Mampir Sejenak Di Danau Raja


Danau Raja berada di ibukota kabupaten Indragiri hulu tepatnya di kota Rengat. Danau Raja memiliki ukuran yang cukup luas.  Ditepian danau raja juga dibuat seperti hutan kota, pepohonan yang ada  cukup rindang sehingga cukup teduh untuk pengunjung walau suasana matahari dalam keadaan terik.  
Letak danau raja berada dekat dengan jalan raya sehingga mudah dijangkau.

Di dalam komplek Danau Raja terdapat  Replika Istana Kerajaan Indragiri yang merupakan warisan budaya dan sejarah kerajaan melayu. Dan sejarahnya danau adalah merupakan danau tempat mandi para raja ketika itu. Selain itu juga ada  Gedung Olahraga dan pernah digunakan untuk event Pekan Olahraga Provinsi ke VIII di Kabupaten Indragiri Hulu.

Danau Raja merupakan alternatif hiburan murah dalam kota, yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar kabupaten Indragiri Hulu.


Untuk masuk ke kawasan Danau pengunjung diharuskan membayar seharga 5000 rupiah. Kurang tahu juga apakah itu memang dari pengelola resmi  , ataukah semacam pungutan liar yang hanya memanfaatkan  hari libur dan banyak pengunjung. Dewasa dan anak-anak harganya sama saja, soalnya waktu mampir kami bertiga sama Hamid usia 3 tahun, kami bayar 15.000 rupiah. Oh iya harga masuk akan beda kalau bawa mobil atau motor, soalnya waktu itu ditanya bawa motor ga?, karena naik angkutan umum kami jawab tidak bawa. Semoga uang masuk memang dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan danau, dan kenyamanan pengunjung.


Ketika kami sampai, pengunjung cukup ramai. Sepertinya masyarakat banyak membawa anak-anak ke sini, memanfaatkan hari libur um.  Serunya ada yang  datang rombongan, menggelar tikar membawa bekal , dan makan bersama, mereka terlihat sangat menikmati.


Kondisi air danau sangat bersih, ada perahu motor yang disewakan untuk pengunjung yang ingin berkeliling danau. Ada juga  perahu bebek  dayung yang disewakan kepengunjung.  Tapi menurutku dari safety nya sangat jauh. Air danau Raja cukup dalam, sebaiknya penyewa perahu dayung dan perahu motor juga menyediakan semacam baju pelampung untuk pengunjung yang ingin  berkeliling danau. Ketika Hamid merengek minta naik bebek dayung, aku sama sekali gak mengijinkan karena sisi keamanannya sangat kurang. 
Oh iya bagi yang membawa anak balita, mohon hati-hati terutama untuk anak yang aktif dan gak bisa diam, tepian danau sama sekali tak ada pagar, cukup mengkhawatirkan bagi anak-anak yang suka berlari-lari ditepi danau, pastikan anak dalam jarak aman dan kalau perlu digendong aja deh. Waktu kesana Hamid dipimpin terus sama bapaknya kalau sudah mulai “liar” 😁 sudah deh langsung gendong aja...hahahah Mak parnoan banget ya? eh ini namanya waspada  dan orang tua gak boleh lengah.
Oh iya, selain dilengkapi tempat duduk yang membuat pengunjung nyaman untuk beristirahat, di danau Raja juga ada Playground untuk anak seperti perosotan dan ayunan, cukup diminati anak-anak ,dan orang tua bisa sedikit punya waktu buat selfie -selfie ketika anak fokus main :) #emaknyaakooh

Dibalik selfie emak yang kece
Ada bapak ya rempong gendong anak

Danau Raja adalah satu-satunya wisata alam yang mudah dijangkau baik dari jarak maupun ukuran dompet 😁. Sebenarnya untuk wisata alam ada beberapa sebut saja wisata  alam bukit 30 hanya saja cukup jauh apalagi harus bawa anak-anak.

18 comments

  1. Kalo di sini ada danau UI yang rame juga tapi gak ada fasilitas bermain anaknya.

    ReplyDelete
  2. View ny keren nih. Sama kek danau yang di tangerang tuh hehe

    ReplyDelete
  3. Wih asik juga tuh.
    Tapi danau dipagerin kayanya ga bagus deh mba. Mending orang tuanya aja yang harus hati-hati kalau bawa anak.

    ReplyDelete
  4. Ahh Wisata alam yang murmer banget ya, cuma 5 ribu, bisa sepuasnya,,mbayangin onlen di rerumputan.
    Ajak aku ke Danau Raja donk, kita ngobrol cantik Mba.

    ReplyDelete
  5. Lumayan mba, melepas kepenatan dari suasana mall dan ibukota.. kalau bawa anak jadi greget karena pasti lari lari an ^^’

    ReplyDelete
  6. Semoga tempatnya selalu bersih, ya, mbak.

    ReplyDelete
  7. Tiap liat danau gatau kenapa berasa tenang dan sejuk aja. Airnya ga bergelombang, tenang, tapi indah jadi asyik merenung dan cari inspirasi di danau hehe.

    ReplyDelete
  8. Aku paling suka main main ke danau. Kemarin sampe belain menjelang maghrib ke danau Beratan Bedugul Bali. Seru ya, ke Danau Raja bawa anak :) sangat ramah anak. Murah lagi haha

    ReplyDelete
  9. Ngebayangin danau dengan view yg masih asri itu rasanya gimanaaaa gitu. Tapi pinggiran danaunya kok ga di pagar gitu ya mba, jadi was-was juga klo bawa anak kecil

    ReplyDelete
  10. Aku senang kalau ada tempat wisata yang letaknya nggak jauh dari tempat tinggal dan harganya terjangkau. Kalau akses jauh,kadang kasian anak. Hehehe

    ReplyDelete
  11. disini gak ada danau danauan, banyaknya sungai hihi saya dari kalimantan. btw rengat itu dimana ya mba?

    ReplyDelete
  12. Asyikkk..saya juga senang tuh main bebek-bebek, eh sepeda air. Hehehhe

    ReplyDelete
  13. Senang banget liatnya, masih banyak pepohonan besar di pinggirnya jadi adem

    ReplyDelete
  14. daridulu mau naik bebek-bebekan belum kesampaian :-D
    seru banget ya mba Nov, dih ngiler danaunya.

    ReplyDelete
  15. Kurang ramah anak yaaa, Mbak... anakku usil soalnya

    ReplyDelete
  16. Sekilas, danau dan lingkungannya terlihat suejuk. Apalagi kalau ada cerita sejarah tentang Kerajaan Indragiri. Ini tempat yang harus dikunjungi. Adem, apalagi kalau sama keluarga sambil gelar2 tikar ^_^

    ReplyDelete
  17. Area di sekitar danau terlihat bersih, Mbak :)

    ReplyDelete
  18. Enak ini tempatnya buat cari udara sejuk, sekalian manjakan mata :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.