5 Negara Dengan Tradisi Lebaran Yang Unik


Hari Raya Idul Fitri atau yang lebih akrab disebut dengan Lebaran selalu membawa banyak cerita menarik, terutama bagi mereka yang biasa melakukan tradisi mudik lebaran. Cerita Lebaran biasanya bermula dari pencarian tiket mudik lebaran yang bisa dibilang cukup memacu adrenaline, lalu berlanjut ke kisah perjalanan mudik yang melelahkan tapi tentunya tetap dirindukan.
Indonesia sebagai negara muslim terbesar tentunya memiliki suasana lebaran yang lebih meriah dibanding dengan negara-negara lain, tapi sebenarnya beberapa negara di luar sana juga punya beberapa tradisi lebaran unik dan menarik, seperti:
  1. Australia
Meskipun Australia bukan merupakan Negara dengan jumlah penduduk muslim yang banyak, tapi Pemerintah Australia menetapkan hari Lebaran sebagai hari libur nasional, lho! Hal ini sebagai bentuk penghormatan bagi setiap warganya yang muslim. Selain itu, Pemerintah Australia juga memberikan izin penutupan jalan untuk kepentingan Sholat Idul Fitri, dan yang menarik adalah para warga Australia yang Non Muslim pun turut menghargai setiap kegiatan dan Ibadah yang dilakukan umat Muslim ketika Lebaran. Sama seperti yang ada di Indonesia, warga muslim Australia pun biasa mengadakan open house ketika hari Lebaran.

  1. China
Seperti di Indonesia, warga muslim di China juga memiliki tradisi untuk mengunjungi makam leluhur ketika Lebaran. Yang berbeda dari tradisi mengunjungi makam di China adalah bukan hanya mendoakan untuk arwah para keluarga, tapi biasanya mereka juga memanjatkan doa untuk ratusan ribu muslim yang dahulu berjuang dan tewas pada masa revolusi kebudayaan Dinasti Qing.

  1. Arab Saudi
Sebagai negara dengan mayoritas Umat Muslim, tentunya Arab Saudi memiliki perayaan hari Lebaran yang cukup meriah. Perayaan Lebaran di Arab Saudi sangat kental dengan nuansa kesenian, karena biasanya mereka menyelenggarakan berbagai pagelaran seperti pertunjukan musik, teater dan berbagai pertunjukan kesenian lainnya.

  1. Turki
Salah satu tradisi unik di Turki ketika Lebaran adalah adanya Festival Gula. Selama Festival Gula ini berlangsung, setiap keluarga saling bergantian mengantarkan manisan ke keluarga lainnya, makanya festival ini sangat ditunggu-tunggu terutama oleh anak-anak, karena di hari ini mereka tidak akan dilarang oleh siapapun untuk memakan manisan dalam jumlah banyak. Selain itu, Turki juga memiliki tradisi sungkeman yang lumayan mirip dengan yang ada di Indonesia.

  1. Fiji
Mungkin nama Negara ini sedikit asing di telinga kita, ya! Fiji merupakan sebuah negara kecil yang letaknya di selatan Samudra Pasifik. Meskipun mayoritas penduduk Fiji bukan merupakan umat muslim, tapi ada tradisi unik setiap kali Lebaran. Beragam hidangan spesial pun disiapkan, salah satu hidangan spesial dari Fiji adalah Samai yang merupakan nama untuk sajian mie yang dicampur dengan susu. Sebagai menu pendamping samai, biasanya mereka akan menyajikannya bersamaan dengan Samosas yang merupakan menu sejenis kari. Selain itu, keunikan lain di Fiji adalah tidak semua umat muslim dapat melaksanakan Sholat Idul Fitri di Masjid, melainkan hanya kaum pria saja.
Itulah beberapa negara yang memiliki tradisi Lebaran yang unik. Gimana? Jadi gak sabar untuk mudik ke kampung halaman, kan? Makanya, buruan pesan tiket mudik lebaran kalian sekarang juga di Mister Aladin, dan dapatkan harga promosi yang menarik!

1 comment

  1. Woww enak di Australia bisa libur, kalau di Belanda beberapa kantor/perusahaan memberikan jatah libur 1 hari bagi karyawan muslim.
    Disini juga dikenal istilah Suiker Fest atau Festival Gula, karena banyak Orang Turkey :-*
    Salam kenal ya mbak

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.