8 Hal Agar Terhindar Dari Infeksi Saluran Kemih



Saluran pembuangan manusia baik saluran kemih ataupun anus merupakan tempat paling rentan untuk berkembang biaknya bakteri.  

Bakteri adalah kuman pembawa penyakit dan bisa masuk kedalam tubuh dan menginfeksi organ-organ penting manusia termasuk saluran kemih . 

Penyakit anyang-anyangan sebenarnya merupakan gejala infeksi saluran kemih yang disebabkan oleh bakteri E-colli jika dibiarkan atau tak segera diatasi dapat  menyebar dan merusak ginjal manusia. Seperti yang kita ketahui ginjal adalah organ yang paling penting bagi manusia , tak sekedar sebagai tempat pembuangan tapi juga sebagai tempat menyaring darah, agar darah yang dialir kesuluruh tubuh bersih dan tidak mengandung zat-zat berbahaya.

Berikut 8 hal yang wajib dilakukan untuk menjaga saluran kemih :

Perbanyak Minum Air Putih.   Dengan banyak minum air putih maka  buang air kecil menjadi lancar. Dengan lancarnya buang air kecil maka bakteri dan kuman bisa dibuang secara alami keluar dari tubuh. Tidak harus banyak-banyak banget, karena ginjal juga punya batas menampung cairan. Yang penting penuhi 8 -10 gelas perhari. Jika urin berwarna gelap dan buang air kecil berkurang segeralah minum.
Cukupi kebutuhan air untuk tubuh
Jaga pola makan minum. Hindari atau kurangi minum-minuman bersoda, atau berwarna. Minuman berwarna misalnya sirup, teh, dan kopi justru akan memeperberat kerja ginjal dalam penyaringan.

Menjaga kebersihan organ intim jangan biarkan terlalu  lembab.  Penting bagi wanita, tidak menunggu bepergian jauh untuk membawa stok pakaian dalam.  Pergi kerja, Jalan kerumah teman atau saudara penting untuk membawa pakaian dalam walaupun bukan keluar kota. Pasti pernah saat cebok dan CD ikut tersiram, dan itu gak nyaman banget, dan kita terpaksa membiarkannya. Jika ini terlalu sering tentu tidak baik untuk kesehatan, bisa masuk angin :D , lebih parah jadi tempat berkembangbiak kuman. Jadi ada baiknya membawa CD dan handuk kecil.


Hindari Toilet Umum yang kotor. Biasanya toilet umum jarang terjaga kebersihannya yang menggunakannya juga banyak. Jika terpaksa lebih baik gunakan air mineral kemasan untuk cebok setelah buang air kecil.

Setelah BAK dan BAB  ceboklah dengan cara yang benar. Cara cebok dengan benar adalah mengarahkan air dari depan kebelakang ( anus) bukan  dari belakang ke depan. Jika dari belakang ke depan, di khawatirkan bakteri dari anus akan masuk ke saluran kemih.

Jaga kebersihan saat “bercinta’. Sebelum bercinta sebaiknya bersihkan dulu organ intim baik suami maupun istri. Tidak hanya istri yang harus menjaga kebersihan tapi juga suami. Memang sakit saluran kemih banyak di idap para wanita, tapi bisa jadi tertular dari suami . Begitu pula setelahnya sebaiknya dibersihkan segera.

Jangan menaburkan bedak di area miss “V”. Sebagian wanita ada  yang suka menaburkan bedak baby  atau talk di sekitar area miss “V”. Dengan alasan gerah dan lembab, padahal kebiasaaan ini sangat tidak bagus. Selain bisa mempengaruhi PH, ada kemungkinan serpihan bedak yang masuk sehingga menimbulkan iritasi dan infeksi.


Minum Prive Uri-Cran jika dibutuhkan. Prive Uri-cran adalah jus buah Cranberry yang berkhasiat mencegah dan mengatasi Infeksi Saluran kemih yang ditandai dengan rasa tidak puas saat BAK, air urine keruh, sakit saat  BAK, mulas bahkan demam.  Prive Uri-Cran mengandung kadar vitamin C yang cukup tinggi dan mengandung proanthocyanidins yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan infeksi.

Daerah kewanitaan memang rentan untuk masuknya bakteri. Jadi lakukan kebiasaan baik intuk menjaga kesehatan saluran kemih.



16 komentar

  1. Aku juga minum enaaakkk asem manis

    BalasHapus
  2. Sepakat, memang kebersihan organ intim mesti tetap diperhatikan. Minum air putih dan makanan sehat juga menjadi penunjang hidup sehat terhindar dari penyakit ini ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mba.. kadang kita suka abai.. eh begitu kena baru sadar..he2

      Hapus
  3. Padahal pencegahannya sederhana aja ya tapi kadang kita suka abai sama hal tersebut

    BalasHapus
  4. sharing artikelnya bagus mbak :) terima kasih ya sudah berbagi .. dulu temenku sampe harus ngamar gara-gara infeksi saluran kemih

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita terhindar dari penyakit ini..tapi kudu ikut aturan dulu..he2

      Hapus
  5. harus sedia uricran nih berarti klo dirumah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. uricran.. bisa untuk pencegahan.. suplement kesehatan..

      Hapus
  6. bagus sekali artikelnya. apalagi untuk cara cebok yg benar, sebaiknya mulai diajarkan sejak dini kepada anak" kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget.. karena kalo udah gede..model kita ini biasanya ..menurut kebiasaan... makanya suka lupa..

      Hapus
    2. bener banget.. karena kalo udah gede..model kita ini biasanya ..menurut kebiasaan... makanya suka lupa..

      Hapus
  7. emang menjaganya musti ekstra ya mba

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.