Masak Tanpa Ribet Dengan Sasa Santan Kelapa


Sebagai istri , dan ibu yang sekaligus bekerja harus pintar dan kreatif memanajemen waktu. Salah pekerjaan yang cukup memakan waktu di pagi hari itu adalah memasak.
Bagaimanapun sibuknya saya selalu menyempatkan untuk memasak. Walau bagaimanapun masak itu merupakan simbol cinta ibu terhadap keluarga, menyajikan dengan penuh cinta.
Seperti beberapa waktu lalu terbersit ide untuk bikin nasi kuning . Bikin nasi kuning tanpa ribet  itu ya tinggal masukin Rice Cooker terus ditinggal bikin sambal  dan telur dadar, balik lagi pasti sudah masak. Menghemat waktu banget kan..?
Ide bikin nasi kuning karena seminggu yang lalu kami beli nasi kuning untuk sarapan dan enak, eh jadi nagih terus. Dipikir-pikir dari pada beli cuma dapat sedikit mending bikin kan ya..? Bisa juga buat bekal ke kantor.
Awalnya suami pesimis, apa enak? Ribet lah harus marut kelapa atau harus beli santan segar dulu kepasar. Ya ampun, pasti dia belum tahu tentang murninya santan kemasan dari saat santan kelapa. Akhirnya aku bilang, aku pakai santan kemasan sasa dengan kemasan imut ini . Aku bilang juga, “Santan kemasan Sasa ini bisa juga lho buat masak makanan apa pun”. Dia juga bertanya, apakah nasi kuning yang pakai santan dari Sasa itu aman? Saya bilang, “Tentu saja. Soalnya santan dari Sasa dibuat dengan bahan-bahan alami tanpa pengawet.”

Berikut Resep Nasi Kuning Rice Cooker.
Bahan-bahan    :
2 canting beras, cuci bersih
Secukupnya air
1 bungkus santan sasa santan kelapa ukuran 65 ml
Secukupnya minyak goreng
2 tangkai serei, geprek
2lembar daun salam

Bumbu yang dihaluskan :
2 bh bawang putih
3 bh bawang merah
1 ruas jahe kecil
1 ruas kunyit
Secukupnya garam
Cara memasak    :
Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak goreng secukupnya, masukkan serei, daun salam aduk-aduk campur  bumbu halus sampai harum.
Tambahkan sedikit air & sasa santan kelapa, aduk-aduk dan ratakan. Masukkan beras ke dalam rice cooker beserta bumbu tambahkan air seperti memasak nasi seperti biasanya ratakan dengan bumbu dengan diaduk-aduk.
Kita tunggu sekitar 30 menit lebih atau setelah rice cooker balik ke tombol warm. Eh.., jangan lupa colokin listriknya ya..hehhehe.
Ketika saya menyajikan untuk sarapan. Suami bilang rasanya enak, dan tidak tengik aromanya segar, tak ada kecut-kecutnya. Nah , itulah kelebihan santan sasa kesegarannya tetap terjaga dari rasa hingga aromanya. Sasa Santan, Aslinya Santan

26 comments

  1. Aku juga sering bikin mba..tapi nasi gurih/nasi uduk.. jadi tanpa kunyit

    ReplyDelete
  2. makanan apapun yang mengandung santan memang selalu lebih enak dan gurih di lidah :9. Ibuku juga sering loh memasak di rumah dengan menggunakan santan hehehe. tapi akhir - akhir ini ditengah kesibukannya lumayan jarang beliau memasak masakan yang terkesan ribet jika harus memarut lalu kemudian memeras terlebih dahulu untuk membuat santan. Lain kali aku coba rekomendasikan deh, sasa santan ke ibu. biar bisa lebih sering masak, masakan yang nikmat di rumah hehehe

    ReplyDelete
  3. Wah aku juga suka bikin nasi kuning atau nasi liwet pakai rice cooker. Sekarang udah praktis banget, apalagi ada santan instan. Nggak perlu menghabiskan banyak waktu di dapur. Ditinggal ngapa-ngapain udah jadi deh.

    ReplyDelete
  4. aih mau juga ah bikin nasi kuning rice cooker pake santan sasa. praktis banget ya

    ReplyDelete
  5. Huaaaaa... Jadi pengen makan nasi kuning itu mba. Sepertinya tidak susah ya membuatnya apalagi sudah terbantu dengan adanya Sasa Santan

    ReplyDelete
  6. wow, nasi kuningnya sungguh menggoda, sekarang zamannya serbapraktis ya, mba, ibu bekerja pun bisa menyajikan makanan enak untuk keluarga

    ReplyDelete
  7. Bookmark resepnya ya mbak, kapan2 mau nyobain hehehe

    ReplyDelete
  8. Beberapa kali aku coba bikin nasi uduk dan naskun di rice cooker selalu gagal meski uda ikut resep2 di internet. Tapi liat ini aku jadi pengen coba lagi..kali aja kali ini sakses

    ReplyDelete
  9. masak nasi kuing pake rice cooker bth brp jam ya hihi mantab mba.
    produk baru ya sasa santan.
    nambah pilihan buat yg suka masak biasanya cm kara doank hehe

    ReplyDelete
  10. Saya juga suka pakai santan kemasan ketimbang santan yang diparut di tukang belanja. Soalnya snatan kemasan jauh lebih higienis.
    Nasi kuningnya menggugah selera jd pengen bikin jg :D

    ReplyDelete
  11. Wah, nikmat banget ya Mbak kayaknya nasi kuningnya. Apalagi kalau santannya lumayan kental gitu, tambah gurih rasanya. Jadi pengen masak nasi kuning :)

    ReplyDelete
  12. Huhuhu..nasi santan kuning itu kesukaan saya!

    ReplyDelete
  13. Sasa, Santan andalan setiap kali masak kolakkk.. Jadi pengen bkn nasi kuning pake sasa jugaaa
    Semangat menunaikan tugas sebagai ibu bekerja yah Mbak hehe..

    ReplyDelete
  14. wah nikmat banget sepertinya nasi kuning bikinan mbak Nova, patut dicoba nih, kayanya mudah ya, apalagi tinggal pakai santan Sasa, tinggal syuuuur, gak perlu meras-meras kelapa. Jadi makin rajin masak kalo kaya gini ya, hehe

    ReplyDelete
  15. Ihiy, makasih mbak. Dapat deh resep nasi kuning ala rice cooker.


    Boleh ya mbak disave hihi emak.pemalas macam aku, hepiiii

    ReplyDelete
  16. Saat akan memasak terpikir akan ribet menyiapkan bahan dan peralatan masak, Santan Sasa mempermudah aktivitas memasak tanpa mengubah rasa. Tak perlu repot ke pasar daulu untuk membeli santan, masak nikmat tanpa ribet.

    ReplyDelete
  17. Wuooo tekniknya kreatif... nanyi cobain ah... apalagi ndak perlu repot memeras kelapa mendapatkan santan...

    ReplyDelete
  18. Santan Sasa solusi pas lagi cape dan kelapa mahal, hahaha. Tinggal beli lalu buat masak ini itu, beres banget deh!

    ReplyDelete
  19. Untung ada sasa santan kelapa ya..bahannya alami dan tanpa bahan pengawet. Sehingga masakan bisa lebih nikmat dan gak perlu repot-repot memeras kelapa.

    ReplyDelete
  20. Memang yang namanya memasak dengan salah satu bahannya santan kelapa merupakan warisan budaya kuliner nusantara ya. Beruntung ada Sasa yang praktis nih jaman NOW untuk membuat masakan berbahan santan!

    ReplyDelete
  21. Santan instan yang praktis dan simpel ya. Nggak mengurangi cita rasa masakan juga ya

    ReplyDelete
  22. Wah ada yg baru nih, aku sij sudah pakai yg bubuk, itu aja udah enak banget santannya, apalagi yg versi krim gini ya

    ReplyDelete
  23. Mama di rumah pakak santan instan. Dulu kalau inget bagaimana cara bikin santan lelah banget mendekati stress. Wkwkwk. Pake cara tangan berdarah kena parutan.

    ReplyDelete
  24. Aku baru tau kalau masak nasi kuning ternyata bisa pakai rice cooker ya mba? Warna nya juga jadi cantik, so, simple cara bikinnya. Jadi ngiler dah liatnya

    ReplyDelete
  25. xixixi, saya masakan bersantan selalu pakai santan cair. Enak, kekentalannya udah pasti, gak pakai saring2an :D

    ReplyDelete
  26. Waah nasi kuning.. Mau coba juga ahh resepnya, makasi mbaak resepnya. Mudah dibuat dan enak deh ya pasti

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.