CARA HEMAT BELANJA ONLINE, WAJIB BACA !

05:00:00


novanovili.com - Berbelanja online kini telah menjadi pilihan dari sebagian kalangan. Banyak alasan  yang dikemukakan  mulai dari harga murah, banyak pilihan,  promo, discount dan bebas ongkos kirim, tidak menyita waktu untuk urusan lain, misalnya untuk beli baju gak perlu ngider toko pilih-pilih atau keringetan nawar harga belum lagi kalau sampai bersitegang dengan penjual. Pikiran untuk takut ditipu itu kini mulai bergeser, orang semakin percaya untuk belanja online karena melihat kualitas  e-commerce jadi bukan beli online secara personal yang membuka peluang untuk ditipu.

Tapi walaupun begitu sebagai ibu rumah tangga kita juga harus pintar. Pintar disini tak hanya dalam mengelola keuangan tapi juga pintar mengelola nafsu ketika melihat tulisan off 30 %, atau discount 75%, buy 1 get 2, karena penjual sangat paham hal-hal yang dapat menggugah perasaan wanita dan mencampakkannya ke cuci gudang #eh :D.  Nah, untuk hal-hal seperti ini kita harus tau sesuatu yang kita itu bener-benar di butuhkan dalam keluarga atau hanya sekedar ingin karena bentuk nya cantik, unik, lucu dll. Bagaimanapun urusan keuangan dalam keluarga tak boleh dikesampingkan, karena jika tidak terkontrol dengan baik maka ada salah satunya yang bakalan nunggak #eh lagi. Ya… misalnya karena keasyikan belanja , liat dompet tinggal sekian dan ternyata ada list tagihan yang belum dibayar, sebut saja rekening listrik, nah..nunggak kan..??? atau..ternyata cicilan mobil belum dibayar (ngayal).

Oke, Aku sendiri sebenarnya sangat jarang belanja online, kecuali saat-saat mendekati lebaran coba-coba liat baju-baju gamis bagus, atau hunting kerudung, paling yah cuma itu saja. Selain waktu  itu, palingan aku belanja barang yang benar-benar dibutuhkan seperti baju emang butuh dipakai tiap hari kan ya..? * nah..mencari pembenaran :D –sama aja donk* .

 Eh, tapi belanja online itu gak mesti baju, tas, atau sepatu dan barang elektronik aja, tapi juga kebutuhan harian juga misalnya minyak goreng, terigu, sabun mandi , shampoo. Emang penting belanja harian online?, lah tinggal beli diwarung depan aja gitu?, iya sih, tapi kemarin aku sempat dapat voucher gak banyak sih,  terus dari pada baju ke baju lagi, mending beli keperluan harian,lumayan gak ngurangi isi dompet. Jadi deh voucher aku tukar dengan minyak goreng 4 liter, terigu, shampoo, sunlight dll, hahahaha aku merasa geli sendiri tapi lumayan dari total harga aku cuma bayar  sepertiga nya aja. Alhamdulilah barang tiba dengan selamat, tapi aku heran sendiri kok paketnya dipisah-pisah ya? mungkin biar beratnya kurang terus bebas ongkir atau juga mungkin penjualnya beda-beda wilayah  jadi pengiriman terpisah begitu, soalnya ada notifikasi dari jasa logistic bahwa barangnya transit di Jakarta, emang tu minyak goreng dikirim dari mana? hahahha.

Terus cara hemat belanja online itu seperti apa?? (kebanyakan cerita jadi lupa judul :D )

Gak usah belanja. Eits! jangan protes dulu, tadi niatnya kan biar hemat toh. Jadi  kalau merasa gak butuh-butuh banget  ya gak usah belanja, atau masih bisa ditunda keinginannya mending ditunda dulu, tetap kedepankan  pada hal-hal yang penting.

Manfaatkan Voucher.  Seperti yang aku ceritakan, walaupun terkadang nilai voucher itu nggak gede tapi lumayankan tidak mengurangi saldo. Tapi tetap pikirkan dengan nilai voucher, barang apa yang cocok dan emang dibutuhkan. Jangan sampai nilai voucher tak berimbang justru membuat kantong kebobolan.

Jangan terlalu royal menggunakan kartu kredit. Bagi yang punya kartu kredit ini butuh perhatian banget. Dengan segala promo yang ada belanja dengan kartu kredit emang terkesan lebih murah ya? tapi dengan begitu kadang ada yang suka kalap jar-jor belanja ini itu , justru yang dikit-dikit itu gak berasa jadi bukit, tau-tau tagihan udah bengkak aja.  Niat berhemat malah melarat :):).

Amati Social media atau cek-cek ecommerce dan bandingkan harganya. Yakin deh.. emak-emak sekarang gak mau banget dibilang kudet, mereka rajin banget mantengin socmed  n gak mau ketinggalan info. Jadi pasti udah paham kalau ada iklan atau promo  dari sebuah situs pasti langsung berkunjung. Yang paling penting jangan lupa bandingkan harga, terkadang ada harga discount ternyata masih bayar ongkir, ada yang standar malah bebas ongkir, jadi tetap perlu hitung-hitungan juga .

Belanja di hari-hari tertentu. Untuk mendapatkan discount khusus belanjalah di hari-hari  tertentu yang memang saat itu banyak sekali promo dan diskon.  Pada umumnya pada hari tersebut hampir seluruh  e-commerce berlomba-lomba memberikan diskon dan promo. Kapan itu? saat liburan sekolah, menjelang lebaran, weekend, akhir/awal tahun, harbolnas, Natalan dll.

Nah itu aja sih tips dari aku, tapi ini penting banget loh apalagi saat ini semua serba mahal n pemasukan segitu-segitu aja, mana gaji juga gak naik-nai k hihi(si bos baca gak ya? ;D). Penghematan itu penting dalam segala aspek pengeluaran (ini bahasa bagaimana rupanya) termasuk hemat berkata-kata, kalau nggak ya gitu suka nyinyirin orang, sinis, dan debat ini itu , mendramatisir ,ups! :D. Kalau nulis panjang gini apa lagi gak biasa, emang suka kehabisan kata, ujung-ujungnya suka ngawur melebar kemana-mana hahahahaha…, udah ah. Eh kalian punya tips juga ga?? bagi-bagi disini ya mana tau udah gak mendrama lagi :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

7 komentar

  1. Aku suka belanja online karena nggak ribet, mba ;)

    ReplyDelete
  2. Aku suka banget belanja online, karena jadi ga perlu macet-macetan. Harbolnas harus dimanfaatin sebaik-baiknya nih

    ReplyDelete
  3. Wkwkwk gak usah belanja (utamanya di tanggal tua) :))
    Btw aku juga suka belanja online, mbak lbh praktis :D

    ReplyDelete
  4. Setuju! Biar hemat, nggak usah belanja :D

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah dan menutup semua CC jadi aman ngak belanja online hahaha

    ReplyDelete
  6. malesnya nih kalau belanja online cuman ongkir aja sih, beli satu biji ongkirnya 30 ribu huhu. berasa jadinya

    ReplyDelete
  7. Aku pernah beli 2 HP online loh alhamdulillaah kondisi oke...kadang beli baju, makanan, minuman, dll lumayan murah juga dan pengirimannya tepat waktu.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

VIVA LOG

IG: NOVA_VIOLITA