Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

MENGENAL & KIAT MENGHINDARI KANKER SERVIKS


Akhir-akhir ini kanker serviks atau kanker mulut rahim  menjadi hal yang paling menakutkan bagi wanita. Umumnya  pada tahap  awal penyakit ini tak memiliki tanda atau gejala yang begitu jelas. Setelah mengalami sakit dan melakukan pemeriksaan ternyata sakit telah menuju stadium lanjut, dan sulit untuk diobati.  Tapi mirisnya , walau sebegitu mengerikannya kanker serviks ini masih banyak wanita yang tak mengenal penyakit ini bahkan tidak mengetahui sama sekali. Dengan kondisi  seperti ini  memang sudah seharusnya kita mensosialisasikan ke masyarakat tentang bahaya penyakit kanker serviks, bagaimana mengenali gejalanya, mendeteksi sedini mungkin dan bagaimana kita mengindarinya. Ini merupakan tugas semua orang, baik penggiat sosial media baik turun  langsung kemasyarakat, bagi yang masyarakat aktif disosial media mereka biasanya cepat menerima berbagai informasi, tapi tentu tidak bagi masyarakat awam karena mereka biasanya lebih fokus ke urusan ekonomi keluarga. Jadi sudah seharusnya kita ikut menyampaikan informasi ini ke masyarakat luas.
Kanker serviks/kanker mulut rahim adalah Kanker yang meyerang leher rahim. Yang pada umumnya  timbul tanpa gejala diawal, begitu diperiksa kebanyakan telah masuk stadium lanjut. Kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV).  Kanker ini sangat berbahaya dan sangat sulit disembuhkan.
Sebagai wanita yang menjadi sasaran dari Virus HPV ini, sudah seharusnya kita berhati-hati berupaya untuk mencegahnya. Area Vagina memang sensitive dan rentan terjangkit berbagai penyakit mulai yang ringan seperti jamur dan keputihan sampai pada kanker serviks ini. Karena itu kita harus berhati-hati jangan anggap remeh seringan apapun gejala penyakit yang ada.

Berikut Upaya yang bisa kita ikhtiarkan agar terhindar dari kanker serviks.
Kenali Gejala.  pada stadium awal  umumnya tak menunjukkan gejala. Tapi kita wajib berhati-hati jika terjadi pendarahan setiap kali berhubungan seks, Keputihan yang abnormal, pendarahan pada wanita menopause, atau keluar cairan-cairan yang abnormal dari vagina dan berbau busuk
Gaya  Hidup Sehat. Hidup sehat  disini adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu vit meningkatkan system imun tubuh. Karena virus masuk dan menyerang itu pada saat kondisi tubuh sedang menurun. Jaga makanan, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alcohol ataupun obat terlarang, cukup istirahat dan tidak sering begadang, dan selingi olah raga.
Menjaga Kebersihan Organ Intim. Sebagai wanita kita tidak boleh abai dengan kebersihan vagina, bersihkan vagina dengan sabun khusus dengan PH yang sesuai  dan tidak mengandung parfum, jangan menaburi bedak/talk pada organ intim, karena bisa saja masuk kedalam leher rahim dan mengiritasi bagian dalam Vagina. Ganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari, dan segera ganti jika lembab atau basah. Cukur rambut vagina minimal 2 bulan sekali, karena bisa membuat kondisi vagina lembab dan kemungkinan bisa menumbuhkan jamur. Jangan lupa mencuci segera organ intim setelah berhubungan intim. Semua hal-hal tersebut sering diabaikan , karena kita sering lupa bahwa penyakit kadang timbul dari kebiasaan yang remeh temeh.
Tidak Melakukan Seks Bebas /berganti-ganti pasangan. Kebiasaan melakukan seks bebas adalah hal paling rentan terkena penyakit kelamin termasuk kanker serviks ini. Kuman atau virus bisa saja dibawa oleh pasangan seks yang juga berganti-ganti pasangan. Sungguh kebiasaan buruk yang harus dihentikan.
Tidak Berhubungan Intim disaat Haid. Banyak yang bilang bahwa berhubungan seks saat haid aman. Tapi nyatanya berhubungan seks saat haid banyak menimbulkan penyakit kelamin. Seperti yang kita ketahui darah haid adalah darah kotor yang banyak mengandung kuman dan tempat bakteri berkembang biak, area organ intim menjadi lebih sensitive dan lembut sehingga bisa menyebakan luka dan trauma dimulut rahim. Sperma yang masuk pun menjadi tidak steril mengandung darah kotor masuk kedalam dan dapat menginfeksi. Jadi jika  memiliki kebiasaan seks saat haid lebih baik dihindari.
Imunisasi/ Vaksin Kanker Serviks.  Saat ini  telah ada vaksin kanker serviks, Vaksin ini merupakan upaya untuk mencegah pernularan virus HPV. Vaksin ini  disarankan pada wanita-wanita yang belum menikah tepatnya belum pernah melakukan hubungan intim.

Periksa Dini Dengan Pap Smear.  Pap smear  adalah pengambilan contoh dari sel-ga sel di rongga leher rahim bisa cairan ataupun kulit untuk mengetahuui apakah ada perkembangan sel yang abnormal pada leher rahim. Berbeda dengan vaksin yang dilakukan pada saat belukj pernah berhubungan intim, Pap smear dilakukan kepada setiap wanita yang telah pernah berhubungan  intim sejak pertama kali, dan bisa dilakukan berkali-kali, bahkan rutin ntah saru tahun atau dua tahun sekali, skrining secara rutin lebih dianjurkan.
----
Sebagai wanita yang sangat rentan dengan penyakit kangker serviks kita memang harus menjaga dan selalu waspada dengan organ vital yang kita miliki. Ambil tindakan untuk mengobati jika ada kejanggalan seperti bau yang menyekat dan tidak biasa, ada tumbuh kutil, keputihan yang berlebihan bahkan ada pembengkakan. Segera lakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

Untuk melakukan pemeriksaan pun kita tentu harus berhati-hati dan harus tepat memilih klinik atau rumah sakit. Pastinya kita ingin sekali mendapatkan kepastian dari hasil test secara akurat, maka dari itu sebaiknya pilihlah klinik  kesehatan atau rumah sakit yang memiliki laboratorim  yang telah terakreditasi , dan memiliki tenaga ahli yang professional dan lebih mengutamakan mutu sehingga hasilnya juga dapat dipercaya. Mohon tidak tergiur dengan paket-paket murah yang ditawarkan apalagi biaya yang rendah dan tak masuk akal, fokuslah pada hasil test yang akurat.


Laboratorium klinik Prodia adalah salah satu laboratorium  terbaik dan terbesar di Indonesia, untuk melakukan  dan melayani berbagai pemeriksaan kesehatan  termasuk untuk penanganan kanker serviks. Laboratorium Klinik Prodia didirikan pertama kali tahun tanggal 7 mei 1973 di Solo. Klinik ini sejak awal berkomitmen mempersembahkan  hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati. Sejak tahun 2009 Prodia mengusung tema “Love For Quality’, sebagai inpirasi seluruh karyawan  melayani sepenuh cinta  dan mempersembahkan kualitas terbaik. Dan kini Laboratorim Klinik Prodia telah memiliki cabang diberbagai kota besar di Indonesia dan kita bisa melihat hasil chekup  secara online di sits resminya www.prodia.co.id.

Kabar gembira bagi para wanita Indonesia yang ingin melakukan general Chek Up, karena Prodia telah memiliki  Prodia Women’s Health Center (PWHC). PWHC klinik layanan khusus perempuan berbasis  Women Wellnes yang pertama di Indonesia, yang didesain khusus dengan karakter dan sentuhan perempuan. PWHC didukung dengan perlengkapan teknolog diagnotis terbaru untuk pencegahan (pencegahan dan vaksinasi) maupun pencegahan lanjutan (medical chekup, tes labotaorium dan pap smear.)
--
Sebagai bentuk peduli cinta perempuan yuk kita sebarkan semua informasi mengenai kanker serviks keseluruh negri ini. Informasi yang diberikan tak hanya penting bagi wanita tapi juga pria, remaja maupun dewasa, karena menjaga kesehatan diri dan lingkungan adalah menjadi tanggung jawab bersama.

27 comments:

  1. thanks sudah berbagi tips mbak :) memang sudah saatnya kita aware dari awal ya...

