Manfaat Bernyanyi Bersama Balita

Bernyanyi bersama balita


Sering ngomong ke Hamid, “duh nak..bok ya duduk anteng, dari tadi kok gak ada diamnya lari sana lari sini, apa nggak capek?”. Tapi ya begitulah anak-anak, mereka suka bersenag-senang. Walau kadang capek, tapi dalam hati bersyukur , anak aktif menunjukkan jika ia sehat dan bahagia dan tentunya kita juga ikut bahagia. Dunia anak-anak  memang penuh kegembiraan, senang bermain, dan hati mereka masih suci, penilaian mereka juga tulus. Anak-anak memang gemar bermain apalagi belum sekolah belum dibebani pelajaran ataupun pekerjaan rumah yang lainya.
Walau mereka senang bermain tapi pada dasarnya mereka adalah belajar, mereka suka mengeksplor hal-hal baru, rasa ingin tahu yang besar. Tak jarang mereka banyak bertanya berbagai hal pada orang dewasa. Salah satu yang disenangi anak-anak dan membuat mereka happy adalah dengan mengajak bernyanyi bersama. Aku paling suka ngajak Hamid bernyanyi walau suara aku fals hehehehe..kadang liriknya juga ngarang sendiri, suka suka gue gitu lah. Bernyanyi bisa menjadi sarana belajar bagi anak.
Berikut sedikit penjabaran manfaat bernyanyi bersama anak:
Menggembirakan mereka. Anak yang gembira dan bahagia pasti secara psikologis mereka jauh lebih baik dari anak yang tertekan, dimarahi dan selalu menangis. Dengan bernyanyi bersama ia merasa disayangi dan merasa diperhatikan oleh orang-orang terdekatnya termasuk ayah dan ibu tentunya. Secara emosional tentu juga dapat meningkatkan kecerdasan mereka.
Meningkatkan Bonding Dengan Anak. Apapun kegiatannya, jika dilakukan bersama anak, pasti membuat anak dan ibu menjadi lebih dekat.  Anak akan merasa dekat dengan kita , bahagia dan tertawa bersama. Momen-momen begini menjadi hal yang paling dirindukan semua ibu, terutama untuk mom working.

Baca juga : Memaksimalkan Waktu Bersama Anak

Mengasah ingatan mereka. Kita tahu bahwa setiap lagu memiliki lirik-lirik . Nah dengan menghafal lagu artinya juga mengasah daya ingat mereka terhadap lirik lagu , juga makna-makna yang terkandung didalamnya.
Sarana Belajar. Dari lagu anak bisa belajar sesuatu. Misalnya mengenal warna seperti lagu “balon ku ada lima”, “pelangi-pelangi”dll . Banyak sekali lagu anak-anak  yang bisa kita nyanyikan bersama anak-anak. Ya, tapi lagu-lagu jadul ya, sekarang hampir tidak ada lagi lagu-lagu khusus anak-anak. Memang keadaan ini sangat disayangkan,  tapi mau bagaimana lagi pintar-pintar kita saja sebagai orang tua untuk memilihkan lagu sesuai usia mereka. Jangan sampai anak balita malah senang menyanyikan lagu orang dewasa. Selain tak sesuai usia, lagu-lagu dewasa tentu sangat susah dipahami anak, yang jauh dari aktifitas yang sering mereka lakukan.
Melatih gerak motorik anak. Ketika Hamid belum genap 2 tahun aku sering menyanyikan lagu topi saya bundar dengan menggerak-gerakkan tangan menyerupai topi. Untuk sekarang dia sendiri lebih aktif bernyanyi sambil menari, atau bertepuk tangan sesuai irama lagu. Bagi anak yang belum lancar berbicara ini juga bisa melatih otot mulut mereka untuk mengatakan sesuatu.
Mengasah imajinasi anak dan banyak bertanya . Anak-anak senang berimajinasi tentang sesuatu. Begitu juga dengan lagu dia bisa membayangkan tentang sesuatu, misalnya bintang di langit, ayam yang berkokok, atau burung hantu yang bersuara, suasana saat hujan turun dll
Ada kejadian lucu beberapa waktu lalu, Hamid minta dinyanyikan lagu Indonesia raya dan agak susah aku jawab. Tumpah darah itu apa mi? Dia jatuh darahnya banyak?ya aku jawab bahwa tanah tumpah darah adalah tempat kita dilahirkan. Kayaknya dia susah mencerna tetap bertanya lagi hahahaha #emakgagal😂
Bernyanyi ternyata mengasah perkembangan logika mereka juga ya, mereka bertanya jika tidak sesuai dengan cara berpikir mereka dan mencoba mencerna setiap lirik yang dinyanyikan.
Menambah Kosa Kata. Lagu adalah rangkaian kata-kata. Tentu saja dengan bernyanyi akan menambah Kosa kata mereka.  Banyak kata-kata baru yang mereka temui, dan tentu akan mengundang rasa ingin tahu mereka.
Kegiatan bernyanyi sering kita lakukan, dan kadang kita anggap biasa. Tapi nyatanya dapat mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan anak ya!?.  Boleh dong rekomendasi kan lagu atau saluran YouTube lagu anak, pengen ngenalin lagu baru nih ke Hamid , soalnya kalo mampir ke YouTube gak ajauh-jauh dari Diva anak Sholeh sepertinya dia mulai bosan 😀.

1 comment

  1. waduh aku jarang karena gak pede, habis suaraku jelek dan fals

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.