5 Hal Pemicu Naiknya Asam Lambung


Bagi yang mengalami gangguan lambung terutama bagi yang terkena asam lambung, pasti tahu benar begitu tidak nyamannya dengan penyakit ini, memangnya ada penyakit yang nyaman ?! lol. Mulai rasa begah, mual , sendawa, pusing, lemas, berasa semua penyakit datang dalam satu waktu.
Bagi yang terkena asam lambung susah untuk sembuh total, seperti penyakit yang lainya yaitu pencegahan atau meninggalkan segala bentuk yang dapat meningkatnya asam lambung.
berikut 5 hal yang dapatmeningkatkan asam lambung.
1) Pola  Mengatur Waktu Makan Yang Salah
Normalnya bagi yang tidak mengidap penyakit lambung, waktu makan sekitar 4-5 jam sekali. Misalnya  sarapan jam tujuh pagi maka waktu makan siang adalah sekitar jam 12 siang. Bagi penderita maag, pola ini tidak diberlakukan.  Karena menjelang jam makan siang dipastikan perut akan terasa perih, mual, pusing dan tak jarang hingga keluar keringat dingin. Sebaiknya  bagi penderita maag menerapkan pola makan sedikit tapi sering. Jadi setiap 1-2 jam sekali dianjurkan untuk makan dengan porsi sedikit, tak harus nasi atau makanan berat, cukup beberapa keping biskuit dan air putih saja.  Tidak dianjurkan juga memakan makanan banyak sekaligus, karena malas ngemil, ya sudah makan nasi langsung 2 piring, ini justru akan membuat produksi asam lambung meningkat, hingga membuat perut semakin tidak enak.
2) Memakan/Meminum makanan yang dapat memicu  produksi asam lambung. Bagi penderita maag wajib sadar diri dan menahan diri untuk  tidak mengkonsumsi makanan yang dapat memperburuk penyakit. Minuman yang dapat memicu asam lambung seperti alkohol, kopi, minuman bersoda, minuman ringan yang memiliki kandungan asam. Jenis sayuran yang dikurangi seperti kubis, kol, nangka/gori, daun singkong, brokoli. Untuk buah biasanya Jeruk, Durian, Manggis, jus tomat, dan buah –buahan yang asam sebaiknya tidak dimakan saat perut kosong,. Makanan yang bercitarasa pedas dan asam sebaiknya juga dihindari. Ada juga beberapa yang sensitif  dengan sajian berbahan  ketan. Tapi yang paling tahu adalah kita sendiri, mana makanan yang menjadi pencetus  kambuhnya penyakit sebaiknya dihindari.
Pixabay.com

3) Stress, Cemas dan Sedih
.  Stress dan perasaan cemas berlebihan dapat memicu meningkatnya asam lambung. Gangguan lambung yang ditimbulkan oleh rasa cemas dan stress, biasanya disebut dengan gangguan lambung fungsional karena tak terdapat ada luka, atau radang. Orang  bilang penyakit psikosomatis, dimana perasaan sakit yang dipengaruhi oleh keadaan psikis. Biasanya hal ini banyak diidap oleh orang-orang introvert yang suka memendam perasaan sedih sendiri dan sensitive. Sebaiknya lebih rileks menghadapi masalah yang ada, lebih terbuka, dan jangan terlalu memikirkan masalah yang sebenarnya tidak terlalu berat. Kata orang dibawa happy dan bahagia saja. Jangan membuat drama tentang masalah, atau membayangkan yang buruk, misalnya lagi ada masalah dengan suami, habis bertengkar, lalu berpikiran macam-macam jangan-jangan suami selingkuh, aduh kayaknya dia gak sayang aku lagi, kok dia  belum pulang ya? jangan-jangan punya simpanan ( semoga aja duit ,lol). Selama tak ada bukti mending diabaikan, toh kita kan tahu sifat suami kita bagaimana, jangan mengada-ada, alias drama quin tapi cuma dipikiran. Ini sebenarnya bahas apa sih? 😁
4) Kelelahan. Rasa lelah juga dapat memicu kambuhnya maag, mungkin juga ditambah adanya perasaan cemas dan stress. Jika tubuh terasa lelah sebaiknya cari waktu untuk beristirahat. Kurang istirahat dan dikejar target kerja,  biasanya gak akan jauh-jauh dari rasa stress, cemas. Fisik dan psikis tak dapat dipisahkan, jika tubuh lelah psikis juga jadi  ikutan down.
Pixaby.com

5)Begadang.  Begadang jangan begadang…begadang boleh saja jika ada perlu, itu lirik lagunya bang haji. walau cuma lagu klasik baiknya manut juga, hahaha. Begadang sesekali boleh, tapi jika terus-terusan gak cuma sakit lambung , bahkan bisa terserang penyakit jantung karena kelelahan atau lainnya. Kenapa begadang bisa membuat penyakit maag kambuh? ya, bisa jadi faktor kelelahan atau karena nangis melulu karena abis diputusin #eh abaikan. Saat begadang biasanya pasti ditemani makanan, minum kopi , lelah, capek sudah pasti. Jam-jam tersebut sebenarnya merupakan jam istirahat tubuh termasuk lambung  jadi jika makan tengah malam, artinya membuat lambung ikutan lembur.

