
Biar pembaca lebih mudah mencari artikel ada baiknya menu navigasi ditambah sesuai labelnya, jadi dibawah tag line tidak Cuma “Beranda” tapi  ada label artikel yang dijadikan menu navigasi misalnya “keluarga”, “Kesehatan” dll. Terus agar scroll gak terlalu panjang kebawah mungkin menu arsip dan post populer dibuat lebih pendek.


Nah..buat teman-teman yang penasaran bisa langsung capcus ke blog mba Alida ya…. Bisa juga kepoin Twitter dan instagram di @lidbahaweres .

Sukses selalu buat mba Alida ...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

24 komentar

  1. ah.. iya aku juga ingat mbak Nova ini rajin bw sejak awal kita digrupkan ya....
    mudah2an dengan begini kita makin akrab,walau sementara masih terbatasi di kolom komentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu saat dipertemukan...:)

      Delete
  2. Terima kasih mba Nova tulisannya. Jadi malu dikomen baik. Hihii. Iya, mba ada yang saranin gitu juga untuk popular post populer dibuat lebih pendek tapi aku belum tahu caranya. Makasih ya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kembali mba alida... mohon maaf kalo ada yg kurang berkenan..he2

      Delete
  3. mau belajar dengan mbak Rach Alida Bahawares ah... beliaunya kenal dengan temanku yg kerja di Kompas TV juga nggak yaa... itu suaminya anchor Andini

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayukkk..kepoin langsung mba alida..nya.. :)

      Delete
  4. nanti aku mampir ke blog Mbak rach :)

    ReplyDelete
  5. beberapa kali mampir ke blog Mba Alida, setuju sama apa yang dikatakan sama Mba Nova, bahasanya lugas dan to the poit :)

    ReplyDelete
  6. Blognya memang bagus, tampilan maupun kontennya
    Blogmu juga apik
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete
  7. Setuju dengan apa yang dicakap. Harap blog boleh tulis dengan banyak artikel yang manfaat untuk I baca.

    ReplyDelete
  8. Aku suka di-bw-in sama mba alida. Baik bangeeet orangnua :)

    ReplyDelete
  9. Blog mba Alida emang kece banget, suka BW soalnya. Dan di BWin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapa pun itu aku seneng banget klo di bw in... apalagi bw bw an.. he2

      Delete
  10. Nah kan, iya setuju. Bisa belajar bnyak di kelompok I. Dari Mba Alida suka banget dgn ketangguhannya. Hihi....

    ReplyDelete
  11. Senang bisa mengenal mba Alida walau tak pernah bertemu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. selalu senang ketika mendapat teman baru..ntah siapa itu...

      Delete
  12. Mbak Alida memang tulisan beliau rapi dan lugas ya, Mbak. Khas seorang jurnalis :D

    ReplyDelete
  13. Ah, jadi kangen duniaa jurnalistik. Jurnalis menulis mmg lugas dan tegas. Ciri khasnya gt rata-rata ya. Hehee

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA