Sajak : )* DIBALIK MEGAHNYA IDUL FITRI


Berganti gelap menjadi siang
Menyingkirkan Romadhan berpindah bulan..
Takbir menggema..
Bersahutan di puncak Masjid

Di sudut jalan ...
Lampu merah...
Di sini ..
Air mata mengucur..
Mengikis debu , bersarang di pori-pori pipi..

Kau tahu?
Aku pun tak tahu..
Mengapa aku di sini..
Sering bertanya pada Tuhan..
Tapi suara Tuhan hanyut bersama air amis yang mengalir di sungai dekat rumah kumuh ku...
Ku tak dengar..

Tengadahkan tangan
Berharap belas kasih..hilir mudik jalanan..
Berbaju rapi
Bersepatu kulit sering menghardik..
Pergi kau!!
Pedih menyayat hati..

Tapi hari ini jalanan sepi..
Berputar langkah berjajar bersama tepian pagar masjid bersama yang lain..
Ya..aku ..dia..dia..mereka..
Sama seperti ku
Tuan... Kasihani kami..

Anak berlarian..
Berpakaian rapi berwajah cerah..
Bergelayut manja ..

Aku??
Lihat lah aku...
Kaki hitam tak beralas...
Baju rombeng tak berwarna tersedot terik matahari...
Muka hitam dipoles knalpot lalu lalang...
Kenyangku sekedar pengganjal perut...
Ibu?? aku tak kenal..
Ayah ?? apa lagi...
Aku tak ingat kenapa aku bisa ada di dunia..
Apakah Tuhan mencampakkan ku dari langit begitu saja...
Dan membiarkan ku terlantar....????

Tuan.
Kasihanilah aku...
bawa aku bersama anak kalian..
Di sini aku hanya ada airmata...

Tuan!
Lihat lah.
Kaki ku berdarah ditikam batu jalanan..
Bawa lah aku bersama mu..

Tuaaannn!!!!
Lihat lah aku...
paling kan sejenak wajah mu menatapku
Dengar jeritan hati ku...

Tuan!
Tuan!!!
Lihatlah Aku!!
Tuaaaan!!!!

Teeeeettttttttt!!!!
Brakkkkkkk!!!!!!

Tuan...
Terima kasih...
Klakson dan gas mobil mu..
Telah mengantar ku pada genggaman Tuhan...

Dan......
Di sini aku ..tersenyum....
_------------------

Semoga kita Lebih mensyukuri ni'mat yang Telah di berikan ALLAH SWT.... Amin....

SELAMAT IDUL FITRI 1432 H

MOHON MAAF LAHIR BATHIN...

from : Nova Violita & Keluarga

♥♥♥HATI KU♥♥♥


♥ ♥ ♥
Kau tahu hati ku...??

Hati ku bukan hati malaikat..
Yang selalu tunduk dan patuh penuh kebaikan atas perintah yang kuasa..hingga Sangkakala ditiup sebagai tanda kehancuran dunia..

Hati ku juga bukan hati Iblis
Yang jahat Ingkar dan akan tetap ingkar sampai matahari memutar arah terbitnya

Hati ku...
Adalah hati manusia biasa..
Yang berada di dua sisi hitam dan putih..
Hati ku bagai ilalang diterpa angin
Terkadang kekiri..dan kadang pula kekanan...

Hati ku adalah bukan hati yang suci..
Dan bukan pula hati yang kotor..

Kau tau.. Kadang aku memendam benci dan dendam .. Tapi terkadang terbit rasa kasih ..

Terkadang hati ku penuh dengan kemarahan, ingin sekali memporak perandakan isi dunia...!!!!
Tapi tiba-tiba hati ku berbalik penuh kedamaian.. Ingin menyatukan yang bercerai berai..

Hati ku terkadang berisi kedamaian dan begitu menikmati manis nya iman.... Tapi bisa saja tiba-tiba jiwa ku begitu malas dan merasakan kerisauan..

Aku sadar.. Aku hanyalah pemilik hati yang lemah.... Yang terus kan berbolak-balik hingga ajal menjelang..hingga maut kan merenggut ku.. Apakah di saat ku beriman ataukah sebalik nya...

Ya Allah penguasa diatas penguasa.. Sesungguhnya engkau lah yang berkuasa membolak-balikkan hati manusia...

Ku mohon tetapkan kan hati ku pada keimanan dan kebaikan..dan jaga hati ku dari segala keburukan hati..yang membawaku pada kemungkaran.....,Amin..

-----------------------

"Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu , ketahuilah bahwa sesungguhnya Allah membatasi antara manusia dan hatinya dan sesungguhnya kepada-Nyalah kamu akan dikumpulkan" (QS ;8:24)

BIDURAN


Beberapa hari yang lalu aku dan teman-teman kantor mengadakan buka puasa bersama. Menumakanananya macam-macam ada cah kangkung pakai bakso, ayam bakar,ikan bakar, capcai campur cumi, sambel ikan teri plus jachkichan alias jengkol haahah. Sepulang dari buka bersama aku dan suami lanjut menyantap  sate madura, alasannya sih masih belum kenyang. Tengah malam aku merasakan bagian kaki dan tanganku begitu gatal bentol-bentol. Aku mengingat-ingat kenapa bisa begini., rasanyaaku dari tadi tidak ada di kerubungi nyamuk. Telapak tangan dan kaki terasa panas dan memerah saking gatalnya, positif aku terserang biduran/kaligata/liman, ku coba membalurnya dengan minyak kayu putih namun beberapa saat gatal mulai muncul lagi, lama-lama gatal menyebar ke punggung,perut,leher bahkan kepala, berasa kutu tiba-tiba banyak. 

Keesokannya ibuku menyarankan digosok dengan parutan kunyit dan kapur, tapi males banget buat ngelakuinnya pasti nanti jadi kuning-kuning, atau minum air kelapa,tapi gak mungkin karena siang itu sedang melaksanakan ibadah puasa Romadhan. Akhirnya pada malam harinya aku dianjurkan suami untuk mengkonsumsi obat Mebhydroline 50 gram, ku minum saat ingin tidur dan ketika sahur satu butir sekali minum. Alhamdulilah cuma dua kali minunm gatalnya langsung hilang dan bentol-bentol sudah tidak ada lagi. 

Aku penasaran sebenarnya biduran itu apa sih, akhirnya search di mbah google. Biduran , kaligata ,liman, atau urtikaria adalah reaksi alergi (melibatkan pembuluh darah atau vaskuler) pada kulit (dan mukosa) yang ditandai denganbentol-bentol (adakalanya hanya berupa bercak merah) pada kulit, berwarna merah atau berwarna keputihan dan gatal, sebagai akibat pembengkaan (edema)interseluler. Singkatnya,urtikaria terjadi sebagai akibat pelebaran pembuluhdarah (istilah kerennya: vasodilatasi) dan peningkatan kepekaan pembuluh darah kecil (kapiler) sehingga menyebabkan pengeluaran cairan (transudasi) dari membran pembuluh darah, akibatnya terjadi bentol pada kulit. 

Kondisi ini dikarenakan adanya pelepasan histamin yang dipicu oleh paparan alergen (bahan atau apapun pencetus timbulnya reaksi alergi). Faktor pencetus terjadinya urtikaria, antara lain: makanan tertentu ( biasa makanan laut atau daging-dagingan), obat-obatan, bahan hirupan (inhalan), infeksi, gigitan serangga, faktor fisik, faktor cuaca (terutama dingin tapi bisa juga panas berkeringat), faktor genetik, bahan-bahan kontak (misalnya: arloji, ikat pinggang, karet sandal, karet celana dalam, dll) dan faktor psikis. 
Seafood Salad, Udang, Roket, Peterseli, Chicory, Salad
Udang, cumi, dan makanan laut bisa memicu timbulnya biduran
Gejala atau tanda-tanda biduran yakni bentol atau bercak meninggi pada kulit, berwarna merah dan berwarna keputihan jika ditekan, gatal, dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran. Penampakannya beragam, mulai yang ringan berupa bentol merah dan gatal hingga ke wajah, bibir membengkak, daun telinga menebal dan tepi mata pun ikut bengkak adakalanya disertai demam.Parah tidaknya biduran tergantung kondisi.. Ada yang hilang tanpa obat..bahkan ada sembuh setelah beberapa minggu. Jika Biduran atau urtikaria  menyerang,  mending langsung ke dokter saja, apa lagi jika di sertai demam. Dan jika teman-teman termasuk orang yang langganan biduran ada baiknya mengingat-ingat apa pencetus biduran itu dan sebisanya menghindari pencetus tsb, seperti kejadian menimpaku kemungkinan adalah alergi setelah memakan seafood pada saat buka puasa. 
 
Mebhydroline 50 gram adalah obat yang  digunakan untuk mengurangi gejala-gejala alergi seperti, urtikaria (gatal-gatal), urtikaria idiopatik kronis, dan alergi kulit lainnya. Biasanya obat ini memiliki efek samping yaitu rasa kantuk, karena itu obat ini tidak dianjurkan diminum disaat akan bepergian dan menggunakan kendaraan bermotor. Nah untuk teman-teman yang punya alergi atau kebiasan terkena biduran obat ini bisa jadi pertolongan pertama, tapi ada baiknya konsultasi kedokter.

LEBARAN TEKOR




"Lebaran Sebentar lagiiii......"

Tak terasa kita telah melewati lebih setengah bulan Ramadhan, dan itu artinya lebaran Idul Fitri kian dekat.
Biasanya sebagian masyarakat pada saat lebaran ingin semuanya serba baru sampai-sampai underwear pun ingi yang baru hhihiihii.. :)
Inilah yang membuat tekor pengeluaran dan terserang kanker alias kantong kering.

Logikanya di saat Ramadhan pengeluaran kita justru berkurang karena makan kita berkurang tidak ada jajan atau ngemil ini dan ngemil itu di siang hari. Tapi pada kenyataannya bukannya hemat tapi justru membuat pengeluaran meningkat berkali-kali lipat. Kenapa demikian?? yaitu karena harga-harga kebutuhan meningkat di saat menjelang romadhan juga karena menu yang disajikan pada saat berbuka dan sahur di buat lebih spesial, yang biasanya pada hari biasa tidak pernah di buat kini disajikan penuh di meja makan..(padahal kenyataannya meminum segelas air putih dan sepiring nasi, sudah membuat kenyang...)
Selain itu ada satu hal yang membuat tekor yang paling dominan yakni Sifat Konsumtif di saat menjelang lebaran.

Ketika lebaran semuanya ingin tampil baru , rumah di cat biar lebih mentereng, sofa baru, gorden baru,tv baru , dan peralatan dapur pun ingin yang baru..pakaian dan kendaraan pun ingin yang baru,pokoke serba baru deh..belum lagi soal kue dan hidangan lebaran...

tidak menutup kemungkinan menjadi tekor atau malah justru terbelit hutang. Dapat info dari kerabat yang bekerja sebuah dealer motor, bahwa penjualan secara kredit meningkat disaat akan lebaran, Mereka bela-belain ngeredit hanya karena ingin tampil beda..dan setelah dua atau tiga bulan setelah lebaran banyak kendaraan yang disita depcolector karena kredit macet.... Hfhffffff.... Kcian...kcian... Semuanya krena ingin tampil baru..

Masyarakat (sebagian) jadi lebih konsumtif pada saat sekarang ini, padahal mereka tahu ...harga-harganya pasti lebih mahal di banding bulan-bulan lain selain bulan puasa... Kenapa tidak belanja beberapa bulan sebelum romadhan saja...?????( tau deh......)

Dan kita semua tahu bahwa dengan berpuasa kita dianjurkan untuk lebih menanamkan pengendalian diri terhadap hawa nafsu yang bersifat keduniaan..termasuk nafsu gila belanja (betul..betu...betul... ?)

Yaaah....
Katanya pada saat lebaran hari kemenangan..justru sebenarnya kita kalah...kalah mengendalikan hawa nafsu..
(jadi gak menang dunk.....??? Terus yang menang apa..nya..??? )

Sebaiknya kita memilah-milah mana yang paling penting,paling perlu dan di butuhkan itu yang kita beli...
Membeli sesuatu karena perlu dan butuh bukan karena ingin...
Jangan "menghamburkan" rejeki yang mungkin seharusnya kita dapat berbagi dengan yang kurang mampu..
Sebaiknya kita tekan pengeluaran jangan sampai lebaran membuat kita tekor.. (ni postingan... Sekalian buat nasihati diri sendiri...wkwkwk... *jujur banget sih...)

Konsumtif disaat lebaran tak hanya membuat tekor keuangan tapi juga berdampak pada kejiwaan seseorang. Seseorang bisa stress karena tidak semua kebutuhan dan keinginannya terpenuhi...
Apa lagi jika memiliki sifat dengki dan iri hati..
Melihat tetangga beli sofa baru > sakit kepala..
Melihat tetangga beli kulkas > sakit gigi
Melihat tetangga punya kendaraan baru > demam..
Melihat tetangga punya suami/istri baru > pingsan (nah lo??;D)

Lebih lebih yang memiliki kebiasaan mudik..pulang kampung mesti tampil beda dunk, biar kesannya sukses merantau..ya kalau tidak biar kelihatan lebih gaul geethoo..
Ada baiknya bagi yang memiliki keuangan terbatas..jika membawa uang untuk belanja bawa sepelunya saja, takut jika tiba-tiba terserang penyakit mata keranjang dan maruk ...apa-apa mau dibeli..kikiiiki :D
Bahkan jika diminta menemani teman shopping,jangan mau kecuali dia janji mau membelikan ..hahay..., soalnya kalau ikut dan melihat barang bagus..pesti ingin beli
"eh.. Kamu gak beli.. Ngambil satu...bajunya lucu loh.."
" aku gak bawa uang... Lain kali aja lah..."
(padahal emang gak punya...lagi minus..hehhe)
"ya udah..... Pakai uang ku saja..ntar kapan-kapan kamu bayar..."
"hmmmmm...(pura-pura mikir)....... Ya..oke lah , aku ambil satu....."
Nahhhhh......sukses satu jalan ...membuat tekor...

-----****
Hhfhhffh....
Yang penting tanamkan sifat ikhlas dan legowo atau berbesar hati..tak semua keinginan dapat terpenuhi...jangan sampai stress deh tu.. Apa yang dianggap baik sekarang belum tentu membawa kebaikan di hari esok...

Jadi....
Bagai mana dengan anda..kamu..saya..kita lebaran ini???

Tekor duit plus tekor amal kah???... (jangan sampai ya... :)

Dah dulu yaaaa....
Sampai jumpa postingan berikutnya..
Salam bahagia buat semua..
daaaaaghhhh....
)* sambil menghitung baju baru di lemari..hihihihihi...

J-Theme