Wednesday, 2 September 2015

Keluarga (Tak) Berencana

No comments :
Mau punya anak banyak atau cukup 2 saja itu pilihan masing-masing pasangan. Yang jelas anak adalah anugrah...dan juga merupakan  tanggung jawab besar  bagi kita untuk menyayangi dan mendidik mereka demi  keselamatan di dunia dan akhirat.

Punya anak banyak...tetapi sanggup menyayangi dan mendidik tak menyia-nyiakan mereka kenapa tidak..? punya anak cuma dua.. tapi klo cuma kebutuhan dunia saja diberi, ya..gak komplet juga.

Setiap orang cuma bisa berencana..Takdir tetap Allah yang kendalikan. Banyak yang megikuti program KB, pake alat kontrasepsi, eh.."jadi" juga, alasannya kelupaan lah..kebobolan lah...ga sengaja lah.. apalah...
Nah ..saya juga gitu dulu  rencananya nih, dalam lima tahun pernikahan minimal dua anak, eh..nyatanya ditahun kelima baru dapet satu, yaa..ampun rasanya udah malas..n setengah putus asa. Tapi Alhamdulilah..Allah maha tahu kapan waktu terbaik anugrah itu diberikan.

Aku punya teman nih.. dalam empat tahun dia dapat , eh..,.bukan dapat (kaya mungut dijalan aja..he2) maksudnya melahirkan 3 anak (wow banget). emang sih..ini rencana dia dan suaminya.
Mereka sangat menyayangi... mau anaknya berantem sama sang adik, berantakin rumah, mereka tetap sabar,ikhlas..dan menikmati semuanya.

Aku juga kenal, tepatnya baru  kenal. Seorang wanita ..menurutku usianya mungkin baru 20 tahunan lebih...sekitar 22 tahun, anaknya sudah 4 orang. Anak pertama  usia 5 tahun, anak ke dua usia 3 tahun, anak ke tiga 2 tahun, anak ke empat sekitar 7 bulanan. Aku gak tau ya..apakah memang mereka memang berencana punya bayak anak, atau yang katanya ga sengaja (emang bisa ga sengaja?), atau direncanain nggak..ga terencana juga nggak..berjalan aja..seperti apa adanya. (ga tau..lah..), jaman dulu emakku paling juga gitu..heheheheeh..

Eh..aku disini bukan bicara soal berencana atau ga terencananya, apa pun itu yang penting anak mesti harus menerima hak nya, untuk disayangi sepenuh hati. Aku jadih sedih hati.. ketika melihat wanita muda itu  memarahi anak pertamanya nya..sampai dorong-dorong ,ngejorokin anaknya..hampir saja membentur tembok, memarahi anak..dijalanan.. sampai di ikuti ana-anak lain..nonton si ibu marahin anaknya, dan si anak nangis-nangis. Suami ku...jadi turun tangan, sampai  bilang udah jangan nangis..sini om antar ke tempat bapak ya..., soalnya ni anak ..nangis pengen ikut bapaknya kerja,tapi si ibu muda gak ngegubris..... ya udah suami ku jadinya balik..ke anak-anak yang nonton agar mereka bubar. Kasihan....walau pun masih kecil pasti secara psikologis anak itu tertekan dan malu. Melihat kejadian sepintas lewat  itu aku langsung cium Hamid, ini jadi pembelajaran buat ku kelak jangan sampai terpancing  emosi ketika anak emosinya gak setabil, nangis-nangis dll. Karena jika anak dari kecil sudah didik keras..atau tepatnya menerima perlakuan tidak baik, kekerasan, maka ketika mereka besar  memiliki kemampuan melawan , mereka jadi  susah diatur.

Tuesday, 25 August 2015

Cuaca : Berasap ( Basi)

No comments :


Dulu ketika aku SD masih ingat  setelah berita malam usai TVRI selalu  menyiarkan prakiraan cuaca 27 provinsi (ketika itu) , cuma ada tiga..
-cerah
-berawan
-hujan
Maka ketika ada tugas sekolah  untuk mencatat perkiraan cuaca, tangan harus mencatat cepat, karena TVRI menayangkan dengan durasi yang sangat cepat.. jadi supaya cepat cukup  menulis simbol saja..misalnya Aceh hujan maka ditulis dengan H, jika cerah ditulis dengan C, tanpa melihat buku tulis. Ini cuma kilas balik aja kok.. seingat ku begitu, mohon maaf klo ada yang salah...

Diawali seekitar tahun 1997, ketika itu aku kelas 1 SMA, terpaksa sekolah libur (pake di demoin murid dulu) karena asap begitu pekat, menjemur pakaian putih pun mesti di dalam rumah, jika tidak baju bakalan bau asap..dan berubah warna jadi putih tulang, kalo gak mau disebut kuning.

dan..sejak itu  bertambahlah bahwa asap termasuk kategori cuaca....

Sedih juga rasanya, apa lagi ..sekarang sering bolak balik membawa Hamid naik motor karena terpaksa menitipkannya pada ibu mertua , karena aku dan suami bekerja. Terkadang mencoba menutup hidung Hamid agar tak terhirup udara yang buat orang dewasa saja ga sehat apa lagi untuk bayi seusia Hamid, tapi mana bisa... anak ga betah dan berontak.

Asap itu cerita  basi..
terpaksa ditelan ...karena..
menahan nafas..sama dengan mati...
lalu..
kami pun bernafas....
menghirup...
pelan...pelan..
larut...
sakratul maut...
kami pun mati... 
cerita..basi...
makanya kalian tak peduli...
terus saja mengobarkan api..hingga perut bumi..

Thursday, 9 July 2015

Toilet galau

No comments :

Wiss.... apa kabar blog? makin ditinggal makin kece aja... duh jangan merajuk plus ngambek lo.... ntar manisnya ilang..
Apa lagi ni kan bulan puasa..harus pemaaf n nrimo..... he2

Apaan sih ya...
Yang ngaco malah si mpunya nih.. makin lama ga ngeblog makin rada2 gimana gitu ya..mmmm..makin tambah kece badai..ha2.. super maksa

Ok..deh..buat pemanasan....dimalam nan dingin ini... (pemanasan posting..maksute..) daku ingin bercerita yang  sederhana..aja..

biasanya kita nih... klo ada rambu ditempat umum.. pasti sifatnya tegas ...misalnya rambu larangan...
-Dilarang parkir
-Dilarang buang sampah  di tempat ini
-Dilarang memijak rumput (klo ditaman) dll

Rambu bersifat perintah
- Belok kanan
- exit ( arah keluar)
-Harap tenang
Dll

Nah.. kemarin ada acara buka bersama di suatu restorant / rumah makan..n aku ketemu toilet yang galau.
Kalian tau kan... kalau toilet itu tempat "pembuangan".. yakin deh kalau kalian kebelet n ada rasa yang memaksamu untuk membuang sesuatu yang ada padamu... ( apaan ya ni kalimat ?) Yg to the point aja deh... pengen pipis atau pup pasti carinya toilet.

Nah..apa yang terjadi..jika toilet cuma php in kamu.. diluar tulisannya toilet pas  kamu masuk ke dalam (hati) nya... ternyata kamu ga boleh membuang hajatmu yang terbendung... ini rasanya lebih pedih dan menyakitkan dari di php in cowo ...  kaya aku yang pernah di php in dude herlino...whwhwowwoowowowhoo :D
Mau bukti..nih...masa sampe dalam ga boleh buang apa2...apa pun... bahkan ngeludah aja...ga boleh.... hmmmm...cuma satu..yg boleh dibuang disini..yaitu perasaan mu tentang dia yg telah php in kamu. :D