Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

5 Obyek Wisata Seru yang Bisa Kita Temukan di Pekanbaru


Berlibur dan menikmati waktu kebersamaan bersama keluarga menjadi hal yang sangat berharga, terlebih jika  kita memiliki banyak kesibukan di hari kerja yang sangat jarang berkumpul dengan keluarga. Weekend adalah waktu yang tepat merencanakan rekreasi dan menikmati saat santai bersama. Piknik  bersama keluarga merupakan moment untuk menjalin keakraban, kebersamaan dan menjalin hubungan yang hangat. Tak hanya bagi yang berkeluarga  , yang  belum berkeluarga piknik juga penting untuk melupakan sejenak kesibukan dan bersenang-senang bersama teman-teman, agar pikiran kembali fresh ketika kembali bekerja

Pulau Jawa biasanya menjadi tempat pavorit untuk melakukan traveling karena di seputaran Pulau Jawa banyak tempat wisata apalagi jawa banyak daerah pegunungan dan pantai yang bisa dikunjungi. Buat teman-teman yang tinggal di Pulau Jawa pasti juga mengiginkan liburan  dengan suasana yang berbeda ya, karena liburan ke daerah yang dekat-dekat tempat tinggal itu emang kurang asyik dan kurang menanatang. Buat kalian yang mencari suasana baru tidak ada   salahnya kali ini mencoba melakukan tour ke luar pulau, salah satunya adalah Pekanbaru. Pertimbangan mengenai budget perjalanan seperti harga tiket pesawat mungkin menjadi pertimbangan. Namun sebenarnya tak perlu ragu untuk mencoba hal baru, apalagi saat ini promo dan harga menarik banyak di tawarkan berbagai maskapai.

Sebut saja Citilink Air, Sriwijaya Air, AirAsia dan Batik Air dan masih banyak lagi maskapai di Indonesia yang selalu menawarkan promo yang berbeda tiap bulannya. Nah, salah satu maskapai yang memberi diskon pada rute Pekanbaru adalah Citilink. Jangan lewatkan kesempatan untuk booking Citilink sebelum tiket habis terjual ya. Ada juga beberapa promo yang ditawarkan perusahaan penerbangan lainnya. Pokoknya, pastikan koneksi internet Kita selalu aktif agar bisa terus memantaunya. Setelah kalian mengetahui beberapa info menarik promo harga tiketnya, teman-teman bisa pesan online tiket pesawat Citilink.

Setelah mengantongi tiketnya tapi masih ragu memilih beragam obyek wisatanya , Nah berikut beberapa option tempat wisata yang bisa teman-teman kunjungi di daerah Pekan baru:

Istana Siak Indrapura
Berjarak cukup dekat dari Kota Pekanbaru, kalian bisa menuju Istana Siak Indrapura.  Istana ini juga dikenal dengan nama Istana Siak Sri Indrapura dan Istana Asherayah Al Hasyimiyah.  Salah satu obyek wisata sejarah warisan Kesultanan Siak ini cukup melegenda. Istana ini merupakan peninggalan kerajaan Riau yang sangat termasyur dan terbesar pada masanya, yakni antara abad ke 16 sampai dengan 20.  
Bangunan bersejarah ini memiliki arsitektur yang menarik karena memadukan antara seni bangunan Arab, Melayu dan Eropa. Pengunjung bisa berkeliling menyusuri bangunan masjid yang telah berusia sekitar 100 tahun ini untuk melihat keunikan dan keindahan bangunannya. 


Tak puas hanya melihat keindahan arsitekturnya, Kita bisa melihat beragam koleksi mulai dari kerajinan dan alat musik seperti gendang sampai dengan patung Ratu Wilhelmina yang terbuat dari perunggu, dan juga patung Sultan Syarif Hasyim I dari bahan batu pualam dengan hiasan cantik berupa berlian.  Beranjak ke lantai dua, Kita bisa melihat koleksi kerajaan lainnya berupa senjata pusaka, juga lukisan Napoleon Bonaparte.  


Masjid Agung An Nur
Perpaduan gaya arsitektur dari beragam suku bangsa seperti Turki, Melayu, Arab dan India sangat menarik untuk dikunjungi. Selain sebagai tempat ibadah yang nyaman, keelokan bangunan masjidnya akan membuat Kita semakin takjub, bahkan masjid ini dikenal dengan Taj Mahal – Pekanbaru. Suasana disekitarnya seolah menegaskan bahwa bangunan masjid ini terinspirasi dari masjid Taj Mahal. Hal ini ditkitai dengan kolam besar dan air mancur yang dibangun di depan masjid.
Masjid dengan warna hijau ini dapat menampung jamaah lebih dari 4000 orang. Bangunan utamanya terdiri dari 3 lantai dan 5 buah kubah dengan menara yang berjumlah 4 buah. Masjid akan terlihat semakin menarik saat malam hari karena adanya pantulan cahayanya lampu di sekitarnya. Meskipun tempat ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata reiligi, namun fungsi utama sebagai tempat ibadah umat Islam ini tetap terjaga keutamaannya.


Riau Fantasi
Pilihan obyek wisata di Kota Pekanbaru ini semakin lengkap jika Kita mengunjungi Riau Fantasia atau yang lebih dikenal dengan Labersa Water and Theme Park. Lokasinya juga mudah dijangkau karena berada di Jalan Labersa.
Sebagai wahana air terbesar di Sumatera, Riau Fantasi ini memiliki beragam wahana permainan yang cukup lengkap. Pengunjung bisa menikmati keseruan permainan baik di wahana kering maupun wahana basah, termasuk beberapa pilihan kolam, lengkap dengan papan seluncurnya. Di area wahana kering tersedia aneka pilihan permainan seperti sky tower, speedy coaster, kora-kora dan permainan seru lainnya. Nah, sementara di area basah bisa bermain dengan puas di Adventure Pool.

