RESAH


Dawai resah bergetar dijiwa yang lemah..
Tertegun dalam lamunan sendu..
Menapaki langkah yg kadang penuh ragu
menyusuri detik detik hari..

Kelemahan ini..
Kesedihan ini..
Hanyalah aliran kecemasan...
yang tetes demi tetes menyusup di celah hati..
ku sadar.. tapi kadang tak sanggup menolak semua rasa..

Tuhan...
Ku mohon..
Alirkan kesejukan damainya jiwa..
Hembuskan roh keoptimisan dalam diri..
Lantunkan nyanyian cinta penuh keceriaan..

Tuhan...
dibalik do'a tulus jiwa..
Kuharap..
segala curah Iman dan berkah..
mengalir disetiap denyut nadi..
hingga ku tak ragu melangkah tegap menggapai waktu..

PUTRI MALU



Apakah Kamu Putri Malu?
Rumput Kale... Putri malu.
Gak Mau ya di samakan dengan Putri Malu ?
Ya nggak Lah.... Wong aku cantik gini kok !
Seharusnya Kamu senang dikatain Putri Malu...
Kok gitu....?

Iya....

Coba dech kamu lihat Tumbuhan putri malu, kalau kita lihat sekilas ia hanya sekedar rumput yang sama dengan rumput lainnya... tapi jika kita perhatikan karakternya...sungguh tersimpan Ahklak seorang putri yang Anggun..

1. Bunga Berwarna merah jambu alias pink, melambangkan wanita.
2. Tekstur bunganya halus lembut, seperti wol, bludru seperti sutra, itu khas sekali dengan Wanita yang anggun dan penuh kelembutan
3. Pohonnya berduri, artinya wanita itu adalah makhluk yang begitu berharga yang perlu dilindungi, dijaga dan disayang.
4. Jika di sentuh daunnya langsung kuncup lemah menyusup di antara durinya agar ia terlindung dari tangan-tangan iseng atau dari hewan ternak yang ingin memakannya. Ini artinya wanita itu mesti menghindar dan melawan orang-orang iseng yang ingin melecehkannya atau menngganggu harga dirinya.
5. Jika Hari mulai gelap atau malam putri malu akan layu. Ini tersimpan maksud wanita lebih baik dirumah jika malam hari, jangan suka keluyuran ..keluar malam apalagi jika tidak ada urusan yang penting. Agar lebih terjaga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan..

Jadi Aku harus jadi gadis Pemalu ?

Ya..untuk hal-hal yang negative.....

Malu disini bukanlah sekedar sifat rasa sungkan atau enggan tetapi rasa malu yang merupakan kemuliaan yang mengontrol tingkah laku kita yang mecerminkan ketinggian budi pekerti. Jadi bukan malu untuk hal-hal yang positif misalnya malu bersedekah, malu ikut lomba, malu jika mesti presentasi di depan kelas... itusih malu-maluin..

Hadist Tentang Rasa Malu

 Diriwayatkan oleh Abu Hurairah r.a. : Nabi Saw. Pernah bersabda ; “Iman meliputi lebih dari enam puluh cabang atau bagian. Dan Al haya’ (rasa malu) adalah sebuah cabang dari iman.”

“Malu dan iman itu bergandengan bersama, bila salah satunya di angkat maka yang lainpun akan terangkat.”(HR. Al Hakim dalam Mustadroknya)

Rasa malu yang tepat dapat mencegah kita untuk berbuat dosa dan hal-hal yang tidak di sukai Allah dan sesungguhnya rasa malu itu merupakan perhiasan bagi wanita.

Sama siapa saja kita mesti malu..?
Kita mesti malu dengan Alllah, Manusia bahkan dengan diri kita sendiri.

Contoh Rasa malu seperti apa aja sih ?
Oke..
Karena kamu seorang wanita kamu perlu di lindungi, dihargai dan disayangi, untuk itu jadi lah kau bak seorang Putri Malu yang tidak malu-maluin :

1. Malu dengan Pakaian yang minim, gunakan pakaian sebagaimana yang dianjurkan Oleh Allah swt dan Rasul. Jangan suka menggunakan pakaian yang tidak diajarkan agama, sesungguhnya pakaian yang sopan dapat melindungi dari orang-orang yang berniat buruk pada mu dan mencerminkan pribadimu yang anggun.

Sesuai dengan Firman Allah swt dan Hadist dar Rasullullah saw :

 “Dan katakanlah kepada wanita-wanita yang beriman : Hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan khumur (jilbab)nya ke dadanya”. (QS. An-Nur : 30-31)

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang-orang mukmin : Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal dan oleh karenanya mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Qs. Al-Ahzab: 59).

Dalam riwayat Aisyah RA, bahwasanya Asma binti Abu Bakar masuk menjumpai Rasulullah.saw dengan pakaian yang tipis, lantas Rasulullah berpaling darinya dan berkata : "Hai Asma, sesungguhnya jika seorang wanita sudah mencapai usia haidh (akil baligh) maka tak ada yang layak terlihat kecuali ini, sambil beliau menunjuk wajah dan telapak tangan." (HR. Abu Daud dan Baihaqi).

2. Malu dalam bergaul terutama dengan lawan jenis Janganlah bergaul terlalu bebas. Tidak kah kau malu jika berduaan di tempat sepi ,gelap lalu dia menyentuh bagian-bagian tubuh mu... jika kamu menganggap biasa saja dengan semua prilaku itu bearti..kamu tidak memiliki rasa malu pada Allah diri mu sendiri dan pada orang lain dan tidak ada pula Iman mu, karena malu itu merupakan bagian dari pada iman. sungguh bodoh jika kamu mau melaku kan itu semua, bearti harga diri mu telah di injak-injak oleh nya...sesungguhnya dia telah mempermalukan kamu..

Sesungguhnya setiap agama itu memiliki akhlak dan akhlak Islam itu adalah rasa malu.” (HR. Ibnu Majah, hasan)
3. Malu Berprilaku buruk.
Jagalah diri dalam bergaul jangan ikut-ikutan merokok, minum-minuman keras apa lagi sampai mencicipi narkoba –ingat lah keluarga, sayangi mereka , jangan membuat mereka malu dengan pribadi mu yang buruk.

Nah...Jika penampilan berbusana sudah selayak wanita Anggun penuh kelembutan, pergaulan juga sudah terjaga sudah sepatutnya kita malu... Malu tidak menjalankan ibadah yang lain terhadap Allah..Sholat jangan sampai tertinggal..
Malu donk...penampilan dan sikap aja seperti orang Alim tapi sholat aja Belang bentong.... dengan menjaga malu kita merubah diri pelan-pelan menjadi wanita yang sholeh sebenarnya.


Oke..dech...., Aku Mau JADI pUTRI mALU YANG GAK MALU-MALUIN..


(sebagian isi postingan diambil dari "percantik diri dengan rasa malu )

GORESAN DI HARI IBU


"Ya Rasulullah, siapa kah diantara manusia yang berhak aku pergauli dengan baik?
Beliau menjawab"ibu mu".Dia bertanya lagi kemudian siapa?. 8eliau menjawab "ibu mu", dia bertanya lagi "kemudian siapa?", beliau menjawab "ibu mu" .dia bertanya lagi kemudian siapa? Beliau menjawab " Ayah mu kemudian barulah orang terdekat dengan mu" (HR: Bukhori-Muslim)

--------------------------------------------------
*************************************

Ibu...
Jasa dan kebaikanmu takkan pernah terhapuskan..
Kau mengandungku...melahirkanku...menyapihku...
Dirimu membesarkan dan mendidikku...memberikan yang terbaik dari mu untuk ku hingga aku sedewasa ini..

Ibu...
Maafkan aku... Jika aku masih suka berkata "ah!" atas perintah mu..
Maafkan jika aku risih dengan nasihat mu...

Ibu...
Maaf kan aku jika belum bisa membalas semua kebaikanmu.. Walau kebaikanmu tak kan pernah terbalas walau aku seandainya membawakan segunung emas pada mu..

Ibu...
Dengan segala kekurangan ku...
Mohon kau maafkan segala kesalahanku..ridhoi tiap tingkahku yang membuat mu sedih... Karena keridho'an Allah kepada ku tergantung keridho'an mu terhadapku...

Ibu...
Maafkan jika hari ini
Aku hanya bisa mengucapkan...
"SELAMAT HARI IBU..."
dan seuntai do'a untuk diri mu..
"YA ALLAH KU MOHON AMPUNKAN SEGALA DOSA IBU/AYAH KU.... DAN LINDUNGI DAN SAYANGI MEREKA SEBAGAIMANA MEREKA MENYAYANGIKU DIWAKTU KECIL:::AMIN:::"

KUPU-KUPU KELABU



Seekor kupu-kupu
Warnanya indah sedap di pandang
Merah jambu bercampur biru
terbang merunduk dan tersipu


Kepak kan Sayap kian kemari
Sungguh bahagia haru biru
Hinggapi bunga kembang sepatu
sambil menghisap tetesan madu

Tapi takdir siapa tahu
Sebuah perangkap telah menunggu
Merah jambu biru bernasib kelabu
Diam membeku di pajangan ungu
Nova Violita

Ambil Hikmahnya

Hmmmmm....
Mungkin Kita sudah pernah lihat video ini di you tube.. atau di facebook teman...




Apa reaksi kita Melihatnya tertawa ngakak...terbahak-bahak..lucu banget ya... lama-lama timbul juga rasa kasihan sama mereka yang jadi korbannya....
Mungkin kita hanya sekedar menikmati video tersebut... Tapi jika kita simak baik2..video tersebut tidak hanya sekedar hiburan saja...tapi ada hikmah yang bisa kita petik...

Banyak kejadian serupa yg terjadi dalam kehidupan sehari2..
contoh:

1)Ketika orang tua/guru kita menasehati kita jangan merokok,membolos sekolah, jangan sentuh narkoba, jagan berpacaran,apa yang terjadi bukan kita memtaati tapi semakin penasaran dengan apa yang dilarang..kita malah melakukannya, akibatnya banyak hal-hal tak kita inginkan terjadi ... Alasan cuman satu... " Penasaran"

2)Jangan Lewati Jembatan ini ! masih dalam perbaikan..
eh... di lewatin juga... nah! kalau terjadi kecelakaan...siapa yang disalah kan..?
kenapa bisa terjadi, karena menganggap sepele sebuah peringatan.

Hmmm... jadi intinya kita jangan anggap sepele sebuah nasihat/peringatan yang tujuannya untuk kebaikan kita..., rasa penasaran dan ingin tahu yang besar adalah baik tapi tentu pda hal-hal yang positif.. jika kita tahu itu sesuatu yang berdampak negatif kenapa kita mesti penasaran untuk ikut nimbrung pada hal-halyang pastinya menjerumuskan kita ...

SEUNTAI DO'A DI AWAL TAHUN


Bismillahirahmaanirrohiim....
Dengan nama Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang...

Ya Allah...
Maafkan kami yang banyak meminta pada Mu
Tapi kami lengah dengan kewajiban kami sebagai hamba Mu
Maafkan mulut kami yang selalu mengeluh dan kufur akan ni'matMu..
Maafkan jika mata dan pendengaran kami gunakan untuk berbuat dosa..
Maafkan jika hati ini jauh dari MengingatMu..
Maafkan jika selama ini kami begitu jauh dari Mu...

Untuk itu
ya Allah..
Di tahun baru ini kami mohon kepadaMu..
Hijrahkan kami ke jalan yang paling Kau Rhido'i
Jadikan kami tunduk dan dekat padaMu

Ya Allah..
Berikan kami dan keluarga dan juga orang2 mukmin...
Keberkahan,kemudahan, kedamaian, keselamatan,kesehatan..
Sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik penolong..

Ya Allah...
Jauhkan kami dari fitnah & keburukan..
Lindungi kami dari musuh-musuh kami..
Jaga diri kami...
Jaga agama kami..
Hanya Engkaulah Sebaik-baik penjaga dan pelindung kami...

Ya Allah di tahun yang baru ini...
Tetapkanlah kebaikan atas takdir kami..
Hapuslah keburukan takdir kami..
karena hanya diriMu yang menguasai diri kami...
Jadi kan kami ikhlas dalam beribadah kepadaMu

Ya Allah...
Perkenankan lah do'a kami...
Segala puji bagiMu seru sekalian Alam..
Amin....

CEGAH NOTIFIKASI/PEMBERITAHUAN FACEBOOK PENUHI EMAIL


Email Saat ini oleh sebagian orang dianggap sarana terpenting dalam berkomunikasi...
Kenapa demikian...
Karena selain cepat sampai ketujuan dalamm hitungan detik , dengan surat elektronik ini kita dapat melampirkan dokument penting, foto dan video..
Dan tak jarang email merupakan tempat penyimpanan data penting, karena data atau dokument yang telah kita unduh tak kan terhapus, kecuali jika kita menghapusnya...
Jadi jika dokument hilang kita bisa mengunggah dan mencetak kembali...

Tapi... Terkadang kita merasa kesal dengan banyaknya pesan-pesan notifikasi dari jejaring sosial yang kita ikuti.. Misalnya facebook.. Satu hari bisa mencapai puluhan bahkan ratusan email yang masuk ke inbox kita...sehingga jika ada email penting yang masuk..kita sangat merasa kesulitan mencari..karena email terselip di antara email2 notifikasi tersebut....dan kita tidak punya banyak waktu untuk menhapus email2 notifikasi tersebut..

Ada beberapa tips agar email tak di penuhi pesan notifikasi FACEBOOK :

1. Jika anda ingin membuat akun facebook/jejaring sosial lainnya, jangan gunakan email pribadi atau email bisnis anda.. Buatlah email baru khusus untuk facebook... Jadi kita tidak masalah jika email tersebut di penuhi notifikasi..

2. Cobalah setting facebook anda agar tidak mengirim notifikasi ke email anda caranya..
* klik akun ( di sudut kanan beranda facebook)
* klik pengaturan akun
* klik kotak pemberitahuan (sisi kanan kotak jaringan)
* setelah itu hapuslah ceklis2 dari kotak-kotak kecil notifikasi tersebut... Kemudian simpan perubahan.. Selesai.
Di jamin facebook tak akan mengirim pesan notifikasi ke email anda..

3. Setting email anda agar pesan facebook tidak masuk ke inbox tapi masuk ke folder sampah/spam (email yahoo)
* klik Opsi
* Klik Opsi Lainnya
* klik filter
* Klik Tambah filter
* kemudian jika keluar form isi dengan 'facebook', sesuaikan isi form dengan yang di inginkan.
atau dengan cara Memblokir alamat facebook di email ;
* klik Opsi
* Klik Opsi Lainnya
* klik spam isi formulirnya
* Ceklis Kontrol SpamGuard
* Kosongkan Folder Spam sesuai pilihan yang diinginkan ( Segera/ Seminggu Sekali )
* Isi Blokir Alamat Email dengan www.facebook.com __ Klik tambah
( boleh ditambah dengan situs jejaring sosial lainnya yang kita tidak ingin notifikasinya masuk ke inbox email kita )
* Blokir Id Chat..Klik (Hanya blokir pesan chat dari orang yang tercantum di bawah ini)
* Kemuadian Simpan Prubahan

Nah..pesan2 dari facebook akan langsung masuk ke spam.. Tanpa mengganggu kosentrasi dalam berkomunikasi... terbukti berhasil loh..email lsg masuk spam tanpa mengganggu email penting kita...

Hmmmm Kalo saya..sih pake semuanya..di facebook disetting di email juga...

Bagaimana......?
Semoga manfaat ya.... & gak kesal lagi.... Oke.

Cinta... Cinta...& cinta

Cinta....
Ngomongin soal cinta memang gak ada habisnya.... Apalagi ruang lingkup cinta begitu luasnya....
Kalau ada yang bilang 'HIDUP TANPA CINTA BAGAI SAYUR TANPA GARAM' aku mah...setuju bangets...... Karena tiap orang pasti cmemiliki cinta.... Cinta...dengan ayah...ibu...kakak... Adik...anak...suami...istri dll... Cinta kepada'benda juga ada... Boneka kesayangan... Mobil.... Rumah....
Asal jangan cinta membuat gila aja... Gila harta... ato yang lainnya... Maksudnya cinta dalam taraf kewajaran...
Yang lebih utama cinta pada Allah dan rasulnya...

Banyak yang mengagungkan cinta...
mereka bilang....
Cinta itu...indah...
Cinta itu bunga yang bermekaran
Cinta itu mentari yang terbit di pagi hari...
Cinta itu nyanyian jiwa...
Cinta itu aroma terapi.... (wow...)
Cinta itu menentramkan... Mendamaikan...
*SEHEBAT ITUKAH CINTA?*
TAPI::::::
Kenapa ada yang bilang...
Cinta itu kebencian...
Cinta itu dendam
Cinta itu... Bunga-bunga yang layu..
Cinta itu memuakkan...
Cinta itu menghancurkan....
*SEBURUK ITU KAH CINTA;;;;*

Apakah cinta itu penghasut....?
Membuat sayang menjadi benci dalam sekejap
Apakah cinta itu munafik?
Bagai madu yang mengandung racun...
Apakah cinta itu bak pisau bermata dua...?
Membantu mengupas...tapi juga melukai..
Apakah cinta itu pencopet...
Merebut perasaan lalu mencampakkan hati ke tong sampah kemurkaan..... ( mulai lebay neh tulisan...)

Mengapa segenggam cinta menumbuhkan sejuta kebencian....


Lalu...
Siapa cinta sebenarnya...
Cinta lekat dengan kehati-hatian...
Cinta saudara kembar kebencian...
Datang dengan wajah yang sama...
Namun pergi..meninggalkan kenangan yang berbeda....

Oh...cinta...
terkadang kau memberikan kekuatan..
Tetapi kadang juga melemahkan....

ITU ARTINYA:::::
-KITA butuh manajemen cinta.....
MENCINTAI SECARA WAJAR....

Cinta harta.... Jangan sampai gila harta.... (jadinya...korupsi deh...kaya kasus yang...di tv itu loh..... Pejabat2 kita...ehm...ehm.. Sst..jg ngerumpi di sini...)

Cinta kekasih... Jangan sampai cinta gila... ( kaya lagunya AHMad dani...) yng ujung2...nya..bikin rusak kita...

de-el-el...

Hhhhh...jadi atur sendiri deh... Mo cinta damai...ato cinta menyesatkan...

-----SELAMAT MENCINTAI DAN DI CINTAI-----

Jalan Kita Masih Panjang..


love..... n...love.....
tidak terasa... satu tahun sudah berlalu.....
tiada banyak aral dan rintang tuk melewatinya.....
tapi... jalan masih panjang...
Semoga Allah Menguatkan bahtera perkawinan ini...
Amin...



'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''

Monyet Vs Angin


Memetik... hikmah dari sebuah cerita kenapa nggak....? sekedar cerita humor sich.. tapi gak ada salahnya kita ambil pelajaran nya....

walau pun cerita ini bukan karya sendiri dan copas dari situs lain... tidak ada kerugiannya..untuk meyebarkan kebaikan... asal kita jujur, dan menuliskan sumbernya...
ocheeee teman-teman.... yuk kita simak ceritanya..semoga memberikan motivasi terbaik dalam hidup kita...agar selalu kuat dan berhati-hati dalam setaip kondisi kehidupan ini,..baik sedih....senang.....miskin..kaya... bla bla.....


Sahabat, ada cerita seekor monyet sedang nangkring di pucuk pohon kelapa. Dia nggak sadar lagi diintip sama tiga angin gede. Angin Topan, Tornado sama Bahorok. Tiga angin itu rupanya pada ngomongin, siapa yang bisa paling cepet jatuhin si monyet dari pohon kelapa.

Angin Topan bilang, dia cuma perlu waktu 45 detik.

Angin Tornado nggak mau kalah, 30 detik.

Angin Bahorok senyum ngeledek, 15 detik juga jatuh tuh monyet.

Akhirnya satu persatu ketiga angin itu maju. Angin TOPAN duluan, dia tiup sekencang-kencangnya, Wuuusss…

Merasa ada angin gede datang, si monyet langsung megang batang pohon kelapa. Dia pegang sekuat-kuatmya. Beberapa menit lewat, nggak jatuh-jatuh tuh monyet. Angin Topan pun nyerah.

Giliran Angin TORNADO. Wuuusss… Wuuusss… Dia tiup sekenceng-kencengnya. Ngga jatuh juga tuh monyet. Angin Tornado nyerah.

Terakhir, Angin BAHOROK. Lebih kenceng lagi dia tiup. Wuuuss… Wuuuss… Wuuuss… Si monyet malah makin kenceng pegangannya. Nggak jatuh-jatuh. Ketiga angin gede itu akhirnya ngakuin, si monyet memang jagoan. Tangguh. Daya tahannya luar biasa.

Ngga lama, datang angin Sepoi-Sepoi. Dia bilang mau ikutan jatuhin si monyet. Diketawain sama tiga angin itu. Yang gede aja nggak bisa, apalagi yang kecil.

Nggak banyak omong, Angin SEPOI-SEPOI langsung niup ubun-ubun si monyet. Psssss… Enak banget. Adem… Seger… Riyep-riyep matanya si monyet. Nggak lama ketiduran dia. Lepas pegangannya. Jatuh deh tuh si monyet.

Sahabat, dari Kisah diatas hikmah yang bisa kita ambil adalah:
Boleh jadi ketika kita Diuji dengan KESUSAHAN… Dicoba dengan Penderitaan… Didera Malapetaka.. .
Kita kuat bahkan lebih kuat dari sebelumnya.. .

Tapi, jika kita diuji dengan
KENIKMATAN.. .
KESENANGAN.. .
KELIMPAHAN.. .
Kita bisa terlena... Kita mesti tetap hati-hati...


Sumber : www.kaskus.us


tuh....bener bangets...
kalau kita di uji dengan kesusahan... kemiskinan... kita selalu ingat.. dan dekat pada Allah...dan selalu bersyukur......

tapi kalu di uji dengan kenikmatan...kekayaan... lupa deh.., kadang sholat ajach bolong-bolong.... gmamana nech......, hati-hati kadang ksenangan jika tidak disikapi dengan baik..akan menjerumuskan kita loch...ke penderitaan.....(ow...ow...ow...)

Siapa Yang Salah



Siapa yang salah...?
saya... dia...kamu...
hmm....dari pada saling menyalahkan ada baiknya kita pahami cerita bijak berikut...

Adalah seorang laki-laki yang berkeluh kesah dengan seorang temannya...
dia bercerita tentang keanehan istrinya akhir-akhir ini...
" Aku merasa aneh dengan keadaan istriku saat ini..."
" Aneh Bagaimana..?"
" Istri ku akhir-akhir ini merasa enggan berbicara dengan ku..setiap aku bicara dengannya jarang sekali dia menanggapinya.. terkadang jika aku bertanya sesuatu.. tidak langsung dijawab olehnya.."
"Apakah istrimu marah kepada mu..."
"Sepertinya tidak... dia selalu tersenyum ketika menyambut ku pulang.."
" Aneh sekali...."
"Aku bingung.. apa yang mesti aku lakukan..."
kemudian sang teman diam berfikir sejenak....
" Begini saja... nanti ketika pulang, cobalah kamu sapa dia...tanyakan sesuatu padanya dengan jarak lima meter..jika tidak menjawab..kau mendekatlah padanya, kemudian kau tanya kan kembali pertanyann yang sama dengan jarak 3 meter, jika dia tidak menjawab juga... kau tanyakan kembali dengan jarak 2 meter.. hingga jarak yang terdekat.."
"Baiklah..."
kemudian sang lelaki pulang, dia melihat istrinya sedang masak sesutu didapur..istrinya tersenyum melihat kedatangannya, lalu iya teringat akan pesan temannya...
" Ibu..masak apa..? begitulah kira2 pertanyan sisuami kepada istrinya, ini dilakukannya dengan jarak agak jauh ..
Namun tak terdengar jawaban.. kemudian dia bertanya kembali..
" Ibu masak apa..?
namun tak terdengar juga jawaban, kemudian dia lebih mendekat lagi..
" Ibu masak apa..?
namun tak terdengar juga jawaban, kemudian dia lebih mendekat lagi..
" Ibu masak apa..?
namun tak terdengar juga jawaban, kemudian dia lebih mendekat lagi..kemudia dia bertanya kembali dengan jarak satu meter...
"Ibu masak apa...? akhir2 ini ibu aneh... " begitu kata suami.. mungkindengan sedikit kesal...
"Ayah yang aneh.." terdengar suara sang istri.
" kOk ayah yang aneh...?
" Iya... tadi sudah berapa kali ibu jawab, ibu masak sup..akhir2 ini ayah lah yang aneh setiap kali bertanya atau bercerita selalu di ulang2"
Kemudian sang suami yang terdiam...dia tersadar ternyata keanehan yang dirasakannya bukanlah berasal dari istrinya.. tapi dia lah sumbernya...mungkin ada gangguan dengan sistem pendengarannya...


Mungkin kita sering bersikap seperti suami tersebut.. segala sesuatu suka menyalah kan orang lain padahal sesungguhnya bersumber pada diri kita...
sebagai contoh dalam pergaulan kita suka menuduh seseorang itu cerewet, sombong, pemarah, pendiam ...
padahal kita tahu bahwa kepribadian orang tidak sama..Allah menciptakan manusia dengan berbagai watak dan sifat ada yang cerewet ada yang pendiam, ada yang bersifat terbuka ada yang bersifat tertutup, ada yang sabar ada yang pemarah..

ketika kita kesal pada seseorang terlalu banyak omong, bawel, cerewet, tak bisa diam..mungkin kitalah yang orangya terlalu pendiam... begitu sebaliknya..ketika mengatakan orang lain pendiam mungkin kitalah yang cerewet..

ketika kita merasa dongkol merasa orang pemarah judes..kata-kata yang pedas... mungkin kitalah yang terlalu sensitif, begitu juga sebaliknya ketika ada orang yang tersinggung dengan kata-kata kita jangan langsung mengatakan orang tersebut cengeng terlalu sensitif..mungkin memang benar kalau kata-kata yang kita keluarkan terlalu kasar..

Inti dari semuanya...jangan lah kita terburu-buru menyalahkan orang lain dari setiap masalah kemungkinan semua yang terjadi bersumber dari kita sendiri..
berbesar hati dan berfikir positiflah atas segala yang terjadi jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan dari setiap masalah..

Wallahu'alam...

Memelihara Kesehatan Jiwa & Raga

Beberapa waktu lalu aku menemukan sebuah buku dengan cover berwarna jingga di laci meja di kamar ibu.... buku nya sudah usang banyak halaman sudah hilang dan jilitan bukunya pun sudah terlepas.... judulnya Tasauf Moderen karya Prof. Dr. Hamka.
Disalah satu Bab nya membahas tentang Kesehatan Jiwa dan Badan di situ tertulis beberapa tips untuk memelihara kesehatan secara umum.. tergerak untuk menulisnya di blog semoga bermanfaat untuk kita semua dan kita dapat menerapkannya dalam kehidupan.
A. Memelihara Kesehatan dan Kesegaran

1. Jangan dibiasakan memakai obat-obatan dan alat-alat penguat ( obat kuat) badan.
(maksudnya mungkin obat-obatan penambah stamina agar lebih vit kali ya.. )
2. Jangan Meminum minuman keras untuk meringankan kesusahan hati.

( Tuh... kalau lagi ada masalah jangan jadikan minuman keras sebagai tempat pelarian.... apalagi nyabu...ngedrugs, wow! Buang dech... kebiasaan jelek ini kalau mau sehat. )

3. Kalau engkau yakin bahwa kesehatan bisa dicapai dengan suatu percobaan, janganlah maju mundur mengerjakannya. Lakukanlah percobaan itu.

( Duh... bahasanya njlimet ya... menurutku pemahamannya begini, jika kita melakukan sesuatu itu akan membuat tubuh kita sehat.. maka lakukanlah. )

4. Jangan perturutkan plesir, jangan diturutkan syahwat.
5. Lekas tidur dan lekas bangun.
( “Begadang jangan begadang... begadang boleh saja jika ada perlu” kalau ini kata Rhoma irama.... )

6. Biasakan menarik nafas menurut ilmu, barang beberapa menit di dalam tiap=tiap hari . berdirilah kemuka jendela, atau di udara terbukapenuhi rabu ( paru-paru) dengan udara, yang ditarik dari hidung dan dilepaskan dari mulut.
7. Makankah apa yang disetujui oleh selera . tetapi jangan makan supaya kenyang. Biasakan lah sesudah berdiri dari meja makan, seakan-akan engkau merasa itu belum kenyang. Kalau engkau rasai bahwa badan engkau agak berubah, (demam-demam). Ingatlah perkataan nabi Muhammad Saw.”Perut rumah penyakit, penjagaan rumah Obat “

( Jangan makan terlalau kenyang... berhenti makan sebelum kenyang.. kalau kita kadang kan tidak... biasanya nih... ada bakso, bakso dimakan, somai lewat, hayuk...
Sate padang yummi .... apaaa aja oke! Lapar mata atau lapar perut yach?
Jika kita sakit kemungkinan bersumber dari yang kita makan sebelumnya... )

8. Puasalah barang seminggu atau dua minggu di permulaan musim bunga( rabi’).

(karena di Indonesia gak ada musim bunga diawal musim semi beneran...kembang hias gitchu.. kalau musim rambutan berbunga dan durian berbunga sih ada... jadi sering puasa sunah aja...senin kamis atau puasa bulanan jadi gak pelu nunggu musim bunga)

9. Biasakan dirimu bersenam atau sport, sebagai belajar berenang, berburu, mengail ikan, mengendarai kuda atau tennis. Kalau pekerjaan dan penghidupan tidak mengizinkan maka biasakanlah sebelum tidur dan setelah bangun mengambil sedikit gerakan badan, supaya tidak kaku.
10. Mandilah dengan air dingin tiap pagi
11. Pergilah ketempat pekerjaan berjalan kaki, atau berjalan kakilah sekurang-kurangnya setengah jam satu hari, untuk mengambil udara pagi, supaya darah yang mengalir dibadan memperoleh hawa baru dan bergembira dan pipimu bercahaya. Berjalan kakilah. Ketahuilah, bahwa engkau suatu bagian yang berguna dari alam ini. Berjalan kakilah, dan hendaklah terasa ketika melangkah itu bagaimana nikmat yang dirasakan oleh burung-burung diudara yangbterbang mengawang dan hinggap bebas.

B. Kesehatan akal, ingatan, keteguhan pendapat dan fikiran.


1. Hendaklah baca, walaupun satu saat dalam sehari pembacaan-pembacaan yang menyenangkan dan berfaedah, baik kitab-kitab atau surat kabar. Jangan di biarakan waktu mu hilang percuma.

( Luangkan waktu untuk membaca, dengan membaca dapat melatih otak dan ingatan katanya juga bisa meminimal kemungkinan untuk pikun dimasa tua....)

2. Jauhkan roman hikayat dan membangunkan syahwat.

( Ow! Ow! Apa lagi buku porno dan nonton video porno? Jauhkan semuanya dari pandangan mata, kalau mau sehat akal dan pikiran.jangan! pokoknya jangan ya...! supaya gak lemah ingatan, okey... ho ho ),

3. Jangan menilik kehidupan dan segala masalah yang terkandung didalamnya dengan kacamata lawan mu, ingatlah bahwa tiap-tiap masalah selalu mempunyai banyak hukum, sekurang-kurangnya 2 hukum, karena dilihat dari segala sudut.

( Jika ada masalah jangan dilihat dari satu aspek saja cobalah untuk menilai dari sudut pandang yang berbeda..kearah yang lebih positif)

4. Menghukum hendaknya insyaf, mengeluarkan pendapat hendaklah jujur. Mengeluarkan perkataan hendaklah benar, pakailah keadilan walaupun untuk diri sendiri.
5. Perkara-perkara kecil jangan menggoncangkan hati, karena jika dengan hal-hal kecil saja sudah tergoncang, maka akan akan lemah menghadapi yang besar.

(Jangan gampang stress dengan masalah kecil atau dengan hal-hal sepele )

6. Cukupkan persediaan kekuatan akal dan jiwa untuk mengadapi kesusahan dan perjuangan.

(Siapkan mental yang kuat untuk menghadapi segala kemungkinan yang akan terjadi dalam hidup)

7. Sediakan masa barang satu jam untuk mengistirahatkan akal dan tubuh . kalau pikiran susah, duka sedih dan marah waktu satu jam tadi dapat memberikan ketenangan

C. Untuk Kesehatan Jiwa ialah dengan meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah Swt dengan mentaati segala perintah dan menjauhi segala larangaannya.

Bagaimana....?
Perlu dicoba nih...
Semoga bermanfaat...

Dilema Mawar




Mawar…
Ya.. namaku Mawar
Siapa yang tak kenal aku
Jika namaku disebut..
Semua mata akan membayangkan keelokanku
Warnaku? Siapa yang tak suka
Wangiku ? siapa yang tak tergoda
Indahku ? siapa yang tak ingin memiliki
Cantikku ? siapa yang akan melupakan
Aku tak hirau dengan warnaku yang di puja banyak orang
Aku tak peduli dengan wangiku yang memikat!
Aku tak peduli dengan indahku yang menggoda !


Tapi
aku peduli dengan duriku..
Aku sangat cinta pada duri ku
aku bangga dengan ketajaman duriku
aku cinta dengan kesetiaanya
aku bangga dengan duriku yang melukai
melukai orang-orang yang ingin memetik aku
duriku siap menusuk tangan-tangan jahil yang ingin menggangguku


Tapi….
Hari ini ….
Aku benci duri ku!
Aku muak dengan duriku!
Untuk apa selama ini aku membanggakan duriku
Jika hari ini
Dia Justru melukaiku
Apa artinya selama ini aku memiliki duri
Tapi justru dia yang membuat aku layu
Menjatuhkan aku dari tangkaiku
Dia yang seharusnya menjagaku
Justru memasukkan aku ke jurang kehinaan
Justru membuat ku tak mampu mengangkat wajah ku
Walau beribu mata menatapku..

Aku..
Mawar
Haruskah berduri..


----------------------------------------

Puisi ini terinspirasi dari kisah-kisah seputar kita...
mungkin kita pernah mendengar berita di televisi atau mungkin pernah terjadi dengan orang-orang terdekat kita... ntah tetangga.. kerabat, teman dll..
dimana kita melihat ada seorang gadis kecil yang tertunduk, menangis penuh isakan menceritakan bahwa dia telah dinodai oleh orang terdekatnya.. paman, ayah, saudara lelakinya.. yang seharusnya justru menjaganya penuh cinta dan kasih tapi justru menghancurkan masa depannya... bahkan terkadang hingga hamil...( na'uzubillah..)
memilukan sekali ya......? kok ada ya... yang begitu tega mencelakai keluarga sendiri, pikiran apasih yang sebenarnya menguasai mereka.... bo'ong banget kalau bilang semua itu khilaf.. khilaf kok berkepanjangan...bertahun-tahun....
terkadang kita pun ikut menangis mendengarnya.. juga begitu geram dengan pelakunya..
tak terbayang jika itu terjadi pada kita...
Semoga Allah Swt. melindungi kita dan seluruh keluarga dari perbuatan yang hina ini...Amin..

Angin Cinta

Angin..
Angin ku peluk..hilang
Angin ku genggam lenyap..
Angin ku cumbu berlalu..

Sungguh ku tak dapat merengkuh angin..
Sungguh ku tak dapat mendekap angin..

Akankah cinta itu bayangan mu..
Tak dapat ku lihat.. Hanya kurasa..
Terkadang berhembus kencang..menggetarkan melodi dawai hatiku..
terkadang juga hilang ntah kemana...

Angin cinta...
memecah deburan ombak di tepian pantai samudra hati...
Angin cinta...
mempertemukan awan di langit biru..
Angin cinta...
Pergi jauh untuk datang kembali..

( Sabtu, 28 februari 2009)

cINTA mATAHARI



Cinta matahari...
Akan tetap bersinar apapun yang terjadi kan tetap bersinar...
jika sinarnya tak sampai kebumi...bukan bearti dia tak menyinari...
hanya saja ada awan mendung menutupinya...
jika malam gelap gulita...bukan bearti dia bosan dan meninggalkan mu..
itu karena dia menitipkan cahaya cinta yang sejuk pada rembulan...
agar engkau nyaman dalam lelapmu..

Cinta matahari....
Kesetiaan yang memelukmu dalam kehangatan...dan mendamaikan dalam kesejukan...

Cinta matahari...
Tak lekang oleh waktu
cinta matahari..
Digenggam Pemilik cinta segala cinta
yg membuat matahari-pun tunduk pada titahNya..

Senja di ujung senja...

Senja ini..
Hujan masih menyisakan mendungnya..
Hawa yg dingin membuat berat pelupuk mataku..
Beberapa kali mulut ku menguap..
Kering.. Bau..
Tentu saja.. Tak ada setetes air atau sesuap makanan yg ku kecap hari ini..
Ku seret langkah kerumah ujung jalan.. disana ada gadis cantik..nan baik hati..
Aku merindukannya.... ingin ku selalu didekatnya... melihat senyumnya..
bahkan aku ingin tinggal bersamanya.... tapi.. mana mungkin....Siapa aku?
hmmmmm....
Mungkin aku mendapatkan sesuatu di sana..
biasa dia menyapaku....
“senja..Mampir ..”
“Masuk lah kerumah ku..”
Lalu dia menyuguh kan segelas susu satu rangkap roti.. Atau sepiring nasi dan lauk pauk nya..
Tergurat senyum dibibirku membayangkannya..
Jika aku telah melahap semuanya...
Lalu dia bercerita ttg dirinya..
Jika Kulihat dia tertawa..akupun tersnyum..
Jika dia telah selesai bercerita biasanya dia membimbing ku ke pintu depan..
artinya aku harus pulang.. aku tersenyum berterima kasih..
Ku percepat langkahku yg tertatih aku kangen pada nya..
Sudah berapa hari aku tak bersua dengannya... 3 , 4,7,10 ntah lah aku lupa .
Ntah kangen ..
Atau karena keperluan perut ..aku ingin bertemu dirinya..
tapi aku betul-betul kangen...
Senja semakin kelam.. Kini grimis mulai deras... Angin bertiup kencang..
Oh. Tak sabar..
Smakin ku percepat langkah tua ku.. ku pegang tongkat ku kuat-kuat, ku tak ingin terjatuh..dan gagal bertemu dengannya.
Hujan makin deras..
Kulihat pintu-pintu rumah telah tertutup rapat.. Hanya beberapa org kulihat berlari menghindar hujan..
Mungkin aku bisa menginap disana pikir ku...aku ingin merasakan kehangatan dirumah itu tidur berdua dengannya..
-----
sudah sampai...
Aku berdiri diam didepan pintu rumah..
Tok..tok..tok..
Ku ketuk pintu rumah itu..
Pintu terkuak..
Tapi bukan dia...seorang wanita paruh baya..
“Oh..kau pasti Senja masuk lah...”
Lalu dia mengambilkan segelas air..dan semangkuk sup hangat...
Makan lah...
Lalu aku menyuap perlahan.. sambil melirik kedalam ruang..aku mencari sosok dia...
“Cinta...tidak ada” sepertinya dia tahu apa yang aku pikirkan,,
“ satu minggu lalu dia sakit... dan...dan....” orang itu terdiam...dengan wajah sedih.
Aku tak sabar menunggunya... semoga cintaku tidak apa-apa..
“Dan ..dan.. dia telah meninggal ....”
Tangan ku gemetar....
Kepalaku....berputar..
. Prang...!!!!!!
Tanpa sadar mangkuk kaca yang ku pegang jatu pecah.
Dadaku sakit...
Oh!
,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.--------------------------------------------------------------------------------------------................................................................................................
“senja ! senja..!..bangun lah... oh! Tolong! Tolong!”

Senja Ini...
Ku lihat dari atas wanita itu berlari mengetuk rumah tetangga...
Ku lihat tubuh ku terbaring kaku ...
Ku lihat senyum cinta di sebelah ku...
Senja ini telah kudapatkan semua....
Segelas air...
Semangkuk sup...
Menginap dirumah cinta...
Dan aku pun bertemu dirinya....dia tersenyum dihadapan ku...
.............
Oh....
Aku Senja..si pengemis tua..yang berakhir di ujung senja....

Iseng - Iseng ajach.....

Sebelum berangkat ke kantor...
aku selalu menyempatkan diri duduk di depan komputer...
biasa sih iseng...aja... buka-buka blog... main game... atau apalah....
apa lagi kalau telah selesai masak.... suami dach berangkat kerja... tenang dech...walau belum mandi..he2...
sorry ya para “pembesar” kantor ku.....
ketahuan dech berangkat siang.... kali ini ga apa ya... kan mahasiswa pada libur.. jadi kerjanya agak nyantai...oke.

Kembali ke laptop! ( seperti acara empat mata ja.... )


Seperti pagi ini... iseng aku buka file-file lama ku... coba baca-baca puisi yang pernah ku tulis... hmmm.. mana tau ada ide baru buat puisi... aku senyum2 baca puisiku, soalnya lucu.. kalo inget moment ketika bikin pusi... ada soal jatuh cinta.... puisi kepingin jodoh..(ha2) , do’a-do’a....

Oh iya...ada iseng -iseng ku buat puisi,isinya tentang curhat teman ku....
dia putus karena cowoknya suka berbohong...
huh..!!!! dasar lelaki! Dasar kebanyakan tukang bo’ong..ih!ih! (loh..kok jadi emosi sendiri ya...?)
sorry ya..para lelaki emang gak semua...cowok suka bo,ong ..tapi kenapa juga cewek suka diboongi..huh..!!!( nah lo?!.. ni mihak cewek atau cowok sih...jadi bingung..)
Netral men!netral!... tergantung situasi..he2.

Nih..puisinya... udah lama banget sih bikin puisinya, hampir setahun...

PECUNDANG SEJATI
(Senin 23Maret 2009, 20:00)

Saat itu ku kenal mu..
Ada desir merambat dihatiku…
Saat itu kau bujuk dan rayu aku
Hingga kasih dan cintaku
Ku persembahkan pada mu….

Ternyata dibalik itu…
Kau tak lebih seorang penipu
Seorang pecundang nomor Satu
Setiap kata manis dan rayumu
Di penuhi kata-kata palsu


Kau bilang cinta padaku
Tapi kau meraup jutaan rupiah dari ku
Di balik senyummu
Kau mencuri seluruh pulsa ku
Ucapan sayang mu
Ada satu yang hilang dari ku


Kau bilang kau takkan mendua
Tapi ternyata kau beristri dua
Kau bilang dirimu perjaka
Ternyata kau seorang duda

Namun semua kan terbuka
Tulus cintaku mengalah kan tipu daya
Ku tak ngin kau disisiku
Ku tak kan terbuai bujuk mu
Walaupu kau berlutut pada ku.
selamat tinggal wahai manusia tak tahu malu


Tuh...nyebelin kan cowok... tapi gak semua kok...
Pesan nih buat para cewek... hati –hati cari pasangan jangan ketemu lelaki seperti dalam puisi...makan hati dech..ga enak...walau minumannya teh botol sosro !( nah gak nyambung dech..)

Untuk para lelaki buaya..punya perasaan dikit ya.. kasihan para wanita...hatinya begitu lemah, sangat mudah dirasuki cinta dan sayang....apa lagi selalu diperhatikan..coba bayangkan tiba2 dia tahu ternyata sayang n cinta mu palsu belaka..( cie....bahasanya gatahaaannn.)pasti down banget kan....Please...para cowok..penuhi lah hatimu dengan sayang n cinta yang tulus... biar jiwa mu dipenuhi mutiara-mutiara cinta(haa...lebay...bahasanya bro!)... jangan dipenuhi hati cicak..kadal..dan buaya...ya.. kalo sudah gitu enaknya pergi sono! Nyemplung ke laut...!!

Peace....!!! buat semua...
mmmuach.....!!!!!

Wassalam...

Renungkan.......


Tuhan telah menghadiah kan dua mata untuk mu
Agar kau dapat melihat betapa indahnya senyuman orang-orang yang kau cintai
Tuhan telah memberimu dua telinga hingga kau dapat mendengar merdunya nyayian burung
Tidakkah kau bahagia..
Dengan kedua kaki yang membuatmu dapat berjalan dan melompat sesuka hati
Tidakkah kau berterima kasih
Tuhan telah memberimu dua tangan hingga kau dapat menuliskan puisi-puisi terindah
Tidkkah kau senang
Dengan mulut dan lidahmu
Agar kau dapat berucap dan merasakan betapa lezatnya makanan
Lebih dari itu…
Takkah kau mensyukuri
Bahwa..
Tuhan telah memberimu nafas…agar kau merasakan hidup..

Lantas…
Kenapa kau masih mengeluh…
Merasa slalu sial..
Merasa tuhan tidak adil padamu…

Coba saja tuhan mencabut
Salah satu anugrahnya teruntukmu..
Mata
Tangan
Atau kaki mu…
Sesungguhnya tuhan telah memberimu nikmat yang banyak…
Renungkanlah..

J-Theme