MENGENAL & KIAT MENGHINDARI KANKER SERVIKS


Akhir-akhir ini kanker serviks atau kanker mulut rahim  menjadi hal yang paling menakutkan bagi wanita. Umumnya  pada tahap  awal penyakit ini tak memiliki tanda atau gejala yang begitu jelas. Setelah mengalami sakit dan melakukan pemeriksaan ternyata sakit telah menuju stadium lanjut, dan sulit untuk diobati.  Tapi mirisnya , walau sebegitu mengerikannya kanker serviks ini masih banyak wanita yang tak mengenal penyakit ini bahkan tidak mengetahui sama sekali. Dengan kondisi  seperti ini  memang sudah seharusnya kita mensosialisasikan ke masyarakat tentang bahaya penyakit kanker serviks, bagaimana mengenali gejalanya, mendeteksi sedini mungkin dan bagaimana kita mengindarinya. Ini merupakan tugas semua orang, baik penggiat sosial media baik turun  langsung kemasyarakat, bagi yang masyarakat aktif disosial media mereka biasanya cepat menerima berbagai informasi, tapi tentu tidak bagi masyarakat awam karena mereka biasanya lebih fokus ke urusan ekonomi keluarga. Jadi sudah seharusnya kita ikut menyampaikan informasi ini ke masyarakat luas.
Kanker serviks/kanker mulut rahim adalah Kanker yang meyerang leher rahim. Yang pada umumnya  timbul tanpa gejala diawal, begitu diperiksa kebanyakan telah masuk stadium lanjut. Kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV).  Kanker ini sangat berbahaya dan sangat sulit disembuhkan.
Sebagai wanita yang menjadi sasaran dari Virus HPV ini, sudah seharusnya kita berhati-hati berupaya untuk mencegahnya. Area Vagina memang sensitive dan rentan terjangkit berbagai penyakit mulai yang ringan seperti jamur dan keputihan sampai pada kanker serviks ini. Karena itu kita harus berhati-hati jangan anggap remeh seringan apapun gejala penyakit yang ada.

Berikut Upaya yang bisa kita ikhtiarkan agar terhindar dari kanker serviks.
Kenali Gejala.  pada stadium awal  umumnya tak menunjukkan gejala. Tapi kita wajib berhati-hati jika terjadi pendarahan setiap kali berhubungan seks, Keputihan yang abnormal, pendarahan pada wanita menopause, atau keluar cairan-cairan yang abnormal dari vagina dan berbau busuk
Gaya  Hidup Sehat. Hidup sehat  disini adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu vit meningkatkan system imun tubuh. Karena virus masuk dan menyerang itu pada saat kondisi tubuh sedang menurun. Jaga makanan, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alcohol ataupun obat terlarang, cukup istirahat dan tidak sering begadang, dan selingi olah raga.
Menjaga Kebersihan Organ Intim. Sebagai wanita kita tidak boleh abai dengan kebersihan vagina, bersihkan vagina dengan sabun khusus dengan PH yang sesuai  dan tidak mengandung parfum, jangan menaburi bedak/talk pada organ intim, karena bisa saja masuk kedalam leher rahim dan mengiritasi bagian dalam Vagina. Ganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari, dan segera ganti jika lembab atau basah. Cukur rambut vagina minimal 2 bulan sekali, karena bisa membuat kondisi vagina lembab dan kemungkinan bisa menumbuhkan jamur. Jangan lupa mencuci segera organ intim setelah berhubungan intim. Semua hal-hal tersebut sering diabaikan , karena kita sering lupa bahwa penyakit kadang timbul dari kebiasaan yang remeh temeh.
Tidak Melakukan Seks Bebas /berganti-ganti pasangan. Kebiasaan melakukan seks bebas adalah hal paling rentan terkena penyakit kelamin termasuk kanker serviks ini. Kuman atau virus bisa saja dibawa oleh pasangan seks yang juga berganti-ganti pasangan. Sungguh kebiasaan buruk yang harus dihentikan.
Tidak Berhubungan Intim disaat Haid. Banyak yang bilang bahwa berhubungan seks saat haid aman. Tapi nyatanya berhubungan seks saat haid banyak menimbulkan penyakit kelamin. Seperti yang kita ketahui darah haid adalah darah kotor yang banyak mengandung kuman dan tempat bakteri berkembang biak, area organ intim menjadi lebih sensitive dan lembut sehingga bisa menyebakan luka dan trauma dimulut rahim. Sperma yang masuk pun menjadi tidak steril mengandung darah kotor masuk kedalam dan dapat menginfeksi. Jadi jika  memiliki kebiasaan seks saat haid lebih baik dihindari.
Imunisasi/ Vaksin Kanker Serviks.  Saat ini  telah ada vaksin kanker serviks, Vaksin ini merupakan upaya untuk mencegah pernularan virus HPV. Vaksin ini  disarankan pada wanita-wanita yang belum menikah tepatnya belum pernah melakukan hubungan intim.

