Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

TIPS ASYIK LIBURAN HEMAT


www.novanovili.com [ Tips- Wisata ]Semua pasti setuju kalau aku bilang liburan itu mengasyikkan, apalagi kalau bisa liburan rombongan, baik sama keluarga atau teman-teman. Ya, siapa sih yang gak happy bisa liburan, jalan-jalan, melupakan kesibukan kerja untuk beberapa waktu, tanpa mikir bangun pagi atu telat ke kantor. 

Tapi pasti jadi gak asyik kalau liburan sambil mikirin isi dompet, mikirin tiket pesawat, mikirin tempat menginap, aduh..uangku masih cukup gak ya….???, aduh jangan-jangan pas pulang nanti malah  dapat tiket yang lebih mahal. Nah, jadi gak menikmati liburan kan?

Buat teman-teman, yang mau liburan tanpa diganggu bayang-bayang buruk seperti diatas, aku mau berikan sedikit  tips, biar liburan teman-teman semua  bisa dinikmati senikmat-nikmatnya :).

1) Tentukan jenis liburan/wisata. Yup, sebelum menentukan tujuan liburan atau wisata, ada baiknya pastikan jenis wisata yang ingin dilakukan. Jenis wisata disini yaitu apakah wisata alam apakah wisata belanja. Wisata alam tentunya bisa menikmati laut, pantai, pegunungan, atau air terjun bisa juga arung jeram, biasanya ini biaya lebih murah, tapi relatif juga tergantung jauh dekat, dan sulitnya akses yang dituju. Untuk tujuan wisata belanja biasanya dengan tujuan kota besar atau Negara  yang dituju. Bisa juga  kedua-duanya dinikmati sekaligus .

2) Sesuaikan dengan budget yang ada. Setelah teman-teman menentukan jenis liburan yang ingin dilakukan , pastikan budget yang ada mencukupi  jangan sampai kekurangan atau malah kehabisan. Pasti gak mau dong, pulang liburan jadi malah banyak utang. Sebaiknya sisakan tabungan untuk memenuhi kebutuhan setelah liburan, minimal sebelum tanggal gajian tiba.
3) Tentukan daerah wisata yang akan dikunjungi. Setelah menetapkan jenis dan budget yang ada, baru kemudian  memutuskan daerah mana. Tentu disesuaikan budget misalnya ingin menikmati pantai dengan pasir putih, daerah atau tempat mana yang terdekat sesuai budget. Jika wisata belanja apakah dalam negri atau luar negri.

4) Tentukan transportasi yang digunakan.  Disini ada beberapa pilihan apakah naik bus, pesawat, atau kapal laut. Menggunakan kapal laut dan bus biasanya memang lebih murah tapi teman-teman dipastikan akan mengeluarkan dana konsumsi lebih banyak dan waktu yang akan digunakan pun lebih lama, bisa dikatakan waktu banyak terbuang. Naik pesawat itu memang kelihatan lebih mahal tapi sesungguhnya banyak diberi kemudahan dan waktu tak habis terbuang hanya untuk menuju tempat wisata, kecuali punya waktu cuti yang lebih panjang.

5) Pilihlah penginapan yang dekat dengan tempat wisata dan nyaman. Pastinya tujuan berlibur itu adalah meluangkan banyak waktu untuk jalan-jalan, bukan mengahabiskan waktu untuk tidur dan berleha-leha dikamar. Jadi sebaiknya pilihlah penginapan atau hotel yang nyaman untuk teman-teman bisa  tidur dimalam hari dan bisa melanjutkan liburan esok harinya. Memilih hotel yang terlalu mewah itu akan percuma saja , toh sering ditinggalkan juga.  Kecuali kalau sengaja, dan tujuan berlibur adalah menenangkan diri dan stay saja dikamar atau menikmati fasilitas hotel, seperti kolam renang dan spa.

6) Booking tiket pesawat jauh sebelum hari keberangkatan, Ini dimaksudkan biar teman-teman punya waktu banyak untuk hunting tiket dan memilih promo dari setiap maskapai.  Pemesanan secara mendadak hanya membuat manteman terjebak dan terpaksa membayar tiket yang mahal. Pasti gak mau kan ya…? sayang donk, dana yang ada bisa buat beli oleh-oleh untuk teman kantor atau saudara.

