Berbuka Dengan Yang Manis, Sehatkah?

Berbuka dengan yang manis

Tidak terasa bulan Ramadan akan tiba dalam hitungan hari, bulan ramadan bulan yang ditunggu-tunggu umat islam dimana di bulan ini ibadah puasa akan dijalankan selama satu bulan penuh. Salah satu hal yang membahagiakan  adalah tibanya waktu berbuka, dan menikmatinya bersama keluarga.
Apa sih makanan kesukaan sahabat nashhah saat berbuka puasa? Hidangan pembuka biasanya serba manis ya , teh manis, kolak, cendol bubur dan takjil lainnya ,pokoknya serba manis. Berbuka dengan yang manis memang dianjurkan dan merupakan Sunnah nabi, artinya sebaiknya memang dilakukan.

Mengapa berbuka dengan yang manis dianjurkan?

Saat kita berpuasa  makanan yang kita konsumsi saat sahur nutrisi banyak yang hilang karena aktifitas kita  disiang hari , tubuh kita mulai lemas, kurang asupan, kurang air, kalori banyak yang terbuang.

Makanan dan minuman manis sangat cepat diserap tubuh , sehingga cepat pulamembuat tubuh segar kembali stamina pulih kembali. Berbeda saat sahur dimana minuman manis sangat tidak dianjurkan, karena cepat diserap tubuh, nutrisi cepat terbuang, sehingga siang akan mudah letih dan lemas. Beda jika banyak minum air putih, lambat diserap tuh lambat pula dibuang, sehingga siangnya tidak terlalu lemas.

Sehatkah Berbuka dengan yang manis?

Ingat anjuran berbuka dengan yang manis adalah untuk memulihkan stamina, jadi makan dan minumlah dengan yang manis sekedar dan secukupnya  untuk memulihkan tenaga . Berbuka dengan yang manis bukan harus mengkonsumsi semua yang manis, hingga kenyang, yang kemudian kita tidak lagi mengkonsumsi makanan yang lain.

Ingat tubuh kita bukan cuma butuh gula tapi perlu vitamin dan mineral agar tetap sehat saat berpuasa. Jangan sampai kebanyakan makan minum yang manis saat berbuka puasa, saat berbuka minum teh manis, kemudian makan kolak , sejam kemudian makan es krim , cendol dan kue-kue manis lainnnya. Alih-alih bukannya membuat tubuh bugar untuk menjalankan ibadah tarawih dan puasa justru membuat tubuh lemas, gula darah tinggi, kolesterol, mengantuk, karena tumpukan gula dalam tubuh sangat tinggi. Penting memerhatikan asupan makanan agar fit saat berpuasa, makanlah dengan asupan berimbang ada vitamin, mineral, dan protein yang cukup.

Sajian berbuka puasa dengan yang manis tapi tetap sehat.

Saat berbuka sebaiknya mulailah dengan minum segelas air putih bersuhu normal. kemudian berilah jeda beberapa saat sebelum memulai makan atau minum yang manis. Sebaiknya makan atau minum apa saja? Teman-teman bisa pilih beberapa menu berikut tapi bukan berarti mesti dimakan semuanya ya, :)
  1. Kurma. Rasulullah menganjurkan berbuka puasa dengan kurma , kurma tak sekedar manis tapi juga mengandung vitamin dan mineral. Dan dianjurkan memakan dengan jumlah ganjil 3 , 5, 7 bukan 115 buah ya , lol. Bagus juga jika dalam bentuk sari kurma, kita bisa meminum 1 atau 2 sendok saja.
  2. Makan / minum Jus buah, pilih buah yang memiliki kandungan manis alami. Bisa jus pepaya atau buah yang lainnya.
  3. Semangkuk bubur kacang hijau. Boleh kolak atau bubur kacang hijau atau takjil lainnya asal tak berlebihan.
  4. Teh manis, boleh cukup satu gelas sedang saja. Satu gelas teh biasanya kita memasukkan 1-2 sendok makan gula pasir, bagaimana jika sampai 3 gelas? belum lagi makanan atau minuman manis lainnya. Terbayangkan berapa banyak gula yang kita masukkan dalam tubuh?
  5. Madu 1-3 sendok makan. Seperti yang kita tahu madu selain memiliki manis alami juga mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh.

Selain ketakutan akan naiknya gula darah karena banyak makan dan minum yang manis , kebanyakan gula juga membuat tubuh menjadi gemuk. Kadang suka heran ya, berpuasa tapi bobot tubuh gak turun, malah sebagian malah tambah gemuk. Bagaimana bisa kurus kalau kita masih banyak berbuka dengan yang manis, sehingga terjadi penumpukan kalori dalam tubuh. Nah yang ingin tubuh langsing saat berpuasa nanti, kurangi yang manis saat berpuasa nanti ya, toh kita sendiri sudah manis imut gini , ya kali imut? Lol. Waspada juga jika sedang berpuasa saat hamil, karena memengaruhi janin dalam kandungan, bobot janin lebih besar karena ibu suka makan makanan manis.

Pada dasarnya berpuasa hanya merubah pola makan, yang biasanya makan siang hari, saat puasa, diganti saat malam hari. Jadi sebenarnya tidak ada yang berubah dari pola makan, jadi kenapa harus makan berlebihan? Makan berlebihan apalagi terlalu banyak yang manis saat berbuka cendrung mengantuk ujung-ujungnya malas beribadah. Makanan yang manis juga bisa memicu naik nya asam lambung, sangat berbahaya bagi penderita maag yang ingin berpuasa.

Berbuka yang dengan yang manis , itu harus, tapi ingat takaran nya ya, biar kita sehat dan bugar saat berpuasa, sehingga menjalankan semua ibadah dengan happy. Oke deh, Selamat menyambut bulan Ramadan buat sahabat setia blog Nashhah, aku mohon maaf  jika selama ini ada tulisan yang tidak berkenan, semoga ibadah kita lancar nantinya. Aamiin.

35 comments


  1. Makasih sharingnya mbk.
    Praktekin klok puasa bsok.

    ReplyDelete
  2. Mari sambut ramadhan dengan jiwa yg bersih dan raga yg sehat. Selamat menyambut ramadhan.

    ReplyDelete
  3. Kalo saya buka puasa itu harus banget es kelapa karena segar heheheee. Kalau yang macam kolak gitu makin bikin haus. Itu kali ya kenapa kita disaranin minum air putih dulu sebelum santap yang manis-manis.

    ReplyDelete
  4. Aku juga kalo buka sukanya makan yang manis mbak, yang paling wajib ya makan kurma tapi kalo untuk makanan manis yang bersantan aku kurang suka

    ReplyDelete
  5. Saya lebih suka berbuka yang sederhana saja, sebenarnya. malah di kampung saya,orang biasanya berbuka dengan teh tawar, lalu lanjut nasi. Makanya suka bingung kalau ada orang yang bilang makanan berbuka di rumah saya "sederhana" atau "kasihan karena nggak ada apa-apa"... thanks for sharing, mbak. :)

    ReplyDelete
  6. Kalau daku malah nggak cocok berbuka dengan yang manis, karena malah bikin tambah haus, apalagi pas puasanya. Jadi seret.

    Lebih suka dengan kalimat "berbuka dengan yang sehat", karena jadi nambah motivasi positif berpuasa

    ReplyDelete
  7. aku dirumah kalo buka puasa bisanya teh anget sama kue. Itupun berasa udah kenyang.
    Dan Makan besarnya bisanya habis magrib atau ngga setelah tarawih :D

    Tapi emang lebih enak makan/minum yang manis-manis sih setelah buka puasa, berasa energinya nambah hehe

    ReplyDelete
  8. Sama, aku pun kalau berbuka puasa dengan yang manis dulu

    ReplyDelete
  9. Emang .. aku juga suka buka pakai yang manis manis.
    Sama satu lagi sih, kalo bisa anget anget. Karena kalau buka sama yang langsung dingin itu sebenernya nggak bagus.

    Tapi ya gimana ya, namanya orang puasa pasti maunya yang langsung nyegerin :D

    ReplyDelete
  10. Paling suka buka puasa dengan teh manis. Seketika langsung deh tenggorokan terasa lebih segar. Kalau mbak biasanya berbuka dengan apa?

    ReplyDelete
  11. Wow kolak, aku sukaaaa. Kalo anak-anak biasanya yang diambil pisangnya aja kalo bikin kolak. Ubi, labu, singkong dll mereka nggak terlalu suka.

    ReplyDelete
  12. Aku sampai sekarang kalau bukan puasa ga afdol rasanya klo ga makan kolak Pisang .asli doyan banget. Tapi katanya kurang bagus ya kalau lgsung makan yang manis2

    ReplyDelete
  13. Bermanfaat banget nih tulisannya untuk persiapan menjelang puasa. Berbuka dengan yang manis. AKu sih biasanya nggak pernah ketinggalan teh manis dan kurma. Nggak mau terlalu banyak yang manis-manis sekarang karena ingat gula darah.

    ReplyDelete
  14. ini saya banget mba, puasa malah makin berisi. hikz. pokoknya tahun ini harus kurangi manis.

    ReplyDelete
  15. Selamat menyambut bulan puasa iya mba, semoga puasanya full.
    Kalo berbuka puasa dengan yg manis tergantung kantongnya juga kali yah. Klo tebel ada menu pembuka seperti yg mba sebutkan dipostingan, lah klo tongpes seperti saya, lgsg aja makan berat.

    salam

    ReplyDelete
  16. Lima menu berbuka itu yang biasa saya lakukan, cuma minum teh yang nggak berani dan paling jarang. Nggak tahu kenapa, kepala malah suka keliyengan kalau habis minum teh. Hehehe...

    ReplyDelete
  17. Sangat bagus makan yang manis2, tpi jangan berlebihan ya

    ReplyDelete
  18. Karena aku sudah manis, jadi tetep berbuka dengan yang manis. Haha

    Selamat Menunaikan ibadah puasa yaa mba. Semoga bisa dilancarkan sampai dengan hari raya*

    ReplyDelete
  19. Kalau menurut ku berbukalah dengan yanh manis itu yg manisnya alami bukan buatan. Seperti kurma dan air kelapa murni. Itu menurut saya loo kak, hehehehehew

    ReplyDelete
  20. Tak kerasa ramadhan tinggal menghitung hari ya mbak. Tengkyu tipsnya, aku suka berbuka dengan yg manis2, tapi emang jangan berlebihan yaaaa

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah ya dipertemukan kembali dengan Ramadhan. Semoga sehat dan lancar ya mba. Aku biasa teh hangat sama kue-kue kalau buka. Pulang tarawwh baru makan lengkap.

    ReplyDelete
  22. Dirumah aku pun selalu sedia kutma untuk takjil, gak terasa ya ramadhan sdh dekat.

    ReplyDelete
  23. Marhaban Ya Ramadhan, kalau kebiasaan di keluarga saya saat berbuka cukup dengan teh manis langsung sholat maghrib. Sehabis itu makan nasi plus lauk. Karena kalau makan setelah isya perut tambah buncit semua :)

    ReplyDelete
  24. Barakallahu fiik, mba...
    Yang paling nikmat memang berbuka dengan minuman hangat yang manis.

    Hummm~~

    ReplyDelete
  25. Iya mba bukan dengan yg manis bikin ngga kaget perut apalg buka dg.korma kandungannya pas buat tubuh

    ReplyDelete
  26. Bener kak... Asal nggak berlebihan sehat ko... Yang berlebihan tuh yang Tak baik

    ReplyDelete
  27. Dulu aku gak suka berbuka sama yang manis, selalu yang asin asin aja. Tapi beneran loh emang harus minum manis biar energi kita bertambah. Kalau aku seh cukup dengan kurma dan teh anget. Yang lain tetep pengennya asin aja, hahaha

    ReplyDelete
  28. Aku selama ini juga memilih berbuka dengan yang manis. Kesukaanku ya teh manis panas.

    ReplyDelete
  29. Memang baiknya mengikuti sunnah ya kak. Banyak ilmu di dalamnya.Rasululah menyontohkan berbuka dengan kurma memang krn kandungan gula dalam kurma tdk tinggi.sehingga perut tdk "kaget"saat diisi pertamakali

    ReplyDelete
  30. Wah pas banget baca ini disaat lagi cari info tentang makanan manis saat berbuka. :)

    ReplyDelete
  31. Aku buka puasa dengan air putih, kurma, dan yogurt. Kelewat manis ya? Tapi lumayan. Nahan lapar hingga selesai tarawih.

    ReplyDelete
  32. Alhamdulillah jumpa bulan puasa lagi. Dan biasanya memang tak lepas dari hidangan yang manis-manis.

    ReplyDelete
  33. Selamat berpuasa, Mbak... :)
    Saya kalau buka juga pasti pake teh manis, ini wajib bagi saya.
    Tapi mmg harusnya secukupnya aja ya mbak, duh kadang aku suka kalap...hiks

    ReplyDelete
  34. Bener banget. Selain bagus buat kesehatan, buka dengan yang manis seperti kurma juga sunnah Rosul.

    ReplyDelete
  35. Saya pernah denger kalau yang namanya berbuka dengan yang manis itu maksudnya manisnya bukan dari gula. Melainkan dari buah.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.