TIPS : MEMBELI TANAH DENGAN HARGA MIRING

12:52:00






Menabung untuk  keperluan masa depan itu tak hanya menabung uang. Nilai uang bisa berubah sewaktu-waktu seiring turunnya nilai mata uang rupiah dengan mata uang asing, dan meroketnya harga-harga produk, barang, dan jasa dipasaran.

Pada saat ini banyak  masyarakat  yang memilih berinvestasi  dengan membeli  tanah, alasannya karena harga tanah tak pernah turun bahkan meningkat tiap tahunnya. Dengan strategi membeli tanah dengan harga miring dan menjualnya dimasa datang ketika butuh dana tunai, atau dengan mendirikan rumah, ruko, atau perkantoran untuk disewakan dll. Tapi untuk mendapatkan tanah dengan harga murah pada saat ini bukan pekerjaan mudah. Alasannya tentu karena Investasi property sedang tumbuh subur dan terbilang tidak ada matinya.

Banyak orang mencari tanah untuk dibangun menjadi perumahan atau dibangun untuk rumah sendiri. Oleh karena itu, tanah dijual akan selalu menjadi rebutan, tentu jika lokasi dan harganya bagus.
Buat teman-teman yang berminat untu  berinvestasi tanah, berikut ini ada beberapa tips cara membeli tanah dengan harga miring atau murah, yaitu:

1.       Survei Tanah
Untuk mendapatkan tanah dengan harga murah mulailah dengan mencari-cari tanah yang mau dibeli. Cari tempat yang strategis atau lokasi yang kedepannya bakalan ramai, dan bukan lokasi langganan banjir/bencana.  Untuk memastikannya kita takperlu tergesa-gesa agar harga yang kita dapatkan memang yang kita inginkan. Bandingkan terlebih dulu harga tanah dijual yang satu dengan harga tanah yang lainnya, kita pun bisa mengetahui berada pada kisaran harga berapa tanah yang kita minati itu.

2.       Manfaatkan situs jual beli rumah di internet
Banyak perusahaan ataupun perseorangan yang sudah membuat iklan di situs jual beli  lengkap  dengan photo, harga serta informasi pendukung lainya. Situs ini berguna untuk mengetahui rentang harga tanah secara kasar, juga mengetahui lokasi-lokasi tanah yang banyak ditawarkan. Bahkan, Jika Anda beruntung, di tempat seperti ini lah Anda mendapatkan tanah dengan lokasi dan harga yang sesuai sesuai keinginan
.
3.       Lihat harga standard NJOP
Perhatikan nilai jual objek pajak tanah serta bangunan pada tempat tinggal di sekitar lokasi yang di minati. Dari harga itu dapat diprediksikan mahal atau murahnya satu lokasi.

4.       Hindari Tanah Kavling
Janganlah membeli tanah yang baru dikavling, lantaran harga tanah dijual yang telah kavling pastinya akan mahal. Semakin bagus bila ada orang yang jual tanah karena sedang butuh uang. Jika tanah yang dijual cukup luas dan mahal , kita bisa ajak teman atau kerabat untuk membeli tanah secara patungan, tapi dengan catatan ada kesepakatan sebelumnya untuk pembagian luas tanah dll, agar kedepannya tidak ada salah komunikasi.

5.       Kondisi Lingkungan
Membeli tanah dengan harga murah menjadi percuma kalau lingkungan tersebut tidak bagus. Maka, cermati lingkungan sekeliling. Misal, janganlah mencari tanah dijual dekat dengan pabrik, dataran rendah lantaran berisiko banjir, serta janganlah mencari tanah di lingkungan yang kurang baik, lantaran bisa memengaruhi kehidupan keluarga.

Selanjutnya, jika telah memerhatikan hal diatas, berikutnya tinggal tawar-menawar harga dengan si penjual. Berikut ini cara menawar harga tanah terbaik :
·     Ramahlah serta berlaku luwes ketika menawar tanah . Jangan kaku untuk mengambil hati si penjual serta memakai bahasa yang halus. Janganlah tergesa-gesa untuk menyampaikan deal. Tunggu beberapa waktu untuk berikan peluang si penjual untuk memikirkan supaya harga yang dikehendaki di setujui oleh penjual.


Kesimpulannya, untuk beli tanah di tempat yang strategis dengan harga yang terbilang murah, kita mesti cermat serta sabar dan banyak-banyak mengumpulkan informasi dari beragam sumber karena kita beli tanah untuk investasi jangka panjang. Demikian tips membeli tanah dengan harga miring. Semoga bermanfaat ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

28 komentar

  1. Bisnis jual beli tanah emang ga ada matinya. Secara disimpan bukannya busuk, justru nilainya malah semakin melambung.

    Sayang saat ini sudah jarang yang mau jual tanah. Kalau yang mengontrakkan bangunan banyak ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih..., biasanya di lokasi yang masih sepi banyak, kalo di tempat ramai..udah jarang mau jual..