7) Bookinglah tiket pesawat dan hotel dalam satu paket. Untuk  menghemat waktu dan dana, sebaiknya pesanlah tiket pesawat dan hotel secara bersamaan, karena booking secara terpisah itu cukup menghabiskan waktu. Biaya yang dikeluarkan pun akan semakin banyak.
Perlu teman-teman ketahui sekarang ini sudah ada  paket wisata traveloka, yaitu booking tiket pesawat dan hotel  dalam satu paket.  Kenapa harus booking dalam satu paket? karena teman-teman akan mendapatkan  kemudahan dalam saving time, harga lebih murah  dibanding pesan terpisah. Sisa dana pemesanan ini bisa teman gunakan untuk yang lainnya mungkin untuk wisata kuliner  atau lainnya. Cara pembayarannya juga gak ribet karena di traveloka menyediakan berbagai cara metode pembayaran sehingga tidak menyulitkan bagi teman-teman yang tidak memiki kartu kredit. 

Bagaimana nih.. manteman liburan sebentar lagi, sudahkah memilih tempat untuk liburan? Jangan lupa beli tiket dab hotelnya di taraveloka saja yah..

23 comments:

  1. saya juga pengen liburan Mbaa, pengennya sih ke Jogja :)

    makasih tips asyiknya yaa :)

    ReplyDelete
  2. Booking tiket satu paket sm hotel memang lbh hemat ya. Karena online travel agent biasanya suka kasih promo diskon juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau hemat..emang pinter cari paketan diskon ya mba..he2

      Delete
  3. pesen tiket ke traveloka ah, buat mudik ke Bali nanti :-D

    ReplyDelete
  4. Kalau saya biasanya cari penginapan gratis, di rumah kenalan atau sodara yg ada di daerah tersebut hahaha ngirit dan penghematan banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeay...silakan... mba.. mumpung lagi banyak promo

      Delete
  5. makasih mbak tipsnya, aku kepingin banget jalan-jalan ke Malang. Ngumpulin duit dulu hehe

    ReplyDelete
  6. Budget ini yang penting. Jangan sampai setelah liburan trus bingung bayar hutang.

    ReplyDelete
  7. Traveloka memang jadi bisa andalan

    ReplyDelete
  8. belum nyoba mba pesen paket traveloka hehehe pgn bgt liburan tp ada prioritas yg mesti dijalankan 😂

    ReplyDelete
  9. Enak juga ya mba kalo udah sepaket transportasi sama akomodasi gini, jadi sekalian pesan gak ribet.. :)

    ReplyDelete
  10. Enaknya klo sudah sepaket gitu ya mba..nggak banyak ngurus printilan2 liburan. Tinggal sesuaiin ma budget..

    ReplyDelete
  11. Tipsnya siap laksanakan..bentar lagi liburan mudiiik..eh..tpi tetep liburan kan ya? Hehe menghibur diri hikz

    ReplyDelete
  12. Kalo pake traveloka yg digabung emang lebih murah yaa Mbak? Aku blm pernah coba

    ReplyDelete
  13. bisa juga mudik sekalian liburan yaaaa...makasih sharingnya mba..

    ReplyDelete
  14. Aku pernah mencoba paket liburan yang ada promo hotel dan pesawat mba :)

    ReplyDelete
  15. Wah asyik ya klo paket kyk gini ga ribet...:)

    ReplyDelete
  16. Iya ya mba. Menentukan lokasi penginapan penting banget bagusnyabyg dekat dengan objek wisatanya ya biar bisa puass

    ReplyDelete
  17. belum pernah menyusun sendiri smp tempat penginapan sih... perlu dipertimbangkan juga lain kali jk ada kesempatan jalan2

    ReplyDelete
  18. Pesan tiket sekalian penginapan emang lebih murah. Apalagi penginapannya deket tempat wisata, jadi nggak keluar uang lebih untuk transportasi lainnya.

    ReplyDelete
  19. Booking tiket jauh hari emang jadi lebih murah ya mba, bisa menghemat banyak. Duh tapi aku sering nggak bisa rencana jauh hari klo liburan bareng anak2, jadwal libur sekolah biasanya diumumkan mepet2 hiks.

    ReplyDelete
  20. Kalo lebih hemat, bisa dicoba nih buat next trip ;)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM