-->
Tampilkan postingan dengan label lagu butet. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label lagu butet. Tampilkan semua postingan

LIRIK LAGU BUTET DAN TERJEMAHANNYA


novanovili.com - Lagu berbahasa batak memiliki daya tarik tersendiri bagi penyukanya yang bukan berasal dari daerah batak atau Sumatera Utara. Bahkan ada yang bersenandung lagu batak tapi gak tau artinya, habis suka aja sih dengan iramanya, begitu alasan seorang teman yang senang dengerin lagu batak, lagian aku  kadang suka iseng nanya artinya sama tetangga yang orang batak imbuhnya, dan artinya bagus kok katanya pula. ya iya lah..masa artinya jelek ya?, kalo artinya jelek, mungkin itu bukan lagu tapi orang kesurupun yang lagi meracau..hehehehehe.


Satu-satunya lagu batak yang familiar di telinga aku itu judulnya “Butet”, kalo dengerin lagu itu kayanya syahdu mendayu gitu, tapi yang aku bisa nyanyiin cuma satu kata  yaitu “buuteeeeet….. nanaannnaaa. :D
Nah… karena pemenang arisan Link kali ini adalah mba  Monda Siregar, jadi aku melanglang buana di atas langit www.mondasiregar.com dan berhenti pada satu posting “Lirik Lagu Butetdan Sebutan Untuk Anak”. Yes. Akhirnya nemu lirik lagu butet plus artinya dalam setiap lirik, ternyata artinya bikin meleleh, sedih juga, menceritakan tentang masa perjuangan dulu. Pantas saja lagu ini sering banget di putar saat-sat menjelang hari kemerdekaan atau perayaan nasional lainnya. Butet sendiri merupakan sebuah panggilan untuk anak perempuan batak, dan lagu ini ternyata sangat pendek cuma syairnya diulang-ulang.
Butet, di pangungsian do apangmu ale butet.
da margurilla da mardarurat ale butet.

(Butet, di pengungsian lah ayahmu wahai Butet, yang bergerilya yang berdarurat wahai Butet)
butet, sotung ngolngolan rohamuna ale butet.
paima tona manang surat ale butet.

 (janganlah bersedih hatimu tunggulah kabar atau surat.)
i doge doge doge i dogei doge doge.
( la la la )
butet, haru patibu ma magodang ale butet.
asa adong da palang merah ale butet.

da palang merah ni negara ale butet.

(harapan agar Butet cepat besar dan bisa bergabung di barisan Palang Merah)
Gak usah takut artinya gak sesuai atau cuma dikarang-karang, karena mba Monda Siregar adalah orang batak asli, ketauan dari namanya nyempil marga siregar. Buat teman-teman yang seneng lagu batak dan pengen tahu artinya bisa  berkunjung ke blog mba monda. tidak sekedar menuliskan lirik saja tapi dijelaskan rinci makna dan sejarah lagunya loh, bisa klik label lirik ulagu . Tak hanya lagu batak ada beberapa lagu daerah yang ditulisnya  seperti sunda dan lagu minang.
Buat yang mau kenalan dan mau belajar bahasa batak,atau mau dicariin jodoh, besan atau mertua orang batak mungkin bisa colek mba monda siregar, kali bisa dicomblangin gitu , emangnya mba monda agen perjodohan apa? hahahaha..
Oh iya mba Monda  ini sebenarnya seorang dokter gigi PNS di Jakarta, alasannya selalu  aktif ngeblog supaya gak cepat pikun katanya, terus kemungkinan bisa jadi kegiatan utama dikala pensiun nanti. mba monda angat menyenangi sejarah, budaya Indonesia, karena itu tulisan mba monda gak jauh-jauh  dari tema itersebut.
ini akunt socmednya ya… mana tau mau periksa gigi gratis . la?:D
Facebook : https://www.facebook.com/monda.siregar
kalo temen-temen senang dengerin lagu daerah gak sih…?? Kalau aku sendiri gak punya bakat nyanyi, batuk aja fals bagaimana mau bersenandung jika awan saja mendung ? apaan sih..gak nyambung .
Kalau sekilas lewat yang sering aku dengar biasanya masyarakat di daerahku paling senang dengar lagu berbahasa  minang, mungkin faktor geografis kali yah, tetanggaan terus bahasanya mudah dimengerti , apalagi banyak penduduk Sumatra barat yang merantau dan membaur, jadibahasa, minang itu sudah sangat familiar ditelinga. Lagu melayu juga sering diputar, ya iyalah ..Riau emang tempatnya budaya melayu pasti sudah tahu arti kata tiap lirik dan baitnya, yang ketiga lagu berbahasa jawa  , selama gak bahasa halus kromo inggil  bisa dimengertilah sedikit-sedikit.

_____

baca juga  artikel lainnya :

TENTANG PERNIKAHAN

PARENTING

KESEHATAN LAMBUNG DAN LAIN-LAIN

KEHAMILAN




6*J-Theme