Wednesday, 3 December 2014

Bismillah, Ku berserah Diri

4 komentar

Ingat ketika awal kehamilan lebih dari 9 bulan yang lalu..., sering bolak balik ke toilet cuma mau liat apa ada flek atau nggak, takut kalau-kalau bakal janin nggak kuat dan keluar. Maklum sudah menunggu lama....untuk merasakan yang namanya tek dung dung hamil. Istri mana yang tak ingin merasakan hamil dan melahirkan anak.

Prediksi bidan sih... si debay bakalan lahir pada 20 November 2014, kalo kata dokter sih akhir November... Ah... semua tanggal perkiraan itu lewat begitu saja, tanpa ada tanda2 si debay akan launching..., akhirnya suka bolak balik ke toilet lagi..., kali ini berharaf ada flek, yang katanya sebagai tanda pembukaan kelahiran. Tapi nyatanya gak ada.., mules , pegel2 dipinggang juga gak ada padahal sudah 41 minggu.

Tadi siang coba cek ke dokter, eh... katanya mesti dirangsang, bayi gak boleh kelamaan dirahim..., plasenta nya akan ada pengapuran akan mempengaruhi suplay oksigen dan makanan yang berkurang. Sempat was-was dan pake drama air mata segala. Tapi setelah minta saran ke keluarga, teman, bidan semuanya suport. Apalagi kakak2 ku... Semua mendukung, dengan tetap tawakal pada ALLAH , jangan cemas, tetap optimis semua akan berjalan lancar, pokoknya bismillah aja..., maklum pengalaman pertama...cemasnya rada lebay... tapi menurutku wajar kok.

Ok... Malam ini semoga dapat tidur lelap... dan esok matahari dapat menyambutku dan mengalirkan rasa optimisme....

Buat man teman.... Doain lancar ya..., semoga aku bisa memeluk rindu ku dengan binar matanya yang indah menatapku...

Bismillah....ku serahkan diri ini pada Mu ya Rabb...

-------

By : Novili
Dalam penantian rindu.. Share

Monday, 24 November 2014

Istri baik, Istri Sholihah

15 komentar
Wanita, identik dengan kelembutan, keanggunan,keibuan, baik hati dan penuh kasih sayang. Apalagi jika seorang wanita itu telah menjadi seorang istri, dia wajib menjadi istri yang baik untuk suaminya.
Para suami berharap agar istri yang mereka cintai dapat menjadi apa yang mereka inginkan, istri yang pintar masak, rajin merapikan rumah, pintar bergaul, selalu tersenyum tidak suka cemberut, tidak cerewet, becus menjaga anak-anak, selalu berpenampilan rapi dan siap meladeni hasrat mereka kapan pun. Padahal seorang Istri bukanlah makhluk yang sempurna. Dibalik kelembutan dan kasih sayang yang di punyai tersimpan segala kekurangan seperti halnya para suami.

Perlu diketahui para suami bahwa istri yang baik juga bersumber dari sikap dan prilaku suaminya. Jika suami seorang yang berakhlak baik, bisa membimbing istri, tidak hanya pintar memerintah saja, Insha Allah istri juga akan baik. Memang sih…. Terkadang ada suaminya baik ternyata istri malah sebaliknya malah tak segan-segan menjalin hubungan intim dengan pria lain, ini tentu saja bukan istri yang baik tapi termasuk pada istri yang kurang bersyukur dan kufur akan nikmat yang Allah berikan yaitu seorang suami yang baik.

Istri yang baik itu seperti apa sih? Jika menurut pandangan suami atau mata manusia tentu saja sifat baik itu sangat relatif, tergantung opini seseorang dan sifat orang itu beda-beda ditambah dengan sifat khas manusia yaitu tak pernah ada rasa puasnya. Jadi ukuran istri yang baik adalah istri yang bersikap sesuai dengan tuntunan Agama, dimana kata “baik” itu terangkum dalam “Istri yang sholihah”.

Jujur saja, aku sendiri belum bisa memastikan bahwa diriku termasuk dalam kategori istri yang baik. Tapi paling tidak kita sebagai istri berusaha menjadi lebih baik lagi. Insha Allah mendapat predikat Istri sholihah dimata Allah. Karena jika hanya mengharap pujian manusia , menjadi baik hanya pandangan manusia, biar dipuji atau apa pun itu, akan percuma saja karena kita hidup tidak hanya dunia saja tapi tujuan kekal kita adalah Akhirat.


Kategori Istri sholihah itu seperti apa sih….?? >

#Istri yang taat pada perintah Allah, rajin ibadah, tanpa meninggalkan kewajiban harian sebagai Seorang istri. Jika seorang istri taat beragama, melaksanakan perintah Allah, terutama tak meninggalkan sholat, Puasa Romadahan, dan berhijab insha Allah akan terjaga prilakunya dari sifat-sifat yang tak pantas.

# Menjaga harta suami, jika suami tidak ada. Harta suami disini tak hanya berupa kebendaan tapi juga anak-anak, dan yang paling penting adalah kehormatan diri kita sebagai seorang istri. Jangan sampai jika suami tidak ada , atau ketika kita jauh dari suami, kita berprilaku seolah tak punya aturan agama. Tak menutup-nutupi banyak sekali istri yang suka berselingkuh di belakang suami, dengan berbagai alasan. Tapi apapun alasannya namanya selingkuh gak akan pernah membawa kebaikan.

# Tidak membantah perkataan suami. Dalam hal ini tentu saja berupa nasihat baik, ajakan dan perintah baik. Jika perintah atau perkataan suami yang mengajak kita membangkang atas perintah Allah tentu saja kita sangat wajib menolaknya. Taat pada suami bukan bearti mendurhakai Allah.

# Bersifat Qonaah , yaitu merasa cukup dengan nikmat yang telah Allah berikan saat ini, suami yang baik walaupun gak terlalu ganteng he2 ;D yang penting bertanggung jawab dan gak suka “main mata” dengan wanita lain , anak-anak yang baik yang sangat menjaga nama baik keluarga. Ingat, rejeki itu tak hanya uang, tapi penghidupan yang aman tentram juga rejeki yang tak bisa terkalahkan. Jika secara ekonomi kurang, tentu masih bisa di diskusikan dengan suami, apakah istri boleh bekerja di luar membantu suami atau bisnis dari rumah dll, yang penting di bicarakan dengan baik , dengan mempertimbangkan segala aspeknya.


Menurutku empat point diatas sudah mencukupi untuk menjadi istri yang baik. Intinya untuk menjadi istri yang baik harus berpedoman pada Alqur’an dan hadist, dan juga tentunya bimbingan suami yang baik. Karena wanita dibalik kelembutannya menyimpan kelemahan dan gampang labil, terkadang keputusan-keputusan yang diambil hanya berdasarkan rasa emosi dan mengedepankan perasaan dibanding logika, untuk itu suami berkewajiban mendampingi dan bergaul secara baik dengnnya.

Tentunya tulisan ini bukan bersifat menggurui, tapi sama-sama dijadikan pedoman bagi para istri semua termasuk diriku, bahwa sesungguhnya kita bukan istri yang sempurna, tapi istri yang selalu berusaha menjadi baik dan mengupayakan mendapatkan prediket wanita sholihah dimata Allah swt selayaknya Sayyida Khadijah istri baginda Rasul. Aaamin. Dan tentunya suami juga semakin sayang…


*****

TULISAN INI DIIKUTKAN GIVEAWAY
Istri Yang Baik



Share

Thursday, 20 November 2014

Malam Jum'at

8 komentar

Garis senja mulai menipis
Samar menutup bayang Kamis
Gelap menyambut deraian Gerimis
Sepi...pun tak tertepis..


Malam Jum'at..
Banyak bayang berkelebat...
Antara Hasrat rindu yang terikat
Dan cinta yang membludak hebat...


Malam jum'at..
Merampas sunyi senyap..
Menelanjangi tirai rindu..
Melepaskan semua hasrat


Ah.....
Malam jum'at
Tak melulu tentang hasrat
Ada malam bermunajat..
Ketika Tuhan begitu dekat..
Meraih Cintanya dalam do'a dunia akhirat.
------
Airmolek , 20 Nopember 2014
#Menjawab Tantangan Mak “Yuli Yulia”

Untuk berpuisi Di Malam Jum'at.. :) Share