LIRIK LAGU BUTET DAN TERJEMAHANNYA


novanovili.com - Lagu berbahasa batak memiliki daya tarik tersendiri bagi penyukanya yang bukan berasal dari daerah batak atau Sumatera Utara. Bahkan ada yang bersenandung lagu batak tapi gak tau artinya, habis suka aja sih dengan iramanya, begitu alasan seorang teman yang senang dengerin lagu batak, lagian aku  kadang suka iseng nanya artinya sama tetangga yang orang batak imbuhnya, dan artinya bagus kok katanya pula. ya iya lah..masa artinya jelek ya?, kalo artinya jelek, mungkin itu bukan lagu tapi orang kesurupun yang lagi meracau..hehehehehe.


Satu-satunya lagu batak yang familiar di telinga aku itu judulnya “Butet”, kalo dengerin lagu itu kayanya syahdu mendayu gitu, tapi yang aku bisa nyanyiin cuma satu kata  yaitu “buuteeeeet….. nanaannnaaa. :D
Nah… karena pemenang arisan Link kali ini adalah mba  Monda Siregar, jadi aku melanglang buana di atas langit www.mondasiregar.com dan berhenti pada satu posting “Lirik Lagu Butetdan Sebutan Untuk Anak”. Yes. Akhirnya nemu lirik lagu butet plus artinya dalam setiap lirik, ternyata artinya bikin meleleh, sedih juga, menceritakan tentang masa perjuangan dulu. Pantas saja lagu ini sering banget di putar saat-sat menjelang hari kemerdekaan atau perayaan nasional lainnya. Butet sendiri merupakan sebuah panggilan untuk anak perempuan batak, dan lagu ini ternyata sangat pendek cuma syairnya diulang-ulang.
Butet, di pangungsian do apangmu ale butet.
da margurilla da mardarurat ale butet.

(Butet, di pengungsian lah ayahmu wahai Butet, yang bergerilya yang berdarurat wahai Butet)
butet, sotung ngolngolan rohamuna ale butet.
paima tona manang surat ale butet.

 (janganlah bersedih hatimu tunggulah kabar atau surat.)
i doge doge doge i dogei doge doge.
( la la la )
butet, haru patibu ma magodang ale butet.
asa adong da palang merah ale butet.

da palang merah ni negara ale butet.

(harapan agar Butet cepat besar dan bisa bergabung di barisan Palang Merah)
Gak usah takut artinya gak sesuai atau cuma dikarang-karang, karena mba Monda Siregar adalah orang batak asli, ketauan dari namanya nyempil marga siregar. Buat teman-teman yang seneng lagu batak dan pengen tahu artinya bisa  berkunjung ke blog mba monda. tidak sekedar menuliskan lirik saja tapi dijelaskan rinci makna dan sejarah lagunya loh, bisa klik label lirik ulagu . Tak hanya lagu batak ada beberapa lagu daerah yang ditulisnya  seperti sunda dan lagu minang.
Buat yang mau kenalan dan mau belajar bahasa batak,atau mau dicariin jodoh, besan atau mertua orang batak mungkin bisa colek mba monda siregar, kali bisa dicomblangin gitu , emangnya mba monda agen perjodohan apa? hahahaha..
Oh iya mba Monda  ini sebenarnya seorang dokter gigi PNS di Jakarta, alasannya selalu  aktif ngeblog supaya gak cepat pikun katanya, terus kemungkinan bisa jadi kegiatan utama dikala pensiun nanti. mba monda angat menyenangi sejarah, budaya Indonesia, karena itu tulisan mba monda gak jauh-jauh  dari tema itersebut.
ini akunt socmednya ya… mana tau mau periksa gigi gratis . la?:D
Facebook : https://www.facebook.com/monda.siregar
kalo temen-temen senang dengerin lagu daerah gak sih…?? Kalau aku sendiri gak punya bakat nyanyi, batuk aja fals bagaimana mau bersenandung jika awan saja mendung ? apaan sih..gak nyambung .
Kalau sekilas lewat yang sering aku dengar biasanya masyarakat di daerahku paling senang dengar lagu berbahasa  minang, mungkin faktor geografis kali yah, tetanggaan terus bahasanya mudah dimengerti , apalagi banyak penduduk Sumatra barat yang merantau dan membaur, jadibahasa, minang itu sudah sangat familiar ditelinga. Lagu melayu juga sering diputar, ya iyalah ..Riau emang tempatnya budaya melayu pasti sudah tahu arti kata tiap lirik dan baitnya, yang ketiga lagu berbahasa jawa  , selama gak bahasa halus kromo inggil  bisa dimengertilah sedikit-sedikit.

_____

baca juga  artikel lainnya :

TENTANG PERNIKAHAN

PARENTING

KESEHATAN LAMBUNG DAN LAIN-LAIN

KEHAMILAN




16 komentar

  1. terima kasih banyak mbak Nova,
    ayok nyanyi bareng2

    BalasHapus
  2. Udah lama ga ketemu mba Monda. Kalau ketemu, mau periksa gigi gratis deh, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah..asyikudah sering ketemuan...
      mba monda udah blogger senior ya..., liat foto2 srikandi blogger...

      Hapus
  3. Waaah bisa nih minta bantuan ama mba monda wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba...
      eh minta bantuan apa dulu nih...
      ??

      Hapus
  4. Wah keren ini artinya akhirnya saya tau juga makna lagu butet ini. Lagu daerah di Indonesia ini memang kaya rasa dan makna yah. Makasih ya mba, ulasannya bagus. :)

    BalasHapus
  5. Haha lagu butet sekarang sudah familiar dan bahkan sudah menginternasional. Banyak mbak anak-anak muda di youtube yang cover lagu butet.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget..emang udah terkenal banget dimana2...

      Hapus
  6. ternyata arti lagu butet cukup menyentuh juga ya..lagu jaman sekarang..hmmm jangan ditanya isinya cinta2an saja..salam kenal mba manda

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya kalau lagu daerah pasti lebih bermakna...mba.., kalo pop dangdut uda deh..ga usah ditanya...kadang malah vulgar..

      Hapus
    2. salam kenal juga mbak Lingga Permesti

      Hapus
  7. aku juga suka lagu butet. mau ubek2 blog mba monda ah...

    BalasHapus
  8. Baru tau artinya menyentuh :) padahal klo nyanyiin iseng dg nada riang saking suka nadanya ga tau artinya:D

    BalasHapus
  9. Saya ngaku batak asli tapi baru tau arti lagu Butet. Padahal sering nyanyiin ini waktu kecil hahaha :)))

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.