Balik lagi seperti yang aku bilang sebelumnya. Bahwa yang paling tahu tubuh kita dan sinyal-sinyal penyakit yang terasa ditubuh kita adalah kita sendiri. Jadi kalau ada makanan yang membuat asam lambung naik lebih baik dihindari, jika sudah tersa lelah, tiba-tiba berasa lambung panas, mual keringat dingin langsung istirahat . Jika tiba-tiba sedih melanda, stress karena stalking akunt mantan  dan mual liat pasangan barunya, mending tutup gadget.  ğŸ˜‚

--

32 comments

  1. Aku sampai sebulan mba di rumah sakit gara2 maag akut. Bener2 harus dijaga pola makan ya mba. Aku smpe skrg masih nakal aja, makan apa aja Ayuk. Tapi semenjak berhenti kerja ga pernah manggung akut lagi Alhamdulillah...

    ReplyDelete
  2. Saya coffeeholic, dan punya penyakit maag. Anehnya, kalau pagi walau perut kosong terus langsung ngopi, asam lambung nggak naik. Tapi kalau siang atau malam, ketika mau ngopi harus makan dulu, karena bisa maag kalau nggak. Mengapa begitu, ya? Karena kebiasaan kah? =D

    ReplyDelete
  3. Naiknya asam lambung merupakan salah satu penyakit menjengkelkann..
    Karrna gak teratur makan aku salah satu yag kena huhu
    Nggak enak bangetgg

    ReplyDelete
  4. Itu kalimat terakhir itu heheee...

    Pasti deh bikin mual walau sebenarnya kondisi lambung sehat wal afiat, disarankan untuk tidak mengintip atau stalking akun sejenis itu 😆

    ReplyDelete
  5. aku kayanya kemarin salah minum. biasanya es kuwut gitu nggak asem banget, tapi kemarin asemnya bikin perut mules. sampe skrg masih perih mba :(

    ReplyDelete
  6. Ini aku lagi kumat asam lambungnya hiks..
    Tahun kemaren pernah parah banget sampe ga produktif, hanya terbaring sakit semua badan gara2 maag.

    Intinya karena stress melanda, kalo kopi mah ga terlalu ngefek asalkan pinter2 milih jenis kopinya.
    Hahahaa...emak bandel, ini lagi ngopi juga..

    ReplyDelete
  7. Ya Allah mba Nov, asam lambung ga enak banget.
    Kemarin aku 2 mingguan baru sembuh karena ini.
    Semoga kita semua diberikan kesehatan aamiin.

    ReplyDelete
  8. Duh, pernah ngerasain ini, kesel banget. Serba salah kaya Raisa. Makanya pola makan mesti banget dijaga, ya.

    ReplyDelete
  9. Aku pernah sampe stengah pingsan pas asam lambungny naik, abis jogging, belum sarapan dan aku beli thai tea dingin. Beuh keringat dingin,mual,pusing, udah deh duduk dlu di pinggir jlan,untungny oas cfd jdi gak ara kendaraan lewat,untungnya masih bisa nerusin pulang, tp dtengah jlan mata udh berkunang2 dan duduk lagi dpinggir jalan. Ah sedih pokoknya kalo inget. Bner mba setuju yg tau pemicu asam lambung naik ya kita sendiri, jadi hrus bner2 jga pola makan sm tidur.

    ReplyDelete
  10. Aku pun salah satu yg punya masalah lambung. Nggak bisa minum kopi nescafe, indocafe. Bisa mual pusing lemez kembung

    ReplyDelete
  11. Saya tuh biasanya xiixixix
    Apalagi kalau sedang kepikiran sesuai yang membuat stress

    ReplyDelete
  12. Saya sering merasakan tidak nyamannya, ketika asam lambung naik. Mau melakukan aktivitas apapun jadi terganggu kalau asam lambung sudah naik. Gara-garanya saya sering telat makan dan senang mengonsumsi makanan pedas.
    Jadi, sekarang lebih membatasi mengosumsi makanan pedas, dan menjaga pola makan.

    ReplyDelete
  13. klo aku, waktu makan yg kurang teratur. Apalagi paz ada kerjaan atau kerjaan gak selesai selesai

    ReplyDelete
  14. Naiknya produksi asam lambung sering bgt memicu mual yang menyebalkan, meskipun tidak ada memiliki riwayat maag, tapi ketika ssam lambung naik, maka perut akan mual juga..

    Seperti yang pernah aku alami kemarin tanggal 30des, mungkin efek kelelahan akibat kerja yang lagi dikejar target produksi, membuat produksi asam lambung melonjak drastis. Bangun tidur perut langsung mual-mual, pikirnya masuk angin, aku minum. Tolak angin, eh malah muntah-muntah, kepala jadi pusing...

    Pas malam. Tahun baru, kesehatan badan drop, sampai tak bisa kemana2, badan demam, pusing, mual muntah, pas dicek ke dokter tanggal satunya, eh trnyta kena vertigo..

    Efek kelelahan kerja ternyata bisa merembet kemana-mana, awalnya hanya produksi asam lambung yang n melonjak drastis, mual, pusing, vertigo..

    ReplyDelete
  15. Saya banget ini
    Udah menghindari makanan pemicu apalagi kol, nangka dan kopi.
    Begadang jg sdh sy hindari.kdg
    Cuma stress krn pekerjaan dan kdg urusan kluarga

    ReplyDelete
  16. Bener banget nih 5 pemicunya ini. Aku sendiri paling nggak bisa makan nggak 3 kali sehari, nggak perlu banyak asal ada. Yang heran, ada saudaraku yang tahu kalau ga makan dia langsung maag tapi malas makan teratur.

    ReplyDelete
  17. Dulu waktu kecil pernah kena asam lambung kronis terus ama dokter disuntik disekitaran lambung. Sampai sekarang ngga pernah kambuh lagi walaupun telat makan segala macem. Mantep abis sih dah dokternya

    ReplyDelete
  18. Kasian juga ya, kalau menderita penyakit maag. Semua gak bisa makan banyak, gak bisa balas dendam dan bahkan porsi makan mesti di korupsi dri sehrusnya.
    😢

    ReplyDelete
  19. Kasian juga ya, kalau menderita penyakit maag. Semua gak bisa makan banyak, gak bisa balas dendam dan bahkan porsi makan mesti di korupsi dri sehrusnya.
    😢

    ReplyDelete
  20. Mesti ati-ati banget ya Mbak menjaga biar asam lambung gak naik. Karena kalau udah kambuh, duh... sakit banget kayaknya. Saya cuma liat orang2 yg sakit kayak gitu aja udah hemmm... kabayang sakitnya :(

    ReplyDelete
  21. suamiku tuh mba asam lambungnya bikin ketar ketir..makanya sekarang dia stop banget kopi. cuman kan kalo stress pekerjaan sering jadi asam lambungnya kumat melulu

    ReplyDelete
  22. "Jika tiba-tiba sedih melanda, stress karena stalking akunt mantan dan mual liat pasangan barunya, mending tutup gadget"

    Ini apa : -)))

    Asam lambungku juga gak bagus, selain stress dan sedih (yang emang aku gak punya pengalaman #benerinponi) 4 sisanya itu rutinitas sih.

    Ngopi, begadang, makan gak teratur, sampe capek. itu mah temen akuh :'(

    Dokter udah wanti-wanti buat ngurangin kopi, yang bisa kulakukan saat ini, hanya mengurangi kopi hitam saja :-D

    ReplyDelete
  23. Aku dulu mual dan pengen muntah kalo pagi. Rasanya laper banget, tp campur aduk. Sampe2 pagi2 nyemil biskuit krn nyari nadi jg blm mateng. Emang kita yg paling tau tubuh ini. Tetep jaga kesehatan

    ReplyDelete
  24. Kemarin saya juga ngalamin asam lambung naik, mba..
    Dan aku ga mau dibelikan obat warung, mintanya dibawa ke dokter.

    Dan apa kata dokter?
    "Ibu sedang banyak pikiran yaa..?"


    KZL.
    Pulang-pulang ga diresepin apa-apa.

    ReplyDelete
  25. aku adalah tipe orang yang gampang banget asam lambungnya naik. Malah dulu sampe dinding lambungnya terkikis :") Jaga pola makan sama kesehatan mental tuh emang penting banget deh.

    ReplyDelete
  26. huaa semuanya kualami. mulai dari nggak teratur makan, minum kopi, stres, begadang, ulala. kayaknya langsung minum antasid nih buat pencegahan=(

    ReplyDelete
  27. Point nomer satu bener banget itu pola makan yang salah membuat asam lambung naik sehingga perut kita jadih merasa perih dan sakit

    ReplyDelete
  28. Kalimat terakhir tentang mantan bikin baper hahaha. Well ... Yang bisa tahu dan memahami saat tubuh memberi sinyal adanya gangguan kesehatan, ya memang kita sendiri ya mbak. So, pola hidup sehat harus tetap terjaga

    ReplyDelete
  29. Stress dan cemas memang memicu penyakit ya mbak.. semoga kita sehat-sehat selalu ya mbak...

    ReplyDelete
  30. Aku sering nih ngerasain asam lambung naik. Thanks for sharing mbak.

    ReplyDelete
  31. Mesti menghindari lima hal pemicunya walau susah. Terutama stres.

    ReplyDelete
  32. Saya salah satu yg kena asam lambung.. Gegara sering telat makan.. Krn gak napsu makan.. Perut sering terasa begah gak nyaman banget..

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.