Simsalabim Dapur Bersih, Emang bisa?

Dapur memang salah satu  ruangan paling penting di rumah. Dari dapur kita bisa menumbuhkan cinta dalam keluarga melalui masakan-masakan yang kita olah.
Apalagi sebagai ibu rumah tangga, tiada hari tanpa ke dapur hahahaha, ya iya lah ya. Karena dapur  sering digunakan buat masak ini itu tak heran jika dapur paling mudah kotor.
Kalau jadi ibu stay at home terus alias ibu rumah tangga pasti dapur selalu kinclong. Bagaimana kalau Bu ibu yang tiap pagi selalu kejar-kejaran sama waktu karena harus buru-buru kerja?. Kebanyakan abis masak ditinggal gitu aja, bahkan piring pun kotor dicuci saat malam hari.  Baru bersih-bersih dapur minimal seminggu sekali, itu pun kalo hari liburnya di rumah, kalau buat jalan-jalan bareng keluarga ya tabungan dapur yang kotor jadi tambah waktu.
Dapur memang harus dibersihkan dari minyak goreng yang sering secara tidak sengaja terlempar dari kompor. Noda yang ditimbulkan akibat minyak goreng memang sulit untuk diangkat dan dibersihkan. Banyak lemak dan kotoran yang nempel diarea kompor dan westafel cuci piring. Noda - noda itu kalo sudah lama numpuk agak susah di bersihkan. Tapi sebenarnya kalau lagi rajin gampang-gampang aja kok, hehehe.
Membersihkan dapur memang gampang gampang susah dan  memerlukan kesabaran berlebih ketika membersihkan noda yang menempel pada perabotan sekitar dapur. Kita bisa menggunakan sabun pencuci piring untuk membersihkan noda minyak yang menempel pada perabotan  yang lain. Dengan cara menggosokkan cairan pencuci piring pada tempat atau daerah yang terkena noda minyak dan menyeka noda tersebut dengan spons.
Noda westafel lebih sulit untuk dibersihkan, jika tidak dibersihkan secara berkala bisa menjadi tempat yang paling nyaman untuk bakteri berkembang biak, ujung-ujungnya bisa menjadi tempat perkembangbiakan penyakit.
Jika saluran westafel mulai tidak lancar dan mungkin tersumbat kita bisa menggunakan air panas atau cuka putih kedalam westafel untuk merontokkan gumpalan lemak didalamnya. Tapi banyak juga yang  menggunakan soda api untuk membersihkan sumbatan pada wastafel, tapi harus berhati-hati saat menggunakannya dan membaca petunjuk penggunaan sebelum memutuskan untuk membersihkan sumbatan pada wastafel menggunakan bahan ini.
Tak hanya membersihkan sekitar area masak memasak dan westafel kita perlu membersihkan area dapur minimal sebulan sekali, mengingat kehigienisan dapur itu penting demi kesehatan seluruh anggota keluarga.
Kita juga perlu membersihkan minyak yang menempel pada perabotan lainnya  secara rutin. Tak hanya noda minyak saja, kita perlu membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada barang barang didapur .
Kita dapat menggunakan cuka sebagai bahan yang efektif untuk membersihkan kotoran atau gunakan cairan pencuci piring supaya lebih mudah dan aman. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan kain yang bersih untuk membersihkan kotoran didapur . supaya kotoran tidak menyebar ketempat lain
Kulkas juga perlu dibersihkan dengan rutin untuk mencegah perkembang biakan penyakit didalam kulkas. Semua bagian kulkas perlu dibersihkan tidak terkecuali bagian dalamnya.  Membersihkan kulkas dengan mengelap kulkas dengan lap bersih nan kering agar kotoran atau noda dapat dengan mudahnya terangkat. Jangan menggunakan serabut atau spons kasar untuk membersihkan bagian dalam kulkas karena hal itu akan menggores dan merusak permukaan kulkas.

