Makan Nanas dan Durian menjelang HPL, berani?


Saat aku hamil lebih dari dua tahun lalu, tingkat kehatian-hatian ku sangat tinggi , maklum waktu menunggu kehamilan itu sangat panjang, jadi begitu dapat rasa ketakutan akan kehilangan terus bercokol dalam diri.

Alhamdulilah akhirnya hamil juga, saat itu ada rasa percaya dan tidak percaya,setelah tiga bulan dan aku merasakan ada detak jantung dirahimku, barulah aku meyakininya dengan sepenuh hati. Terlalu berhati-hati tidak berani makan ini itu bahkan pegi dan pulang kerja aku selalu diantar suami, dan untuk cuci setrika pakaian juga minta bantuan. Setelah memasuki usia 7 bulan keatas barulah aku berani untuk jalan kaki saat setelah sholat subuh, mendekati 9 bulan baru deh rajin ngepel nungging, nyikat kamar mandi, bahkan sengaja jalan ditanjakan cukup tinggi jalanan berbukit, alhasil tak juga ada kontraksi  yang kurasakan saat mendekati waktu lahir, bahkokan kontraksi  palsu sekalipun.

Banyak sih yang bilang aku  mungkin kurang gerak, padahal aku rasanya udah banyak ini itu, jongkok nungging dll, tapi toh anak masih betah  dalam perut ibunya. Yang bilang aku malas semakin banyak ketika melihat kakiku rada bengkak  ada saja mitos kehamilan tentang kaki bengkak yang mereka sebutkan, yang menurut ku gak masuk akal dan tidak menyambung. Dari pada memikirkan berbagai mitos yang nggak pasti aku lebih senang baca-baca buku tentang kehamilan dan perkembangan janin, terutama tentang ketakutan ku akan serangan baby blues syndrome. Dan segala usaha kulakukan itu bertolak belakang dengan takdir yang ditentukan tuhan,anakku ku akhirnya dilahirkan secara saecar setelah dilakukan induksi dan gagal.

Buat teman-teman yang  sekarang lagi hamil tua, dan ingin melahirkan secara normal mending rajin-rajin beraktifitas deh.Dan sebisanya banyak dilakukan kegiatan fisik terutama bagian bokong dan panggul agar membuka jalan lahir, tapi gak boleh sampai kelelahan  loh, ntar malah sakit, jadi kacau deh.

Berikut beberapa hal yang dapat kita lakukan agar bisa melahirkan dengan normal, tapi jika gagal jangan  pernah mengelu, bukan kah soal lahir dan bagaimana caranya semuanya sudah ditentukan Tuhan, jadi  yang penting usaha maksimal dulu, setelah itu baru tawaqal.

Jalan pagi, atau meluangkan waktu untuk berjalan-jalan tak harus keliling komplek juga, bolak balik depan rumah juga bisa. Atau jika biasanya ke warung brrrmmmm starter motor mending diusahakan jalan kaki jika jark tempuh cuma 100-200 meter saja.

Naik turun tangga, aku waktu hamil pernah disarankan oleh sepupu. Tapi berhubung tidak ada tangga dirumah, ya nasihat itu di dadahin aja. dikantor ada tangga sih.., tapi takut jika kontraksi dan  melahirkan dikantor bagaimana? kantor ku jauh dan teman-teman jarang yang bawa mobil biasanya cuma  motor. Lagi-lagi  bayangan ketakutan kehilangan, berkelebat.

Mengepel. Mengepel disarankan yang jongkok bukan pakai alat pengepel atau malah minta bantu :D, biar ada tekanan  janin yang mengarah ke mulut rahim dan terbukaa. Jika dibayangkan ngepel ala inem pelayan seksi lah, tapi inemnya lagi buncit hihi.

Menyikat kamar mandi. Kalau menurut aku ini cuma syarat aja sih, jangan nyikat kuat berlebihan gitu dan hati hati, soalnya kamar mandi cendrung licin, dan bisa membuat kita terpeleset.

Sujud lama/nungging. Biasanya sih dilakuin setelah sholat jadi sekitar 5-10 menit. buat teman-teman non muslim bisa luang waktu untuk melakukan ini.Gerakan ini  bisa mendorong janin mengarah ke jalan lahir, juga bisa memperbaiki posisi janin yang nyungsang.

Senam Hamil. Iya senam hamil juga bagus untuk usia kandungan 7 bulan keatas. jika tidak ada teman-teman bisa download di internet, dan biasanya ditempat bidan nada foto-foto gerakan yang mesti dilakukan.

Menyangkul. Ya,menyangkul juga bagus buat membuka jalan lahir atau memancing kontraksi. Ini bukan bearti disaranin menggali selokan atau parit ya, hahahaha, tapi nih paling mencangkul depan rumah semester dua meter lah, jika nafas sesak mending dipertimbangkan lagi.

Berhubungan suami istri. Nah ternyata ini bikin cepat kontraksi loh mungkin semacam kerjasama ayah dan ibu kali ya, kalu dulu bikinnya sama-sama, nah ngeluarinnya harus punya usaha yang sama hahahaa

Setahu aku cuma delapan itu yang paling sering disarankan dan dilakukan para ibu  menjelang waktu kelahiran bayi . Tapi nih waktu jalan-jalan ke blognya mba Nur Aliyah Saparida, www.wdhie.com yang  merupakan mom blogger juga sangat memahami soal koperasi ini, menyampaikan hal MENGEJUTKAN (nyontek gaya situs sebelah), menurutnya ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak dianjurkan  dikonsumsi saat hamil muda tapi justru bermanfaat ketika mendekati HPL. Apakah makanan itu?  Nanas, Durian, Tape singkong. Ya ampun memang ini paling dihindari saat aku hamil tapi nyatanya bisa merangsang timbulnya kontraksi. Memang sih ketiga makanan ini, diawal kehamilan harus dihindari banget loh, soalnya bersifat panas dan menyebabkan gagal janin alias keguguran.

Saran untuk memakan ketiga jenis makanan itu datang dari teman-teman mba widhie juga tetangga, tapi cara itu  emang rada seramjuga dilakuin ya..., pastinya ada resiko yang ditimbukkan. Jika  teman-teman berani nyobain yasilakan saja ya, tentu dengan porsi sedikit lebih dahulu. Berani ga..??? atau ada yang sudah mencobanyabagi certanya di sini yah..

"Makan Nanas dan Durian. Nah! ini Tips Merangsang Kontraksi secara Alami ala ki demang. Jadi beliau bilang kalau secara mental dan kondisi sehat mending makan duren dan nanas. Istrinya pas hamil anak pertama makan durian satu buah (katanya khilaf hwakaka) dan nanas. Malamnya langsung kontraksi dan melahirkan. Saya belum cobain yang ini seh soalnya duren lagi langka di Tegal. Nanas juga masih kontroversi sama orang tua. Kalau kata Ki Demang nanas bisa buat melembutkan rahim dan Durian sebagai gas pendorong. Pernah jug baca beberapa artikel tentang dua makanan ini yang bisa merangsang kontraksi.

Tape. ini Tips Merangsang Kontraksi secara Alami ala Mba Zachira Indah novelis dari Tegal. Jadi menurut pengalamannya waktu hamil anak pertama disuruh sama bidannya untuk memulai konsumsi tape saat usia kandungan delapan bulan. Katanya biar kontraksinya lancar dan pas melahirkan cepet."

Eh ngomong-ngomong pernah gak nih BW ke blog mba widhie, blognya informatif aku suka baca label motivasi, ya gak sekedar curhat tapi ada hikmah juga yang bisa dipetik .
http://www.widhie.com/search/label/Motivasi. BW dalam dunia ngeblog bukan sekedar nanam link ataus sekedar komentar seadanya, tapi ada cerita yang dapat kita ambil untuk membangun diri lebih baik lagi..

buan manteman yang pengen kenal secara personal bisa intip sosial medianya ya..


Fb : Nur Aliah Saparida
Twitter: @widhie_ndutty
IG : @widhie_ndutty
Email : nur.aliah.saparida@gmail.com


--

28 komentar

  1. Tfs ya Mba tipsnya, Alhamdulillah aku lagi hamil sehat dan menyenangkan, tetap aktif bergerak sejak awal. Untuk nanas memang boleh kok dari buku juga, cuma Mertua ga bolehin haha kalo duren aku belum makan juga selama hamil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya..emang bagusnya aktif sejak awal mba... tapi asal jangan kelelahan...

      Hapus
  2. jadi ingat aku hamil tua ngidam makan duren padahal punya maag dan asma, usai makan gak bisa tidur hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah..itu aku juga maag... makan nanas segala macem..takut malah komplikasi ke yg lain n berpengaruh pada baby nya..

      Hapus
  3. Di Jakarta banyak mba durian.Dulu waktu saya hamailndi larang makan duren ,katanya panas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sebaiknya jgn makan durian... itu kan disaranin pas dekat waktu hpl aja..

      Hapus
  4. Aku hamil tiap hari makan nanas katanya bikin kulit bayi bersih kalo duren pas ada aja aku makan

    BalasHapus
    Balasan
    1. berani ya mba... uah itu tergantung orangnya juga sih...

      Hapus
  5. Berani gak yaa? Eh tapi dua buah itu emang masuk list buah yang gak begitu saya suka rasanya wkwkwkwk. Semoga aja besok-besok kalau lagi hamil apalagi menjelang hpl gak ada rasa tiba-tiba pengen makan nanas atau durian huhuhu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. he2...ayuk..boleh dicoba.. resiko dipertimbangkan ..

      Hapus
  6. Saat hamil saya malah bukan jalan2 lagi tapi juga naik gunung lho!
    Alhamdulillah Semeru dan Rinjani bisa kami lalui saat hamil usia 3 bulan dan 6 bulan.

    Btw saya blm pernah kayanya jalan ke blog Mbak Widhie. Tertarik jadinya :) ke TKP ah ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hebat!
      kandungan kuat..sekuat semangat ya mba okti..


      coz ada juga yg kandungan lemah gerak dikit langsung flek..

      Hapus
  7. Yap,,, memang betul tipsnya smua pas mlhirkn ank pertama smpt grogi 24jm mrskn mules hehe,,

    BalasHapus
  8. Aku masih takut-takut juga kalo duren, ini detik-detik menunggu HPL, semoga aja bisa lancar meski nggak makan duren, Aamiin. Thanks for sharing Mba'.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lahiran mormal sehat semua ya mba...
      aamiin

      Hapus
  9. Mba Nova, yang paling sering aku dengar tuh ga makan nanas pas hamil muda biar nggak keguguran. Kalau soal durian aku nggak tahu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. durian saat hamil.muda justru paling nggak disaranin mba..malah dilarang...lebih bahaya dari nanas.. kecuali kalau di colek doang apa di cium..hu2

      Hapus
  10. wah aku dua anak gak punya masalah lagi hamil, jadi aktifitas jalan trus, ngajar selalu turun naik tangga krn suka di lantai tiga ,suka di lantai satu atau dua, bahkan lagi anak kedua pernah jatuh kesandung saking aktifnya aku, makanya anak keduaku hidungnya pesek mungkin krn aku jatuh kali, he,he,Tapi semua itu tgt kondisi individu agk bisa disama ratakan ya, beruntung aku bisa bergerak kemana2

    BalasHapus
  11. Tulisannya manfaat banget mba, langsung noted besok kl hamil, makasih yaaa..

    BalasHapus
  12. Baca-baca buat info dulu deh.. tampung dulu.. belum nikah soalnya. Hihi

    BalasHapus
  13. Saya prnh denger yg makan nanas, tapi saya lebih sering ngepel lantai mbak takut salah makan heheehe

    BalasHapus
  14. kalo ga berlebihan mungkin gapapa, berani aja..:)

    BalasHapus
  15. lagi menjelang HPL, berani nggak ya, Lagi LDRan juga sama suami... moga lahiran anak ketiga ini lancar2 dan normal ya mba mohon doanya :)

    BalasHapus
  16. Wah aku baru denegr nih tentang nanas durian dan tape maaaak. Wuah unik juga sarannyaaaaaa. Makasi infonya ya maaaak

    BalasHapus
  17. kalau aku dulu disaranin banyak jalan nanjak, mb...tapi jangan yang nanjak banget ya :)
    kalau soal makanan...umm...emang ga suka durian n nanas sih

    BalasHapus
  18. Hpl ku esok hari, dan ini blm ada tanda" apa" tetangga td pg jg nyaranin makan nanas. Kebetlan ak ska bnget mkan nanas, yg dah nyidam sjak awal hamil, tp blm sya coba krn ada sdkit rasa khawatir tkt knapa" ama janin . Jd makan nanas pa gak ya ? 🤔🤔🤔🤔

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.