Manfaat Bernyanyi Bersama Balita

Bernyanyi bersama balita


Sering ngomong ke Hamid, “duh nak..bok ya duduk anteng, dari tadi kok gak ada diamnya lari sana lari sini, apa nggak capek?”. Tapi ya begitulah anak-anak, mereka suka bersenag-senang. Walau kadang capek, tapi dalam hati bersyukur , anak aktif menunjukkan jika ia sehat dan bahagia dan tentunya kita juga ikut bahagia. Dunia anak-anak  memang penuh kegembiraan, senang bermain, dan hati mereka masih suci, penilaian mereka juga tulus. Anak-anak memang gemar bermain apalagi belum sekolah belum dibebani pelajaran ataupun pekerjaan rumah yang lainya.
Walau mereka senang bermain tapi pada dasarnya mereka adalah belajar, mereka suka mengeksplor hal-hal baru, rasa ingin tahu yang besar. Tak jarang mereka banyak bertanya berbagai hal pada orang dewasa. Salah satu yang disenangi anak-anak dan membuat mereka happy adalah dengan mengajak bernyanyi bersama. Aku paling suka ngajak Hamid bernyanyi walau suara aku fals hehehehe..kadang liriknya juga ngarang sendiri, suka suka gue gitu lah. Bernyanyi bisa menjadi sarana belajar bagi anak.
Berikut sedikit penjabaran manfaat bernyanyi bersama anak:
Menggembirakan mereka. Anak yang gembira dan bahagia pasti secara psikologis mereka jauh lebih baik dari anak yang tertekan, dimarahi dan selalu menangis. Dengan bernyanyi bersama ia merasa disayangi dan merasa diperhatikan oleh orang-orang terdekatnya termasuk ayah dan ibu tentunya. Secara emosional tentu juga dapat meningkatkan kecerdasan mereka.
Meningkatkan Bonding Dengan Anak. Apapun kegiatannya, jika dilakukan bersama anak, pasti membuat anak dan ibu menjadi lebih dekat.  Anak akan merasa dekat dengan kita , bahagia dan tertawa bersama. Momen-momen begini menjadi hal yang paling dirindukan semua ibu, terutama untuk mom working.

Baca juga : Memaksimalkan Waktu Bersama Anak

Mengasah ingatan mereka. Kita tahu bahwa setiap lagu memiliki lirik-lirik . Nah dengan menghafal lagu artinya juga mengasah daya ingat mereka terhadap lirik lagu , juga makna-makna yang terkandung didalamnya.
Sarana Belajar. Dari lagu anak bisa belajar sesuatu. Misalnya mengenal warna seperti lagu “balon ku ada lima”, “pelangi-pelangi”dll . Banyak sekali lagu anak-anak  yang bisa kita nyanyikan bersama anak-anak. Ya, tapi lagu-lagu jadul ya, sekarang hampir tidak ada lagi lagu-lagu khusus anak-anak. Memang keadaan ini sangat disayangkan,  tapi mau bagaimana lagi pintar-pintar kita saja sebagai orang tua untuk memilihkan lagu sesuai usia mereka. Jangan sampai anak balita malah senang menyanyikan lagu orang dewasa. Selain tak sesuai usia, lagu-lagu dewasa tentu sangat susah dipahami anak, yang jauh dari aktifitas yang sering mereka lakukan.
Melatih gerak motorik anak. Ketika Hamid belum genap 2 tahun aku sering menyanyikan lagu topi saya bundar dengan menggerak-gerakkan tangan menyerupai topi. Untuk sekarang dia sendiri lebih aktif bernyanyi sambil menari, atau bertepuk tangan sesuai irama lagu. Bagi anak yang belum lancar berbicara ini juga bisa melatih otot mulut mereka untuk mengatakan sesuatu.
Mengasah imajinasi anak dan banyak bertanya . Anak-anak senang berimajinasi tentang sesuatu. Begitu juga dengan lagu dia bisa membayangkan tentang sesuatu, misalnya bintang di langit, ayam yang berkokok, atau burung hantu yang bersuara, suasana saat hujan turun dll
Ada kejadian lucu beberapa waktu lalu, Hamid minta dinyanyikan lagu Indonesia raya dan agak susah aku jawab. Tumpah darah itu apa mi? Dia jatuh darahnya banyak?ya aku jawab bahwa tanah tumpah darah adalah tempat kita dilahirkan. Kayaknya dia susah mencerna tetap bertanya lagi hahahaha #emakgagal😂
Bernyanyi ternyata mengasah perkembangan logika mereka juga ya, mereka bertanya jika tidak sesuai dengan cara berpikir mereka dan mencoba mencerna setiap lirik yang dinyanyikan.

Baca juga : Cara Cerdas menyalurkan hobi anak
Menambah Kosa Kata. Lagu adalah rangkaian kata-kata. Tentu saja dengan bernyanyi akan menambah Kosa kata mereka.  Banyak kata-kata baru yang mereka temui, dan tentu akan mengundang rasa ingin tahu mereka.
Kegiatan bernyanyi sering kita lakukan, dan kadang kita anggap biasa. Tapi nyatanya dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan anak ya? . Boleh dong rekomendasi kan lagu atau saluran YouTube lagu anak, pengen ngenalin lagu baru nih ke Hamid , soalnya kalo mampir ke YouTube gak ajauh-jauh dari Diva anak Sholeh sepertinya dia mulai bosan 😀.

14 komentar

  1. waduh aku jarang karena gak pede, habis suaraku jelek dan fals

    BalasHapus
  2. anak-anak emang cenderung gitu kan, ya, harus aktif.

    o ya, kalo suka ngeyutub, aku saranin Nussa Official.. akun baru dari kartunis indo. keren

    BalasHapus
  3. Aku suka banget nyanyi sama anakku. Bakat terpendamku akhirnya tersalurkan sejak ada anak

    BalasHapus
  4. Anak-anak tentu senang bernyanyi karena sesi hiburannya sesuai dengan otak mereka. Tidak menyangka, ternyata ada manfaatnya dari segi ilmiah juga.

    BalasHapus
  5. Simulasi menyanyi memang bagus sih untuk meningkatkan keterampilan anak-anak. Ya, tadi, selain belajar bahasa baru, juga meningkatkan bonding dengan orangtua. Ya, asal jangan pake lagu-lagu dewasa aja sih.

    BalasHapus
  6. Betul banget mba. Nyanyi bisa bikin anak lebih bahagia dan lebih aktif. Siapa coba yang ga pengen goyang kalo lagunya enak. Hehe..

    Salam untuk Hamid mba. :)

    BalasHapus
  7. aku nyanyi sama ponakanku
    bisa happy gitu kalo nyanyi
    nyanyinya pake gerakan biar lebih semangat, hohooo

    BalasHapus
  8. Ternyata gitu yaa manfaatnya. Aku sering bgt nyanyi2 sama keponakanku yg balita. aku nyanyi lagu anak anak dan dia ngikutin kadang malah ngarang sendiri nyanyi apa ga jelas dan aku dalam hati "wah ponakan gue bakat nih jadi pencipta lagu" hahaha

    BalasHapus
  9. Wah seru banget ya menyanyi sama anak. Kalau aku sekarang, kakak adik (kedua anakku) menyanyi bersama.Emaknya mideoin doang. Hehe

    BalasHapus
  10. Acara bernyanyi bersama memang kadang menyenangkan, meskipun bedanya yang nyanyi bareng saya itu ponakan bukan anak saya sendiri, tapi setidaknya dengan menyanyi bersama bisa memberi latihan pada mereka terhadap aspek2 yang bisa didapat dari nyanyi bersama

    BalasHapus
  11. Anak yang suka nyanyi biasanya lebih lancar dan cepat bicaranya. Tentunya lebih happy juga

    BalasHapus
  12. wahh kebetulan saya klo pulang ke Jogja dan ketemu anak selalu saya ajak nyanyi mba walaupun suara saya sumbang dan gak hafal lirik haha.. Ternyata malah manfaat bernyanyi bersama anak itu banyak sekali... berarti harus mulai banyak hafal lagu anak3 nih

    BalasHapus
  13. Anakku usia 3 bulan, senang banget kalau mendengar lagu2 kayak twinkle2, old McDonald, siapa suka hati hepi banget. Walau belum bisa ngomong, dia selalu lonjak2 dan berau au gitu. Hihi

    BalasHapus
  14. Sebenernya aku tipikal yang kurang pede kalo nyanyi bareng gitu hihihi tapi aku punya pengecualian untuk anak sendiri, semoga insyaAllah kalo sudah punya anak, punya moment nyanyi bareng anak hehehe alhamdulillah sekarang lagi hamil 9 minggu ☺

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.