    ReplyDelete
  2. aku belum vaksin HPV & ngga pernah pap smear hiks.. tapi nanti abis lahiran dan bayinya dah gede mgkn mau ngelakuin ini biar sehat terus :) aamiin

    ReplyDelete
  3. Yuk selalu menjaga organ kewanitaan. Kalau bukan diri sendiri, siapa lagi? Setuju! Perlu banget deteksi dini untuk cegah kanker serviks

    ReplyDelete
  4. Kalau dengar kanker serviks selalu ingat perjuangan Jupe. Makanya pengen banget papsmear dll nih setelah urusan program hamil selesai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagusnya pap smear dulu, Mbak. Baru program hamil. Aku dimarahin dr Ivan karena promil sebelum pap smear/

      Delete
  5. Informasinya lengkap banget mbak..
    Kita harus aware banget sama kanker serviks ya, lebih baik mencegah daripada mengobati kan.. ^^

    ReplyDelete
  6. Aku kalo denger kata kanker payudara, rahim, servicks atau kanker apa aja lah yg biasa nyerang perempuan, ngeriiyy. Semoga kita sehat2 smua yaa

    ReplyDelete
  7. Huh, kalo denger kanker yang satu ini rasanya mulai melemas. Setiap wanita pasti deg2 plus termasuk aku, belom berani dan belom sempet aja melakukan pap smear niy hiks

    Tapi harus ya, mengumpulkan nyali dulu ahh!!

    ReplyDelete
  8. Saya belum pernah papsmear dan vaksin HPV nih, rencana dalam waktu dekat mau ikutan papsnear dan vaksin.

    ReplyDelete
  9. Serem juga ya penyakitnya...kesadaran tidak dari para istri tapi juga para suami...makasih atas sharingnya mbak

    ReplyDelete
  10. Kan, aku diingatkan kembali ingin pap smear tapi masih males-males. Terima kasih diingatkan ya, Mbak.
    Mencegah kanker serviks ini memang penting banget.

    ReplyDelete
  11. Senang kali mba pas aku pap smear dan dinyatakan negatif kanker serviks

    ReplyDelete
  12. aku udah dong papsmear di prodia juga...

    ReplyDelete
  13. Kanker serviks emng jdi momok mengerikan bagi wanita. Semoga kita terhindar dri penyakit ini..

    ReplyDelete
  14. Aku belum pernah papsmear nih,pengen nyoba suatu saat.

    ReplyDelete
  15. Terima kasih infonya mbak... sangat bermanfaat buat saya...

    ReplyDelete
  16. Kapan hari ditawari periksa sama sesama orangtua murid di sekolahnya anak, kebetulan dia dokter spesialis kulit dan kelamin.

    Cuma ya karena lagi kondisi hamil, jadinya ditunda :)

    ReplyDelete
  17. Belum pernah papsmear dan lain2...dengernya aja ngeri plus linu xixiixi

    ReplyDelete
  18. Perempuanmemang harus waspada agar tidak terjangkit penyakit yang mematikan ini.

    Terimakasih info yang sangat bermanfaat ini :)

    ReplyDelete
  19. Wah baru tahu penyebab kanker serviks ternyata ini. Btw, vaksin hpv ini justru dianjurkan utk yg belum menikah ya? Kalau yg sudah menikah?

    ReplyDelete
  20. Yaaa komenku ilang :(
    Intinya tadi mau komen semoga PWCH segera buka di Depok :D
    Iya nih papsmear dna vaksin penting ya buat perempuan yg udah nikah TFS

    ReplyDelete
  21. Kudu jadwalon papsmear nih. Utk tahun ini belum lagi, euy!

    Thanks untuk tulisannya yang telah mengingatkan, Mba. :)

    ReplyDelete
  22. wuaaaah prodia keren ya
    andaikan ada prodia di lumajang, atau minimal ada di jember lah
    wkwk

    aku juga pengen cek-cek nih
    khawatir ada apa-apa

    ReplyDelete
  23. ada bagian khusus begini jadi lebih enak kl mau konsultasi pemeriksaan ya

    ReplyDelete
  24. PWHC ini enak lho, nyaman tempatnya dan semua staff perempuan. Lebih leluasa dalam pemeriksaan.

    ReplyDelete
  25. Banyak orang merasa gak nyaman melakukan PAP smear. Jadi selalu menghindari ketika ada tawaran untuk PAP smear. Padahal itu penting banget! Gak banyak orang tahu kalau PAP Smear itu gak sakit.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM