Cara Menggunakan Sleeping Bag yang Benar

Bagi pecinta kegiatan wisata alam seperti camping atau naik gunung, pasti paham betapa pentingnya menyiapkan semua kelengkapan sebelum berangkat. Selain info keadaan alam yang mendukung juga berbagai peralatan yang wajib dibawa, seperti tali, tenda untuk menginap , senter , dll. Salah satu penyelamat di cuaca gunung yang dingin adalah sleeping bag , sebagai pencegah agar tak terjadi hypothermia.
Sleeping bag  menjadi alat yang berguna untuk menghangatkan badan ketika tidur dan ini sangat dibutuhkan oleh para pendaki gunung.
Sleeping bag merupakan kantung tidur yang banyak digunakan dalam aktivitas outdoor. Termasuk untuk kegiatan olahraga seperti hiking yang menuntut berkemah atau tidur di alam terbuka saat malam hari. Kantung tidur ini bermacam-macam jenisnya. Harganya pun ada yang mahal dan murah, tergantung kualitas. Semakin bagus kualitasnya, semakin mahal pula harganya. Setidaknya, terdapat 5 jenis kantung tidur yang dengan mudah bisa ditemukan di pasaran. Jenis polar, dakron, dakron+polar, bulu angsa, dan indoor. Jenis polar memiliki dua lapisan, luar dan dalam. Biasanya, lapisan luar tersebut berbahan parasut. Selain mudah dibawa, kantung tidur ini cepat hangat saat dipakai. Namun, mudah ditembus juga oleh hawa dingin. Hanya saja bagi yang pertama kali melakukan pendakian mungkin kurang tahu bagaimana cara menggunakannnya..
Cara Memakai Sleeping Bag
Para pendaki perlu mengetahui hal-hal penting apa saja dalam memilih kantung tidur, agar nyaman ketika menggunakannya. Selain dari bahan dan jenis, tingkat kenyamanan kantung tidur ini juga bisa tergantung dari pemakainya. Ada beberapa orang yang salah dalam memakai kantung tidur dan hal tersebut jarang disadari.
Misalnya memakai jaket waterproof ketika menggunakan sleeping bag. Hal ini akan menghambat proses insulasi ketika memakai kantung tidur, ini menyebabkan proses penghangatan akan terganggu.
Biasanya di suhu yang rendah, kantung tidur akan terasa dingin ketika digunakan. Hal ini bisa diatasi dengan cara berikut :
  1. Memasukan botol berisi air panas ke dalam kantung tidur, sebelum menggunakannya. Cara ini akan membuat kantung tidur menjadi kembali hangat dengan perpindahan panas dari botol berisi air hangat ke dalam kantung tidur.
  2. Melakukan beberapa gerakan ketika menggunakan kantung tidur juga bisa membuat suhu di dalamnya menjadi hangat. Misalnya ketika melakukan gerakan sit up ketika menggunakan kantung tidur. Ini karena adanya perpindahan panas dari tubuh ke ruang kantung ketika memakainya.


Perlu diketahui juga walaupun sudah memakai kantung tidur ketika tidur di tenda, namun bisa jadi Anda masih merasa kedinginan. Nah, bagaimana cara tepat untuk mengatasi rasa dingin dan cara menggunakan kantung tidur? Ini dia informasinya:
Alas tidur (matras)
Tanah yang dingin bisa dengan mudah menyedot panas tubuh, walaupun kantung tidur yang digunakan sudah memiliki kualitas baik. Maka dari itu, perlu untuk menggunakan alas tidur atau matras yang baik untuk isolator panas tubuh ketika tidur.

Kondisi angin
Cuaca angin juga bisa berpengaruh pada suhu badan. Ketika cuaca berangin, terkadang suhu 4 derajat celcius juga akan terasa seperti nol derajat. Maka dari itu kurangi efek dari paparan angin dengan tidur di dalam tenda atau berlindung di balik batu besar.

Kondisi pakaian
Pakaian yang dikenakan pada tubuh juga bisa menjadi penyebab merasakan dingin ketika menggunakan kantung tidur. Perhatikan ketika tidur, pakaian yang dikenakan harus dalam keadaan kering. Ini untuk menambah daya isolasi dari panas tubuh. Gunakan pakaian tambahan pada bagian kaki, misalnya mengenakan kaos kaki.

Menjaga kondisi kantung tidur tetap kering
Jaga terus kondisi sleeping bag tetap dalam keadaan kering dan terhindar dari angin gunung atau embun, lebih baik taruh kantung tidur ini di dalam tenda yang tertutup.

Mengenakan kupluk dan kaos kaki
Bagian tubuh seperti kaki, telapak tangan, dan kepala sangat sering merasa kedinginan. Apalagi bagian kepala yang sering kedinginan karena dengan mudah membuang panas tubuh di bagian tubuh lain. Maka dari itu, tidak salah jika Anda mengenakan kupluk untuk menahan panas tubuh pada bagian kepala.
Itu dia informasi mengenai cara memakai sleeping bag dan cara mengatasi kedinginan ketika tidur menggunakan kantung tidur. Semoga bermanfaat bagi Anda yang hobi mendaki gunung.
Nah, jika Anda ingin menambah koleksi sleeping bag bisa membelinya di Bukalapak. Marketplace ini menyediakan banyak jenis dan model kantung tidur yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan selera.
Selain kantung tidur, Anda juga bisa melengkapi perlengkapan mendaki yang lainnya, agar tak terkendala dalam pendakian. Perjalanan mendaki akan lebih menyenangkan tentunya. Berbelanja di Bukalapak selain barangnya lengkap, transaksi juga dijamin aman. Jadi,  tidak perlu takut tertipu dengan penipuan yang biasa terjadi ketika belanja online. Belanja menjadi lebih aman dan cepat melalui Bukalapak.

26 comments

  1. Nah akhirnya dapet ilmu baru, biasanya pas digunung masih tetep kedinginan meskipun sudah pakai sleeping bag

    ReplyDelete
  2. yes setuju mba, beberapa point di atas udah pernah coba dan mmg pengaruh di kemampuan sleeping bag, saya yang belum pernah masukin air panas heheheh..soalnya kan biasanya di gunung air panas mending buat minum aja saya, gak kepikiran masukin di SB, lain kali bisa di coba.

    terimakasih share artikelnya mba membuat saya jadi kepikiran dimana SB saya, lupa naronya :((

    ReplyDelete
  3. Jujur saya belum pernah menggunakan sleeping bag..baru tahu ternyata ada teknik dan anjuran bagus ya untuk menggunakan ini..jadi makin penasaran bisa mencobanya..

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat saat 2 tahun yang lalu, kali pertama kami mengkuti kemah ceriha, saat itu kami menyewa semua peralatan berkemah, mulai dari tenda hingga sleeping bag, karena baru pertama pakai, jadi masih bingung dan ternyata masih dingin juga hehe.. pas baca tulisan ini baru sadar bahwa kami melakukan kesalahan.. well note buat informasinya ya ka

    ReplyDelete
  5. aku punya sleeping bag juga, baru kepake sekali aja sampai sekarang belum kepake lagi karena keburu pindah ke tangerang nih.. jadi kangen naik gunung deh

    ReplyDelete
  6. Jujur saya ga oernah pakai sleeping bag kayaknya sy ga oernag kemping heu...kalau anak2 sih suka krn semuanya kan pramuka...

    ReplyDelete
  7. Buka lapak memang paling lengkap banget deh segala keperluan apapun ada disana Dan harganya murah banget

    ReplyDelete
  8. Bukan berarti nggak prepare barang lainnya ya pun udah bersleeping bag, printilan juga harus disiapkan ya biar nyaman aman deh

    ReplyDelete
  9. Wah..makasih tipsnya mba aku baru tau loh, next kalo mau camping udah tau cara pakai sleeping bag yang benar

    ReplyDelete
  10. Tiap lihat sleeping bag selalu ingat sama bedongan bayi 😅 seumur umur belum pernah kemah naik gunung jadi belum pernah ngerasain pakai sleeping bag, makasih tipsnya mbaa

    ReplyDelete
  11. Aku punya dua sleeping bag. Satunya buat traveling tempat yang ngga dingin satunya kalau pergi ke tempat yang dingin.
    Penting banget sih punya sleeping bag kalau suka travelling

    ReplyDelete
  12. Wah ternyata ada caranya yah buat memakai kantong tidur secara benar, aku pikir dengan memakai kantung tidur saja didalam tenda sudah merasa hangat. Hhmm...makasih infonya ya mba.

    ReplyDelete
  13. Waaah tips yang menarik nih, saya baru tahu klo memasukan botol berisi air panas ke dalam kantung tidur sebelum menggunakannya bisa untuk solusi mengusir dingin juga. Boleh dicoba juga nih tipsnya kapan-kapan. Kl. Akasih sharingnya Mba Nova :)

    ReplyDelete
  14. iyesss... sleping bag ini jadi barang wajib banget ya mba dibawa kalau mau ke gunung atau kalau ada perjalanan yang lumayan lama. kita kan tidak tahu di perjalanan akan seperti apa nantinya...jadi bisa istirahat di mana saja dengan nyaman.

    ReplyDelete
  15. waktu masih aktif di organisasi, aku lumayan sering ikut kegiatan outdoor.. dan beberapa kali mencoba tidur di sleeping bag inventaris.. emang beneran bikin anget ya..

    ReplyDelete
  16. Jadi inget jaman kuliah dulu...naik gunung tidur di sleeping bag. Skrg entah kemana itu lupa nyimpennya.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ngerasaim sensasi tidur pakai sleeping bag siy, tipsnya bermanfaat niy Mba, aku share ke temen2 yg seneng naik gunung dech!

    ReplyDelete
  18. Iya juga ya... Dulu pakai matras tanpa lepas jaket waterprof. Haduh kok lupa namanya...
    Sudah lama tdk tidur di alam begini. Pengen kenalin ke anak, belum sempat juga

    ReplyDelete
  19. Wah makasih mba infonya. Beberapa kali pake sleeping bag, ternyata ada cara yang lebih bener. Pantesan kadang masjh kedinginan. Haha.

    ReplyDelete
  20. jadi gitu cara memakai sleeping bag yang benar. terima kasih atas infonya

    ReplyDelete
  21. kapan-kapan kalau mau ke gunung lagi, coba tips di atas aja :D

    ReplyDelete
  22. lain kali coba ah, biar nggak kedinginan lagi kalau pas lagi ke gunung :D

    ReplyDelete
  23. terima kasih kak atas tips-tips yang diberikan, lain kali saya coba kalau pas ke gunung hehe

    ReplyDelete
  24. ternyata begitu cara pemakainnya, waah selama ini saya nggak sepeti tips di atas kalau memakai :( ya lain kali bisa dicoba lah :)

    ReplyDelete
  25. yeay.. terima kasih banyak mba Nova atas sharingnya. Beberapa kali saat wisata saya juga selalu bawa sleeping bag. Bakal dipraktekkin nih trik di atas*

    ReplyDelete
  26. Waa ilmu baru kak. Biasanya pake sleeping bag asal-asalan, ternyata ada triknya

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.