7 Hal yang akan tetap ada ketika wabah Corona berlalu


Wabah penyebaran virus corona yang begitu cepat, sehingga WHO memutuskan sebagai pandemi  ini membuat kita begitu panik , takut, dan khawatir terinfeksi virus ini. Namun selalu ada hikmah atau hal positif yang kita ambil dalam setiap peristiwa .

Keadaan yang penuh kekhawatiran  secara tidak langsung mengubah rutinitas dan kebiasaan yang sering kita lakukan bahkan bisa dikatakan memaksa. Walau dipaksakan tapi saya yakin bahwa apa yang kita lakukan sekarang dengan ‘terpaksa” kelak akan menjadi kebiasaan-kebiasaan baik yang tak boleh dilupakan begitu saja kita tinggalkan.
Berikut hal-hal yang akan  tetap ada ketika wabah Corona berlalu
Tempat cuci tangan portable
  1. Mencuci Tangan Dengan Benar. Coba hitung berapa sering kamu cuci tangan setelah wabah Corona ini, pasti lebih sering dari biasanya. Jujur aja dulu cuci tangan kalau cuma mau makan saja itupun tak di air mengalir cuma obok-obok tiga detik di kobokan, tapi sekarang menjadi lebih sering dan mencuci tangan dengan benar. Walau secara kasat mata tidak ada kotoran yang menempel. Saat ini banyak fasilitas umum menyediakan tempat cuci tangan portable dan sanitizer, sebut saja pasar, Bank. Warung sayur dekat rumah juga menyediakan  cuci tangan, dengan tulisan cucilah tangan sebelum dan sesudah berbelanja. Menurut aku adanya tempat cuci tangan dan menyediakan hand sanitizer ini perlu dipertahankan. Jika disediakan begini masyarakat jadi terbiasa, karena terpampang nyata. Coba saja jika begitu wabah ini lewat semua cuci tangan portable ditarik lagi, masyarakat jadi ikutan lupa dan jika ingat pun  percuma karena tidak disediakan lagi. Semoga banyak warung makan yang menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, buka sekedar air dikobokan yang tingginya gak sampai seruas jari.
  2. Pakai Masker. Jujur saja sebagian masyarakat ketika melihat  ada orang pakai masker ada saja yang memiliki anggapan miring. Ih kenapa sih pakai masker pasti sok bersih atau penyakitan. Orang jadi paham etika ketika batuk bersin, dan ketika flu. Bahwa tujuan pakai masker agar yang sakit tidak menularkan virus atau yang lainnya kepada orang lain. Wah tambah biaya donk buat beli masker , nggak mesti pakai masker yang untuk operasi sekarang banyak kok masker kain atau yang lainnya yang bisa dicuci dan bisa dipakai berkali-kali. Masker kain bisa kita pakai saat berpergian atau aktivitas luar ruangan, minimal bisa mencegah debu untuk masuk bebas ke dalam pernafasan.
  3. Mandi/ bersih-bersih ketika habis aktifitas diluar. Kita pasti paham aktivitas apa yang kita lakukan. Jika seharian kerja banyak bersinggungan dengan banyak orang dan susah untuk menjaga jarak. Sebaiknya ketika pulang ke rumah lebih baik langsung bersih-bersih ke kamar mandi, cuci tangan kaki, jika perlu mandi. Dengan begitu kita meminimalisir penyebaran kuman penyakit dengan keluarga dirumah terutama anak-anak. Sering banget kan ketika anak-anak demam pilek, terus kita bilang kok bisa sih ? kan gak kemana-mana!,ya bisa jadi kita yang bawa dari luar.
  4. Jaga Makan. Sekarang ketika kondisi seperti ini kita begitu aware dengan kesehatan dan jaga makan. biar gak gampang sakit. Sebaiknya hal ini tetap dilakukan ketika semua telah berlalu karena penyakit itu bukan cuma si Corona ini. Bahkan mungkin kelak ketika wabah berlalu banyak yang masih takut dengan tidak jajan sembarangan , minum vitamin, berjemur dan berolahraga.
  5. Tidak menggunakan atau memegang  benda-benda yang diperuntukkan untuk umum. Misalnya enggan menyentuh handle pintu mini market, naik tangga tidak  pegangan, tidak memakai pulpen umum seperti di Bank atau tempat lainnya. Memang sebaiknya bawa pulpen sendiri ya, karena pulpen disana dipegang banyak orang.
  6. Tertib Antri. Setelah dijelaskan bahwa menjaga jarak itu penting, agar tak tertular virus. Maka sebagian dari kita masih tetap menjaga jarak aman, bahkan jika terlihat berdesakan memilih untuk mengalah dan memilih mengantri di tempat yang sedikit.
  7. Tidak Berjabat tangan. Sebagian kita pasti akan pilih-pilih untuk tidak berjabat tangan apalagi pada orang yang baru kenal. Ini menurutku kemudahan untuk muslimah, jika dulu dibilang sok alim atau hapalah. Dengan adanya wabah ini jadi lebih mudah. Jika berhijab, orang maklum mungkin alasan bukan muhrim, Dan jika belum berhijab orang akan maklum mungkin menjaga kesehatan saja. Dan penting bagi kita agar tidak mudah tersinggung jika ada orang enggan bersalaman, itu adalah hal positif yang dia lakukan agar tidak menyebarkan virus atau kuman kepada kita, atau sebaliknya.

Semoga tujuh hal diatas, dapat menjadi kebiasaan baik yang kelak akan kita lakukan setelah wabah Corona berlalu. Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemudahan melewati ini semua.



26 comments

  1. aku setuju banget sama poin 'jaga makan', perlu kita benahi sejak dini ya untuk masa depan yang lebih baik :') sehat selalu untuk kita semuaaa

    ReplyDelete
  2. bener banget. wabah corona ini jadi mengajarkan dan membiasakan kita untuk gaya hidup baru yang lebih sehat. semoga situasi pandemi ini segera pulih aamiin

    ReplyDelete
  3. Ahaaa, benerrr banget!
    Awalnya gegara physical distancing karena corona kan.
    Lama-lama bisa jadi habit baik nih, untuk jaga kebersihan dan hal positif lainnya

    ReplyDelete
  4. Benar mbak..semestinya kebiasaan-kebiasaan baik yang jadi digalakkan karena pandemi ini tetap rajin dilakukan setelah masa pandemi.

    ReplyDelete
  5. Iya walau wabah sudah berlalu, kebiasaan yang sedang kita lakukan sekarang juga bagus untuk diteruskan ya Mbak. Kalau sedang tidak sehat, harus pakai masker. Biar tidak menularkan penyakit pada orang lain

    ReplyDelete
  6. Kebiasaan baik kudu tetap dilakukan ya. Aku kalau masker entah deh. Rasanya engap. Ini makanya milih di rumah aja

    ReplyDelete
  7. corona mengubah kebiasaan orang-orang, dulu kalo ada muslimah yang enggan jabatan tangan pasti dicemooh. padahal emang bukan muhrim. tapi sejak ada wabah ini orang-orang jadi jaga jarak aman. :)

    ReplyDelete
  8. Sebenernya beberapa hal diatas adalah klasik banget, udah diajarin sedari ku kecil.
    Tapi kadang karena wabah corona, makin diingatkan kembali untuk hal2 itu.
    Semogaa tetep konsisten yaa demi kesehatan diri sendiri.

    ReplyDelete
  9. Yes kebiasaan baik saat pandemi covid19 berlangsung jangan sampai ditinggalkan, malah harus makin rajin dilakukan, dijadikan habit baik

    ReplyDelete
  10. Iya bener banget, 7 kebiasaaan yang saat ini "dipaksakan" agar dilaksanakan, layak untuk dilanjutkan saat corona berlalu. Dan deeply hope, semoga pandemi ini segera berlalu dan kita semua dalam keadaan sehat wa afiat dan bahagia.

    ReplyDelete
  11. Semoga kebiasaan2 baik seperti PHBS ini masih akan tetap ada ya setelah Corona selesai. Semoga semangat orang untuk tetap hidup sehat itu masih ada.

    ReplyDelete
  12. Semoga 7 kebiasaan baik itu tetap bisa dipertahankan walau pandemi corona telah berlalu.
    Saya sendiri nggak pernah pakai masker sebelumnya, malas karena jadi sulit bernapas. Tapi kini, karena keadaan, kalau keluar rumah jadi pakai masker kain

    ReplyDelete
  13. Yup setuju ini,,, kebiasan yang sekrang ini udah bagus banget karena orang jadi lebih oerhatian dengan kebersihan, pola makan sehat dan perilaku sehat lainnya... semoga segera hilang pendeminya tapi kebiasaan baiknya tetap diterapkan

    ReplyDelete
  14. Nampaknya begitu ya, Mba. Org pasi tidak akan aneh lagi ketika melihat org menggunakan masker. Bahkan mgkn wanita bercadar pun jadi tak aneh lagi kelak
    ^_^

    ReplyDelete
  15. Saya nih ada gak ada corona sebenarnya paling malas jabat tangan haha makanya kalau ketemu suka dikira sombong. Apalagi cipika cipiki sbnrnya saya gak suka heuheuheu.
    Biasanya sih yg udah hafal ma saya udah paham kalau saya kasi salamnya cuma ngangkat tangan sambil say "hai" hehe

    ReplyDelete
  16. Jika diambil hikmahnya, Corona ini memang banyak sekali memberikan pengalaman baik yah, jadi pada aware sama kebersihan orang - orang dan pola makan plus pola hidup juga berubah.

    ReplyDelete
  17. Masya Allah senang ya banyak hikmahnya dengan adanya wabah Corona Virus ini, jadi jaga kesehatan dan terus menjaga kebersihan. Masya Allah, kita perlu makin banyak bersabar dan bersyukur ya.

    ReplyDelete
  18. Hikmahnya kita jadi lebih aware dengan hidup sehat ya, mulai dari diri sendiri dan juga lingkungan. Semoga jadi kebiasaan yang terus dipertahankan

    ReplyDelete
  19. Kalo urusan mencuci tangan, aku dari dulu udah ketat banget dan hampir tiap abis pegang yang kotor selalu nyuci tangan. Jadi nggak ada bedanya ketika ada virus ini. Hanya makan nih yang berbeda, dulu suka menunda makan karena alasannya masih kenyang. SEkarang takut deh kalo imunitas tubuh turun karena telat makan

    ReplyDelete
  20. banyak memang kebiasaan penting dan baik yang kita harus lakukan selama pandemik dan semoga terus berlangsung sampai nanti

    ReplyDelete
  21. Setelah corona berlalu, Insya Allah akan tetap terjaga ya rutinitas menjaga kebersihan dan kesehatan. Belajar dari pengalaman, kita akan makin bijak dalam melakukan berbagai aktivitas yang mendukung kesehatan diri.

    ReplyDelete
  22. Saya sepakat Mba, hal2 baik selama korona ada akan tetap kita lakukan, dan ini mungkin menjadi warning dan habits baru atau yang lama yang kian melekat bahkan kemana saja kita pergi, begitu sih kaalo aku

    ReplyDelete
  23. pelajaran berharga dari covid-19 gaya hidup sehat, cuci tangan, pakai masker, jaga makanan

    ReplyDelete
  24. Hikmahnya banyak banget ya Mbak Nov.
    Syar i kita salaman nggak erlu jabat tangan ya kan? Hahahah
    banyak banget yang bisa kita petik, perihal cuucitangan yang dianggap sepele juga.

    ReplyDelete
  25. Pandemi ini seperti menyadarkan kita akan banyak hal, ya. Termasuk kebiasaan baik yang terkadang kita lupakan. Salah satunya kebiasaan menjaga kebersihan dan kesehatan.

    ReplyDelete
  26. Semoga hal-hal baik yang kita lakukan saat ini demi mencegah corona bisa menjadi sebuah kebiasaan saat pandemi ini hilang,

    Dan semoga lah pandemi ini segera berlalu. Aamiin...

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.