Periksa Dini Dengan Pap Smear.  Pap smear  adalah pengambilan contoh dari sel-ga sel di rongga leher rahim bisa cairan ataupun kulit untuk mengetahuui apakah ada perkembangan sel yang abnormal pada leher rahim. Berbeda dengan vaksin yang dilakukan pada saat belukj pernah berhubungan intim, Pap smear dilakukan kepada setiap wanita yang telah pernah berhubungan  intim sejak pertama kali, dan bisa dilakukan berkali-kali, bahkan rutin ntah saru tahun atau dua tahun sekali, skrining secara rutin lebih dianjurkan.
----
Sebagai wanita yang sangat rentan dengan penyakit kangker serviks kita memang harus menjaga dan selalu waspada dengan organ vital yang kita miliki. Ambil tindakan untuk mengobati jika ada kejanggalan seperti bau yang menyekat dan tidak biasa, ada tumbuh kutil, keputihan yang berlebihan bahkan ada pembengkakan. Segera lakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

Untuk melakukan pemeriksaan pun kita tentu harus berhati-hati dan harus tepat memilih klinik atau rumah sakit. Pastinya kita ingin sekali mendapatkan kepastian dari hasil test secara akurat, maka dari itu sebaiknya pilihlah klinik  kesehatan atau rumah sakit yang memiliki laboratorim  yang telah terakreditasi , dan memiliki tenaga ahli yang professional dan lebih mengutamakan mutu sehingga hasilnya juga dapat dipercaya. Mohon tidak tergiur dengan paket-paket murah yang ditawarkan apalagi biaya yang rendah dan tak masuk akal, fokuslah pada hasil test yang akurat.


Laboratorium klinik Prodia adalah salah satu laboratorium  terbaik dan terbesar di Indonesia, untuk melakukan  dan melayani berbagai pemeriksaan kesehatan  termasuk untuk penanganan kanker serviks. Laboratorium Klinik Prodia didirikan pertama kali tahun tanggal 7 mei 1973 di Solo. Klinik ini sejak awal berkomitmen mempersembahkan  hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati. Sejak tahun 2009 Prodia mengusung tema “Love For Quality’, sebagai inpirasi seluruh karyawan  melayani sepenuh cinta  dan mempersembahkan kualitas terbaik. Dan kini Laboratorim Klinik Prodia telah memiliki cabang diberbagai kota besar di Indonesia dan kita bisa melihat hasil chekup  secara online di sits resminya www.prodia.co.id.

Kabar gembira bagi para wanita Indonesia yang ingin melakukan general Chek Up, karena Prodia telah memiliki  Prodia Women’s Health Center (PWHC). PWHC klinik layanan khusus perempuan berbasis  Women Wellnes yang pertama di Indonesia, yang didesain khusus dengan karakter dan sentuhan perempuan. PWHC didukung dengan perlengkapan teknolog diagnotis terbaru untuk pencegahan (pencegahan dan vaksinasi) maupun pencegahan lanjutan (medical chekup, tes labotaorium dan pap smear.)
--
Sebagai bentuk peduli cinta perempuan yuk kita sebarkan semua informasi mengenai kanker serviks keseluruh negri ini. Informasi yang diberikan tak hanya penting bagi wanita tapi juga pria, remaja maupun dewasa, karena menjaga kesehatan diri dan lingkungan adalah menjadi tanggung jawab bersama.

7 CARA MUDAH MEMBERIKAN PEMAHAMAN AGAMA UNTUK ANAK USIA BALITA



Anak tak sekadar anugerah tapi juga merupakan amanah. Ya, anak adalah sebuah titipan amanah yang diberikan Tuhan, Artinya kita punya kewajiban  menjaga, menyayangi, mendidik , menjadi manusia yang berbudi pekerti dan mengenal Tuhan.

Sebagai keluarga yang berpegang teguh pada agama , sudah menjadi kewajiban kita untuk mengenalkannya kepada anak se-dini mungkin. Terkadang kita merasa kebingungan untuk memulai dari mana, karena untuk anak usia balita komunikasi masih kurang lancar, bahkan banyak konsep kata yang belum mereka pahami. Sebenarnya kita tak perlu “to the point” untuk mengenalkan cukup melakukan beberapa kebiasaan yang mereka senangi, dan secara tidak langsung mereka menyerap kebiasaan baik terutama hal-hal yang berkaitan tentang keagamaan.

TRANSPULMIN BALSAM : SAHABAT TERHANGAT KELUARGA


Akhir tahun 2014 merupakan akhir tahun membahagiakan bagi aku dan suami ku tentunya keluarga ku, bagaimana tidak itulah waktu aku mendapatkan hadiah terindah berupa amanah dari Tuhan untuk memomong seorang bayi yang telah kami nantikan kehadirannya selama lima tahun. Bahagia sudah pasti, tapi sebagai orang tua baru kami berdua dilanda rasa cemas , bayi cegukan dan gumoh saja hebohnya kaya dilanda sunami, hehehe, padahal itu biasa saja kan ya…?, tapi namanya pengalaman pertama  tak terasa indah tanpa “degdegan”.
Puncak rasa cemas itu ketika Hamid memasuki usia hampir 4 bulan, dia terserang demam, batuk dan pilek, suhu badannya naik, tidurnya pun tidak lelap karena hidung tersumbat. Beberapa bagian  tubuhnya timbul merah-merah bintik-bintik, aku takut banget jangan-jangan itu demam berdarah. Tapi aku mencurigai ia ketularan suamiku yang beberapa hari sebelumnya sempat batpil , demam, dan timbul merah-merah, tapi cuma berlangsung tidak lebih 4 hari, mungkin campak jerman. Dan Hamid udah demam lebih dari 4 hari.
Perasaan khawatir ku belum juga hilang,akhirnya aku bawa juga ke dokter, karena panasnya tak mau turun sekiran 37 derajat Celsius. Tapi keterangan dokter tak memuaskan aku, apalagi ada beberapa syrup yang harus dikonsumsi Hamid termasuk antibiotik. Saat ke apotik untuk menebus obat  yang kebetulan pemiliknya teman suami aku, dia menyarankan agar anak ku cukup diolesi  Transpulmin BB Balsam khusus anak-anak, agar pernafasannya lega dan nyenyak tidur. Untuk obat sebaiknya jangan dulu, selama anak masih mau minum susu, dan tidak kelihatan lesu. ( aku pernah menuliskannya di www.ummihamid.blogspot.com).Untuk menurunkan panasnya yang sebenarnya gak tinggi-tinggi amat , kalau orang jawa bilang “sumeng-sumeng” gitu , Hamid aku lumuri minyak bawang merah, dan merah-merah pada beberapa bagian tubuhnya hilang sendiri ketika aku beri  talk.
Sejak kejadian itu , saat  Hamid terserang influenza aku gak bingung lagi. Aku cukup melakukan beberapa hal sederhana dan  alami untuk menyembuhkan influenzanya.
Berikut beberapa kebiasaan aku :
Jika agak demam, terus diberi susu/asi, aku juga pernah memberinya air kelapa  muda beberapa sendok, bubur dengan kuah sup hangat. intinya asupan gizi anak jangan terabaikan, karena influenza bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh kuat.

Memijat dengan minyak bawang merah, dan menaruh beberapa buah bawang merah dikamar dengan ditusuk pakai lidi , karena bawang merah dapat menyerap bakteri dan virus.

Memberi Uap dalam kamar. Jadi aku sengaja merebus air hingga mendidih dan taruh dalam wadah, taruh dipojokan kamar yang aman lalau teteskan beberapa tetes minyak kayu putih. Kalau sekarang aku takut melakukannya karena Hamid aktif takut aja tersiram.

Menjemur dibawah matahari pagi  selama 15 menit  antara jam 07.00 -08.00 pagi. Kalau sekarang sih tinggal ajak aja main keluar rumah, hehe.

Tanspulmin BB Balsam. Ya, semenjak kenal Transpulmin aku gak pernah melupakannya bahkan jadi kebutuhan. Kemasannya yang imut sangat praktis dibawa-bawa.
Setiap Hamid Pilek Transpulmin selalu jadi andalan saat usia Hamid 6 bulan.

SEKILAS TENTANG TRANSPULMIN BB BALSAM
Transpulmin BB Balasam  adalah balsam dengan kemasan tube yang tiap gramnya mengandung mengandung Eucalyptol 100 mg dan chamomile concente 7,44 mg. Keduanya merupakan tanaman yang kaya khasiat yang aman untuk kulit bayi yang sensitive. Eucalyptus oil   memiliki efek anti bakteri pada saluran pernafasan dan mengurangi rasa nyeri, sedangkan ekstrak chamomile memberikkan rasa nyaman dan menghangatkan sehingga  membuat bayi tenang dan rileks. Karena terbuat dari bahan alami dipastikan transpulmin tidak berbahaya aman digunakan

Ngomongin soal Transpulmin BB Balsam, awalnya  aku sempat takut  untuk membalurkannya transpulmin pada dada dan leher Hamid, takut tidak cocok, kulit merah-merah atau terlalu panas. Nyatanya tidak hangatnya pas dan aromanya juga enak dihirup dan bikin lega pernafasan, buktinya Hamid tidur malamnya lelap tidak gelisah karena hidungnya tersumbat.
Transpulmin BB Balsam  memang menjadi andalan ku, bahkan hingga sekarang. Saat jalan-jalan,atau berenang transpulmin selalu dibawa. Perlu diketahui Transpulmin BB Balasam  juga bisa mengatasi perut kembung, mengatasi gatal karena gigitan serangga.

Cara pemakaiannya : Untuk bayi dan anak-anak bisa dugunakan 2-4 kali sehari, dengan mengoleskan dan menggosokkan pada bagian dada , leher, dan punggung, agar terasa hangat dan nyaman menghirup aroamanya. Mohon diperhatikan jangan pernah bunda mengoleskan pada bagian  muka , hidung, kulit luka taupun bagian-bagian sensitive lainnya.
Transpulmin sangat lembut dan tidak lengket dikulit dan sangat amana baik dari segi bahan maupun dari efek yang ditimbulkan, hampir tak ada iritasi yang ditimbulkan asal pemakaian sesuai dan tidak berlebihan.

TRANSPULMIN BALSAM KELUARGA
Pernah terpikirkan oleh aku saat pilek aku mau nyobain transpulmin yang biasa yang ku gunakan untuk anak ku, eh ternyata pas diapotik ditanyain “buat siapa bu?”  , begitu tahu buat siapa, dia memberikan Transpulmin Balsam Keluarga. Lo, kok beda? apa ganti kemasan?. Setelah aku baca brosurnya baru deh ketahuan ternyata ini untuk  usia diatas 2 tahun termasuk buat aku yang 2 tahun nya udah dikali 18 , hahhaha.  Karena usia Hamid sudah 2 tahun lebih, artinya dia juga ikut menggunakan Transpulmin Balsam keluarga, beneran buat satu keluarga nih.

Transpulmin Balsam Keluarga juga memiliki khasiat yang sama membantu mengurangi dan sekaligus menyembuhkan gejala Influenza baik untuk anak –anak dan orang dewasa.
PERBEDAAN TRANSPULMIN BB BALSAM  DAN TRANSPULMIN BALSAM KELUARGA.
  1. Transpulmin BB Balsam untuk  usia s/d 2 tahun, sedangkan Transpulmin Balsam Keluarga untuk 2 tahun ke atas dan biasa digunakan oleh orang dewasa.
  2. Aroma Transpulmin Balsam keluarga lebih menyengat dibanding yang untuk Baby.
  3. Kandungan Transpulmin Balsam Keluarga Lebih Lengkap. Jika yang untuk bayi hanya 2 yaitu ekstrak chamomile dan Eucalyptol. Untuk balasam keluarga ada tambahan ekstrak Menthol, Sage Oil dan Chompor , semuanya dari tumbuhan alami berkhasiat.
  4. Cara penggunaan Transpulmin Balsam keluarga hampir sama dengan yang untuk bayi dan anak-anak, tapi ada nilai tambah buat Transpulmin Balsam keluarga yang mana bisa dicampur dengan air panas lalu uapnya dihirup, sangat efektif untuk melegakan pernafasan.

Buat yang punya bayi perlu banget  sedia kedua Transpulmin ini, percaya deh sekali coba pasti langsung terasa khasiatnya. Semenjak kejadian waktu Hamid sakit itu transpulmin selalu tersedia dirumah, apalagi sekarang bisa dipakai untuk saya dan suami juga ,hangatnya Transpulmin satu untuk semua. Buat yang ingin beli gak usah bingung karena Transpulmin Balsam telah dijual di seluruh apotik di Indonesia dan juga  dijual secara online.
Apakah teman-teman juga punya pengalaman tentang Transpulmin, sharing yuk di kolom komentar.  Salam sehat selalu ya..


DIY : Antara Keinginan, Kebutuhan dan Hobi



DIY , awal mulanya aku mengira itu adalah  singakatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, alasannya karena ada salah satu blogger senior yang suka memposting  soal DIY ini kebetulan tinggal di Yogyakarta . Tapi kalau dibaca-baca dan dikaitkan dengan kota Jogja sungguh tak nyambung. Itulah kekudetan aku, apa teman-teman juga  ada yang nggak mudeng  soal DIY? Alhamdulilah ternyata aku punya teman hahahaha.
DIY adalah Do It Yourself, yang artinya adalah hal-hal yang bisa kita kerjakan sendiri tapi lebih fokus pada membuat sesuatu dengan memanfaatkan  barang bekas  disekitar kita menjadi barang yang berguna dan bernilai. Bernilai disini maksudnya lebih bermanfaat, bisa buat pajangan atau hiasan atau lainnya. Seperti postingan  blogger Mba Lanniy diweb Kumpulan Emak-emak Blogger tentang membuat DIY dari dedaunan kering  hingga menjadi hiasan rumah yang cantik. Bisa juga memanfaat kardus bekas menjadi box cantik untuk tempat menyimpan buku, memanfaatkan baju bekas menjadi pita rambut anak, tas, dll. Seingatku kegiatan ini dulu sering aku  lakukan ketika membuat prakarya disekolah, seperti membuat tas dari bungkus odol, membuat hiasan  dinding dengan ampas kelapa yang diberi warna dan djemur hingga kering, dll. Eh, tapi gak mesti memanfaatkan barang bekas saja sih, tapi bisa saja barang  baru yang kita rangkai, tapi dengan cara sederhana dan mudah untuk dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.
Kece banget, keliatan seninya.

Jika membaca postingan teman-teman tentang DIY  jadi suka termotivasi ingin ikutan bikin , apalagi kalau melihat di channel Youtube yang praktek langsung ternyata tak butuh waktu yang lama. Ya, tapi semua itu hanya sekedar keinginan dan tanpa praktek  semuanya tak kan pernah jadi kenyataan.
DIY memang terlihat mudah, tapi mudahnya itu karena kita cuma melihat,” waa gampang ya?” tapi untuk dapat  menjadi nyata itu ada hal-hal yang perlu persiapan terutama yang tak punya hobi dibidang DIY apalagi memiliki orientasi jauh dari komersil. Bisa bikin sendiri saja udah untung, boro-boro buat jualan hehehehhe
Keinginan dan Niat yang kuat . Ya, kalau cuma ingin “tok” tanpa  ada niat yang kuat percuma semuanya akan tersapu angin lalu (tsaah).
Pastikan barang /DIY yang akan kita buat adalah barang yang berguna dan kita butuhkan. Misalnya kita memang butuh box untuk menaruh pernak pernik seperti tempat charger, bross atau yang lainnya yang suka kita taruhkan  sembarangan diatas meja atau diatas lemari. Nah, kita  bisa memikirkan memanfaatkan box/kardus  yang kita bungkus dari kertas kado atau kain dengan pola menarik, hingga sedap dipandang dan terlihat  unik.
Biasanya nih, jika sudah berhasil melakukan nya  biasanya ada rasa candu untuk membuat yang lainnya dan berujung jadi hobi,apalagi barang yang dihasilkan bagus dan sempurna, ya. Apalagi  banyak love instagram dan   dipuji pak suami,” eh bagus ya  ma, dari apa bikinnya?” langsung deh  menjelaskan dengan semangat super diawal  dan mencak-mencak diakhir  pas suami bilang “bagus dong ma, sering-sering aja,kan lebih hemat, dengan begitu papa bisa kurangi jatah bulanan” hahahahah (kidding.com)

