Artikel Informatif & Inspiratif/Parenting/ Pernikahan/Lifestyle/Tips/Review

Post Top Ad

12:13:00 AM

Keputusan Berhijab & Segala Kekhawatiran

by , in


Aku tergolong terlambat memutuskan untuk berhijab.  Keputusan ku untuk berhijrah sempat pula dilarang oleh kakak ku dengan bilang selesaikan kuliah dulu, aku gak tau juga apa alasan dia. Namun beberapa Minggu kemudian aku tak lagi minta persetujuannya, aku langsung berhijab, tapi bersyukur dia gak ada mengomentari negatif tentang keputusan ku.

Kita bersyukur berada di zaman yang memudahkan kita untuk berhijab berpenampilan lebih muslimah . Beda banget dengan kejadian beberapa dekade lalu,  dengan mengatakan orang berjilbab dengan aliran tertentu bahkan disebut atau difitnah sebagai penyebar racun. Dikantor, dipemerintahan, disekolah sangat jarang bahkan tidak ada yang berkerudung. Tapi kini begitu mudah orang untuk berhijab, banyak toko yang menjual tak terkecuali secara online.

Walau kini keputusan berhijab bisa begitu mudah dilaksanakan tapi masih saja yang banyak merasa belum siap melakukannya. Banyak beralasan bahwa dia belum pantas berhijab, karena merasa hati masih belum bersih, sholat yang belum benar dan lainnya. Padahal menurut aku lebih baik berhijab dulu, kemudian pelan-pelan membenahi ibadah yang lain. Hijab bisa kita jadikan benteng pertahanan untuk tidak melakukan hal buruk, misalnya pengen ninggalin sholat, kemudian  iman dihati berbisik “kamu berhijab kan malu dengan hijabmu  kalau nggak sholat” akhirnya kita sholat deh. Ya, semua bisa kita lakukan tahap demi tahap.Sebenarnya perintah  berhijab bisa disejajarkan  dengan perintah sholat, karena Allah langsung yang memerintahkan dalam firmanNya .

Selain karena belum siap secara hati, banyak pula yang enggan berhijab karena timbul kekhawatiran didalam hatinya. Tapi nyatanya kekhawatiran itu terlalu mengada-ada, yang tanpa sadar itu hanyalah sebuah bisikan agar kita ingkar pada perintah Nya.

Berikut beberapa hal yang dikhawatirkan atau ditakutkan saat memutuskan untuk berhijab.

Takut Terlihat Jelek . Alasan ini terlalu mengada-ada, karena sekarang sudah banyak berbagai mode hijab yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah, begitu juga pakaian gamis, setelan rok dan celana kulot yang justru membuat kita terlihat lebih anggun. Sebenarnya hijab justru membuat kita lebih cantik, kulit jadi lebih bersih karena terlindung dari sengatan matahari dan debu, begitu juga dengan rambut yang selalu terlindungi. Tak hanya berefek pada fisik tapi lambat laun membuat hati dan pikiran lebih positif dan lebih ikhlas menerima segala sesuatu yang terjadi. Soal cantik itu tergantung kita merawat diri , kalo nggak berhijab pun kalo malas dandan malas mandi, pake baju asal-asalan sembrono, ya gak enak dipandang juga kan?. Nah yang merasa kalo pakai hijab makin jelek , coba deh manfaatin Voucher harbolnas hijup , dijamin deh keputusan langsung berubah karena disana banyak pilihan pakaian, kerudung yang lucu bikin penampilan lebih menarik dan anggun.

Takut Tidak Dapat Jodoh. Jodoh itu ditangan Tuhan, bagaimana bentuk “wajah” jodoh tergantung usaha dan cara apa kita menjemputnya. Semoga dengan berhijrah berhijab menjadi kendaraan untuk menjemput jodoh yang lebih Sholih. Alasan ini juga tidak sesuai toh banyak juga mereka yang belum berhijab tapi belum dapat jodoh hingga usia 40 tahun. Jadi kesimpulannya, hijab bukan penghalang mendapatkan jodoh.

Takut Tidak Dapat Pekerjaan. Dizaman sekarang sepertinya semua sudah menerima keberadaan hijab, bahkan polisi pun berhijab. Orang2 sudah paham kok, dalam pekerjaan itu yang dibutuhkan adalah keahlian pada bidangnya bukan penampilan semata., Bukankah dengan berhijab bukan berarti penampilan amburadul kan?. Memangnya mau melamar jadi apa, kok takut ditolak? kecuali kamu melamar untuk bekerja ditempat “hiburan malam” yang memiliki aroma mesum. Dunia begitu luas memang tak sedikit perusahaan yang menolak wanita berhijab, tapi masih begitu banyak yang menerima wanita berhijab.

Takut Karena dilarang suami. Jika suami melarang berhijab, cobalah tanya alasannya. Apakah dia ingin melihat kita seksi. Perintah berhijab adalah untuk menutup aurat dari pandangan bukan muhrim terutama lelaki lain. Tanyakan apakah suami senang jika ada pria lain melototi  pinggul istri yang dibalut jins ketat? , Apakah suami suka jika belahan dada kita dinikmati oleh pria lain yang sengaja mengintip saat kita menunduk. Yakin deh, pasti mereka tidak suka. Kita istri hanya tertutup untuk orang lain, jika dirumah tentunya kita bisa tampil seksi untuk memuaskan hati suami. Mana lebih utama Mengikuti perintah suami ataukah mentaati perintah Allah?

Wanita berhijab bukan artinya tak memiliki cela. Hijab adalah jalan untuk menuju  kesempurnaan ibadah. Ada langkah , ada tahap, ada proses menuju kesempurnaan itu. Jika sekarang berhijab tapi mencela, berhijab tapi pembohong, berhijab tapi bla-bla, semoga dengan kemantapan hati membuat ibadah kita semakin bagus dan hubungan antar manusia semakin baik. Selamat memutuskan untuk berhijab. :)



