Membeli Tiket Kereta Api Online, Begini Caranya


Kemudahan dalam mengakses internet semakin memberikan kemudahan pula bagi penggunanya. Banyak hal kini yang langsung berkaitan dengan penggunaan internet. Bahkan transaksi jual beli pun dapat berlangsung melalui internet yang disebut dengan online shop.
Bukan cuma baju, elektronik, peralatan rumah tangga, bahkan hingga makanan juga dapat dijual secara online. Kemudahan tersebut sekarang merambah ke arah transportasi juga, selain ojek online, kini juga bisa mendapatkan tiket kereta api secara online. Membeli tiket secara online juga merupakan upaya dapat tiket murah dan liburan lebih hemat


Berikut beberapa opsi dan cara untuk membeli tiket kereta api online:


Pesan Tiket Online di Stasiun
Kini bukan hanya dapat membeli secara offline tiket kereta di Stasiun, namun juga secara online. Terdapat mesin pembelian tiket kereta api online untuk menghindari antrian pembelian secara manual di loket pembelian tiket.
Caranya :
  1. Bawalahkartu identitas seperti KTP atau SIM.
  2. Datangi mesin pembelian tiket kereta yang berada di Stasiun.
  3. Isikan data calon penumpang secara lengkap mulai dari nama, alamat lengkap, berapa jumlah penumpang, kota asal, kota tujuan, tanggal keberangkatan dan juga jam keberangkatan serta dapat memilih kursi penumpang sendiri.
  4. Teliti dahulu sebelum akhirnya data tersebut di OK.
  5. Lakukan pembayaran melalui cara yang tertera di mesin pembelian tiket kereta.
  6. Simpan kode pemesanan dan juga voucher pembelian untuk ditukarkan saat keberangkatan, namun lebih baik jika hari keberangkatan tiba  datang satu jam lebih awal untuk menukarkannya di loket karena biasanya akan banyak antrian.


Melalui Aplikasi Android
Kini banyak aplikasi yang menyediakan jasa pemesanan tiket kereta api secara online. Kita tinggal memilih salah satunya di aplikasi yang ada pada PlayStore, setelahnya langsung install saja. Setelah di install, Kita harus melakukan beberapa langkah dibawah ini:


  • Tentukan Rute Perjalanan
  • Pilih Jadwal Keberangkatan 
  • Informasi Penumpang
  • Kita Dapat Memilih Kursi
  • Pembayaran. 
  • Pembayar Metode Pembayaran Yang Dapat Dilakukan.Dilakuka metode pembayaran disediakan disini untuk mempermudah transaksi mulai dari menggunakan kartu kredit, menggunakan Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI, atau menggunakan transfer via ATM dan yang terakhir menggunakan CIMB Cliks pun juga bisa dilakukan.
  • Pengiriman Voucher Tiket
Setelah melakukan pembayaran, Kita akan menerima pesan singkat atau SMS dan juga email yang berisi informasi ringkasan voucher kereta secara instan dalam waktu lebih kurang 60 menit. Simpan dengan baik informasi tersebut, cetaklah voucher yang dikirim via email untuk kemudian ditukarkan dengan tiket kereta reguler di Stasiun 1 jam sebelum keberangkatan.


Melalui Mini Market
Bagi  yang tidak ingin capek - capek mendatangi stasiun untuk melakukan antrian dan juga tidak bisa melakukan instalasi aplikasi pemesanan tiket melalui smartphone , mungkin opsi yang terakhir ini dapat membantu menyelesaikan masalah.


Opsi tersebut ialah dengan memesan tiket di mini market terdekat. Lalu bagaimana cara melakukannya? Perhatikan langkah - langkah berikut ini:
  1. Datanglah ke mini market terdekat yang memang menyediakan jasa pembelian tiket kereta.
  2. Bawalah kartu identitas calon penumpang.
  3. Carilah LCD untuk melakukan transaksi pembelian tiket. Biasanya terletak di depan kasir.
  4. Isi detail informasi mengenai nama, alamat, nomor handphone, nama kereta, asal kota dan juga kota tujuan, tanggal dan jam keberangkatan, yang terakhir ialah berapa banyak tiket yang akan dibeli.
  5. Teliti terlebih dulu apakah data yang diisikan tadi sudah benar.
  6. Cetak kode pemesanannya
  7. Bayarlah pemesanan tiket di kasir mini market tersebut dengan harga yang tertera pada mesin pemesanan tiket.
  8. Simpan dengan baik struk pembelian dan juga kode pemesanannya yang akan ditukarkan pada saat keberangkatan di stasiun.


Lalu opsi mana yang akan  dipilih? Semua opsi tadi memberikan kemudahan pada calon penumpang kereta. Kemudahan tersebut disediakan bagi  para penggunanya. PT KAI semakin memperbaiki diri agar dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi penggunanya. Kini kemudahan mendapatkan tiket kereta api via online, kedepannya tentu ada kemudahan lagi yang terus berkembang bersama kecanggihan teknologi yang telah masyarakat kuasai.


Apakah teman-teman udah booking atau membeli tiket kereta api online untuk mudik nanti? Tapi tahun 2018 banyak libur nasional di penghujung week end, jadi kita bisa memanfaatkan libur 3 hari untuk pulang kampung atau jalan-jalan.

6 comments

  1. Tiket penting banget bagi yang ingin mudik. Manfaatin sebaik baiknya

    ReplyDelete
  2. Aku biasa beli tiket KA di e-commerce. Di sana banyak promo dan gampang prosesnya

    ReplyDelete
  3. Sekarang semua serba praktis ya. Aku kalau di Indonesia mudiknya nail mobil dan ferry or terbang karena pulkamnya ke Lampung

    ReplyDelete
  4. Udah banyak yaa aplikasi yang menjual tiket kereta api gini. Huhuhu, sayanya belum pernah naik kereta api euy T_T

    ReplyDelete
  5. Aku seringnya kalo beli tiket KA selalu onlen,praktis dan cepat bisa dimanapun. Ga mudiik, jagain bandung ajaaa..

    ReplyDelete
  6. Kalau aku lebih suka beli online pakai aplikasi lebih mudah dan lebih cepat :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.