Aku sendiri tergolong orang yang ingin dan tersapu angin, biasanya suka semangat melihat karya DIY teman-teman, apalagi aku orangnya kurang teliti dan nggak telaten plus gak sabaran. Tapi bukan artinya aku gak  bisa, dan tak pernah membuatnya
Ini salah satu DIY yang aku buat, membuat tempat pulpen di meja kerja ku. Ini aku buat  dari botol minuman penyegar yang aku potong dan kuambil bagian bawahnya. Kemudian  aku bungkus dengan kertas kado sisa. Dan sisa kertas kadonya aku lipat seperti kipas, ikat ditengahnya, dan ujungnya disatukan hingga membuat lingkaran, bagian bawah biar gak oleng aku kasih dubbeltip biar gak gerak-gerak.
Ternyata jika kita mau , banyak loh barang yang kita manfaatkan, positifnya sampah berkurang tentunya tak mubazir dan lebih hemat karena tak perlu membeli barang yang sudah jadi. Kalo sudah ahli bisa juga di jual ke teman-teman. Iya gak sih?

Apakah teman-teman pernah DIY juga, barang apa yang dibuat? sharing yuk… , mana tahu teman-teman yang lain juga bisa membuatnya.

#KEBloggingCollab
Trigger post : MEmbuat DIY Dedaunan Kering

Masak Saus Asam Manis Ikan Nila Goreng



Kita akan merasa sulit melakukan sesuatu jika kita tidak pernah mencobanya. Begitu pula soal masak memasak, banyak perempuan bahkan sudah jadi seorang istri dan ibu merasa kurang pandai masak. Menu itu-itu saja, paling simpel bikin sup :D, atau bikin sambel terasi untuk cocolan lalapan.

Sebenarnya bukan tidak pandai masak, cuma rasa enggan untuk belajar, malas untuk mencari bahan, belanja ini itu. Apalagi  buat yang bekerja , yang pagi-pagi harus sudah berangkat, dipastikan cuma bikin sarapan yang simpel-simpel saja. Jika pun hari libur inginnya cuma  bisa makan diluar bareng anak dan suami,karena mikir masak itu, belum apa-apa sudah merasa lelah duluan. Masak? Hayati ,lelah bang :D

Padahal untuk masak enak itu cukup ada kemauan, sediakan bahan, untuk resep tinggal search di google :)  tanya kakak atau teman yang bisa.

Dari dulu aku penasaran banget dengan resep masak saus asam manis ikan , pas nanya teman berasa banyak yang harus dilakukan, nanya google sudah berprasangka, pasti bahannya macam-macam ini itu. 

Eh pas kakak lagi mudik, dia bilang masak saus asam manis adalah masak paling gampang sedunia, cuma tumisan bawang putih dan bawang Bombay yang dikasih saus!, masa sih..?!

Akhirnya langsung eksekusi kebetulan ada ikan nila di kulkas. Ya udah deh..langsung masak penuh semangat.


Bahan Utama :

3 ekor ikan nila ukuran sedang, setelah bersih beri taburan garam halus sedikit saja, kemudian goreng kering.

Bumbu:

1bh. Bawang bombai iris-iris tipis
5 siung bawang putih di geprek kemudian cincang
1. Bh tomat segar matang blender dengan air hingga halus
6 sdm. Saus tomat
1 sdm. Saus cabe
1/2 sdt. Merica bubuk
1 sdm. Gula putih
Gula merah secukupnya
garam secukupnya
Kaldu bubuk

Tambahan :
1/2 sdm tepung terigu/mayzena  beri air
1bh. wortel iris tipis memanjang.
Minyak goreng untuk menumis.

Cara membuat :


Tumis bawang putih hingga layu dan wangi, masukkan bawang bombai hingga layu. Setelah itu masukkan saus tomat,garam, penyedap, gula dan merica. Kemudian masukkan tomat yang telah diblender bersama air, setelah setengah mendidih masukkan irisan wortel. Tes rasa ya, kemudian setelah wortel setengah matang masukkan terigu/mayzena yang telah dicairkan. Aduk-aduk hingga sedikit mengental.Matikan api kompor.


Kini saus asam manis bisa langsung disiramkan pada ikan nila goreng yang telah ditata dipiring.

Agar bumbu meresap ke ikan , bisa juga sebelum saus diangkat masukkan ikan yang telah di goreng, setelah bumbu meresap angkat. Semua tergantung selera aja sih.

Harus pakai saus tomat kemasan ya? tidak juga teman-teman bisa menggunakan tomat segar, hanya saja aromanya kurang enak dan rasanya mungkin agak berbeda. Mudahkan ya??
Untuk mencoba ini itu emang gak butuh teori banyak, langsung aja prakteknya hehehehe.








J-Theme