PENTINGNYA MENCARI DAN BERBAGI INFORMASI KESEHATAN

15:49:00



Semakin berkembangnya teknologi penyebaran informasi  semakin tak dapat  dibendung. Kita menjadi mudah untuk mendapatkan beragam informasi, baik  dari televisi, radio, majalah , surat kabar, bahkan internet.  Televisi  adalah pintu terdekat dalam menerima informasi dari luar karena pada saat ini hampir tak ada orang yang tidak memiliki televisi. Di televisi banyak sekali tayangan yang  disajikan , termasuk  beragam informasi tentang kesehatan yang sering menjadi perbincangan hangat, karena termasuk tayangan yang paling digemari.

Dari Informasi tersebut orang-orang awam yang awalnya sangat buta tentang ilmu kesehatan semakin sadar bahwa  kesehatan itu amat penting, bahkan tak sedikit yang mengikuti asuransi  jaminan kesehatan baik  dari program pemerintah,  asuransi  pihak swasta bahkan sengaja mencari asuransi kesehatan online terbaik. Banyak nama-nama penyakit baru yang bermunculan, yang sebenarnya bukan penyakit baru tetapi nama itu baru santer terdengar beberapa tahun terakhir. Sebut saja stroke, kolesterol,diabetes, asam urat, osteoporosis  dll. Nama nama pernyakit tersebut   terdengar unik, cantik, tapi mematikan.

Cerita sedikit ya..
Dulu waktu aku kecil sekitar tahun 1985 apa tahun 1986 gitu , aku mendengar kabar bahwa simbahku (tepatnya adik simbah, ya..simbah juga sih.. :p) katanya habis ditampar hantu bandan. Hantu bandan adalah hantu yang dipercayai mendiami daerah lembah, hutan, sungai. Simbahku  pada saat itu sehabis pulang dari kebun tiba-tiba mulutnya miring kekiri dan susah ngomong. Orang-orang sekitar bilang kalau dia  ditampar hantu bandan . Dan sekarang aku yakin saat itu simbahku itu sebenarnya Hipertensi dan terkena Stroke.

Aku juga pernah melihat anak tetangga  yang  usia balita  sakit panas dan tiba- tiba beberapa hari kemudian  kakinya lumpuh layu. Keluarga nya membawanya  ke tukang urut dan ke dukun, ntah terkena apa pula katanya. Padahal itu Polio dan kejadian itu sekitar tahun 90-an , tapi mungkin karena tinggal  di daerah jadi informasi itu tidak sampai ,kemungkinan kurangnya sosialisasi dari tenaga kesehatan. Dan  banyak lagi  cerita semacam ini terjadi.


Pada saat itu mungkin kita bisa menyalahkan pemerintah atau pihak-pihak  terkait yang kurang memberikan informasi  dan tak pernah mensosialisasikan kepada masyarakat. Tapi untuk saat ini kita tak bisa mengkambing hitamkan pemerintah begitu saja, sebagai masyarakat yang hidup diera digital seperti ini, kita lah yang  semestinya  aktif menggali informasi, lebih rajin mencari hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan.  Misalnya mencari info tentang ciri makanan yang mengandung  formalin,tentang penyebaran virus zika dan gejalanya , informasi tentang  bahan membuat kerupuk itu apasaja sih? Karena didaerah aku  tinggal ada  yang terang-terangan menamai kerupuk dengan kerupuk Bleng, dan laris. Padahal bleng itu sama dengan boraks yang bisa menimbulkan efek yang tidak baik bagi kesehatan dengan kadar tertentu dapat  menyebabkan demam,  gangguan ginjal dll. Aktif menggali informasi tentang kesehatan dapat meminimalisir  timbulnya penyakit pada tubuh, bisa dibilang sebagai bentuk pencegahan. 


Dan ketika mendapatkan info baru didunia  kesehatan tak salahnya kita ikut menyebarluaskannya kembali ke  masyarakat, entah itu lewat ngobrol-ngobrol sama tetangga, kelompok arisan , maupun media online,bisa  juga via status Facebook (karena peggunanya medsos ini  banyak) ataupun dituliskan kembali di web pribadi. Dengan begitu  mereka yang belum tahu akan tahu dan ikut menyebarluaskan kembali.

Selain media masa atau media lain kita bisa menanyakannya langsung kepada instasi atau pihak-pihak terkait.Adapun tempat-tempat terdekat untuk menanyakan  tentang info kesehatan adalah Puskesmas,Rumah sakit, ataupun tenaga kesehatan seperti dokterdan bidan. Media internet memang tempat termudah untuk sekedar mencari informasi, Tetapi kita juga mesti pintar memilih situs – situs yang benar-benardapat dipercaya.  Banyak situs yang tidak menjelaskan secara rinci bahkan setengah-setengah yang justru membuat takutyang membacanya karena penjabaran terlalu vulgar dan terkesan menakut-nakuti.

Yang perlu dipahami info tentang kesehatan itu tidak cuma informasi   soal penyakit tapi juga  pencegahan, cara mengobati  baik medis ataupun herbal, info tentang rumah sakit, sampai pada bagaimana memilih  asuransi kesehatan online terbaik seperti  pasarpolis.com.  Bercerita tentang penyakit yang pernah dialami dan bagaimana sembuhnya itu juga merupakan info tentang kesehatan yang kemungkinan  dapat membantu para penderita penyakit  yang sama. 

Nah bagaimana dengan sobats sekalian… sudahkan aktif mencari dan berbagi ilmu kesehatan??



Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA