Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

TIPS : MASAK ASYIK SAAT LEBARAN


Wah...ga berasa lebaran tinggal beberapa hari lagi nih. Maks..lagi sibuk apa nih...?? siap-siap mudik kah?, atau malah udah sampai dan asyik bercengkrama dengan keluarga dikampung.

Bagaimana emak-emak yang ngga mudik? pasti repot lagi bersih-bersih rumah dan siap-siap untuk sajian idul fitri nanti. Jika ada yang bantu-bantu dirumah pasti masih bisa nyantai ya maks, tapi kalo tinggal hitungan hari gini yang bantuin juga pada ikutan pulang kampung kan ya....



Nah.ini ada setikit tips ala aku..yang dirumah sendiri ga ada bantuin masak, ga ada ART dan tahun ini ga da kakak yang mudik pulang kampung yang meramaikan rumah.  Jadi kesimpulannya gak punya bala bantuan untuk bertempur di dapur.

Nih..tips sederhananya:

1. Kerja  sama suami atau jika anak udah besar-besar bisa juga minta bantuan mereka. Ga minta bantu masak langsung sih. Maks bisa minta bantuan mereka untuk bersih- bersih atau yang lainnya dengan gitu kita bisa fokus untuk urusan dapur.

2. Minimal 3 hari sebelum lebaran maks bisa belanja keperluan dapur dan menyimpannya didalam kulkas. Dengan begini tentu tidak terlalu berdesakan ketika ke pasar, lebih menghemat tenaga lah..

3. Sebaiknya bumbu- bumbu sudah dipersiapkan sebelumnya. Bumbu yang dibutuhkan dihaluskan atau dibelender tempatkan diwadah tertutup dan disimpan dalam kulkas. Bumbu siap beli dan sudah dihaluskan emang banyak dipasar tapi tentunya lebih sehat dan bersih jika kita mengolahnya sendiri .
Ketika H-1 maks tinggal menumis dan mengolahnya.

4. Sebaiknya bukan bumbu dasar saja tapi sudah dipisah sesai keperluan misalnya bumbu rendang, opor, gulai, sup dll

5. Jangan masak berlebihan dan beragam ya maks..takutnya mubazir dan ngga ke makan dan masak sesuai kebutuhan saja.

6. Lebih baik direncanakan untuk menghidangkan makanan untuk tamu. Misalnya hari pertama sate, hari kedua lontong sayur, hari ketiga soto. Jadi tak dimasak bersamaan dihari pertama lebaran soalnya makanan yang dipanas-panaskan mengurangi kelezatan. Jangan merasa repot karena harus masak tiap hari,    kan... semua udah dipersiapkan istilahnya tuh tinggal nyemplung-nyemplungin aja jadi gak terlalu merepotkan.


Nah..itu tuh..sedikit tips untuk buat yang merasa kerepotan masak saat lebaran. Kita tetap bisa cantik walau lagi masak... tsahhhh, Karena gak lecek lecekan lagi didapur..kan sambil nyambut tamu juga , jadi ga ada tuh repot-repot.

Semoga manfaat ya maks... boleh juga nambahin tips nya para emaks disini.. bagi-bagi ilmu bagi-bagi kebaikan...

16 comments:

  1. Setuju mbak, tiga hari sebelum lebaran sudah persiapan bahkan tadi aku udah motong2 bawang sama cabe. :D

    ReplyDelete
  2. Wah asyik masak2, bakalan seru dan gak kerepotan kalau udah disiapkan sebelumnya, ya mbak? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tips..biar ga di kejar waktu mba...

      Delete
  3. ngak ada prt terpaksa masak sendiri jadi persiapan harus sempurna. makasih tipsnya mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih..kunjungannya mba....
      Iya.mesti dipersiapakan sejak awal..

      Delete
  4. Saya mah nebeng aza mba pas lebaran hahaha *ga mau rempong*

    ReplyDelete
  5. yang nomor 5 itu sering banget kami lakukan Mba, jadinya masakannya basi dan gak kemakan :(

    ReplyDelete
  6. mba nova, walau udah ga lebaran tapi yg namanya masak tetap harus asyik dong. Habis ke pasar langsung potong2 bumbu biar enak nyimpan di kulkasnya... :-)

    ReplyDelete
  7. Untuk kentang wortel cabai merah dan bawang saya malah udah beli tadi lho mbak. Iya buat lebaran itu hehehe. Soalnya selain tahan lama, pasar nya di tempat saya kan cuma selasa dan jumat aja. Jadi udah mulai nyicil dan nyetok hehehe. Tapi bukan rimbun ya :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga selalu nyicil sejak beberapa hari sebelumn6a mba. Soalnya sehari sebelum lebaran aku masih kerja. Heheh

    ReplyDelete
  9. Nah sama tuh mba kalau di Bali mau hari raya sebelom hari H gitu masak masaknya kudu disiapin awal2 terutama itu bumbu yg diulek ulekkk jadi setiap hari tgl campur2in bahan deh mayan hemat waktu dan tenaga

    ReplyDelete
  10. Baru tahu saya karena selama ini cuma tinggal makan 😁

    Bisa dipraktekin nanti klo udah punya rumah sendiri.

    Tfs mak

    ReplyDelete
  11. Kebiasaan di rmh mertua sy juga gitu mbak.apalagi anak mama banyak. Kalau pulang semua serasa ada manten. Rame banget. Hhaaha

    ReplyDelete
  12. Aku juga sebelum harian masak sudah beli beberapa bumbu untuk sayur ketupat dan rendang. Biar cepat dan gak terlalu repot

    ReplyDelete
  13. Bumbu2 yang sebelumnya udah disiapkan itu sangat membantu meringankan perkejaan emang ya mbk TFS

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM