Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

Makan Enak Tapi Hemat Ala Ibu Rumah Tangga.

Jadi seorang istri  bisa masak itu sudah semestinya, tidak harus ahli bagai seorang cheff tapi ada niat untuk bisa masak dan menyuguhkan pada keluarga itu sudah menjadi modal. Bahan tak selalu harus mewah, justru jika kita bisa menentukan padu padan menu dengan hidangan sederhana pun bisa terasa nikmat. Mungkin diawal menikah dulu kita memang sedikit gugup berkecimpung di dapur apalagi itu dapur mertua ☺, untuk memulai saja takut, takut  rasanya gak enak, takut berantakan, dll.
Namun seiring waktu kita mudah saja melalui masa itu, yang dulu nyeplok telur saja gosong kini sudah bisa beberapa resep. Setelah menjadi seorang ibu dengan beberapa anak  , dimana kebutuhan bertambah, kondisi keuangan terkadang juga mengalami pasang surut, kini seorang ibu dituntut bijak mengelola rumah tangga termasuk bagaimana bisa cermat berhemat. Berhemat tak hanya diakhir bulan karena dompet makin tipis, tapi karena tuntutan masa depan dan harus ada tabungan keluarga. Begitu juga soal memasak sebagai ibu dan istri  harus bisa memasak sederhana tapi rasa yang enak, menu dasar boleh saja Tempe atau  Tahu  tapi cara pengolahannya yang berbeda.
Sedikit Tips Cermat Berhemat, Masak Ala ibu rumah
Masak Sendiri.  Saat masih berdua dulu mungkin catering atau beli diluaran jauh lebih hemat dibanding masak sendiri. Hemat waktu, hemat tenaga, hemat budget karena capek belanja, capek masak, terus  ujung-ujung  gak enak juga, :D.  Tapi setelah punya anak, tinggal terpisah dengan orang tua, harus bayar tagihan ini itu, dipastikan masak sendiri jauh lebih hemat, dan ada kebahagiaan sendiri ketika bisa melihat anak-anak bisa makan dengan lahap. Apalagi sedikit demi sedikit kita sudah piawai memasak beberapa menu kesukaan keluarga. Tak hanya menu utama seperti lauk pauk, sayur mayur, untuk cemilan keluarga kita bisa  belajar membuat cake sendiri.

Kreatif. Tentu saja agar anak-anak tidak bosan, kita harus kreatif menciptakan menu baru.  Di zaman sekarang semua jadi lebih mudah. Tak perlu repot mencari menciptakan menu, kita tinggal browshing dan mencari olahan sesuai bahan yang kita miliki. Kini sudah banyak yang dengan sukarela memberikan tips dan resep keluarga mereka di internet, tak salahnya untuk mencoba, bukan?!
Belanja di pasar. Biasa nya belanja di pasar atau di warung dekat rumah jauh lebih murah dari pada di supermarket.  Kelebihan lain berbelanja di pasar yaitu kita bisa menawar dan membandingkan harga dengan toko “sebelah” bahkan kita bisa mendapatkan  harga grosir.  Jika ada waktu belanjalah  disaat weekend biasanya harga sayur dan ikan jauh lebih murah. Sebaiknya  jangan membeli sayuran berlebihan karena gampang busuk dan akan terbuang mubazir jika layu. Sebaiknya sayuran seperti bayam, sawi atau kangkung kita bisa beli ditukang sayur setiap hari, jauh lebih segar.
Manfaatkan Kulkas.  Dengan memiliki kulkas kita bisa menyimpan bahan makanan disana agar lebih awet dan  bisa memanfaatkan freezer untuk menyimpan daging atau ikan disana.   Bisa juga untuk menyimpan makanan yang telah matang. Misalnya rendang, sambal, tentunya kita harus masak dengan porsi lebih. Ini jauh lebih bagus karena menghemat bumbu, waktu dan tenaga. Kemudian kita bisa membaginya beberapa bungkus atau cup. Kita bisa menghangatkan dan menyajikan seperlunya untuk keluarga tanpa mengganggu yang lain.
Memanfaatkan Voucher Diskon. Berhemat bukan artinya tidak boleh makan enak direstoran. Untuk keintiman keluarga sesekali boleh donk kita makan enak direstoran . Tapikan mahal? Makan direstoran tidak selalu mahal  asal kita gak malas cari atau beli Voucher Diskon Paket Hemat yang ada di internet (lagi-lagi harus pintar memanfaatkan teknologi). Dengan beli Voucher kita bisa berhemat antara 10%-40% dari harga sesungguhnya. Dalam menarik pelanggan kini banyak cafe dan resto yang menjual voucher paket hemat, kita bisa memanfaatkan ini loh, sesekali jalan dan  makan diluar biar gak suntuk dirumah terus, keluarga juga butuh refreshing.

Sebagai ibu rumah tangga memang harus pintar mengelola keuangan, apalagi dizaman yang serba mahal saat ini. Untuk bisa berhemat sekaligus bisa menyenangkan keluarga kita memang dituntut kreatif, serba bisa dan tak takut mencoba resep baru. Suami dan anak pasti senang banget jika kita memanjakan mereka dengan hidangan yang kita buat sendiri

25 comments:

  1. Voucehr diskon jadi solusi hemat kalau emak males masak :D

    ReplyDelete
  2. Voucher diskon yang ditawarkan Bambideal ini emang menggiurkan banget ya mbak. Sayang pilihan restonya untuk di Lombok belum ada :(

    ReplyDelete
  3. Jadi kapan kita makan bareng pake voucheer Maak, eeh..
    Jam segini ko laper lihat makanan2 itu yaa

    ReplyDelete
  4. Aku hampir setiap hari masak, mba. Kalau seminggu atau dua minggu sekali bolehlah jalan jalan buat makan dluar :)

    ReplyDelete
  5. Asyik voucher makan. Pastinya msh bisa makan enak di luar sama keluarga pas tgl tua hehe.

    ReplyDelete
  6. Voucher makan ini berguna banget buat yang suka makan di luar mbak.. ^^

    ReplyDelete
  7. Setuju Mbak, sesekali hrs jadi nyonys yg dilayani πŸ˜€

    ReplyDelete
  8. Iya loo...aku dulu sempat hitung-hitungan antara masak sendiri sama beli.
    Mungkin kalau kefefet, beli sayur bolehlah yaa...

    ReplyDelete
  9. Voucher diskon buat blanja sayur blm pernah coba. Di tempatku lbh dekat pasar dan enaknya belanja buat sehari. Jd seger dan selalu baru deh

    ReplyDelete
  10. Tips yang terakhir yang paling disukai ibu ibu rumah tangga gak di kampung gak di komplek pada demen hal yang berbau promo atau diskon intinya potongan harga hihihi...

    Meskipun cuma beda seribu pun tetep dianggapnya murah :)

    ReplyDelete
  11. Sebagai perempuan, memang kita harus bisa mengatur keuangan keluarga agar bisa lebih hemat. Dan benar kata Mbak Nova, lebih baik kita lebioh kreatif mengolah bahan makanan dan menggunakan voucher diskon. Keuangan keluarga dijamin aman, deh!

    ReplyDelete
  12. wah itu voucher diskon di bambideal id banyak banget. jadi penasaran sama situsnya, jarang ada situs voucher diskon makanan. Kuy daftar di websitnya ah

    ReplyDelete
  13. voucer diskon itu yang bisa jadi pilihan mantab mbak. aku beberapa kali lho memenfaatkan voucer diskon makanan, mayanlah menghemat hehe

    ReplyDelete
  14. Setujuuu! Quality time bersama keluarga dengan memanfaatkan voucher paket hemat apalagi pas lagi tanggal tua kan. hihihi... Diskonnya pun lumayan banget dari harga aslinya, sampai 40%.

    ReplyDelete
  15. Ibuku tuh senpat bilang ke aku bahwa ibuku gak akan ngasih aku apa2 saat aku berumahtangga, seperti tv, kasur, kulkas, dll. Meski jodohku masih belum terlihat hilalnya, tapi aku juga udah ancang2.
    Misal gak ada tv, kupastikan saya dan suami mengusahakan wifi. Kalo kasur bisa beli kasur yang biasa aja dulu.
    Lah kalo kulkas? Agak mahal siiih... Nggak bisa nyimpan banyak sayuran atau daging demi hemat. Mau gak mau yaaa belanja sayurannya tiap hari dong πŸ˜…
    Belanja sayuran tiap hari apa bisa hemat juga ya

    ReplyDelete
  16. Kalau aku perfume ada voucher Makan gratis, enggak bisa di pakai disini. Hehehe. Wal Hasil harus keratin masak memang, kadang kalau lagi malas beli di warung dekat rumah

    ReplyDelete
  17. Tidak menyertakan mie instan dan boncabe dalam obrolan tentang masakan kok rasanya ada yang kurang ya? Hahaha. Voucher makan sangat berguna, tapi pastikan tanggal kadaluarsanya.

    ReplyDelete
  18. Kalo soal ini mamaku panutan bangetlah hahaha kreatifnya parah kalo sama bahan makanan. Ada aja yang bisa dibikin dari apa yang ada. Dan... enak! Mantaplah. Tapi kemampuan itu belum nurun ke anaknya heu. Mungkin suatu saat lagi. Aamiin.

    ReplyDelete
  19. Voucher diskon adalah kunci. Yok mari berburu diskonan. Karena terkadang makanan di luar lebih menggoda hahaha

    ReplyDelete
  20. Iyaaa betul mba
    Masak sendiri jauh lebih hemat untuk keluarga. Tapi kalau untuk sendiri atau berdua masih imbang antara beli dan masak sendiri. Hihi..

    Sudah lama tak belanja ke pasar, jadi rindu bau pasar. Apalagi bisa milih yng segar-segar ya mba

    ReplyDelete
  21. Klu sy krn keluarga kecil, suami, sy dan anak umur 6 thn, kadang merasa beli lauk lebih hemat .apalagi kmi suami istri kerja dan anak skul dan dititip sampe sore .
    Jd untuk makan mlm lbh hemat dibeli.
    Masak jg..biasanya sabtu minggu sih

    ReplyDelete
  22. Jadinya beneran bisa hemat kalau mau makan-makan ya Mbak hehehe apalagi diskonnya lumayan banget ya Mbak. Kalau dilihat-lihat bisa sampe dapet potongan harga Rp. 30.000,- Kan lumayan banget ya Mbak hehe :D

    ReplyDelete
  23. Belanja di pasar itu hwaaaaajib banget biar hemat. Aku beli daun bawang di pasar 2rb. Di swalayan.....20rb...Padahal kualitas sama bedanya heboh. Nyesek

    ReplyDelete
  24. voucher diskon ini kesukaan emak2 banget deh. meskipun rajin masak, sesekali oke lah makan diluar ato masakan resto=)

    ReplyDelete
  25. Kalo saya tinggal beli yang sudah jadi karena saya cuman anak kos haha.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM