Tips Memilih dan Membeli Mesin Absensi


Masih ada gak ya dizaman sekarang yang absensi pegawainya manual, tandangan atau paraf saja?. Rasanya hampir semua kantor sudah memakai  mesin absensi, baik kantor pemerintahan maupu swasta bahkan guru dan para siswa  kini sudah menggunakan mesin absensi.Selain praktis dan  nggak ribet mesin absensi digunakan untuk mendisiplinkan para pegawai maupun siswa, dengan begitu mereka akan datang tepat waktu sesuai jam kerja begitu juga pulangnya. Bahkan bisa terhubung online langsung mengirimkan pesan sms ke orang tua murid ketika anaknya datang terlambat.

Dengan begitu banyaknya permintaan akan kebutuhan fasilitas kantor  terutama mesin absen, membuat banyak produsen atau pengusaha yang menjual mesin absensi secara offline dan online .Sebagai pengguna terkadang kita  merasa bingung dalam menentukan pilihan. Mengingat harga mesin absensi ini tidaklah murah, maka harus berhati-hati saat melakukan pembelian. Berikut ini ada beberapa tips yang  bisa lakukan saat membeli mesin absensi,  sebelum membeli mungkin hal ini bisa kita sampaikan kebagian inventaris kantor sebelum membeli mesin Absen, atau ada yang punya kantor dan berminat menggunakan mesin absen untuk para pegawai, bisa baca tips berikut :

Finger Print



  • PIlih Jenis Mesin Absensi yang Tepat

Langkah pertama yang harus  dilakukan saat membeli mesin absensi adalah memilih jenis yang tepat. Pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan , mulai dari jumlah karyawan hingga tambahan fungsi lain yang mungkin dibutuhkan. Jika memang karyawan di perusahaan  kurang dari 30 orang, maka mesin absensi manual bisa menjadi pilihan yang bijak. Sebaliknya jika karyawan  lebih dari 30 orang maka sebaiknya pilih mesin absensi yang lebih canggih seperti biometric atau digital


  • Tentukan Spesifikasi Produk yang Dibutuhkan
Setelah menentukan jenis mesin absensi yang diinginkan, maka langkah selanjutnya yaitu menentukan spesifikasi mesin. Khusus untuk mesin absensi manual, kita tidak perlu bingung karena spesifikasinya standar seperti jumlah kapasitas dan banyaknya transaksi. Selain itu di pasaran,kita bisa menemukan mesin absensi manual yang memiliki perbedaan dalam format cetakan waktu.
Sedangkan untuk mesin absensi yang lebih canggih, kita harus mempertimbangkan banyak hal diantaranya adalah mesin absensi dengan sistem komputer atau standalone (tanpa komputer), kapasitas user, kualitas sensor dan juga integritas aplikasi komputer.
Aspek-aspek ini harus menjadi bahan pertimbangan sebelum menentukan pilihan dalam membeli mesin absensi canggih (selain manual). Untuk masalah spesifikasi ini, kita bisa bertanya lebih jauh kepada staff atau toko yang jual mesin absensi ini agar bisa mendapatkan penjelasan lebih rinci dan pasti.
Absensi dengan kartu barcode

  • Perhatikan Garansi dan Keaslian Produk
Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan dalam membeli produk mesin absensi ini adalah memastikan keaslian merek dan tipe produk serta jaminan garansi produk kepada toko yang jual mesin absensi  yang dipilih.
Hal ini penting karena bisa mempengaruhi kualitas produk yang kita beli. Selain itu juga harus mencari tahu tentang pusat service centre merek mesin absensi tersebut agar lebih mudah mengurus masalah garansi atau complain tentang produk. Jangan tergiur dengan harga miring ya, karena harga memang mencerminkan kualitas produk.

Itu saja sih sedikit tips dalam memilih mesin absensi buat dikantor, ternyata jangan beli asal canggih dan keren, tapi beli sesuai kebutuhan. Jadi percuma sajakan beli mahal tapi  fitur yang dibutuhkan sedikit dan tak perlu integrasi ke computer segala. semoga bermanfaat ya…


7 komentar

  1. Kerja kmrn waktu trakhir sptnya mesin absensinya mirp spt itu mba.. cuna gk prhatiin merk.. noted nih buat kafe kk ku kyknya kren pake x y..

    BalasHapus
  2. Mesin absensi kyk gtu jaman skrng gk hanya dipakai di kantor, tp juga dipakai di sekolah/ universitas kyke hehe TFS tipsnya :)

    BalasHapus
  3. Tapi di kantor suamiku masih ada aja Mba yang 'nakal'. Ngantar anaknya sekolah terus mampir kantor buat absen, eeeh abis itu pulang ke rumah lagi -____-

    BalasHapus
  4. betul, setiap barang electronik mmg harus cek service centernya gimana.. biar nyaman klo ada apa-apa..

    mbak tipsnya aku share ke suami nih, biar kantor mininya bisa pakai absensi kaya gini :-)

    BalasHapus
  5. Belum pernah pakeeee

    Masih pake absen yang tanda tangan manual wkwkw

    BalasHapus
  6. mesin absensi kantorku pakai yang digital, yang pakai finger scan, hehehe :)

    BalasHapus
  7. Makin canggih aja yak,
    Absensi, bahkan sampai hp pun skrg udah finger print, ckck

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.