5 Tips Jualan Online Tanpa Modal untuk Pemula

Sekarang ini dijaman yang serba praktis dan mudah, banyak orang yang mulai melirik bisnis online. Kenapa hal  ini terjadi? Yah, karena dengan bisnis online, kita tidak perlu membayar sewa tempat layaknya mempunyai toko offline. Dengan adanya bisnis online maka sudah bisa mengeruk omzet jutaan hanya dari rumah dan juga biaya operasional akan semakin sedikit.
Mempunyai bisnis online juga membutuhkan perencanaan matang agar tidak cepat gulung tikar. Ada beberapa resep rahasia yang harus Kita terapkan agar bisnis online Kita bisa menjamur dan menghasilkan omzet meroket.
Berikut ini adalah 5 poin yang harus Kita perhatikan untuk memulai berbisnis secara online
  1. Menentukan produk Apa yang akan Kita dijual
Jika Kita ingin memulai bisnis online, langkah pertama Kita  harus tahu apa yang ingin Kita jual karena tidak semua produk offline bisa dijual secara online. Kita harus bisa menangkap peluang pasar. Dan yang terpenting, pastikan produk  adalah sesuatu yang bisa digunakan untuk jangka panjang karena meskipun jualan online memang tanpa modal, tapi Kita memerlukan strategi cerdas untuk bisa memenangkan pasar.

  1. Memastikan Niche Market produk.
Apa itu Niche Market? Niche Market adalah pemilihan segmen pasar yang khusus menyediakan item sejenis dengan apa yang Kita jual. Niche market ini mempunyai tuujuan agar bisa mendapatkan kepuasan dari customer Kita dan mengurangi persaingan pasar.

Kita harus tahu dan menemukan keunikan dari bisnis online agar bisa menemukan pembeda dari bisnis-bisnis online lain. Apabila Kita sudah menemukan unsur unik bisnis  maka tidak ada yang tidak mungkin bagi Kita untuk meraup untung berkali-kali lipat.

  1. Menguji pasar terlebih dahulu
Jangan terlalu terburu-buru untuk menjual produk Kita dalam sekala besar. Alangkah baiknya Kita mencoba terlebih dahulu memasarkan produk Kita dalam skala kecil secara online untuk melihat minat pasar terhadap produk Kita. Dari sini, Kita akan dapat memetakan siapa target pembeli produk Kita, berapa banyak yang mereka butuhkan dan mengetahui tingkat kepuasan customer terhadap produk Kita.

  1. Membuat perencanaan Bisnis.
Luangkan waktu sejenak untuk menyusun rencana bisnis secara rinci. Hal ini dimaksudkan agar Kita tahu apa yang akan Kita ambil untuk bisnis online Kita. Pastikan juga apakah Kita memerlukan modal tambahan dan darimana sumber dana bantuan itu berasal.
Kita juga perlu menghitung biaya operasional bisnis Kita agar nanti Kita tidak mengalami kerugian ketika memulai bisnis online Kita.

  1. Buat Website atau Toko Online
Hal yang penting dalam bisnis online adalah Kita memiliki rumah sendiri untuk bisnis Kita. Bergabung dengan marketplace tidak akan megembangkan bisnis Kita. Jika Kita ingin meraih omzet besar, Kita harus berani mengelola toko online Kita sendiri.
Sekarang ini sudah banyak platform yang menyediakan pembuatan toko online secara mudah dan praktis, salah satu rekomendasi adalah paltform bernama winmarket.id

Di winmarket, Kita bisa mengelola toko online Kita sendiri dan pastinya Kita dapat mengembangkan brand Kita di pasar. Kita juga dapat menggaet para dropshipper atau marketer untuk membantu memasarkan produk Kita. Pasar yang besar di Winmarket adalah salah satu ladang omzet meroket Kita.
 
  1. Share ke Sosial Media, salah satu cara agar produk dikenal masyarakat kita juga bisa memanfaatkan sosial media semacam Facebook , Instagram, dengan ngelink ke toko/web produk yang kita miliki.

        
Di zaman serba digital seperti saat ini, semua jadi lebih mudah, asalkan ada niat yang kuat dan tentunya direalisasikan.

Jadi, apakah kini Kita siap untuk membangun bisnis online Kita? Jangan ragu lagi karena bisnis online yang sukses itu dijalankan sekarang juga,bukan sekedar kata “ingin”.

2 comments

  1. Untuk pemula seperti saya ini kayaknya cocok kalau pakai ini aja. Karena gratis dan mudah. Tanpa modal uda dapat laba. Keren keren

    ReplyDelete
  2. Semakin banyak pilihan untuk berjualan :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.