Wahana ini selalu diminati pengunjung anak-anak, terutama saat weekend dan masa libur panjang. Pasti menyenangkan bukan, menemani anak-anak bermain di akhir pekan. Saatnya menikmati quality time dengan keluarga!


Taman Rekreasi Alam Mayang
Taman ini sangat cocok untuk pilihan liburan keluarga, selain lokasinya berupa alam terbuka, juga berisi beragam pilihan wahana permainan menarik untuk anak-anak  lho. Beberapa permainan tersebut adalah flying fox, bola air, sepeda air dan lainnya. Selain itu juga tersedia  kolam pemancingan untuk wisatawan. Area pemancingan ini cukup dikenal sehingga kerap digelar beragam kompetisi memancing di sini.

sumber : riauberbagi.com
Area taman Alam Mayang berada di wilayah daratan cukup tinggi, ditambah lagi dikelilingi oleh beberapa perbukitan sehingga udara sejuk dan asri terasa sekali di tempat ini. Sebagai informasi, untuk memasuki kawasan taman ini, untuk masuk disini akan dikenakan biaya masuk sekitar RP 20.000. Cukup terjangkau bukan untuk menikmati semua fasilitas serta pemkitangan indah yang ada di dalam maupun di sekitar taman ini?!


Pasar Bawah
Setelah puas berkeliling ke obyek wisata di Pekanbaru, maka pastikan menyempatkan waktu untuk mampir ke sebuah pasar tradisional terkenal dengan nama Pasar Bawah. Sebagai salah satu tempat ikonik di Pekanbaru, pasar bawah memiliki keunikan bangunan yang akan membuat kita kagum. Arsitektur bangunan pasar ini bahkan tak lepas dari pengaruh dan perpaduan beberapa negara seperti Tionghoa dan Melayu.

Lokasinya yang berada di dekat Sungai Siak dan juga pelabuhan membuat pasar ini selalu ramai dikunjungi karena posisinya yang strategis. Beberapa barang seni, kerajinan dan kebutuhan perlengkapan rumah tangga bisa kita temui di sini seperti keramik dari Cina, karpet, elektronik dan lainnya. Tidak hanya itu saja, kita juga bisa mencicipi aneka kuliner lezat khas Pekanbaru yakni dodol kedondong, lempuk durian, ikan salai dan masih banyak cemilan unik lainnya. Untuk mencari oleh-oleh pasar bawah adalah tempat yang tepat dan lengkap.

Bagaimana manteman..?? minggu depan kita ke Pekanbaru yuk....








20 comments:

  1. Halo mba Nova, aku udah dua kali ke Riau, tapi belum pernah mampir ke sini euy. Tempatnya cakeo2 banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah..besok kalo mampir.... agak lamaan mba..biar bisa jalan sana sini hi2

      Delete
  2. aku kepengen selain ke istana Siak dan juga ke candi Muaratakus
    jauh ggak mbak dari Pekanbaru?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah..lumayan mba.. kalo gak biasa perjalanan darat yang berkelok-kelok.. tapi kan seru mba..

      Delete
  3. Kapan2 ke pku siap2 ke 5 tempat ini. Terimakasih infonya mba

    ReplyDelete
  4. gak nyangka, selama ini gak tau Riau punya destinasi yg kece seperti itu, hehe kuper deh saya.. thanks infonya mbak, semoga suatu hari bisa melihat istana

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... semoga bisa jalan2 ke riau

      Delete
  5. Banyak tempat seru di pekanbaru ya, mb. Aku tahunya istana siak itu. Ehehe. Semoga kapan2 bisa main ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin... semoga bisa menjelajah pekanbaru ya.. :D

      Delete
  6. simpan dulu mbak.. :) saya belum pernah ke luar jawa. :( semoga kalau ada kesempatan ke Pekanbaru bisa ke tempat- tempat ini.
    salam kenalll. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga suatu saat nanti ya..

      salam kenal kembali..

      Delete
  7. Belum pernah ke Pekan Baru. Pengin juga ke taman Alam Mayang itu dan Riau Fantasi. Cocok nih buat liburan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok untuk seru-seruan bareng keluarga.... ayoo kepekanbaru..he2

      Delete
  8. Masjid Annurnya mirip banget sama Taj Mahal ya mbak, baguuss :D

    ReplyDelete
  9. Masjid Annurnya mirip banget sama Taj Mahal ya mbak, baguuss :D

    ReplyDelete
  10. aku sudah pernah ke pekanbaru tapi belom sempat mengunjungi lokasi wisatanya karena cuma sebentar di tempat kakak, next time wajib banget nih mengunjungi 5 obyek wisata ini

    ReplyDelete
  11. Udah pernah ke semuanya, horaiiii... Lets visit Riau ^^

    ReplyDelete
  12. wow, yang Riau Fantasi bikin mupeeeng... udah kebayang rame kayak apa deh kalau akhir pekan sm libur panjang

    ReplyDelete
  13. Pertama dengan Kota Pekanbaru, ketika masih duduk di bangku SD waktu membaca roman novel karya penulis2 dari Sumbar .. wah itu masjidnya kaya Taj Mahal ya mbak, cantik sekali :) jadi ingin main ke sana

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM