Gangguan Kecemasan Membuat Maag Tak Kunjung Sembuh


Apa itu Sakit Maag?

Sakit yang satu ini bukanlah sakit yang asing, banyak yang mengalami penyakit lambung. Umumnya orang mengenalnya dengan maag. Penyakit maag adalah penyakit gangguan lambung sebenarnya banyak namanya ada istilah dengan sebutan dyspepsia, GERD namun semuanya tidak jauh-jauh dari asam lambung. Gejala pun bermacam-macam, perasaan penuh, mual, pusing, hingga muntah, di tingkat yang agak parah mungkin bisa terjadi luka atau iritasi pada lambung. Aku sendiri pernah mengalaminya , bahkan untuk memastikan aku sempat melakukan endoskopi lambung, apakah ada luka, atau terdapat bakteri helycobacter pylory. Jika terdapat bakteri itu artinya kita butuh obat antibiotic untuk membunuh bakteri , jadi penanganan lebih tepat.

Penyebab sakit maag.

Penyebab sakit maag atau naiknya asam lambung disebabkan banyak faktor. Pola makan yang tidak teratur merupakan penyebab banyak orang mengalami gangguan lambung, juga terbiasa mengkonsumsi makanan yang tidak sehat atau makanan yang dapat memicu asam lambung, seperti pedas, asam, kopi, menyantap makanan yang terlalu panas, juga obat-obatan yang dapat melukai lambung seperti beberapa jenis obat pereda sakit. Istirahat yang tidak cukup sering begadang  juga kelelahan dapat membuat produksi asam lambung meningkat . Selain itu Pola pikir / mental yang tidak sehat juga dapat memicu produksi asam lambung berlebih. Mental tidak sehat ini bukan dimaksud “gila” namun perasaan stress, tertekan, gangguan kecemasan, perasaan panik dapat memicu asam lambung naik, sehingga menimbulan perasaan tidak enak diperut, seperti gangguan maag pada umumnya. Perlu diketahui salah satu penyebab orang sulit sembuh  adalah faktor yang terakhir ini. Awalnya mungkin karena faktor pola makan, tapi karena perasaan cemas membuat sakit terasa makin parah, akhirnya menjadi sulit sembuh.

Sakit Maag dan Gangguan Kecemasan (Anxiety)

Masa penyembuhan setiap  orang ternyata berbeda-beda, bukan hanya  karena faktor obat semata tetapi juga berkaitan dengan psikologis seseorang. Orang yang memiliki karakter ceria, optimis ternyata lebih cepat sembuh dibanding orang yang memiliki karakter tertutup, pendiam, baperan, sensitife, gampang cemas, dan pesimis. Karena orang yang optimis biasanya selalu berpikir positif sedangkan yang tipe pesimis sulit sembuh, perasaan cemas dan kekhawatiran tentang penyakit yang berlebihan justru akan membuat asam lambung makin banyak, dan tentu saja masa penyembuhan akan semakin lama. Kadang kala sakit asam lambung bermula dari pikiran, rasa cemas, stress dll. Keadaan seperti ini juga sering disebut dengan istilah gangguan psikosomatis dimana penyakit  fisik diperparah oleh faktor kejiwaan seseorang, faktor mental seperti cemas dan rasa tertekan. Jujur saja aku dulu tergolong tipe pesimis , cemas dengan penyakit, sampai-sampai gejala yang ditimbulkan pun terasa aneh. Hingga butuh waktu cukup lama untuk merasa bahwa “aku sehat” aku baik-baik saja, penyakit ini penyakit biasa dan nggak parah. Karena waktu sakit pikiran macem-macem, takut parah, takut dicerai suami, takut dipecat dari kantor karena bolak-balik gak masuk kerja. Aku sempat diresepkan obat tidur, karena mengeluh tidak bisa tidur.

Gejala sakit maag biasanya tidak jauh-jauh dari pencernaan seperti rasa mual, kembung, muntah, nafas terasa pendek. Tapi jika merasakan ada gejala lain, seperti perasaan ingin mati,  kesemutan, sulit tidur, mimpi buruk , diare terus menerus , jantung berdebar, bisa jadi itu merupakan dampak gangguan kecemasan  yang berlebihan (anxiety). Padahal gejala yang timbul tidak begitu parah, kecuali jika sampai muntah hitam karena pendarahan lambung, tapi itu tetap ada obatnya kok, jadi sebaiknya jangan cemas berlebihan karena akan memperparah keadaan. Jalani pengobatan dengan perasaan optimis dan bahagia. Rasa cemas berlebihan (anxiety) akan membuat  asam lambung diproduksi semakin banyak, lama kelamaan justru dapat melukai lambung.
Asam lambung yang terlalu tinggi dan naik kekerongkongan (esofagus) bisa memicu  sistem saraf vagus dikerongkongan, yang membuat kita tidak nyaman pada organ jantung, sehingga menimbulkan rasa cemas dan  jantung terasa berdebar-debar seperti sakit jantung, padahal bukan. Cemas dapat menaikkan asam lambung, asam lambung menimbulkan perasaan cemas, bagai sebuah lingkaran setan yang tidak putus, makanya sakit maag dirasa tak kunjung sembuh. Makanya ketika berobat kedokter, dokter selalu bilang jangan banyak pikiran, jangan stress ya, dibawa happy. Karena  dokter tahu untuk sembuh gak cuma butuh obat tapi juga butuh semangat dan pola pikir yang positif, gak heran sebagian orang merasa sembuh ketika berobat ke psikiater.


Bagaimana agar sakit maag sembuh?

Untuk sembuh tentu saja kita berobat ke dokter,  konsumsi obat sesuai petunjuk dokter, kenali obat yang diberikan, ada tipe penetralisir asam lambung seperti yang bebas dijual dipasaran biasanya mengandung antasida , ada untuk mengurangi produksi  asam lambung , dan ada yang berfungsi melapisi lambung. Pola makan wajib dijaga, biasanya dianjurkan untuk tidak makan sekali banyak tetapi sedikit tapi sering, dan pastikan makanan tidak memperparah keadaan. Diluar obat dan makanan pikiran juga harus install ulang, dalam artian pikirkan yang baik-baik dan positif. Klau ada yang bilang orang sakit maag itu kudu dibawa happy dan harus banyak bahagia itu menurutku benar adanya, tapi bahagialah dengan cara sederhana. Jika ekspektasi bahagia terlalu tinggi  dan gak kesampaian, akan berujung stress, terus balik sakit lagi deh.


Untuk yang yakin dengan pengobatan alternatif dan herbal dipersilahkan saja. Asal dilakukan dengan bahagia, tidak dalam tekanan. Misalkan ada yang menganjurkan minum air kunyit, tapi jika terpaksa dan tertekan merasa tidak yakin, atau ada perasaan cemas , takut tambah parah , mending gak usah nanti asam lambung malah naik lagi. Padahal orang lain minum kunyit gejala penyakit hilang, eh kok kita tambah parah? Nah, balik lagi ke pola pikir.

Jika sakit maag kambuh?

Menurutku sakit maag kambuh itu wajar saja. Namanya manusia tak lepas dari lupa. Kadang salah makan, atau keenakkan makan , membuat maag kambuh, asam lambung naik, mual, muntah. Tetapi kita harus tetap optimis , dibawa bahagia dan semangat. Jangan sampai pesimis, memupuk perasaan cemas lalu muncul perasaan takut ini itu. Ingat perasaan cemas membuat naik asam lambung, asam lambung melimpah menimbulkan perasaan  cemas , ini akan terus berputar-putar disitu saja, jangan mau dipermainkan asam lambung ☺.


Apakah ada teman-teman yang merasakan sakit maag, namun sulit sembuh? Sudah berbulan-bulan bahkan tahunan?  Mungkin ada perasaan cemas yang mengganggu seperti yang aku alami dulu. Coba konsultasikan lagi kedokter dan lakukan selfhealing dengan berpikiran positif dengan penyakit yang dialami.


____

images : by Canva

25 komentar

  1. Alhamdulillah saya gak maag tapi hampir kena gejalanya, memang ketika pola makan gak teratur sangat memengaruhi kesehatan yah mba khususnya maag, saya punya teman kena penyakit ini dan sudah akut kasian jg kalau maagnya kambuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terkadang waktu makan teratur...eh kebanyakan makan juga gak boleh...
      .duh ...punya lambung sensitif nih aku.

      Hapus
  2. Saya sakit maag dari SMA. Pas kuliah makin parah, maklum anak kos yang makannya nggak teratur. Bahkan sampai masuk rumah sakit juga. Kalau maag sudah kambuh duh rasanya benar-benar nggak enak. Tapi sejak menikah dan punya anak Puji Tuhan maag berangsur membaik dan hampir nggak pernah kambuh. Makan teratur dan menjaga pikiran, itu obat yang paling mujarab menurut saya hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga kena pas SMA, pasti beda tahun ya...hahahaha

      Gara2 makan panas n pedas ..

      Hapus
  3. SAya punya maag juga, tapi bener kalau sayanya sering cemas tuh suka tiba - tiba kambuh maag nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang malah mules dan diare..udah gak mau makan diare pula ..

      Hapus
  4. Ooo maag berhubungan sama kegelisahan ya? Untungnya saya ga punya maag. Memang menderita banget ya yg sakit maag itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat..ini hidup bahagia banget artinya.. 😁, punya maag serba salah..makan dikit susah..makan banyak kadang kambuh..

      Hapus
  5. Aku termasuk yang punya gangguan Maag dan asam lambung, Maag alhmdulillah sdh jarang kambuh, kalau asam lambung terakhir kambuh 3 bulan lalu pas haid hari pertama smpai muntah2 duuhh.
    Harus berpikiran positif sm dijaga pola makannya, agar maagnya gak sering kambuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo muntah..tapi masih ada selera makan ...masih bersyukur, tapi kalo udah gak ada nafsu makan... Itu rasanya menderita

      Hapus
  6. Saya baru kambuh sakit maagnya bulan Des kemarin. Padahal sudah lama gak kambuh, bulan kemarin saya sampai ngedrop, muntah-muntah terus, diare dan sakit perut yg luar biasa. Saya ke dokter untuk periksa, setelah minum obat 3 hari dan istirahat, Alhamdulillah membik perutnya.


    Namun, makin ke sini saya rasa, jantung suka berdebar-debar, susah tidur dan kepala sering sakit. Nampaknya saya stress juga nih karena memikirkan sesuatu

    Terima kasih sharingnya, Mba Novi. Kali ini saya akan coba lebih optimis lagi. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah ..3 hari membaik.

      Kadang ..sebenarnya gak ada yg dipikirkan.., tapi asam lambung bikin kita seperti cemas ..seperti ada masalah berat padahal gak ada .

      Semoga kita selalu sehat...dan semangat .

      Hapus
  7. Saya ada riwayat maag mba, dan kalo lambung lagi bermasalah duh.. suka sedih, aktifitas terganggu.. karena lambung bermasalah bisa ke kepala juga.. kepala sakit dan aktifitas jadi terganggu. Biasnya aku rutin makan, walupun sedikit tapi jangan tepat, ngga makan pedas atau asam dan penting juga ngga cemas.. ini paling penting supaya lambung cepat pulih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar n semangat..., Insha Allah sembuh.

      Makan sedikit tapi sering itu membantu menyamankan lambung...dan sembuh..

      Hapus
  8. Wah aku baru tau nih kalau ternyata kalau kecemasan dapat menimbulkan maagh. Alhamdulillah aku tidak memiliki maagh tapi ini bisa jadi referensi dan juga pengingat nih agar kita selalu menjaga kesehata.

    BalasHapus
  9. Benar ya kalau kata ahli ikalau berkaitan dengan kecemasan andbthe gank pasti kaitannya sama pencernaan ya

    BalasHapus
  10. Bener banget. Sakit lambung sangat dipengaruhi pikiran stres. Aku dulu sering banget kambuh kalo pikiran lagi mumet. Sekarang saat udah tahu, ada apa pun yang bakal bikin stres dibuat enjoy aja. Soalnya efeknya dobel. Ya ke mag, ya ke pikiran. Sehat-sehat selalu semuanya.

    BalasHapus
  11. Aku tuh seperti yang mbak ceritakan. Kalau pikiran sumpek, bisa ngefek ke perut, jadilah kena maag. Karena masih kepikiran, enggak sembuh-sembuh deh.

    BalasHapus
  12. bahagialah dengan cara yang sederhana. malah nancep pesen yang ini mbak nov :)

    BalasHapus
  13. Bener mba, kalau pas lagi cemas atau was-was berlebih, asam lambungku juga naik. Perut rasanya jadi ga enaaakk banget.

    BalasHapus
  14. Saat ini ibuku sedang mengalaminya mbak,asam lambung tinggi dibawa ke dokter penyebabnya psikosomatis karena ibu terlalu cemas makanya efeknya kemana-mana ya.

    BalasHapus
  15. Saya ini dan kuakui benar ada hubungan kecemasan sama maag
    Kalau saya terlalu cemas pasti ada tanda maag akan kambuh.

    BalasHapus
  16. Punya penyakit maag itu ternyata berbahaya juga ya. Harus menjaga pola makan, dan nggak boleh stress juga. Sebisa mungkin mengikuti anjuran dokter deh.

    BalasHapus
  17. Info ini sudah Saya tahu tapi tetap sering lupa.

    BalasHapus
  18. Mba,, punya no wa atau fb untuk sharing. Atau email? Kebetulan ig masih saya hapus sementara

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.