8:40:00 PM

5 HAL UNTUK PERSALINAN YANG BAHAGIA

by , in

Setelah mengandung sekitar 9 bulan lebih, saat – saat menjelang persalinan adalah saat paling mendebarkan bagi seorang ibu. Ada rasa tak sabar untuk melihat bagaima rupa si jabang bayi yang selama ini mengulet-ngulet menyentuhnya dalam kandungan. Tak hanya ibu yang mengandung bahkan seluruh anggota memiliki rasa yang sama ingin melihat si mungil lahir ke dunia. Saat Hamil dan melahirkan memang saat-saat membahagiakan. Apalgi buat yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati ditengah keluarga.
Namun Banyak pula yang merasa stress dan tertekan menjelang persalinan. Mengingat persalinan itu adalah sebuah perjuangan hidup dan mati. Persalinan bukan sekedar melahirkan begitu saja , banyak proses yang dilalui, ngidam saat hamil yang sebagian orang masa ini masa yang paling berat karena  harus bolak balik muntah, pusing dll. Begitu juga kekita memasuki hamil tua terkadang ada  yang mengalami bengkak pada kaki, bahkan kondisi bayi nyungsang , yang butuh perhatian khusus.
Hamil dan melahirkan memang hal yang menyenangkan tapi kita juga butuh kesiapan, bukan saja secara mental yang butuh dukungan moril tapi juga materil. Berikut hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk kehamilan dan persalinan yang bahagia.
Jaga Kesehatan. Beberapa Minggu menjelang persalinan, memang dianjurkan banyak bergerak dan beraktifitas, tapi pastikan tidak sampai kelelahan, beri batasan waktu. Jaga pola makan dengan gizi yang seimbang, aktivitas memang diperlukan tapi jangan sampai kelelahan. Melahirkan tidak hanya memerlukan kebugaran fisik tapi juga psikis dan ketentraman hati. Jadi makanan itu tak cuma mengedepankan kebutuhan fisik tapi juga iman jadi perbanyak doa agar diberi kelancaran.

Baca Juga : 5 hal absurd yang tak disukai wanita saat hamil
Persiapan Biaya.  Bagaimanapun persalinan itu butuh  biaya, jadi sebelum bersalin tentukan dulu mau melahirkan dimana. Tentu disesuaikan dengan cost dan kenyamanan. Apakah cukup di bidan saja, atau rumah sakit. Apakah melahir normal ataukah perlu cesar. Jika perlu ikutlah asuransi, kita bisa memanfaatkan program BPJS Kesehatan dari pemerintah ini, untuk berjaga-jaga. Jika pembiayaan  sudah aman, artinya satu point yang tidak kita khawatirkan lagi.

Kesiapan Mental.  Dianjurkan kepada ibu hamil  untuk menambah wawasan, bisa membaca buku maupun secara online  ataupun bertanya ke dokter & teman-teman yang lebih senior. Ini bagian dari kesiapan mental bagi ibu yang menjalani, terutama bagi yang pertama mengalami kehamilan, tapi juga bermanfaat bagi ibu yang pernah melahirkan sebelumnya, pasti ada teori-teori terbaru yang bermunculan. Menyadari bahwa punya anak itu pasti bakalan repot, mengubah waktu rutinitas, capek, kurang tidur dll. Dengan begitu lebih ikhlash dan bahagia menjalaninya, karena tambah anak artinya tambah tanggung jawab.
Delegasikan Tugas. Tugas disini tentu tugas –tugas dirumah, seperti masak, mencuci dan beberes rumah. Pastikan ada yang membantu  saat kita melahirkan, minimal hingga pulih sekita sebulan atau dua bulan. Ibu yang habis melahirkan butuh istirahpikir ini itat dan fokus merawat bayi jika disibukkan dengan pekerjaan rumah yang lain , bisa-bisa sang ibu jadi lelah, cemas dan berujung stress. Mood ibu pasca melahirkan biasanya kurang baik, jadi peru dukungan orang-orang sekitar.
Suami yang siap membantu.  Saat malam tiba atau saat suami off lebih baik menemani  istri di rumah, bisa membantu istri, ntah sekedar mengantikan popok, atau menjaga bayi saat istri tidur terlelap. Istri sangat senang jika suami ikut andil merawat bayi, jika tidak tentu akan menimbulkan perasaan sedih dan tertekan.
Baca Juga : Baby blues syndrome dapat dicegah
Kebahagiaan dan ketenangan sangat perlu saat sebelum dan sesudah melahirkan. Banyak wanita yang terserang baby blues itu karena merasa cemas, tertekan, merasa sendirian. Kelelahan pasca melahirkan membuat wanita perlu ada yang mendampingi dan dukungan moril dari keluarga, jangan sampai kekesalan dan kecemasannya justru membahayakan bagi bayi yang baru saja dilahirkan.
#KEBloggingCollab

Baca juga : Mitos dan Fakta Kaki Bengkak Saat Hamil
5:55:00 PM

Ketika Panggilan Mengalami Penyempitan Makna

by , in


Bahasan kali ini sedikit menyinggung pelajaran bahasa Indonesia, karena aku ingat ada salah satu bab pelajaran bahasa Indonesia kalau nggak salah ketika aku sekolah smp, yang membahas tentang perluasan makna, penyempitan makna, peyorasi dan ameliorasi. Hmm, tapi gak serius banget, tapi ini penting karena  merupakan bagian  perkembangan bahasa di tanah air Indonesia kita #halaaaah :D. (Paragraf pertama aja udah bikin males)
Penyempitan dan perluasan makna sebuah kata itu ternyata di pengaruhi perkembangan jaman. Terbukti sekarang banyak sekali istilah –istilah baru yang muncul, yang dulu mungkin sudah ada tapi sangat asing terdengar ditelinga, dan sekarang ternyata justru jadi familiar banget.  
Oke kembali ke judul, Ketika Panggilan Mengalami Penyempitan Makna. Jadi dulu saat belajar ibu guru menerangkan  kalimat yang ada di buku cetak tentang beberapa contoh kata panggilan yang mengalami perluasan makna adalah kata “ibu” jika dulu ibu hanya panggilan untuk wanita yang melahirkan kita , kini ibu bisa digunakan  untuk panggilan ke semua wanita yang dihormati tak hanya lebih tua usia tapi juga karena pangkat, misalnya ibu guru, ibu camat dll.Contoh panggilan yang mengalami penyempitan makna adalah kata “bibi” jika dulu adalah panggilan untuk istri paman, atau orang dewasa yang usianya lebih muda dari orang tua kita, tapi kini bermakna lebih sempit yaitu panggilan untuk yang bantu-bantu dirumah/ ART.

Setelah 20 tahun berlalu ternyata banyak berubah, jika dulu dengan maksud menghormati dan kelihatan lebih sopan, ternyata kini justru berbalik dan dianggap tidak sopan. Jika dulu panggilan “mbak” untuk daerah jawa itu adalah panggilan halus dan sopan bahkan anak kecil perempuan juga dipanggil mbak. Tapi ternyata panggilan mbaK itu memiliki makna yang khusus dan sempit yaitu mbak-mbak yang bantu-bantu dirumah. Ah ..ternyata jaman membuat orang ingin selalu dipanggil muda kalau dulu bibi sekarang jadi mbak, naik pangkat satu generasi :D.
Terus yang dipanggil mbak dipanggil apa?. Nah, karena tak ingin disamakan  dengan yang bantu-bantu dirumah yang mbak-mbak  maunya dipanggil “kakak” , bahkan anak kecil sekalipun. Keponakan ku usia 8 tahun juga tidak mau dipanggil mbak, jadi ceritanya sepupu aku yang di Jakarta mudik ke Riau, dia punya anak cewe usia sekitar 8 atau Sembilan tahun gitu, maksud hati sih mau ngajarin Hamid hormat sama yang lebih tua jadi manggilnya “mba Keysa”, terus  sepupuku aku nyolek “stttt.. jangan panggil mbak, dia gak mau dipanggil mbak maunya dipanggil kakak”,”Loh..kenapa?”, “iya.., dia bilang emang keysa mbak-mbak yang masak dirumah”. Oalaaaaah…, aku jadi ngikik dalam hati, Kids jaman now (eh istilah ini beberapa bulan lalu belum ada).
Oh, Iya ada satu kisah lucu yang baru kemarin diceritakan kakak ku. Jadi saat dia kepasar , ya namanya didaerah pasarnya emang tradisional banget, banyak yang jualan cuma gelar tikar terus naroh sayur dan  ikan sungai begitu saja. Jadi ceritanya kakak ku belanja  dan mau tanya harga “ mak, mak itu harga ikan nya berapa?” itu yang jualan nunduk dan gak peduli, dan kakak ku nanya sampai berkali-kali tapi yang jualan cuek aja. Akhirnya nanya sama yang jualan disebelah “itu kenapa?”, yang ditanyain tentu saja nggak tau, akhirnya yang jualan buka suara sembari ngomel sodara-sodara! , mau tau apa katanya. “Enak aja manggil mamak-mamak, awak masih muda gini, panggil kakak lah!”.  Ya tuhan, terus  kakak ku bilang, kalau aku mah terserah aja mau dipanggil orang, kakak,mamak, ibu asal jualan laku. Padahal tu ibu-ibu yang jualan udah tua juga dan sudah  punya anak cucu. Ah ternyata panggilan ‘kakak’ sudah merembet ke area pasar  hahhaaha, gak mau dipanggil emak-emak, apa disuruh bikin blog dan  gabung ke emak blogger dulu ya?

Ternyata kini menyebut dan memanggil dengan sebutan lebih tua itu dianggap kurang sopan. Dan fenomena ini disadari oleh pelaku bisnis, yang berdagang, bahkan tukang angkot dan tukang ojek sekalipun. Jadi agar dapat pelanggan dan pelanggan senang maka abang tukang ojeg dengan senang hati memanggil pelanggannya “kakak”, walaupun ibu-ibu dan bercucu. :D, apa lagi si ibu yang dipanggil kakak itu tersenyum menyeringai #apaansih. 
Kalau aku pribadi sih terserah saja mau dipanggil siapa, dipanggil ibu boleh walau agak baper ,wkwkwkwk, dipanggil kakak  juga lebih bergairah :D.  Cuma jujur saja belum bisa move on dari panggilan kakak walau sekarang sudah bisa menyadari bahwa banyak yang memanggil ibu.

Memang sudah naluri perempuan ingin selalu terlihat lebih cantik dan lebih muda, dan iri liat Puspa Dewi masih seger burger diusia 50 tahun. Jangan iri kalau kitanya aja malas merawat tubuh dan mandi suka dijamak, jangan iri kalau lebih senang makan jeroan, kaki dan kepala ayam daripada ngunyah wortel mentah. Emangnya siapa yang iri sih?! ;D *celingak-celinguk. Dan bahkan ada yang tidak mau pakai kerudung karena takut terlihat  seperti orang tua atau takut dipanggil ibu. Aduh..kalau alasan belum siap mungkin masih bisa diterima ya, karena soal hati. Tapi kalau takut dipanggil ibu-ibu kok ya berlebihan, kan jadi doa kalau ada yang manggil  dengan sebutan “ibu haji”, pada hal nginjek pasir mekah aja belum pernah hehehe. Sekarang kerudung kan sudah banyak modenya ,  bahkan makainya juga simple  dan gak ribet seperti kerudung pashmina , dan banyak bermunculan hijab – hijab terbaru yang membuat penampilan lebih anggun dan muda.

Satuhal yang kita sadari ternyata kita berada dizaman dimana setiap orang ingin gak mau disebut tua. Kalau teman-teman disini suka dipanggil sebuatan apa sih, mba, kakak, tante, atau ibu?. hmm… aku juga pernah dengar ada yang   gak mau dipanggil tante, “enak aja..emang saya tante-tante”. Memang nya “tante-tante” disini punya makna yang menyempit juga kah..?? apakah tante-tante itu memiliki aroma negatif atau bagaimana? (serius nanya). O iya? buat yang laki-laki sukanya dipanggil mas, bapak, om, atau babang ,ah..jadi inget Hamish Daud:D, efek kebanyakan ngikutin akunt gossshhhhhip.
9:34:00 AM

Beberapa Alternatif Untuk Persiapan Dana Pendidikan Anak

by , in

Bersyukur sekali di era sekarang  banyak orang tua sadar betapa pentingnya pendidikan untuk anak. Pada umumnya masyarakat berpikir bahwa  tingkat pendidikan mampu menunjang  kehidupan yang lebih baik, anak tak cukup sekolah hanya sampai pendidikan menengah atas saja. Sulitnya lapangan pekerjaan untuk tamatan SMA membuat orang tua berusaha keras agar anak bisa kuliah melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi dan kehidupan yang layak dimasa depannya. Para orang  tua berusaha keras agar bisa mewujudkan impian anak-anaknya bahkan rela menjual harta yang mereka miliki seperti tanah, perhiasan, bahkan meminjam sebagai  pertolongan pertama saat biaya pendidikan anak kurang.
kebutuhan dana pendidikan memang sudah seharusnya  di persiapkan sejak awal, bahkan sejak anak belum memasuki  usia sekolah. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua dalam menyiapkan dana pendidikan untuk anak.
Investasi.  Investasi di sini bisa berupa tabungan dalam bentuk harta tak bergerak, seperti membeli tanah, membeli dan menabung emas, membuat rumah untuk disewa kan. Investasi ini bisa menjadi simpanan aman untuk masa depan, dan memiliki harganya stabil bahkan naik seiring waktu. .Investasi seperti ini sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu kekurangan  dana bisa dijual dan  menguntungkan.
Asuransi Pendidikan. Memasukkan atau mendaftarkan anak ikut asuransi pendidikan bisa jadi alternatif. Tapi biasanya asuransi tidak bisa dicairkan dalam waktu pendek ( tidak fleksibel) . Misalnya setelah anak lulus SD atau akan masuk sekolah, dan biasanya  klaim pencairannya terbatas tergantung jumlah premi dan kadang tak mencukupi.
Tabungan Pendidikan. Sebelum memilih tabungan pendidikan atau asuransi pendidikan sebaiknya dicermati plus minus, karena keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Untuk Tabungan pendidikan ini diwajibkan membayar sejumlah dana setiap bulannya dan anda  bunga persen setiap bulannya dan itu artinya ada keuntungan yang didapat.
Arisan.  Mungkin terdengar aneh ya, masa dana pendidikan didapat dari arisan. Tapi walau terkesan lucu tapi ini jadi alternatif ibu-ibu rumah tangga loh. Begini , biasanya untuk nabung sendiri mereka kurang disiplin, nah,dengan ikut arisan mereka “terpaksa” menyetorkan uang, dan jika mereka dapat undian mereka bisa langsung simpan ke bank dengan jumlah yang lumayan, untuk pendidikan anak mereka.
Beasiswa.  Dalam dunia pendidikan baik jenjang menengah  maupun pendidikan tinggi beasiswa menjadi incaran siswa/maupun mahasiswa. Ada banyak jenis beasiswa baik untuk masyarakat miskin maupun yang benar-benar berprestasi, bahkan kita pun bisa mengajukan dana beasiswa ke pemerintah daerah baik setingkat kabupaten maupun provinsi.
Pinjaman Dana Pendidikan. Meminjam dana bisa menjadi pertolongan pertama saat biaya pendidikan kurang. Untuk meminjam dana ada beberapa alternatif :
  • Teman/ Saudara : Untuk meminjam dana kepada teman atau saudara tentu harus memiliki hubungan yang dekat, dan mesti menepati janji kapan membayarnya. Jangan sampai kita justru menzolimi mereka dengan mengulur janji. Uang itu sesuatu yang sangat sensitif dan bisa meretakkan hubungan persaudaraan.
  • Bank. Bank menjadi alternatif  yang aman untuk meminjam uang. Hanya Saja Bank biasanya memiliki banyak persayaratan yang dipenuhi. Jika ingin cepat  cair maka syarat harus dilengkapi dan harus sesuai fakta.
  • Pinjaman dana online. Di zaman modern seperti sekarang ini rugi jika tidak memanfaatkan teknologi dalam berbisnis atau hal apapun. Tak hanya ada belanja online, pesan tiket online,  pesan makanan online, tapi juga pinjaman dana online. Pinjaman dana online tak sesulit meminjam di Bank semua bisa dilakukan secara online, dan kita bisa download aplikasi via android dan gratis. Salah satu  yang memilki fasilitas pinjaman dana online adalah tunaiku.com.  Biasanya pada pinjaman dana online ini prosedurnya sangat mudah dan tidak ribet, tapi memang tak semua harus online, tetap ada petugas yang datang ke rumah untuk tanda tangan berkas. Tapi paling tidak lebih menghemat waktu dan tenaga.

Pegadaian. Disaat  memasuki tahun ajaran baru biasanya pusat pegadaian menjadi salah satu tempat untuk memperoleh dana tanpa perlu menjual harta apapun. Kapan ada uang perhiasan atau yang lainnya bis ditebus dengan mudah.

Dizaman ini pendidikan memang tak bisa dibilang murah, tapi jika semua telah dipersiapkan sejak awal maka segala urusan akan berjalan mudah.

12:24:00 PM

Karena Menikah Bukanlah Pelarian

by , in
Pada suatu hari  Lia (sebut saja begitu ) datang ke rumah  Rina. Lia bermaksud mengajak Rina jalan-jalan sekedar makan diluar dan ngobrol.  Tetapi seampai dirumah Rina, Rina terlihat repot membantu ibunya didapur. Ya, Ibu Rina adalah pedagang  makanan bisa dibilang  buka warung makanan. SEbagian tugas ibunya Rina yang mengerjakan seperti menggiling bumbu dll. Rina meminta Lia menunggu, dia ingin menyelesaikan pekerjaannya dulu dan kemudian baru pegi keluar. Melihat Rina yang lagi repot yang keliahatan hidupnya begitu  ribet (menurut penilaian Lia), pagi-siang  bekerja, sore sampai malam membantu ibu untuk berjualan esok harinya. Lia berbisik “ah..kenapa kamu gak menikah saja dari pada ribet gini bantu orang tua, kalau nikah kamu kan bisa tinggal  sama suami gak dirumah ini lagi”.  

---
Adakah diantara kita yang menikah dengan alasan seperti yang diutarakan Lia pada Rina. Terkadang banyak menganggap menikah adalah sebuah solusi dari masalah yang kita hadapi. Ya, mungkin menikah bisa jadi solusi untuk beberapa hal, tapi tentu tidak seutuhnya, karena menikah bukanlah pelarian.
Menikah adalah ibadah maka mulailah dengan niat yang baik membangun rumah tangga , bukan karena ingin jauh dari orang tua, bukan karena bosan dengan hidup yang sekarang, atau karena patah hati dan balas dendam dengan seseorang. Menikahlah disaat benar-benar siap menjalaninya, karena menikah itu bearti menambah kewajiban dan tanggung jawab, ada kesiapan mental didalamnya.
Menikah adalah ikatan untuk seumur hidup bukan sehari atau dua hari bukan sebulan dua bulan. Ada yang berani bilang  udah nikah saja dulu nanti jika nggak cocok tinggal cerai saja. Cerai  tak semudah  yang di ucapkan. Buktinya banyak yang bertahan  dalam pernikahan walau kenyataannya pernikahan yang ia jalani banyak sekali kerikil yang menghalangi, entah dari segi ekonomi hingga perselingkuhan bahkan  KDRT dan tetap bertahan hingga puluhan tahun. Tak semua yang bisa dan kuat untuk mengambil jalan berpisah, apalagi sudah memiliki anak.

Baca Juga : 5 Hal yang membuat istri bertahan, ketika pasangan selingkuh
HIdup ini adalah perpindahan dari satu masalah ke masalah yang lain, jadi percuma saja jika maksud menikah adalah untuk menghindari permasalahan hidup. Bahagia itu kita yang ciptakan, walau hidup disituasi  dimanapun jika kita mensyukuri apa yang kita punya , berdamai dengan keadaan, berusaha tenang menjalaninya, insha Allah langkah kaki menjalaninya terasa tidak begitu membebani (#selfreminder) ☺ . Faktanya pernikahan yang kita jalani tak seindah dan seromantis yang kita bayangkan diawal, selalu saja ada debat kecil dan peetengkaran dengan pasangan.

Dari sekian banyak permasalahan yang ada, ternyata pernikahan membuat kita banyak belajar dalam melakoni peran kehidupan.  karena pernikahan ibarat sekolahan yang tiap saat memberikan kita pelajaran, dan sesekali pasti di uji.
Pernikahan mengajarkan kita tentang tanggung jawab. Menikah artinya beratambah pula kewajiban dan tanggung jawab, baik sebagai istri maupun suami.  Jelas tak bisa sebebas saat masih lajang, jika dulu suka pergi kemana suka, dan pulang larut, tentu hal ini tak bisa dilakukan sesering mungkin. Jika dulu suka suka shopping belanja ini itu, sekarang fokus kemasa depan keluarga. Sebagai istri ada pekerjaan rumah tangga yang harus dilakukan, menyiapkan makanan, dalam bersikap pun begitu karena ada dua keluarga yang harus  dijaga nama baiknya.
Pernikahan Menuntut Keterbukaan. Keterbukaan disini tentu antara kita dan pasangan. Kadang agak sulit dilakukan para introvert yang suka memendam masalah didalam hati. Rumah tangga dibangun berdua jadi antara kedua sisi harus jalan seimbang . Komunikasi itu selalu jadi  nomor satu, jika ada masalah atau ada sesuatu  harus dibicarakan. Ngambeg diawal pernikahan memang terkesan manjah-manjah manis. Si istri ngambeg  dan sedikit berkaca-kaca, suami langsung merayu dan mengusap kepala. Tapi jika itu dipelihara suami juga bosan, dan tentunya tak semua masalah bisa diselesaikan dengan ngambeg manja. Seorang suami juga begitu jika ada yang kurang berkenan dengan istri, lebih baik langsung diutarakan dari pada diam, dan istri jadi menebak-nebak kenapa suamiku marah. Diam memang emas tapi diam tak menyelesaikan masalah, jika sama-sama diam sama-sama menduga justru permasalahan jadi merembet keman-mana.  Yes, komunikasi  itu penting dan harus diutarakan dengan tenang bukan mencak-mencak dan gampar-gamparan, apalagi sampai ribut se er-te.
Pernikahan mengajarkan untuk lebih dewasa dalam bersikap. Pernikan adalah awal menjalani hidup yang lebih serius. Tentunya kita tak bisa bermain-main, menikah itu bagai membangun sebuah perusahaan, jika ingin berhasil dan membuat rumah tangga tentram jalani dengan serius.  Pikirkan dan ikhtiarkan untuk keutuhan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warrohmah.
Pernikahan  artinya menambah stok “sabar” yang banyak. Sabar disini bukan artinya diam saja tanpa usaha.
“ Suamiku emang gitu sih, orangnya temperamental suka marah-marah , banting ini itu, sabar aja ,aku paham sifatnya begitu”
“ Istri aku emang gitu, kalau lagi marah suka mencaci maki, sumpah serapah, banting pintu, aku paham ya sabar saja”
Bukan gitu juga kali ya..
Jika ada masalah  selesaikan masalah dengan tenang dan cara yang baik bukankah kita telah diajarkan untuk dewasa. Jika pun ada pertengkaran kalau mau baikan jadi gampang, tinggal colek-colekan selesai. Coba deh, kalu saling maki suara keras, mau baikan terhalang gengsi.

Curhat saat ada masalah memang melegakan tapi kita tak bisa asal curhat, pastikan kita  curhat pada orang yang tepat dan mampu memberi solusi  bukan justru mengompori, dan jangan sampai curhat dan menjelekkan pasangan atau keluarga pasangan di sosial media.
--
Pernikahan memang butuh tanggung kawab, keseriusan, kebijakan, butuh kedewasaaan, tapi menikah itu menyenangkan. Hidup tak akan indah tanpa warna warni, hidup tak akan lengkap tanpa campuran berbagai rasa manis, asam, asin bahkan pahit yang ternyata didalamnya ada obat yang menyembuhkan.
Awali pernikahan dengan niat yang baik, dan cara yang baik, bukan karena ingin keluar dari keluarga, tapi menambah keluarga dan menjalin silaturahmi yang lebih hangat.

Jadi,
Jangan takut menikah, ya.
#Selfreminder

6:44:00 AM

MENGENAL & KIAT MENGHINDARI KANKER SERVIKS

by , in

Akhir-akhir ini kanker serviks atau kanker mulut rahim  menjadi hal yang paling menakutkan bagi wanita. Umumnya  pada tahap  awal penyakit ini tak memiliki tanda atau gejala yang begitu jelas. Setelah mengalami sakit dan melakukan pemeriksaan ternyata sakit telah menuju stadium lanjut, dan sulit untuk diobati.  Tapi mirisnya , walau sebegitu mengerikannya kanker serviks ini masih banyak wanita yang tak mengenal penyakit ini bahkan tidak mengetahui sama sekali. Dengan kondisi  seperti ini  memang sudah seharusnya kita mensosialisasikan ke masyarakat tentang bahaya penyakit kanker serviks, bagaimana mengenali gejalanya, mendeteksi sedini mungkin dan bagaimana kita mengindarinya. Ini merupakan tugas semua orang, baik penggiat sosial media baik turun  langsung kemasyarakat, bagi yang masyarakat aktif disosial media mereka biasanya cepat menerima berbagai informasi, tapi tentu tidak bagi masyarakat awam karena mereka biasanya lebih fokus ke urusan ekonomi keluarga. Jadi sudah seharusnya kita ikut menyampaikan informasi ini ke masyarakat luas.
Kanker serviks/kanker mulut rahim adalah Kanker yang meyerang leher rahim. Yang pada umumnya  timbul tanpa gejala diawal, begitu diperiksa kebanyakan telah masuk stadium lanjut. Kanker serviks disebabkan oleh Human Papiloma Virus (HPV).  Kanker ini sangat berbahaya dan sangat sulit disembuhkan.
Sebagai wanita yang menjadi sasaran dari Virus HPV ini, sudah seharusnya kita berhati-hati berupaya untuk mencegahnya. Area Vagina memang sensitive dan rentan terjangkit berbagai penyakit mulai yang ringan seperti jamur dan keputihan sampai pada kanker serviks ini. Karena itu kita harus berhati-hati jangan anggap remeh seringan apapun gejala penyakit yang ada.

Berikut Upaya yang bisa kita ikhtiarkan agar terhindar dari kanker serviks.
Kenali Gejala.  pada stadium awal  umumnya tak menunjukkan gejala. Tapi kita wajib berhati-hati jika terjadi pendarahan setiap kali berhubungan seks, Keputihan yang abnormal, pendarahan pada wanita menopause, atau keluar cairan-cairan yang abnormal dari vagina dan berbau busuk
Gaya  Hidup Sehat. Hidup sehat  disini adalah menjaga kondisi tubuh agar selalu vit meningkatkan system imun tubuh. Karena virus masuk dan menyerang itu pada saat kondisi tubuh sedang menurun. Jaga makanan, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alcohol ataupun obat terlarang, cukup istirahat dan tidak sering begadang, dan selingi olah raga.
Menjaga Kebersihan Organ Intim. Sebagai wanita kita tidak boleh abai dengan kebersihan vagina, bersihkan vagina dengan sabun khusus dengan PH yang sesuai  dan tidak mengandung parfum, jangan menaburi bedak/talk pada organ intim, karena bisa saja masuk kedalam leher rahim dan mengiritasi bagian dalam Vagina. Ganti pakaian dalam minimal 2 kali sehari, dan segera ganti jika lembab atau basah. Cukur rambut vagina minimal 2 bulan sekali, karena bisa membuat kondisi vagina lembab dan kemungkinan bisa menumbuhkan jamur. Jangan lupa mencuci segera organ intim setelah berhubungan intim. Semua hal-hal tersebut sering diabaikan , karena kita sering lupa bahwa penyakit kadang timbul dari kebiasaan yang remeh temeh.
Tidak Melakukan Seks Bebas /berganti-ganti pasangan. Kebiasaan melakukan seks bebas adalah hal paling rentan terkena penyakit kelamin termasuk kanker serviks ini. Kuman atau virus bisa saja dibawa oleh pasangan seks yang juga berganti-ganti pasangan. Sungguh kebiasaan buruk yang harus dihentikan.
Tidak Berhubungan Intim disaat Haid. Banyak yang bilang bahwa berhubungan seks saat haid aman. Tapi nyatanya berhubungan seks saat haid banyak menimbulkan penyakit kelamin. Seperti yang kita ketahui darah haid adalah darah kotor yang banyak mengandung kuman dan tempat bakteri berkembang biak, area organ intim menjadi lebih sensitive dan lembut sehingga bisa menyebakan luka dan trauma dimulut rahim. Sperma yang masuk pun menjadi tidak steril mengandung darah kotor masuk kedalam dan dapat menginfeksi. Jadi jika  memiliki kebiasaan seks saat haid lebih baik dihindari.
Imunisasi/ Vaksin Kanker Serviks.  Saat ini  telah ada vaksin kanker serviks, Vaksin ini merupakan upaya untuk mencegah pernularan virus HPV. Vaksin ini  disarankan pada wanita-wanita yang belum menikah tepatnya belum pernah melakukan hubungan intim.

Periksa Dini Dengan Pap Smear.  Pap smear  adalah pengambilan contoh dari sel-ga sel di rongga leher rahim bisa cairan ataupun kulit untuk mengetahuui apakah ada perkembangan sel yang abnormal pada leher rahim. Berbeda dengan vaksin yang dilakukan pada saat belukj pernah berhubungan intim, Pap smear dilakukan kepada setiap wanita yang telah pernah berhubungan  intim sejak pertama kali, dan bisa dilakukan berkali-kali, bahkan rutin ntah saru tahun atau dua tahun sekali, skrining secara rutin lebih dianjurkan.
----
Sebagai wanita yang sangat rentan dengan penyakit kangker serviks kita memang harus menjaga dan selalu waspada dengan organ vital yang kita miliki. Ambil tindakan untuk mengobati jika ada kejanggalan seperti bau yang menyekat dan tidak biasa, ada tumbuh kutil, keputihan yang berlebihan bahkan ada pembengkakan. Segera lakukan pemeriksaan sesegera mungkin.

Untuk melakukan pemeriksaan pun kita tentu harus berhati-hati dan harus tepat memilih klinik atau rumah sakit. Pastinya kita ingin sekali mendapatkan kepastian dari hasil test secara akurat, maka dari itu sebaiknya pilihlah klinik  kesehatan atau rumah sakit yang memiliki laboratorim  yang telah terakreditasi , dan memiliki tenaga ahli yang professional dan lebih mengutamakan mutu sehingga hasilnya juga dapat dipercaya. Mohon tidak tergiur dengan paket-paket murah yang ditawarkan apalagi biaya yang rendah dan tak masuk akal, fokuslah pada hasil test yang akurat.


Laboratorium klinik Prodia adalah salah satu laboratorium  terbaik dan terbesar di Indonesia, untuk melakukan  dan melayani berbagai pemeriksaan kesehatan  termasuk untuk penanganan kanker serviks. Laboratorium Klinik Prodia didirikan pertama kali tahun tanggal 7 mei 1973 di Solo. Klinik ini sejak awal berkomitmen mempersembahkan  hasil pemeriksaan terbaik dengan layanan sepenuh hati. Sejak tahun 2009 Prodia mengusung tema “Love For Quality’, sebagai inpirasi seluruh karyawan  melayani sepenuh cinta  dan mempersembahkan kualitas terbaik. Dan kini Laboratorim Klinik Prodia telah memiliki cabang diberbagai kota besar di Indonesia dan kita bisa melihat hasil chekup  secara online di sits resminya www.prodia.co.id.

Kabar gembira bagi para wanita Indonesia yang ingin melakukan general Chek Up, karena Prodia telah memiliki  Prodia Women’s Health Center (PWHC). PWHC klinik layanan khusus perempuan berbasis  Women Wellnes yang pertama di Indonesia, yang didesain khusus dengan karakter dan sentuhan perempuan. PWHC didukung dengan perlengkapan teknolog diagnotis terbaru untuk pencegahan (pencegahan dan vaksinasi) maupun pencegahan lanjutan (medical chekup, tes labotaorium dan pap smear.)
--
Sebagai bentuk peduli cinta perempuan yuk kita sebarkan semua informasi mengenai kanker serviks keseluruh negri ini. Informasi yang diberikan tak hanya penting bagi wanita tapi juga pria, remaja maupun dewasa, karena menjaga kesehatan diri dan lingkungan adalah menjadi tanggung jawab bersama.

10:06:00 PM

7 CARA MUDAH MEMBERIKAN PEMAHAMAN AGAMA UNTUK ANAK USIA BALITA

by , in


Anak tak sekadar anugerah tapi juga merupakan amanah. Ya, anak adalah sebuah titipan amanah yang diberikan Tuhan, Artinya kita punya kewajiban  menjaga, menyayangi, mendidik , menjadi manusia yang berbudi pekerti dan mengenal Tuhan.

Baca juga : Ketika anak tumbuh sebagai penentang

Sebagai keluarga yang berpegang teguh pada agama , sudah menjadi kewajiban kita untuk mengenalkannya kepada anak se-dini mungkin. Terkadang kita merasa kebingungan untuk memulai dari mana, karena untuk anak usia balita komunikasi masih kurang lancar, bahkan banyak konsep kata yang belum mereka pahami. Sebenarnya kita tak perlu “to the point” untuk mengenalkan cukup melakukan beberapa kebiasaan yang mereka senangi, dan secara tidak langsung mereka menyerap kebiasaan baik terutama hal-hal yang berkaitan tentang keagamaan.

Berikut kebiasaan baik yang secara tidak langsung memberikan pemahaman agama pada anak, terutama untuk usia balita.

  1. Memberikan teladan dan contoh.  Dengan melihat kita solat beribadah, berpuasa, berdoa sebelum melakukan sesuatu, merupakan contoh yang baik untuk anak. Makanya tak heran jika melihat ada anak setahun lebih suka meniru atau memperagakan gerakan sujud, gaya berdoa dll, Itu semua karena setiap hari melihat orang tuanya atau anggota keluarga melakukan solat atau ibadah yang lain. Jangan salahkan anak ketika kita hanya bisa menyuruh mereka dan mereka menolak, karena merasa orang tuanya tak pernah melakukan nya. Dan tentunya sambil kita jelaskan dan arahkan. Misalnya membaca doa sebelum makan, sebelum tidur dsb.
  2. Mainan. Umumnya kita senang sekali membelikan anak-anak mainan bisa berupa mobil-mobilan, boneka, robot dll. Nah, bagaimana jika kita tambah koleksi mainan mereka dengan mainan yang ada unsur mendidik misalnya susunan balok yang ada huruf dan angka, gambar sayur dan buah. dll
  3. Bernyanyi, Untuk anak usia balita mereka senang sekali bernyanyi. Nah kita bisa memasukkan  rukun Islam, waktu solat, Nama nabi dan rasul dll.
  4. Melalui Gawai. Dari pada anak cuma di ajarin game sekedar mengumpulkan point, lebih baik gawai kita manfaatkan sebagai media pembelajaran. Banyak kok Aplikasi yang bisa kita unduh gratis misalnya tentang huruf Latin/  Hijaiyah,  Mengenal angka, Doa, dll. Bahkan di video YouTube banyak sekali video menarik yang bisa kita jadikan media untuk mengenalkan kewajiban agama.
  5. Dongeng. Anak- anak sangat suka mendengarkan cerita, terutama menjelang tidur. Sambil  rebahan di sampingnya mungkin kita bisa sedikit  mendongeng pendek tentang nilai-nilai kebaikan. Bisa menggambarkannya dengan hewan kesukaannya atau juga boneka kesayangannya.
  6. Buku Komik. Kenapa harus buku komik? Buku dengan gambar yang menarik sangat disukai anak-anak tak hanya usia balita tapi juga usia sekolah . Dengan membaca cerita   jadi lebih menarik dan lebih “menyimpan” dalam ingatan mereka. Kita bisa meluangkan waktu untuk membacakan cerita untuk mereka. Apalagi sekarang sudah banyak banget komik-komik di toko buku dengan gambar yang menarik dan kisah  yang lebih variatif. Kalau dulu jaman saya SD saya memang suka membeli buku-buku komik kisah nabi dan rasul atau kisah yang lain , harga cukup murah tapi waktu itu lumayan juga sih 3 buah hanya 1000 rupiah, kalau tidak salah terbitan MA.Jaya . Buku komik saat itu hanya hitam putih kertasnya juga kurang bagus, beda banget dengan saat ini kita lebih mudah memilihkan untuk anak sesuai usia mereka.
  7. Pakaian. Dari balita kita wajib mengenakan pakaian yang sopan ke pada anak-anak. Memberitahukan  batasan-batasan yang boleh dilihat di lingkungan rumah, dan jika berada diluar rumah. Terutama untuk anak perempuan, yang banyak banget model bajunya. Sebagai orang tua kita kadang suka tergoda sesekali untuk mendandani anak dengan pakaian yang cantik menarik bahkan minim biar terkesan lucu. Tapi sebaiknya kita kurangi terutama jika tampil ditempat umum, apalagi saat ini banyak sekali kejadian pelecehan seksual untuk anak dibawah umur. Hal ini sudah seharusnya kita sebagai orang tua untuk berhati-hati  dalam hal pemilihan kebiasaan berpakaian anak.

Baca juga : Ketika anak memiliki idola

Kenapa sih..kita harus mengenalkannya secara “halus” mengenalkan pendidikan agama dengan hal-hal yang mereka sukai?
  1. Agar mereka mudah menangkap  pesan yang disampaikan.
  2. Agar mereka tidak tertekan. Biasanya anak sudah parno duluan dengan kata “Belajar” atau udah  eneg duluan dengan kalimat yang namanya “petuah/nasihat”. Dengan cara -cara halus itu mereka merasa “bermain” merasa happy.
  3. Agar Orang Tua tidak dapat label “cerewet”. Jujur saja pastinya kita  sering bilang ini itu ke anak kita wajib sholat ini dosa itu dosa. Nah anak jadi kurang respect dengan kita punya kesan melarang ini itu.  Tapi kita lihat usia anak juga, jika sudah 8 tahun ke atas  kita bisa nasihati mereka tentunya dengan alasan yang bisa mereka terima. Bahkan khususnya solat apa bila sudah baligh  sudah wajib memberikan hukuman bagi anak yang tidak melakukannya.

Apakah teman-teman para bunda punya kebiasaan lain untuk mengenalkan agama pada anak usia prasekolah?

Sharing yuk..biar kita bisa saling memperkaya ilmu.

Baca juga : Anak bunda bersifat tertutup, mungkin 6 kesalahan ini--

--
#KEBloggingCollab
Trigger Post :
 "Pesan Agama tuk Remaja Melalui Komik"

1:30:00 PM

TRANSPULMIN BALSAM : SAHABAT TERHANGAT KELUARGA

by , in

Akhir tahun 2014 merupakan akhir tahun membahagiakan bagi aku dan suami ku tentunya keluarga ku, bagaimana tidak itulah waktu aku mendapatkan hadiah terindah berupa amanah dari Tuhan untuk memomong seorang bayi yang telah kami nantikan kehadirannya selama lima tahun. Bahagia sudah pasti, tapi sebagai orang tua baru kami berdua dilanda rasa cemas , bayi cegukan dan gumoh saja hebohnya kaya dilanda sunami, hehehe, padahal itu biasa saja kan ya…?, tapi namanya pengalaman pertama  tak terasa indah tanpa “degdegan”.
Puncak rasa cemas itu ketika Hamid memasuki usia hampir 4 bulan, dia terserang demam, batuk dan pilek, suhu badannya naik, tidurnya pun tidak lelap karena hidung tersumbat. Beberapa bagian  tubuhnya timbul merah-merah bintik-bintik, aku takut banget jangan-jangan itu demam berdarah. Tapi aku mencurigai ia ketularan suamiku yang beberapa hari sebelumnya sempat batpil , demam, dan timbul merah-merah, tapi cuma berlangsung tidak lebih 4 hari, mungkin campak jerman. Dan Hamid udah demam lebih dari 4 hari.
Perasaan khawatir ku belum juga hilang,akhirnya aku bawa juga ke dokter, karena panasnya tak mau turun sekiran 37 derajat Celsius. Tapi keterangan dokter tak memuaskan aku, apalagi ada beberapa syrup yang harus dikonsumsi Hamid termasuk antibiotik. Saat ke apotik untuk menebus obat  yang kebetulan pemiliknya teman suami aku, dia menyarankan agar anak ku cukup diolesi  Transpulmin BB Balsam khusus anak-anak, agar pernafasannya lega dan nyenyak tidur. Untuk obat sebaiknya jangan dulu, selama anak masih mau minum susu, dan tidak kelihatan lesu. ( aku pernah menuliskannya di www.ummihamid.blogspot.com).Untuk menurunkan panasnya yang sebenarnya gak tinggi-tinggi amat , kalau orang jawa bilang “sumeng-sumeng” gitu , Hamid aku lumuri minyak bawang merah, dan merah-merah pada beberapa bagian tubuhnya hilang sendiri ketika aku beri  talk.
Sejak kejadian itu , saat  Hamid terserang influenza aku gak bingung lagi. Aku cukup melakukan beberapa hal sederhana dan  alami untuk menyembuhkan influenzanya.
Berikut beberapa kebiasaan aku :
Jika agak demam, terus diberi susu/asi, aku juga pernah memberinya air kelapa  muda beberapa sendok, bubur dengan kuah sup hangat. intinya asupan gizi anak jangan terabaikan, karena influenza bisa sembuh sendiri jika daya tahan tubuh kuat.

Memijat dengan minyak bawang merah, dan menaruh beberapa buah bawang merah dikamar dengan ditusuk pakai lidi , karena bawang merah dapat menyerap bakteri dan virus.

Memberi Uap dalam kamar. Jadi aku sengaja merebus air hingga mendidih dan taruh dalam wadah, taruh dipojokan kamar yang aman lalau teteskan beberapa tetes minyak kayu putih. Kalau sekarang aku takut melakukannya karena Hamid aktif takut aja tersiram.

Menjemur dibawah matahari pagi  selama 15 menit  antara jam 07.00 -08.00 pagi. Kalau sekarang sih tinggal ajak aja main keluar rumah, hehe.

Tanspulmin BB Balsam. Ya, semenjak kenal Transpulmin aku gak pernah melupakannya bahkan jadi kebutuhan. Kemasannya yang imut sangat praktis dibawa-bawa.
Setiap Hamid Pilek Transpulmin selalu jadi andalan saat usia Hamid 6 bulan.

SEKILAS TENTANG TRANSPULMIN BB BALSAM
Transpulmin BB Balasam  adalah balsam dengan kemasan tube yang tiap gramnya mengandung mengandung Eucalyptol 100 mg dan chamomile concente 7,44 mg. Keduanya merupakan tanaman yang kaya khasiat yang aman untuk kulit bayi yang sensitive. Eucalyptus oil   memiliki efek anti bakteri pada saluran pernafasan dan mengurangi rasa nyeri, sedangkan ekstrak chamomile memberikkan rasa nyaman dan menghangatkan sehingga  membuat bayi tenang dan rileks. Karena terbuat dari bahan alami dipastikan transpulmin tidak berbahaya aman digunakan

Ngomongin soal Transpulmin BB Balsam, awalnya  aku sempat takut  untuk membalurkannya transpulmin pada dada dan leher Hamid, takut tidak cocok, kulit merah-merah atau terlalu panas. Nyatanya tidak hangatnya pas dan aromanya juga enak dihirup dan bikin lega pernafasan, buktinya Hamid tidur malamnya lelap tidak gelisah karena hidungnya tersumbat.
Transpulmin BB Balsam  memang menjadi andalan ku, bahkan hingga sekarang. Saat jalan-jalan,atau berenang transpulmin selalu dibawa. Perlu diketahui Transpulmin BB Balasam  juga bisa mengatasi perut kembung, mengatasi gatal karena gigitan serangga.

Cara pemakaiannya : Untuk bayi dan anak-anak bisa dugunakan 2-4 kali sehari, dengan mengoleskan dan menggosokkan pada bagian dada , leher, dan punggung, agar terasa hangat dan nyaman menghirup aroamanya. Mohon diperhatikan jangan pernah bunda mengoleskan pada bagian  muka , hidung, kulit luka taupun bagian-bagian sensitive lainnya.
Transpulmin sangat lembut dan tidak lengket dikulit dan sangat amana baik dari segi bahan maupun dari efek yang ditimbulkan, hampir tak ada iritasi yang ditimbulkan asal pemakaian sesuai dan tidak berlebihan.

TRANSPULMIN BALSAM KELUARGA
Pernah terpikirkan oleh aku saat pilek aku mau nyobain transpulmin yang biasa yang ku gunakan untuk anak ku, eh ternyata pas diapotik ditanyain “buat siapa bu?”  , begitu tahu buat siapa, dia memberikan Transpulmin Balsam Keluarga. Lo, kok beda? apa ganti kemasan?. Setelah aku baca brosurnya baru deh ketahuan ternyata ini untuk  usia diatas 2 tahun termasuk buat aku yang 2 tahun nya udah dikali 18 , hahhaha.  Karena usia Hamid sudah 2 tahun lebih, artinya dia juga ikut menggunakan Transpulmin Balsam keluarga, beneran buat satu keluarga nih.

Transpulmin Balsam Keluarga juga memiliki khasiat yang sama membantu mengurangi dan sekaligus menyembuhkan gejala Influenza baik untuk anak –anak dan orang dewasa.
PERBEDAAN TRANSPULMIN BB BALSAM  DAN TRANSPULMIN BALSAM KELUARGA.
  1. Transpulmin BB Balsam untuk  usia s/d 2 tahun, sedangkan Transpulmin Balsam Keluarga untuk 2 tahun ke atas dan biasa digunakan oleh orang dewasa.
  2. Aroma Transpulmin Balsam keluarga lebih menyengat dibanding yang untuk Baby.
  3. Kandungan Transpulmin Balsam Keluarga Lebih Lengkap. Jika yang untuk bayi hanya 2 yaitu ekstrak chamomile dan Eucalyptol. Untuk balasam keluarga ada tambahan ekstrak Menthol, Sage Oil dan Chompor , semuanya dari tumbuhan alami berkhasiat.
  4. Cara penggunaan Transpulmin Balsam keluarga hampir sama dengan yang untuk bayi dan anak-anak, tapi ada nilai tambah buat Transpulmin Balsam keluarga yang mana bisa dicampur dengan air panas lalu uapnya dihirup, sangat efektif untuk melegakan pernafasan.

Buat yang punya bayi perlu banget  sedia kedua Transpulmin ini, percaya deh sekali coba pasti langsung terasa khasiatnya. Semenjak kejadian waktu Hamid sakit itu transpulmin selalu tersedia dirumah, apalagi sekarang bisa dipakai untuk saya dan suami juga ,hangatnya Transpulmin satu untuk semua. Buat yang ingin beli gak usah bingung karena Transpulmin Balsam telah dijual di seluruh apotik di Indonesia dan juga  dijual secara online.
Apakah teman-teman juga punya pengalaman tentang Transpulmin, sharing yuk di kolom komentar.  Salam sehat selalu ya..


Post Top Ad

Alexa

Ib

IBX5832945216B5F

.

.

IBX5832945216B5F

MY INSTAGRAM