Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

4 Faktor Memperparah Mata Katarak

Mata katarak merupakan salah satu penyakit mata yang akibatnya bisa mengaburkan penglihatan.  Pupil mata akan terlihat lebih keruh bahkan putih, pada keadaan yang lebih parah membuat penderita katarak kehilangan penglihatan. Untuk menyembuhkan biasanya butuh tindakan operasi mata, ketika katarak sudah matang atau memiliki ketebalan tertentu sehingga perlu dikelupas lewat operasi.
Katarak memiliki beberapa stadium:
✓katarak insipien: kekeruhan sangat minimal
✓katarak imatur: keruh sebagian, lensa masih memiliki bagian yang jernih
✓katarak matur/matang: lensa sudah keruh secara keseluruhan
✓katarak hipermatur: bagian permukaan sudah merembes melalui kapsul lensa dan mengakibatkan peradangan.
Banyak hal yang dapat menyebabkan mata katarak. Faktor usia banyak menyebabkan para manula terkena katarak. Selain itu faktor kebiasaan buruk bisa juga menyebabkan mata katarak minuman keras, merokok,  dan obat-obatan terlarang bisa menyebabkan katarak pada mata.
Berkonsultasi dan mengonsumsi obat mata katarak, bisa menghindarkan anda terkena mata katarak sedini mungkin.  Adapula beberapa tanaman herbal yang  dipercaya dapat menyembuhkan katarak mata
Adapun, dari sekian banyak faktor pendukung mata katarak, terdapat ada  4 faktor  penyakit pendukung atau memperparah seperti berikut ini;
  1. Adanya Penyakit Glaukoma. Para ahli menyebutkan bahwa penyakit glaukoma ialah penyakit yang merusak pada mata akibat tekanan tekanan pada bagian dalam mata. Penyakit ini menyerang fungsi pada bagian optik mata. Salah satu fungsi utama optik mata ini ialah mengirimkan sinyal yang ditangkap mata menuju otak. Saat anda atau siapapun pernah mengalami ini, baik sudah mengalami operasi atau belum, bisa menyebabkan penyakit mata katarak mudah terjadi.
  2. Memiliki Penyakit Diabetes. Salah satu penyakit yang paling banyak diderita masyarakat Indonesia ialah diabetes. Penyakit diabetes ini adalah terdapat gula berlebihan pada tubuh yang tentu saja merusak kadar gula di dalam tubuh. Menurut para ahli, penyakit ini bisa menjadi faktor pendukung pada mata katarak.
  3. Pernah Mengalami Cedera Mata Atau Otak. Salah satu faktor pendukung mata katarak ialah pernah mengalami cedera pada bagian mata maupun pada bagian otak. Misalnya, anda pernah terkena benturan atau kecelakaan pada mata. Hal yang terjadi pada saat mengalami cedera mata dan otak, membuat komponen didalamnya bisa berubah. Apabila sebelumnya tidak terasa, maka saat mata anda menuju katarak, hal itu amat berpengaruh.
  4. Sering Terkena Radiasi Cahaya Atau Sinar. Mata seringkali sulit untuk melihat apabila melihat atau terkena langsung cahaya atau sinar. Misalnya, saat mata anda selalu melihat dengan pencahayaan yang kurang, mata anda akan bekerja ekstra untuk menangkapnya. Nah,apabila hal itu dilakukan terus menerus atau menjadi kebiasaan, maka akan merubah beberapa fungsi atau komponen hingga menyebabkan tidak stabil. Selain itu, banyak hal lain atau contoh lain lagi. Hal itu merupakan faktor pendukung untuk memudahkan anda terkena mata katarak.

Keempat hal diatas mesti anda perhatikan secara betul apabila anda tidak mau berakhir dengan mengonsumsi obat mata katarak dan berbagai penyembuhan lainnya.

Untuk memakan obat mata katarak sebaiknya berkonsultasi pada dokter atau ahlinya. Pastinya kita tidak mau apa yang kita konsumsi justru memperparah penyakit atau bahkan berefek menimbulkan penyakit lainnya.

11 comments:

  1. Baru tahu klo katarak itu ada jenisnya. Jaga kesehatan mata emang penting kalau ada masalah lebih baik konsultasi dulu ke dokter mata

    ReplyDelete
  2. Mata sebagai indra utama memang harus dijaga. Info nya bermanfaat sekali...

    ReplyDelete
  3. Ayah ku baru baru ini operasi katarak, tapi aku kurang tahu stadiumnya. Sekarang udah bisa melihat agak jelas setelah operasi.

    ReplyDelete
  4. Dulu kakekku tu kena katarak :(
    Baru tau kalau kena cahaya terus menerus juga bisa menjadi penyebab katarak TFS

    ReplyDelete
  5. Katarak sekarang ga cuma milik orang tua. Yang muda pun bisa kena

    ReplyDelete
  6. jadi ingat alm. embah yang punya penyakit katarak tapi takut dioperasi

    embah pernah cedera pada matanya, jadi tahu kalau cedera pada mata bisa berakibat katarak

    TFS ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  7. Pernah tetangga operasi katarak mbak, disuruh istorahtkan mata,eh malam begadang, hasilnya gak bisa lihat sebelah tuh matanya.

    ReplyDelete
  8. bermanfaat banget info ini, trimakasih mbak..

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus

Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM