-->
Tampilkan postingan dengan label Kontraksi menjelang melahirkan. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Kontraksi menjelang melahirkan. Tampilkan semua postingan

Makan Nanas dan Durian menjelang HPL, berani?


Saat aku hamil lebih dari dua tahun lalu, tingkat kehatian-hatian ku sangat tinggi , maklum waktu menunggu kehamilan itu sangat panjang, jadi begitu dapat rasa ketakutan akan kehilangan terus bercokol dalam diri.

Alhamdulilah akhirnya hamil juga, saat itu ada rasa percaya dan tidak percaya,setelah tiga bulan dan aku merasakan ada detak jantung dirahimku, barulah aku meyakininya dengan sepenuh hati. Terlalu berhati-hati tidak berani makan ini itu bahkan pegi dan pulang kerja aku selalu diantar suami, dan untuk cuci setrika pakaian juga minta bantuan. Setelah memasuki usia 7 bulan keatas barulah aku berani untuk jalan kaki saat setelah sholat subuh, mendekati 9 bulan baru deh rajin ngepel nungging, nyikat kamar mandi, bahkan sengaja jalan ditanjakan cukup tinggi jalanan berbukit, alhasil tak juga ada kontraksi  yang kurasakan saat mendekati waktu lahir, bahkokan kontraksi  palsu sekalipun.

Banyak sih yang bilang aku  mungkin kurang gerak, padahal aku rasanya udah banyak ini itu, jongkok nungging dll, tapi toh anak masih betah  dalam perut ibunya. Yang bilang aku malas semakin banyak ketika melihat kakiku rada bengkak  ada saja mitos kehamilan tentang kaki bengkak yang mereka sebutkan, yang menurut ku gak masuk akal dan tidak menyambung. Dari pada memikirkan berbagai mitos yang nggak pasti aku lebih senang baca-baca buku tentang kehamilan dan perkembangan janin, terutama tentang ketakutan ku akan serangan baby blues syndrome. Dan segala usaha kulakukan itu bertolak belakang dengan takdir yang ditentukan tuhan,anakku ku akhirnya dilahirkan secara saecar setelah dilakukan induksi dan gagal.

Buat teman-teman yang  sekarang lagi hamil tua, dan ingin melahirkan secara normal mending rajin-rajin beraktifitas deh.Dan sebisanya banyak dilakukan kegiatan fisik terutama bagian bokong dan panggul agar membuka jalan lahir, tapi gak boleh sampai kelelahan  loh, ntar malah sakit, jadi kacau deh.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan agar bisa melahirkan dengan normal, tapi jika gagal jangan  pernah mengelu, bukan kah soal lahir dan bagaimana caranya semuanya sudah ditentukan Tuhan, jadi  yang penting usaha maksimal dulu, setelah itu baru tawaqal.

Jalan pagi, atau meluangkan waktu untuk berjalan-jalan tak harus keliling komplek juga, bolak balik depan rumah juga bisa. Atau jika biasanya ke warung brrrmmmm starter motor mending diusahakan jalan kaki jika jark tempuh cuma 100-200 meter saja.

Naik turun tangga, aku waktu hamil pernah disarankan oleh sepupu. Tapi berhubung tidak ada tangga dirumah, ya nasihat itu di dadahin aja. dikantor ada tangga sih.., tapi takut jika kontraksi dan  melahirkan dikantor bagaimana? kantor ku jauh dan teman-teman jarang yang bawa mobil biasanya cuma  motor. Lagi-lagi  bayangan ketakutan kehilangan, berkelebat.

Mengepel. Mengepel disarankan yang jongkok bukan pakai alat pengepel atau malah minta bantu :D, biar ada tekanan  janin yang mengarah ke mulut rahim dan terbukaa. Jika dibayangkan ngepel ala inem pelayan seksi lah, tapi inemnya lagi buncit hihi.

Menyikat kamar mandi. Kalau menurut aku ini cuma syarat aja sih, jangan nyikat kuat berlebihan gitu dan hati hati, soalnya kamar mandi cendrung licin, dan bisa membuat kita terpeleset.

Sujud lama/nungging. Biasanya sih dilakuin setelah sholat jadi sekitar 5-10 menit. buat teman-teman non muslim bisa luang waktu untuk melakukan ini.Gerakan ini  bisa mendorong janin mengarah ke jalan lahir, juga bisa memperbaiki posisi janin yang nyungsang.

Senam Hamil. Iya senam hamil juga bagus untuk usia kandungan 7 bulan keatas. jika tidak ada teman-teman bisa download di internet, dan biasanya ditempat bidan nada foto-foto gerakan yang mesti dilakukan.

Menyangkul. Ya,menyangkul juga bagus buat membuka jalan lahir atau memancing kontraksi. Ini bukan bearti disaranin menggali selokan atau parit ya, hahahaha, tapi nih paling mencangkul depan rumah semester dua meter lah, jika nafas sesak mending dipertimbangkan lagi.

Berhubungan suami istri. Nah ternyata ini bikin cepat kontraksi loh mungkin semacam kerjasama ayah dan ibu kali ya, kalu dulu bikinnya sama-sama, nah ngeluarinnya harus punya usaha yang sama hahahaa

Setahu aku cuma delapan itu yang paling sering disarankan dan dilakukan para ibu  menjelang waktu kelahiran bayi . Tapi nih waktu jalan-jalan ke blognya mba Nur Aliyah Saparida, www.wdhie.com yang  merupakan mom blogger juga sangat memahami soal koperasi ini, menyampaikan hal MENGEJUTKAN (nyontek gaya situs sebelah), menurutnya ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak dianjurkan  dikonsumsi saat hamil muda tapi justru bermanfaat ketika mendekati HPL. Apakah makanan itu?  Nanas, Durian, Tape singkong. Ya ampun memang ini paling dihindari saat aku hamil tapi nyatanya bisa merangsang timbulnya kontraksi. Memang sih ketiga makanan ini, diawal kehamilan harus dihindari banget loh, soalnya bersifat panas dan menyebabkan gagal janin alias keguguran.

Saran untuk memakan ketiga jenis makanan itu datang dari teman-teman mba widhie juga tetangga, tapi cara itu  emang rada seramjuga dilakuin ya..., pastinya ada resiko yang ditimbukkan. Jika  teman-teman berani nyobain yasilakan saja ya, tentu dengan porsi sedikit lebih dahulu. Berani ga..??? atau ada yang sudah mencobanyabagi certanya di sini yah..

"Makan Nanas dan Durian. Nah! ini Tips Merangsang Kontraksi secara Alami ala ki demang. Jadi beliau bilang kalau secara mental dan kondisi sehat mending makan duren dan nanas. Istrinya pas hamil anak pertama makan durian satu buah (katanya khilaf hwakaka) dan nanas. Malamnya langsung kontraksi dan melahirkan. Saya belum cobain yang ini seh soalnya duren lagi langka di Tegal. Nanas juga masih kontroversi sama orang tua. Kalau kata Ki Demang nanas bisa buat melembutkan rahim dan Durian sebagai gas pendorong. Pernah jug baca beberapa artikel tentang dua makanan ini yang bisa merangsang kontraksi.

Tape. ini Tips Merangsang Kontraksi secara Alami ala Mba Zachira Indah novelis dari Tegal. Jadi menurut pengalamannya waktu hamil anak pertama disuruh sama bidannya untuk memulai konsumsi tape saat usia kandungan delapan bulan. Katanya biar kontraksinya lancar dan pas melahirkan cepet."

Eh ngomong-ngomong pernah gak nih BW ke blog mba widhie, blognya informatif aku suka baca label motivasi, ya gak sekedar curhat tapi ada hikmah juga yang bisa dipetik .
http://www.widhie.com/search/label/Motivasi. BW dalam dunia ngeblog bukan sekedar nanam link ataus sekedar komentar seadanya, tapi ada cerita yang dapat kita ambil untuk membangun diri lebih baik lagi..

buan manteman yang pengen kenal secara personal bisa intip sosial medianya ya..


Fb : Nur Aliah Saparida
Twitter: @widhie_ndutty
IG : @widhie_ndutty
Email : nur.aliah.saparida@gmail.com


--

6*J-Theme