7 Hal yang Perlu Diketahui Saat Akan Liburan ke Filipina


Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang bertetangga dengan Indonesia, Malaysia, Thailand, dan negara asia tenggara lainnya. Filipina pernah menjadi wilayah kolonial Spanyol selama beberapa tahun. Filipina juga dikenal karena keindahan pantai dan pulau-pulau tropisnya.


Destinasi di Filipina cukup beragam, seperti kota yang penuh kepadatan Manila, lokasi scuba dan laguna di Palawan, Perbukitan Cokelat, Taman Nasional Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa, dan masih banyak destinasi lainnya.
Jika Kamu baru pertama kali ingin mengunjungi Filipina, persiapkan tiket online untuk menuju Manila, setelah itu simak artikel tips berikut ini sebagai panduan Kamu selama berkelana di Filipina.


Lezatnya Kuliner Filipina
Mencari sesuatu untuk disantap saat sedang berwisata ke luar negeri dapat dikatakan “susah-susah gampang”, oleh karena itu Kamu membutuhkan panduan akan hal itu. Makanan jalanan (street foods) di Filipina, terutama di Manila, sebenarnya cukup enak dan murah. Ada banyak bahan makanan lokal, seperti pisang, kentang, atau bubur dari nasi. Makanan jalanan pun banyak bertebaran di beberapa titik di tepi jalan dan pasar. Namun, Kamu harus cermat dalam memilih apa yang menarik untuk Kamu makan.

Gunakan Tas Waterproof
Filipina terletak dekat dengan Samudera Pasifik dan beriklim tropis. Hal itu membuat negara kepulauan itu menjadi rentan terserang badai. Filipina juga memiliki curah hujan yang bisa dibilang  tinggi, dan hujan bisa terjadi sewaktu-waktu meskipun sedang musim kemarau. Jika Kamu berencana pergi ke daerah pantai El Nido, Coron, atau Panglao, selalu gunakan tas anti air agar perjalanan Kamu menjadi lebih nyaman. Akan lebih baik kalau Kamu juga menyediakan jas hujan sederhana untuk berjaga-jaga saat Kamu terjebak hujan.


Karaoke
Penduduk Filipina menyebut karaoke sebagai videoke. Di restoran, rumah makan, atau di perkampungan di beberapa tempat di Filipina, Kamu mungkin akan menemukan orang-orang melakukan karaoke. Baik di siang hari atau di malam hari, videoke bisa dilakukan oleh penduduk lokal dan turis asing. Jika Kamu memang punya minat pada karaoke ala Filipina ini, segeralah bertanya kepada pelayan restoran atau penduduk setempat. Namun, tidak semua orang menyukai suasana riuh yang memekakkan telinga.


Comfort Room alias Toilet
Keunikan di Filipina salah satunya adalah penggunaan istilah "Comfort Room" untuk toilet dan kamar mandi. Jika Kamu sedang berjalan-jalan di sudut kota dan tiba-tiba kebelet, Kamu akan jarang menemukan tulisan toilet di beberapa tempat. Terkadang comfort room juga disingkat menjadi 'CR'. Biasakan dirimu untuk mengingat hal ini ketika sedang berada di Filipina.

KurangnyaAkses Internet
Seperti di beberapa negara asia tenggara lainnya, akses internet di Filipina juga masih belum memuaskan. Para turis terpaksa bersabar untuk menggunakan akses internet yang memadai di beberapa lokasi yang menyediakan Wi-Fi, atau terpaksa menggunakan penyedia layanan lokal. Menurut beberapa wisatawan, ada dua penyedia layanan data terbesar di Filipina, yaitu Globe dan Smart. Tapi sayangnya, koneksi internetnya masih kurang maksimal, dan di beberapa tempat cuma mendapatkan sinyal 2G. Kamu sangat disarankan untuk segera beradaptasi akan hal ini.

Akses Pantai
Biaya masuk adalah hal yang wajar bila berada di kawasan wisata. Pengelola wisata setempat akan memungut biaya sebagai retribusi untuk pemeliharaan pantai. Lokasi masuk ke beberapa pantai di Filipina sangatlah banyak. Beberapa pemandu wisata lokal bisa memberikan alternatif tempat masuk ke beberapa pantai yang berbiaya murah, sekitar 25 Peso Filipina (Rp 7.000).

Utamakan Destinasi yang Aman
Keamanan tentu hal yang utama saat berwisata. Faktor yang satu ini wajib dijaga oleh pengelola wisata atau pemerintah setempat demi meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung. Namun, para wisatawan juga wajib menjaga dirinya sendiri demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selalu bersama rombongan seperjalanan juga membantu mencegah aksi kriminal terjadi.

Hingga kini, beberapa wilayah di Filipiina masih diperkirakan kurang aman untuk turis mancanegara. Faktor tersebut membuat calon turis harus mempersiapkan segala dengan baik, dari mulai perencanaan dan tujuan destinasi. Kamu sangat disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu mengenai spot wisata yang akan Kamu kunjungi setelah sampai di Filipina.

12 komentar

  1. Belum pernah ke filipina sih, jadk ini catatan penting buat yang mau jalan ke saja ya. Apalagi ada wilayah ga aman

    BalasHapus
  2. Baru dengar nih liburan ke Filipina, biasanya ke Thailand, hehehe

    Ternyata murah banget yaa biaya masuk ke pantainya

    BalasHapus
  3. Terlihat damai ya.. aku suka liburan ke pantai, Asia tenggara untuk pantai masih sangat indah, untuk Filippine butuh promosi yg lebih besar agar wisatawan banyak berkunjung, well
    Note buat tipsnya

    BalasHapus
  4. Filipina negara unik menurut saya. Murah tapi ternyata perlu lebih waspada ya. Selain faktor keamanan karena sumber daya manusia juga karena faktor alamnya.

    BalasHapus
  5. Unik juga ya Mba toilet dan kamar mandi diistilahkan Comfort Room atau CR, jadi klo kebelet jangan cari tulisan toilet hehehehe

    BalasHapus
  6. Pernah baca kalau kuliner Filipina unik-unik, dan jadi incaran pencinta kuliner. Jadi ikut penasaran....

    BalasHapus
  7. Sayang juga yah masih 2G jaringan internetnya.. Padahal Filipina menurutku negara di ASEAN yang kece, karena jajahan Spanyol jadi tentunya Kulinernya enak, orangnya cakep 😁

    BalasHapus
  8. Tampang orang philipina hampir mirip sm orang kita ya mbak, aku sih liat nya dr pemain bola philipina. Pernah browsing juga tentang kuliner di philipina , banyakyang enak-enak juga disana.. adududuu jd pengenn travelling ke philipina ...

    BalasHapus
  9. Pada sibuk ke malaysia & spore. Padahal di filiphina juga banyak surga tersembunya ya mba.. harganya murah pula.. 😍

    BalasHapus
  10. wah trims infonya. Iya terakhir ke Davao dan Manila, VIDEOKE hahaha baru tau. Yang CR gw baru tau juga.

    BalasHapus
  11. Unik juga ya istilahnya. Videoke bukan karaoke. Comfort room bukan toilet. Eh iya, ternyata Indonesia lebih mendingan ya inetnya dibanding Filipina. Nggak nyangka...

    BalasHapus
  12. Makasih kak infonya kali aja ke Filipina nanti hehehe.btw sayang banget ya jaringannya masih 2G.

    BalasHapus

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.