Jadi ibu rumah tangga itu memang banyak PR nya. Lelah sudah pasti tapi kudu dijalani dengan rasa ikhlash dan syukur biar selalu sehat jasmani dan rohani. Punya anak yg .udah ABG, tak salahnya minta bantuan mereka kan..? Mengajak anak anak atau anggota keluarga yang tinggal bersama anda untuk membersihkan dapur bersama-sama itu justru menumbuhkan rasa memiliki bersama, dan menjaga kebersihan itu tanggung jawab bersama. Mulailah dari hal yang sederhana seperti segera membersihkan piring atau peralatan bekas pakai dan menyimpannya ketempat yang seharusnya. Dengan membuat peraturan semacam ini kebersihan dapur akan selalu terjaga dan bersih sempurna. Pastikan  barang barang dikembalika ditempat yang seharusnya agar dapur terlihat rapi an lebih tertata.
Tapi ada kalanya kita punya waktu yang sedikit banget, apalagi ada jadwal yang telah disusun jauh-jauh hari dan tak sempat embersihkan dapur. Sebut saja traveling bersama keluarga, mengunjungi keluarga , pulang kampung dll. Dipastikan dapur akan saling kotor dan makin sulit dibersihkan. Untuk mbersihkannya kita bisa memulainya pelan-pelan alias sistem angsur , udah kaya ngeredit kulkas ya? Atau bisa mengajak keluarga bergotong royong. Tapi sekarang hidup makin mudah kok, kalau memang gak punya waktu, sesekali boleh lah menyewa jasa kebersihan.  Hidup itu gak dibikin stress kok, gimana enaknya menjalaninya, yang penting selalu happy dan sehat .
Hmmmm..tapi ada yang paling ku inginkan, kalo liat dapur berantakan atau setrikaan numpuk, kadang suka berkhayal  punya satu tongkat ajaib lalu bilang “simsalabim dapur bersih semua” :D . Tiga detik kemudian teriak histeris karena kompor ,wajan ikutan ilang wkwkwk.




14 komentar

  1. Dapur bersih impian semua ibu ya.. Tapi kadang kalo udah capek masak, membersihkan dapurnya sering tertunda karena pekerjaan lain. Kalo ada jasa general cleaning, masalah kebersihan dapur bisa cepat teratasi :)

    BalasHapus
  2. Aku gak tiap hari ke dapur, tapi dapurnya gak pernah rapi deh kayaknya. Termasuk yg butuh tongkat ajaib nih ��

    BalasHapus
  3. nah, aku sehabis masak atau beraktivitas di dapur selalu langsung dibersihkan dg tujuan agar janagn ada yang emnemel lama shg malah susah dibersihkan. nah yg susahnya kalau suami dan anak yang pakai dapur gak dibersihkan

    BalasHapus
  4. Mau bangett simsalabim dapur cliing! Belum pernah pake jasa bersih2 begini, pengen juga ah kapan2.

    BalasHapus
  5. hahaha mau dong tongkat ajaib yang bisa mbersihin dapur dengan sim salabim aja :D
    Dapurku jangan ditanya deh, asli berantakan bangeet *emak2 pemalas ini hihi

    BalasHapus
  6. Dapur OK jadi semangat memasak. Ajak peran suami dan anak untuk jaga kebersihan di dapur

    BalasHapus
  7. Dapur bersih emang dambaan banget, Kalo udah selesai bantuin ibu masak saat weekend aku kadang dimarahin ibu karena bersihin dapurnya gak bersih haha

    BalasHapus
  8. Jadi ibu bener banget ih banyak peernya ya mba..saya sih gak ngoyo kalo lg sempet dibersihin kalau ngga ya kapan2 aja kalo lg mood.mhaha..parah si ini..emang enaknya ada jasa nhebersihin jadi tinggal ongkang2 kaki *asaladauangnya hihi

    BalasHapus
  9. Pinjam tongkat Nirmala kali yaa menyulap dapur jadi langsung bersih. Aku tuh pernah ga bisa tidur, kepikiran dapur kotor. Jadilah dini hari ngelap kompor dan sekitarnya. Hahahaha

    BalasHapus
  10. Kirimin aku tongkat ajaib donk, dapurku lagi belatak niy, palagi minggu pengennya leyeh leyeh..

    BalasHapus
  11. Dapur bersih itu dambaan banget, tapi kadang sehabis dipakai malas membersihkan karena badan udah capek

    BalasHapus
  12. Dapur bersih tuh bikin kita nyaman deh. Iya dong. Meski sederhana yang penting bersih. Mau aktivitassemangatdi dapur jadi tambah semangat ^^

    BalasHapus
  13. Wah kalo dapur bersih bikin betah ya buat nyobain resep yg kadang cuma simpen2 doang, gk ada eksekusinya hihi

    BalasHapus
  14. Bener banget, jadi seorang istri sekaligus ibu itu akan selalu bertemu dengan dapur dan segala problematikanya ya. Kebersihan dapur bisa jadi bikin mamak betah berlama-lama di sana.
    Sok atuh mba cari dimana si tongkat bimsalabim, saya juga mau yaa.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.