      Delete
  2. Harus diperhatikan juga tuh surat-suratnya. Ini juga yang kadang riskan. Apalagi kalau surat tanahnya masih girik atau tanah warisan dulu-dulu yang kadang masih rawan sengketaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyap... surat-surat yang paling penting..takutnya masih dlm sengketa..
      terimakasih udah di tambahin mba dewi..

      Delete
  3. Surat-surat jangan lupa, Mbak.
    Aku ga cocok kayanya investasibdi tanah. Beberapa kali beli tanah dan terpaksa jual dengan harga yang kurang sreg.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kelupaan..surat paling penting...

      Delete
  4. Beli tanah banyak triknya ternyata ya..tapi ini bentuk investasi yang paling amanlah menurutku.

    ReplyDelete
  5. Pernah kjadian sih... tanahnya d ukur tp di akuin sm org lain pdhl surat sdh ada saksi lengkap tp orgny ngeyel... ya sudahlah.. biar Allah aj sbg saksi nti.. sensi memang kalau urusan tanah ya mba... tipsnya noted nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh sayang banget ya mba.., kok bisa diakuin orang.. memeang sejak awal harus ditelusuri dengan teliti siapa pemilik sebenarnya...

      Delete
  6. Ya saya kalo beli tanah, liat lingkungan nya dulu..ini penting buat kenyamanan saya kedepannya...setelah itu surat2 nya jng sampai jadi sengketa pula...

    ReplyDelete
  7. Hai mba. Biasanya kalau pas butuh uang, penjualnya a akan menjual dengan harga miring loh :)

    ReplyDelete
  8. iya, kalau beli tanah kavlingan, harganya alakazam

    ReplyDelete
  9. Dulu almarhumah nenek nih yang suka bisnis tanah. Lingkungan dan kondisinya (kayak macam banjir dsb) memang mesti diperhatikan, jangan cuma lihat murahnya aja ya.

    ReplyDelete
  10. iya mbak pengennya beli tanah yang luas yang memang orang jual karena butuh uang trus patungan bareng teman atau kakak dan adik pastinya untung dan puas banget ya:)

    ReplyDelete
  11. Langsung ke pemiliknya kalo bisa. Kalo udah lewat broker pasti udah dinaikin harganya.

    ReplyDelete
  12. kalau lewat broker biasanya suka ada tipu dikit2 mendingan langsung ke orangnya

    ReplyDelete
  13. Saya kalo mau beli tanah yang saya liat celengan babon saya dulu, cukup enggak buat beli tanah, hahaha.

    ReplyDelete
  14. Pingin banget deh beli tanah dengan harga miring, tapi susaaah. Hahahah

    ReplyDelete
  15. pernah dapet pengalaman buruk saat beli tanah, karena kurang teliti ternyata tanah yg dibeli masih dalam sengketa..

    ReplyDelete
  16. Harus cermat ya mba Nov klo Mau beli tanah harga miring. Aku blm pernah sih :D Mau . .Soalnya invest ngga nyusut ya tanah mah

    ReplyDelete
  17. Aku pengen invest tanah, tapi maju mundur ngeliat fluktuasi harganya. Sekarang di daerah kota udah muahaaaalnya gak kira-kira, tapi klo di pinggir juga bingung ya nanti kalau bangun rumah lokasinya gak strategis :(

    ReplyDelete
  18. Tips tambahan,,, jangan tunjukan rasa pingin beli banget

    pasti susah negonya hihihi

    ReplyDelete
  19. ditempat saya harga tanahnya murah mba, tapi jauh digunung masih agak sepi tempatnya hehehe :D

    ReplyDelete
  20. Lokasi mempengaruhi ya mba smkn dkt jln raya smkn hargana mihil

    ReplyDelete
  21. Manfaat sekali nih mba artikelnya pokoknya deh...memang harus teliti untuk jual beli tanah yah.....

    ReplyDelete
  22. Boleh neh tipsnya, apalagi sekarang serba mudah, bisa cek online harga tanah dan lainnya. Saya lebih memilih dikapung aja, harganya masih miring banget.

    ReplyDelete
  23. Harus sabar memang ya kalo mau beli tanah.. Daripada ujungnya kena sengketa..

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

VIVA LOG

IG: NOVA_VIOLITA