Inilah Yang Harus Dipersiapkan, Saat Hendak Traveling Bersama Keluarga


Saat-saat berkumpul bersama keluarga adalah saat yang paling ditunggu-tunggu, terutama bagi keluarga yang memiliki ritme sibuk dalam kesehariaanya. Banyak sekali orang selalu menyempatkan diri untuk berkumpul bersama keluarga disaat weekend, karena bagaimanapun sibuknya ayah ataupun ibu, keluarga tetap nomor satu, bukankah kesibukan kita juga bertujuan untuk keluarga?
Keluarga  tak hanya butuh materi, tapi juga kebersamaan dan kasih sayang. Bisa traveling bersama itu adalah suatu moment yang paling dinantikan. Disaat traveling kita bisa meningkatkan bonding dengan anak atau anggota keluarga lainnya. Juga dapat menikmati kegembiran bersama. Sehingga travelling menjadi moment yang tak terlupakan.

Berangkat pergi satu keluarga dengan anggota lebih dari  dua orang itu butuh kerjasama dan menyatukan pendapat. Juga butuh musyawarah agar semuanya menikmati dan memiliki persamaan persepsi saat melakukan perjalanan.
Berikut beberapa hal yang harus dipersiapkan saat travelling bersama keluarga:

Ambillah cuti saat anak-anak masuk liburan sekolah atau saat libur nasional. Menikmati kebersamaan diakhir pekan itu sebenarnya tidaklah cukup, karena hanya memiliki waktu 2 hari saja. Jadi ambillah cuti  minimal 1 minggu disaat anak libur sekolah sehingga memiliki waktu yang cukup panjang untuk bersama. Anak-anak juga akan merasa puas bisa menikmati destinasi wisata yang dituju, tak terkesan terburu-buru. Jadi habis liburan anak bisa ceria, bukan malah “ngambek” karena keinginannya untuk lebih lama tak terpenuhi. Mengambil cuti saat libur nasional juga bisa menjadi pilihan tepat karena memiliki hari libur yang sama dengan anak dan anggota keluarga lainnya sehingga bisa menikmati masa liburan yang sama . Untuk mengawalinya boleh 'lah cek-cek Hari Libur 2019
Tetapkan Tujuan Destinasi Wisata. Tujuan wisata juga harus dimusyawarahkan karena tak semua anggota keluarga suka pantai, atau malah mamanya suka shopping. Jadi cari destinasi wisata  yang bisa memenuhi keinginan keluarga. Dengan begini kita jadi lebih efektif dan efisien jika melakukan perjalanan. Jangan sampai ketika sampai dikota atau daerah yang dituju malah gak tau mau jalan kemana. Jadi sebaiknya browshing dulu tempat-tempat menarik yang bisa kita kunjungi.
Bawa keperluan secukupnya. Tujuan kita adalah berwisata dan ingin menikmati tentu gak mau ribet dengan tentengan atau bawaan yang segambreng.  Jadi bawa pakaian secukupnya dan lipat rapi agar tak banyak memakan tempat. Jika anak-anak sudah bisa membawa tas sendiri, mungkin kita bisa masukkan ke ransel yang mereka miliki. Jika perlu buatlah cheklis apa yang perlu dibawa ataupun tidak.
Jangan Lupakan Dokument. Saat berlibur jangan sampai lupakan akan document. KTP, Pasport (jika keluar negri)  bahkan tiket pesawat jangan samapai ketinggalan dirumah. Bagaimanapun kelengkapan document sangat mendukung untuk kelancaran travelling.
Lakukan packing  beberapa hari sebelum keberangkatan. Melakukan packing dengan terburu-buru sangat dikhawatirkan akan banyak barang-barang yang akan  lupa dibawa. Sebut saja charger ponsel, kamera, bahkan perlengkapan mandi dan obat-obatan. Memang terkesan sepele namun hal kecil ini bisa merusak mood, bahkan ada yang mebuat bertengkar, nggak banget ‘kan?

Tetapkan Budget. Budget wisata sebaiknya ditetapkan sejak awal.  Budget berkenaan dengan tiket moda transportasi, penginapan, makan, termasuk belanja untuk oleh-oleh.  Ini agar tak terjadi pembengkkan biaya diluar rencana, terutama jika ada rencana shopping .
Berhemat.  Melakukan penghematan saat perjalanan itu penting agar  keuangan tidak minus saat kembali. Karena itulah budget harus dilakukan sejak awal . Lakukanlah penghematan sejak awal keberangkatan. Mulailah dengan memesan tiket pesawat. Kita bisa memanfaatkan promo-promo yang ada karena kita melakukan  perjalanan saat liburan. Kemudian kita bisa pesan tiket pesawat untuk pulang dan pergi, sehingga kita tahu berapa yang harus dikeluarkan untuk tiket pesawat, nah ini juga bertujuan agar kita gak perlu repot lagi dan mencari harga ketika hendak pulang.. Pastikan kita beli tiket sepaket untuk penginapan, ini biasanya harga jauh lebih murah dibanding  memesan dengan harga terpisah. Mungkin banyak belum tahu bahwa pemesanan tiket pesawat dan hotel itu bisa dalam satu paket .
Fokus. Fokus lah saat melakukan perjalanan , jangan memikirkan hal-hal diluar liburan. Pasti gak asyik banget kalau liburan masih dibayang-bayangi dengan pekerjaan kantor, tagihan2 lain. Jadi sebaiknya sebelum berangkat kita sudah mempersiapkan semua dan telah menyelesaikan kewajiban dikantor atau mendelegasikan tugas ke yang lainnya.


Itulah beberapa poin tentang kesiapan Travelling bersama keluarga. Nggak ribet kok kalau kita sudah mpersiapkan semuanya. Walau bagaimanapun tentunya kita ingin perjalanan lancar dan happy, tidak terganggu dengan hal-hal kecil tapi nyatanya begitu  penting.

11 comments

  1. Setuju banget dengan poin ambil cuti waktu anak libur sekolah. Pengalaman banget nih, jangan sampe kita cuti pas lagi hari sekolah anak kalau mau liburan. Sayang jam sekolahnya

    ReplyDelete
  2. Aku setuju sama yang terakhir. Banget. Liburan itu murni untuk refreshing. Paling ga suka sama yang masih mikirin kerjaan pas lagi liburan. Jadi bikin mood langsung down gitu sih.

    ReplyDelete
  3. Kebayang ribetnya tuh yaa...pas anak 1, kopernya 2 (koper anak biasanya sendiri)
    Pas anak 2, kopernya 3.
    Pas anak 4...

    Huaaa~
    Makanya salut sama yang keluarga besar macam Keluarga Halilintar, bisa punya hobi travelling.

    ReplyDelete
  4. fokus itu yang agak susah nih mba. Apalagi kerjaan sbg blogger merangkap influencer biasanya gatel kalo ada job pengen ikutan. Pdhl lagi liburan. Hahahaha.trs jadi ga nikmat liburnya

    ReplyDelete
  5. Iya mbak Nov, saat travelling kita memang harus hemat karena buak crazy rich asians 😂😂

    Minimal menekan budget belanjaan. Kalau kuliner sesekali kalap gak papa lah 😂

    ReplyDelete
  6. Catat! Aku seringnya pergi sendiri, kalau sama keluarga suka rempong. Makanya kudu banyak persiapan

    ReplyDelete
  7. Sepakat Mbak. Suami juga udah cuti jauh-jauh hari. Kelengkapan barang yang mau dibawa termasuk itenerary juga ready. Jangan sampai gelagapan saat di lokasi

    ReplyDelete
  8. Salut dan angkat topi buat orang tua yang bisa ngebawa anaknya jalan. Persiapan memang kudu mateng dan super komplit biar ngga ribet di perjalanan

    ReplyDelete
  9. Fokus itu sepertinya penting sekali. Tidak kalah penting dg persiapan yg lainnya. Dg kt fokus thdp liburan, maka kita akan maksimal menikmati kesenangan hingga saat kembali ke rutinitas kita jd benar2 fresh.

    ReplyDelete
  10. Thanks banget tipsnya mbak. Saya berencana liburan bareng bapak ibu plus keluarga kecil saya di libur lebaran mendatang. Kayaknya tips ini kudu jadi pegangan bgt yah biar g oveebudget haha

    ReplyDelete
  11. pantes ya adekku kayak berat banget diajak liburan ternyata memang byk hal yg harus di persiapkan. dan harus nunggu tanggal yang pas dengan jadwal anak anak liburan

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.