Sebuah catatan ketika anak memiliki idola



 [Parenting]Aneh rasanya jika kita melarang anak untuk  tidak ngefans sama artis, penyanyi, bintang fim atau orang hebat yang lainnya, toh kita sendiri juga punya penyanyi pavorit  atau sosok idola juga kan?.  Mengidolakan  orang terkenal, pintar, hebat dibidangnya itu dalah hal yang lumrah,  selain itu juga menumbuhkan semangat anak mengejar cita-cita seperti orang hebat yang iya kagumi.

Sebagai orang tua kita harus tahu kenapa sih, anak  begitu kagum dan menjadi fans dari sosok tersebut. Ini bukan mencampuri  urusan anak, tapi tentunya kita sebagai orang tua tetap harus mengarahkan anak. Misalnya ngefans sama penyanyi X itu alasannya apa: apakah suaranya bagus? orangnya ganteng/cantik? baju-bajunya/dadanan yang keren? atau sifatnya yang religious dan pergaulan yang nggak neko-neko. Dari alasan yang mereka kemukakan kita jadi bisa mengarahkan mereka apakah setuju ? jika tidak tentu kita bisa memberikan wejangan agar anak tak ngefans pada sosok yang iya idolakan itu.

Bukan berlebihan jika ini menjadi salah satu yang wajib  menjadi perhatian orang tua karena terlalu banyak kejadian-kejadian miris, dan tak mengenakkan terjadi akibat  mereka terlalu mengagungkan idolanya itu. Mungkin juga orang tua terlalu memberi kebebasan kepada anak mau mengidolakan siapa saja atau orang tua juga mendolakan orang yang sama. Arahkan anak untuk mengidolakan dari sisi prestasi dan pribadi yang baik dari seorang idola karena untuk pakaian luar itu gampang untuk ditiru tapi jika sebuah prestasi maka melecut semangat anak minimal bersemangat untuk meraih prestasi juga. Memang tidak mudah, karena perasaan suka dan mengidolakan seseorang itu juga dipengaruhi oleh teman-teman disekolah atau yang lainnya. Tak hanya sekolah tapi juga lingkungan bermainnya, tiba-tiba anak pulang bawa poster, ntah siapa ?rambut panjang, bertato, orang luar pula, jadi tarik nafas panjang , tepok jidat kucing, urut dada ayam :D  (biar ga terlalu serius)

Ketika anak mengidolakan sosok tokoh tertentu ada baiknya kita beri pemahaman akan hal berikut :

Sewajarnya.  Mengidolakan sosok itu cukup sewajarnya saja dan tidak jadi fans fanatik atau menggilai. Beli poster sang idola boleh, tapi bukan artinya harus mengoleksi foto yang berlebihan . Nonton konser sang idola  sesekali itu wajar, tapi bukan setiap konser dan harus  heboh nangis-nangis histeris, bahkan pingsan. Nangis  dan histeris itu bukanlah mengidolai secara sehat bisa saja keidolaan itu berubah jadi obsesi, yang menjurus kepada tindakan yang tak wajar. Tapi beda ya, jika yang diidolakan itu seperti penulis atau tokoh nasional, walaupu terlihat sangat-sangat mengidolakan tetap terlihat wajar, karena yang dikoleksi pasti buku-buku karangan sang tokoh idola.

Tak ada yang sempurna. Berikan pemahaman bahwa sosok yang diidolakan itu bukanlah manusia yang sempurna tanpa cela. Banyak yang terkaget-kaget, tak percaya bahkan membela ketika sang idola diberitakan  telah melakukan sesuatu yang buruk. Bagi yang  begitu fanatik mungkin akan membela apapun yang terjadi walaupun telah melanggar  sebuah norma hukum dan kebiasaan masyarakat. Lucunya terkadang banyak yang membela ketika belum ada kejelasan suatu masalah, padahal mungkin saja sang idola  benar-benar salah, semacam tak terima dengan keadaan  sebenarnya. Jika suatu kesalahan itu benar telah dilakukan, sudah sewajarnya  kita tidak suka pada sosok tersebut, justru jika terus dibela dan dikagumi  walau salah, bisa saja sang idola malah jumawa dan tak mau berubah tetap memberikan contoh jelek,  toh tak akan kehilangan fans. Tak ada yang sempurna bukan artinya harus menerima apa adanya sikap yang tak baik, tapi bagaimana berprilaku semestinya.

Jangan jadi haters. Judulnya saja sudah pembeci, apakah kita mau jadi pembeci? Benci dengan sosok  yang tidak pantas untuk digandrungi dan memberikan contoh yang tidak baik, itu harus. Tetapi jika benci buta itu bisa dibilang sakit jiwa.  Dimedia sosial  banyak bertebaran para haters, apakah termasuk didalamnya anak kita atu bahkan kita juga?. Haters ditandai dengan komentar-komentar yang bernada negatif. Komentar para haters   selalu bernuansa menyalahkan, semua tak ada yang benar, jika ada setatus baik maka disangkai buruk, jika status negatif komentar pun lebih nyelekit, hal seperti ini apa  bisa dibilang semacam penyakit jiwa? ntah lah.  Haters timbul bisa juga bersumber dari cinta buta , yang terlalu menggila , mengidolakan si X tapi benci buta  pada si Z . Jadi X ini akan terlihat selalu baik jika ada  koment miring dari fans Z, maka pengidola X beraksi dengan kata-kata pedas  dan makian, gak sehat banget secara mental. Apalagi banyak  para haters yang dilaporkan kepolisi.

Bagaimana menurut teman-teman apakah ada hal yang perlu ditambahkan..sharing yuk..jangan lupa share dan komentar saran ya… :D

#SelfReminder
#belajarjadibunda



PERLU, LAKUKAN HAL INI SAAT MARAH

Marah adalah hal yang manusiawi, dan marah itu perlu. Marah  yang dipendam atau ditahan  bisa menyebabkan tekanan  secara psikis. Marah yang diekspresikan secara tak beraturan juga dapat menimbulkan penyakit karena hormone tertentu meningkat yang kemudian masuk ke aliran darah sehingga memicu tekanan darah tinggi dan detak jantung yang tak beraturan.



TIADA HARI TANPA MUSIK

Hampir setiap orang menyenangi musik, baik sekedar mendengarkan  sebuah lagu kesayangan, menjadikan hobi bahkan menjadi sebuah profesi.  Musik itu sendiri banyak jenisnya ada rock, pop, reggae, dangdut dll, semua memiliki penggemar masing-masing. Musik  selalu identik dengan  keceriaan dan rasa happy walaupun sebenarnya tergantung lirik lagunya juga sih, karena banyak juga yang menyukai lagu-lagu melankolis seperti yang sering dinyanyikan pelantun lawas Betharia Sonatha dan Nia Daniati  yang bikin sedih karena terbawa perasaan, baper kata kita yang kekinian , ihirrrr ! :D.


Kalau zaman dulu itu (dulu kapan sih mba..??? ngomongnya lawas lah..dulu lah.. emang hidup zaman beheula banget apah?! hahahahh), iya pokoknya sebelum muncul namanya VCD,DVD,MP3 biasanya orang kudu beli kaset dulu kalau mau mendengarkan sebuah lagu, kalau nggak ya mendengarkan radio.

Biasanya kalo dikampung-kampung pagi-pagi sudah nyetel tape recorder memutar lagu kesayangannya dengan suara full kencang banget, sampai 3 RT  dengar semua , gak peduli apakah tetangga suka sama lagu yang sama. Anehnya terkadang tetangga sebelah melakukan hal yang sama nyetel lagu super kenceng dengan lagu yang beda, yang bingung tetangga yang tinggal di tengah-tengah mau dengerin yang mana??  akhirnya lempar batu sembunyai tangan :D keatas atap seng tetangga kiri kanan dan kemudian hening tiba-tiba, hahhahaah..

Kalau sekarang dengerin musik gak perlu ganggu tetangga tinggal pasang handsfree atau headset sudah deh..angguk-angguk sendiri dan goyang-goyang kaki, teman sebelah gak perlu lempar batu atau tepuk pundak karena sudah paham aja… hehhehhe. Cuma keselnya kalau dipanggil atau diajak ngomong gak pernah respon.

Setiap orang punya jadwal sendiri untuk meluangkan waktunya mendengarkan musik, maklum musik sudah menjadi semacam supplement untuk melepas penat , sengaja menyandarkan kepala dan menikmati ritme musik kesukaan sesaat dapat memulihkan semangat yang mulai loyo. Tapi ada juga yang bekerja sambil mendengarkan musik, katanya biar lebih semangat. Artinya tergantung orang nya ya..??? malah  ada yang membaca novel sambil baca buku, kalau aku malah gak bisa kosentrasi  bisa terpecah mana denger musik mana yang mau baca buku lagi, ada juga yang unik mendengarkan lagu untuk mencari kantuk, dengerin lagu sebentar sudah ngorok, enak bet.

Aku sendiri sih jarang dengerin lagu, tapi kalau lagi ngedraft dan blogging suka suntuk sendiri, akhirnya tergoda untuk mendengarkan bebera pabuah lagu. Tapi di laptop cuma ada lagu-lagu lama akhirnya aku pasang widget Melon di sidebar blog, asyik lagunya banyak bisa pilih-pilih karena tak hanya lagu Indonesia tapi dari luar juga, jenisnya juga banyak   termasuk lagu-lagu religi. Nah..buat teman-teman yang lagi BW kesini da pengen dengar kagu kesayangan tinggal klik lagu kesukaan , yah..semacam  jamuan untuk tamu blog biar betah di sini. Yah.. hari gini siapa sih yang gak suka dengerin musik atau lagu?? bohong aja kalau gak suka, pasti punya musik kegemaran sendirikan?

Nah..sobats suka meluangkan waktu juga gak sih..buat mendengarkan lagu atau music kesayangan, senangnya music apa sih??


ASURANSI DAN RAMAH TAMAH

Ini bukan bermaksud untuk berprasangka kepada orang yang baru dikenal  dengan keramahan yang mereka miliki, karena tak semua orang  beramah tamah itu ada maksudnya dan tak selamanya menyimpan maksud yang tidak baik. Ceritanya aku baru kenal nih, say hello..  tanya nama, tempat tinggal, pekerjaan suami dan anak. Sejauh itu aku tanggapi positif  dan kujawab dengan jujur. Sedikit berdecak dalam hati “ ah..asyik nih ramah nih orangnya”, secara aku itu orang nya agak pasif jadi kalau   ada  yang aktif ngajakin ngobrol ya senang-senang aja, gak pernah kepikiran  “ih..nih orang kepo banget sih”.


Nah.. sampailah decak kagum itu berbalik  180 derajat , ketika sebuah kalimat meluncur “ Ibu nova sudah masuk asuransi” ,he? (mikir panjang) oh apakah  keramahan yang ngobrol panjang  itu hanya untuk sebuah kalimat “ ibu sudah masuk  asuransi”.Stop!, Aku gak mau berpikiran negatif mungkin saja di beneran ramah dan aku nya yang baper. Kenapa yah, setiap  ada yang nawarin asuransi dipikirin negatif hahahaha, kita sudah curiga aja bawaannya apalagi yang dijelaskan  panjang banget, bosan untuk mendengarkannya.

Tidak munafik jika asuransi  itu penting terutama asuransi kesehatan, yang mana  sekarang ini banyak penyakit  dengan nama cantik bermunculan tapi mematikan. Yang tanpa kita sadari ujug-ujug sudah dinyatakan mengidap sebuah penyakit. Tidak ada salahnya sih kalau ada yang menawarkan kita untuk mengikuti  asuransi kesehatan, apalagi jika itu asuransi kesehatan yang bagus.

Tapi sebagai orang awam kita tidak paham dari segimana  sebuah asuransi  dikatakan bagus. Dan tak akan mengerti jika setiap ada yang menawarkan asuransi udah anti duluan, seperti yang saya alami. Sebenarnya bukan anti sih, tapi sudah malas saja duluan untuk  mendengarkan segala penjelasan apalagi  jika tak punya banyak waktu dan terburu-buru, dan belum ada minat untuk mengikuti program asuransi.

Untuk mengetahui asuransi kesehatan yang bagus, kita sebagai calon nasabah memang dituntut untuk banyak menggali informasi dan  teliti. Setiap asuransi itu ada plus minusnya untuk itu kita harus tahu secara detail bagaimana system yang dijalankan dan yang paling penting harus sesuai dengan kebutuhan dan anggaran yang kita miliki.

Rasanya kita tak punya cukup waktu untuk satu persatu mendengar tenaga pasarnya menjelaskan tentang asuransi yang kita inginkan.  Dizaman sekarang gak  ada masalah tanpa solusi, terbukti jika ada masalah hampir semua orang ikutan komentar dan membahas :D, begitu pula soal asuransi   untuk mengetahui asuransi yang cocok  dan sesuai kebutuhan, dan budget yang  kita miliki . Futuready.com adalah salah satu solusi untuk mencari informasi  asuransi ,bagi kita yang tak punya banyak waktu untuk mendengarkan  penjelasan para sales asuransi. Futuready  memiliki sekitar 17 produk asuransi kesehatan, dan kita bisa memilih angsuran premi bulanans sesuai kemampuan. Futuready tak hanya ada asuransi kesehatan tapi juga asururansi perjalanan dan kecelakaan , bisa dibilang sebagai supermarketnya asuransi.

Bagaimana dengan sobats disini, suka males gak sih melayani sales asuransi atau lebih senang mencari informasi online?


MITOS DAN FAKTA : KAKI BENGKAK SAAT HAMIL

Ketika aku hamil sekitar satu setengah tahun lalu, aku jarang sekali  memposting tulisan  blog ini hampir jamuran, panuan bahkan lumutan karena terlalu dianggurin.   Setelah kehamilan memasuki usia 7 bulan baru deh  mejeng nulis di blog, ntah kenapa rasanya takut  dan  nulis-nulis   dan “pamer” saat hamil.  Ketakutan ini muncul karena  masa penantian ke hamilan yang cukup lama yaitu sekitar 4 tahun.  Saya merasa yakin hamil ketika usia kehamilan memasuki  usia 3 bulan, karena merasa tidak yakin apalagi ada teman pada usia kehamilam belum mencapai 3 bulan terpaksa digugurkan  karena janin diperkirakan tidak berkembang kemungkinan hidup akan cacat, seram juga mendengarnya. Dengan kejadian itu membuat aku enggan untuk cerita-cerita apalagi mempublishnya ke blog, takut janin gak jadi, norak banget emang kejadian seperti itu  kan tak menimpa semua orang, mungkin masa menunggu yang panjang dan rasa takut kehilangan membuatku tidak bersemangat untuk menuliskannya.
aku saat hamil 7 bulan 

Nah, sekarang  aku mau sedikit cerita tentang kaki ku yang bengkak saat hamil, walau pun ceritanya sudah telat tapi yang namanya pengalaman adalah tetap ilmu yang berharga buat yang lainnya. Saat usia kehamilan  memasuki 5 bulan  kedua kaki terlihat  membengkak, aku sempat takut saat mengetahui itu   tapi aku yakinkan diri itu bukan “bengkak” tapi tambah gemuk (emang beda ya..?), jadi yang bengkak atau tambah besar itu bukan cuma kaki tapi menyeluruh ,body tambah size  gitu lah..

Aku yakin itu bukan bengkak  yang tidak normal karena ada beberapa alasan kaki saat dipencet balik cepat ke semula  elastis, jadi tidak menciiptakan lekukan yang lama baru balik ke semula. Sebenarnya ini cuma mitos kan ya?, bengkak saat hamil itu bukan penyakit beri-beri yang katanya kalo dipencet lekukannya tidak cepat kembali. Banyak  yang khawatir melihat kakiku bengkak di usia kehamilan  yang baru menginjak 5 bulan itu.  Malah ada yang bilang “ loh..5 bulan kok  udah bengkak, makanya kalau nyuci airnya jangan disiramkan ke kaki”  lain waktu malah ada yang bilang  kalau kaki bengkak harus disiram pake air cucian piring/pakaian.  Apa hubungannya coba? antara air cucian dengan kaki bengkak saat hamil, lagian waktu hamil itu untuk pakaian  kita laundry, terus untuk piring nyucinya berdiri di tempat cucian piring, jadi gak ada nyangkut  sama cuci mencuci ya.

Tapi lama kelamaan jadi khawatir juga dengan pendapat yang simpang siur, malah bilang itu gak apa kok orang hamil memang begitu. Akhirnya aku konsultasi ke dokter kandungan  tapi syukurnya   gak apa-apa  apalagi melihat tekanan darah aku yang   gak jauh dari 100/ 60 malah terkesan rendah kata dokternya gak apa kalau bisa segitu sudah dihitung normal karena sudah bisa, jika dipaksain diangka 120 nanti malah puyeng. 

