Menikmati Pesona wisata Tirta Gangga yang Menawan


Bali memang menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat populer dan memiliki pesona keindahannya sendiri baik bagi wisatawan lokal maupun asing. Salah satu lokasi yang menjadi tujuan para wisatawan adalah wisata Tirta Gangga yang berlokasi di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem. Anda hanya tinggal menempuh jarak sekitar 75 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai dalam waktu kurang lebih 2 jam.

Pesona wisata Tirta Gangga yang Perlu Anda Ketahui
Seperti yang kita ketahui bahwa Bali memang merupakan daerah yang budayanya masih terasa kental dimanapun kita menginjakkan kaki di sana. Maka begitu pula saat sedang berkunjung ke wisata Tirta Gangga ini, akan ada kesan tersendiri yang bisa anda dapatkan di sana. Berikut beberapa pesona wisata Tirta Gangga yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan datang ke sana:
  • Berada di area persawahan
Taman ini dibangun seluas 1,2 hektar memanjang dari arah barat ke timur di daerah persawahan. Sehingga akan memberikan kesan dan pemandangan indah tersendiri untuk anda nikmati alam di sekitar lokasi wisata ini.

  • Lokasi wisata yang sejuk
Jika anda ingin mengunjungi Bali dengan mendapatkan suasana wisata yang lebih sejuk maka wisata Tirta Gangga memang menjadi pilihan yang tepat karena lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Agung sebagai gunung tertinggi di Bali.

Kawasan wisata Tirta Gangga memang memiliki nuansa alam yang damai dan sejuk cocok banget buat wisata dalam rangka menenangkan diri atau ingin berbulan madu dengan suasana damai yang jauh dari hiruk pikuk kota. Atau ingin merefresh hubungan dengan pasangan yang sama-sama sibuk dihari kerja boleh donk lepaskan gadget sementaraq lalu menikmati suasana yang damai bersama,.

  • Menjadi lokasi pemotretan
Keindahan lokasi wisata Tirta Gangga memang tidak diragukan lagi, sehingga memang banyak wisatawan yang datang ke sana untuk mengabadikan keindahan pemandangan alam di sekitar lokasi tersebut. Bahkan tidak jarang banyak juga pasangan calon pengantin yang mengambil foto pre wedding di wisata Tirta Gangga untuk mendapatkan kesan berbeda dan lebih romantis
  • Air suci untuk upacara adat
Air yang ada di kolam Tirta Gangga bukanlah berasal dari air isi ulang tetapi dari dalam tanah dan menurut penduduk setempat air tersebut merupakan air suci yang juga biasa mereka gunakan saat melakukan upacara adat
  • Berenang di kolam dengan sumber air
Ada salah satu tempat yang memperbolehkan para wisatawan berenang di lokasi wisata ini yaitu kolam air sanih. Air yang ada di dalamnya berasal dari sumber langsung dengan dua kolam berkedalaman berbeda untuk anak-anak dan dewasa. Sehingga anda bisa merasakan segarnya berenang dengan air sumber dan pemandangan menarik di sekitar
  • Penuh makna sejarah
Tirta Gangga ini dibangun oleh seorang raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung di tahun 1946. Nama Tirta Gangga diambil dari kata tirta yang berarti air suci dan gangga yang merupakan nama sungai di India. Meskipun bangunannya sudah mengalami renovasi karena letusan Gunung Agung tetapi ciri khas utamanya sebagai bangunan bersejarah tetap dipertahankan.





Tips Berwisata ke wisata Tirta Gangga
Untuk bisa masuk ke wisata Tirta Gangga kita hanya perlu membayar sebesar Rp 5.000 untuk tiket masuknya dan Rp 6.000 jika ingin berenang di kolam air sanih. Namun selain itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa menikmati lokasi wisata Tirta Gangga ini dengan lebih optimal yaitu sebagai berikut :
  • Jangan lupa membawa baju renang dan perlengkapan lainnya jika anda berencana untuk berenang di kolam air sanih
  • Membawa perbekalan seperti camilan atau minuman bisa menjadi pilihan anda untuk bisa lebih menikmati suasana di sana bersama keluarga agar tidak bingung mencari makanan yang cocok apalagi jika anda membawa anak-anak. Lagi pula dengan membawa bekal bisa jadi solusi untuk hemat saat liburan.
  • Perhatikan tanggal dan hari saat hendak berkunjung karena pada hari libur akan cukup penuh di sana, sehingga mungkin saat berenang atau mencari spot foto tidak akan terlalu nyaman
  • Jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen selama berada di sana dengan pemandangan yang sangat luar biasa tersebut
Dengan mengunjungi wisata Tirta Gangga ini maka akan mendapatkan kesan perjalanan dan pengalaman yang berbeda selama berada di Bali yang tidak harus selalu berkunjung ke pantai. Sebenarnya terdapat banyak pilihan lainnya untuk bisa mengisi liburan di Bali yang juga menarik. Untuk mencari destinasi wisata lainnya. Di Bali kita  juga bisa mencari pilihan tempat wisata lainnya di www.traveloka.com.

---


22 comments

  1. wah mom, asik banget nih tempat liburannya

    ReplyDelete
  2. tampaknya asik banget ya bisa berlibur ke tirta gangga. lokasinya kayanya nyaman ya buat anak-anak

    ReplyDelete
  3. Wah keren ya... Insya Alloh thn ini ada jadual ke Bali mdh2an bs ke sini :)

    ReplyDelete
  4. Jauh juga dari bandara,tp cerita dari view nya boleh jga ..

    ReplyDelete
  5. Harus pakai baju renang? Atau boleh kaos aja? View-nya cakep deh.

    ReplyDelete
  6. Wah, aku baru tau tempat wisata ini bun. Kapan ke bali ya, pengen mampir n foto-foto. Hihi

    ReplyDelete
  7. Sepertinya tempat yang sejuk dan nyaman untuk liburan bersama keluarga ya, mba..noted! :)

    ReplyDelete
  8. Kapan bisa ke Bali harus ke sini ya.

    ReplyDelete
  9. Terakir ke tirta gangga tahun 2016. Udah banyak banget bule bule yang disana. Ahh, semoga pariwisata di indonesia makin moncerr ke kancah dunia

    ReplyDelete
  10. Cantik ya tidta Gangga, next time kalo ke bali diagendakan kesana deh

    ReplyDelete
  11. Aku baru denger tentang wisata Tirta Gangga ini, Mba Nova. Boleh banget dicoba, biar liburan ke Balinya nggak melulu ke destinasi yang mainstream :D.

    ReplyDelete
  12. Duh aku pernah ke Bali tapi belum pernah ke tempat ini. Indah dan segar.

    ReplyDelete
  13. Iya bener, Bali bukan melulu soal pantai, yg kaya gini juga bisa jadi destinasi menarik. Kalo aku pengen ke wisata alamnya yang hamparan sawah bertingkat-tingkat itu, yang ada sistem pengairannya sendiri diakui dunia, ah lupa namanya apa, di desa Kintamani keknya

    ReplyDelete
  14. Ini tempat kok cakep banget, siiih. Ya Allah, jadi pengen kesana

    ReplyDelete
  15. Idolaku nih. Selalu ku tungguin tips wisatanya. Berasa lagi berendam Sungai Gangga di India yaa? Tirta Gangga yg ada di Bali ini jadi tempat buat mandi bersama (ritual suci) ya

    ReplyDelete
  16. Murah masuknya dan cantik pemandangan, beruntung banget kalo bisa ke sini

    ReplyDelete
  17. sepertinya sunyi dan nyaman.. cocok utk kontemplasi

    ReplyDelete
  18. Bali selalu bikin kita pingin bolak-balik ke sana lagi. Apalagi banyak tempat wisata yg cakep seperti Tirta Gangga ini

    ReplyDelete
  19. Bali selain memiliki pesona alam yg luar biasa indah juga memiliki pesona misteri yg tidak kalah luar biasanya.Sll takjub dg Bali

    ReplyDelete
  20. Wah asyik kalau berendam dan berenang di Tirta Gangga. Ternyata kolamnya buatan ya sejak 1946, tdnya saya pikir tempat mandi raja2 zaman dulu hehe. Tapi tetep krn lokasinya eksotis org tetep seneng ya ke sana :D TFS

    ReplyDelete
  21. Cantiknya... Aku belum pernah kesana

    ReplyDelete
  22. bali memang selau menyuguhkan pesona yg memukau yaa mbaa.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.