Sebenarnya Jika hamil itu kita tak begitu saja mempercayai cerita orang lain walaupun sudah sering hamil karena kondisi tubuh seseorang itu berbeda-beda jangan percaya yang katanya “wanita hamil emang begitu” apalagi harus percaya dengan mitos-mitos yang berkembang dimasyarakat. Pemeriksaan kehamilan pada bidan atau dokter kehamilan itu sangat penting apalagi saat ini diketahui ada beberapa komplikasi penyakit yang mengiringi  kehamilan seperti diabetes dan lainnya.

Sebenarnya wajar sih saat hamil itu bobot tubuh itu naik, dan kaki menjadi bengkak namun tetap ada rumus perhitungannya berapa batas wajar berat tubuh dengan usia kehamilan.  Kaki bengkak saat hamil disebabkan menumpuknya cairan yang berlebihan, atau bisa juga  karena faktor janin yang bertambah besar sehingga menekan aliran pembuluh darah balik makanya dokter menganjurkan ketika tidur sebaiknyaa kaki dibuat lebih tinggi dengan memberi ganjelan bantal atau lainnya pada kaki bagian bawah. Tapi dengan begitu kita tetap mesti hati-hati jika ternyata pembengkakan itu ternyata sebuah penyakit Eclampsia  dimana tubuh merasa bahwa placenta itu sebuah benda asing sehingga memberi respon penolakan. Eclampsia terkadang tak memberikan gejala , sehingga penderita tak sadar bahwa ia mengidap ecplampsia. Eclampsia biasanya ditandai dengan Muntah atau mual berkepanjangan. Biasanya nih..yang namanya ngidam  itu cuma di tiga bulan kehamilan. Jika muntah berat atau pusing terus menerus ketika masa ngidam sudah lewat, mending lakukan pemeriksaan kedokter. Tekanan darah tinggi tidak seperti biasanya, awalnya mungkin dikira karena banyak mengkonsumsi garam tapi setelah dikurangi dan mencoba rilex dan tekanan darah tak berkurang. Intinya jika ada keluhan jangan malas apalagi anti untuk memeriksa kehamilan ke dokter kandungan, karena pemeriksaan itu sebuah ikhtiar bukan termasuk pada kategori mendahului takdir Tuhan.

Oh iya saat hamil biasanya size pakaian baju, celana, bra jadi nambah size ya, begitu juga  soal sandal atau sepatu. Ketika kaki ku gemuk (gak mau dibilang bengkak) saat hamil sandal kakiku naik dua nomor. Tepaksa aku pakai sandal yang lebih besar, dan pilih yang gak lebih 3 cm tingginya soalnya takut terpeleset dan aku gak suka pakai sepatu karena terasa bagian ujung yang sempit dan gerah. Buat temans yang suka pakai sepatu saat hamil , lebih baik pakailah sepatu wanita  yang   ujung sepatunya agak besar dan tidak menyempit , karena  hal itu akan membuat peredaran darah tidak lancar dan membuat kaki makin bengkak.

Itu aja sih… masalah kaki bengkak saat aku hamil, nah temans saat hamil pernah mengalami kaki bengkak?? ada gak sih ketemu atau mitos lucu soal kaki bengkak saat hamil.. kita ngobsan disini ya.. ngobrol santai aja..he2

----

Baca Juga :

Alhamdulilah Akhirnya
Ketika buah hati tak jua hadir
Baby Blues Syndrome dapat dicegah

JADI PENGUSAHA DIGITAL SITUS JUAL BELI ONLINE

Saat berbelanja online  terkadang suka terbersit pikiran,  bagaimana agar tak cuma jadi pembeli saja  tapi juga ikut berjualan dan jadi pengusaha juga, pengusaha ala emak-emak gitu lah.. he2. Tetapi keinginan untuk  bisa berjualan online  milik  sendiri itu terhambat  dengan  modal yang tidak cukup.

PENTINGNYA ILMU PARENTING BAGI ORANG TUA


Mendapat panggilan ayah atau bunda adalah moment yang paling membahagiakan. Menjadi orang tua itu memiliki kebahagiaan tersendiri, apalagi jika anak-anak tumbuh sehat dan bahagia dalam didikan tangan "dingin" kita namun terasa hangat hingga ke hati :) . Menjadi orang tua yang dapat mendidik anak dengan baik itu tidaklah mudah. Kesabaran dan keikhlasan dan pengetahuan orang tua sangat berperan penting untuk menciptakan sosok generasi terbaik  yang siap melangkah kedepannya.

JIKA AKU DIGOSSIPKAN



Menjadi bahan gossip itu gak enak banget, serasa ditusuk dari  belakang serasa dikhianati. Aku sendiri  berusaha untuk menghindari bergossip ria,kecuali lagi  kepepet  hahahaha.. sama aja dong.  Sebenarnya yang namanya ghibah itu antara pencetus awal, penimpal, dan pendengar (menikmati) punya dosa yang sama , tapi dalam keadaan tertentu agak susah menghindarinya, tapi  minimal tidak ikut menambahi, dan tidak ikut menyebarluaskan ke orang lain. Gossip yang diterima mending dikubur dalam-dalam apalagi itu aib orang lain, semoga dengan begitu  Tuhan berbelas kasihan pada kita dan menutupi aib yang kita punya  (ntah itu apa..hanya Tuhanlah yang tahu).

KETIKA ANAK TUMBUH SEBAGAI PENENTANG


[ Parenting] Melihat anak tumbuh menjadi remaja dan ceria, orang tua mana yang gak bahagia, ya mak. Banyak emak yang  bangga selfie disamping anaknya, eh lihat nih teman main aku, yeaay anak ku sudah jadi bujang, lihat  my junior  sekarang udah melebihi tinggia aku, dan  kalimat semacamnya.  Inti  “pamer” foto itu adalah sebagai luapan kebahagiaan dan ada rasa bangga ketika merasa ternyata aku bisa juga membesarkan anak, ternyata aku bisa merawat dan mendidik mereka  hingga sampai seusia sekarang,  apalagi jika mereka tumbuh menjadi anak baik dan sholeh.

TIPS : TAS KULIT LEBIH MENGKILAP DENGAN MINYAK KAYU PUTIH

Tas  merupakan barang yang tak dapat dipisahkan dari wanita, pokoknya gak enak kalo kemana-mana gak nenteng tas. Apalagi dizaman sekarang  tas bukan lagi sekedar wadah  untuk membawa barang-barang yang dibutuhkan, tapi sudah menjadi lifestyle dibeberapa kalangan. Tas dipercaya dapat menunjukkan kelas sosial pemakainya.Dengan alasan itu tak heran jika ada orang yang memiliki tas dengan jumlah banyak, dan model yang beragam. Apalagi saat ini banyak mode tas wanita terbaru bemunculan, mulai harga yang ratusan ribu hingga harga ratusan juta rupiah, mulai yang ori hingga produk tiruan yang dikenal dengan sebutan kawe alias kualitas nomor  sekian sekian.

PENTINGNYA MENCARI DAN BERBAGI INFORMASI KESEHATAN



Semakin berkembangnya teknologi penyebaran informasi  semakin tak dapat  dibendung. Kita menjadi mudah untuk mendapatkan beragam informasi, baik  dari televisi, radio, majalah , surat kabar, bahkan internet.  Televisi  adalah pintu terdekat dalam menerima informasi dari luar karena pada saat ini hampir tak ada orang yang tidak memiliki televisi. Di televisi banyak sekali tayangan yang  disajikan , termasuk  beragam informasi tentang kesehatan yang sering menjadi perbincangan hangat, karena termasuk tayangan yang paling digemari.

KIAT BELANJA HEMAT IBU RUMAH TANGGA


Bukan rahasia  lagi jika makhluk Tuhan yang paling seksi bernama wanita itu paling doyan belanja. Gak mulai remaja, gadis, dewasa, sampai jadi emak-emak pun hasrat belanja tak pernah terpuaskan, maunya mantengin dagangan orang, ntah di bbm, whatsapp sampe kepasar-pasar juga gitu, niat beli sayur tapi mampirnya ke obralan kerudung.  Wanita  memang identik dengan belanja suka ngobrak ngabrik dagangan dipasar tapi ga jadi beli, tanya-tanya via BBM  lalu hilang ditelan bumi, suka belanja tapi  gak mau keluar duit banyak.

J-Theme