Mau Jual Rumah Bandung? Perhatikan Beberapa Hal Ini Agar Cepat Laku


Jual rumah Bandung memang bukan perkara sederhana. Bisnisnya pun hingga saat ini masih berkembang pesat. Pasalnya, kebutuhan akan tempat tinggal di Kota Kembang ini terus bertambah dan bertambah dari hari ke hari.
Sebagai kota terbesar keempat di Indonesia, permintaan hunian di Bandung ini meningkat sebesar 2,6 persen setiap tahunnya.
Dengan naiknya permintaan, otomatis membuat lebih banyak lagi orang terjun ke dalam bisnis ini. Tidak heran, karena jika anda mengetahui tata cara jual beli rumah yang benar, ini adalah bisnis yang sangat menjanjikan.
Tentu hal pertama yang muncul di benak anda ketika memilih untuk terjun ke bisnis ini adalah bagaimana membuat rumah yang anda jual cepat laku. Apalagi, saat ini tersedia banyak sekali pilihan untuk para pencari rumah. Dengan kata lain, pesaing anda semakin bertambah.
Tidak perlu khawatir! Di sini, anda akan temukan tips-tips yang bisa anda lakukan untuk membuat hunian yang anda jual cepat dilirik oleh para pembeli.
Tips Jual Rumah Bandung Agar Cepat Laku

✓Tentukan harga jual rumah Bandung yang realistis

Image : Pixabay
Hal pertama yang perlu anda tentukan ketika hendak jual rumah Bandung adalah harganya, kan? Nah, untuk mematok harga rumah, anda perlu perhitungkan sesuai kondisi rumah dan lokasi rumah tersebut.
Agar dapat menentukan harga yang paling sesuai, ada strategi yang perlu anda ikuti. Pertama, anda harus cek harga jual rumah Bandung di kawasan sekitar rumah anda. Hal ini bertujuan agar anda dapat mematok harga yang realistis.
Di kota Bandung sendiri, harga pasaran untuk rumah type 36, misalnya, berkisar Rp400 – Rp500 juta, maka jual lah rumah tersebut tidak lebih rendah dari harga pasaran yang ada.
Selain itu, ada cara lain yang dapat dilakukan untuk mencari tahu kisaran harga jual rumah Bandung, yaitu dengan menghitung NJOP atau Nilai Jual Obyek Pajak di lokasi rumah tersebut berada.
Untuk menentukan patokan harga tanah, lakukan pengecekan terhadap Nilai Jual Objek Pajak atau NJOP di kawasan sekitar rumah. Di dalam PBB yang Anda terima setiap tahunnya tertera informasi mengenai NJOP, baik tanah maupun bangunan.
Namun nilai pada NJOP biasanya hanya untuk menentukan nilai minimum penjualan. Umumnya orang menjual rumah harga 2-3 kali lipat di atas NJOP. Dan ingat, semakin strategis lokasi rumah anda, maka harganya bisa berkali-kali lipat lebih besar dari nilai NJOP-nya
✓Ketahui kelebihan dan kekurangan rumah dijual Bandung

Salah satu tips yang berguna jika anda jual rumah Bandung adalah anda harus mengetahui seluk beluk rumah yang anda jual.
Dengan mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan rumah, anda kan lebih mudah menjaul rumah itu karena anda akan terlihat profesional di mata calon pembeli.
Kelebihan dan kekurangan ini mencakup banyak hal seperti kondisi rumah dan sekitar rumah, kondisi lingkungan ketika musim-musim tertentu, kondisi fasilitas umum penunjang, dan lain-lain.
Misalnya, anda boleh mempromosikan fitur-fitur rumah yang masih berfungsi dengan sangat baik dan tidak pernah mengalami gangguan dalam bentuk apapun.
Tapi, misalnya juga, anda tahu bahwa keamanan komplek perumahan yang ketat kadang membuat akses anda sulit ketika harus pulang lewat jam malam.
Nah, anda tidak disarankan untuk menyembunyikan salah satu kekurangan ini. Calon pembeli berhak tahu sebanyak mungkin mengenai kelebihan dan kekurangan rumah yang hendak ia beli.
Selain terlihat profesional, penjualan ini akan terlihat lebih jujur di mata calon pembeli. Karena selain membicarakan tentang kelebihan rumah, anda juga akan bicara mengenai kekurangannya.

✓Lengkapi semua dokumen penting untuk jual rumah Bandung

Tips jual rumah Bandung berikutnya tidak kalah penting. Jika anda sudah berhasil meyakinkan calon pembeli tentang rumah yang anda jual, jangan sampai masalah dokumen membuat semuanya buyar.
Ketika mereka sudah mantap, hal terakhir yang anda inginkan terjadi adalah mereka mundur karena dokumen anda tidak lengkap.
Meski kadang diremehkan, dokumen resmi adalah hal yang wajib dilengkapi. Karena hal ini berurusan dengan legalitas kepemilikan rumah yang akan anda jual.
Dokumen penting yang harus anda lengkapi antara lain sertifikat tanah, Akta Jual beli (AJB), Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), cetak biru atau blue print rumah, hingga tanda lunas tagihan listrik, air, dan telepon.

Jual rumah Bandung di waktu yang tepat


Salah satu waktu yang tepat untuk jual rumah Bandung adalah pada saat suku bunga turun. Pasalnya, pada saat suku bunga turun, harga cicilan rumah rendah. Hal ini menyebabkan banyak pemburu properti yang memanfaatkan momen tersebut untuk mencari rumah.
Selain itu, sejumlah agen properti menandai bahwa ada waktu khusus yang membuat jual rumah Bandung lebih mudah dan cepat laku.
Misalnya, ketika kondisi politik stabil setelah Pemilu (Pemilihan Umum), atau ketika kondisi perekonomian sedang bergairah. Namun secara umum bulan Mei dipercaya menjadi bulan paling ramai untuk pasar properti.

✓Manfaatkan situs properti dan media sosial untuk jual rumah Bandung

Tips terakhir untuk jual rumah Bandung adalah dengan memanfaatkan situs properti dan media sosial. Dengan memanfaatkannya, dijamin rumah anda tidak akan kosong berlama-lama karena cepat laku.
Sebab sekarang ini kita sudah tidak bisa lepas dari penggunaan internet, langkah ini tidak boleh anda tinggalkan saat akan menjual rumah. Apalagi untuk kawasan Bandung yang penduduknya sudah sangat melek dengan teknologi.
Bagaimana caranya?
Saat ini, anda bisa temui beragam situs properti yang bisa anda gunakan. Tapi, pastikan situs properti yang anda gunakan itu yang terpercaya, ya! Salah satunya, anda bisa gunakan www.99.co/id sebagai media iklan anda.
Dengan mendaftar gratis, anda bisa memasang iklan jual rumah Bandung anda di situs ini. Anda hanya perlu melengkapi beberapa hal sehingga iklan anda dapat segera tayang di situsnya.
Ketika menyiapkan iklan, pastikan anda menyertakan foto-foto terbaik rumah, deskripsi jelas mengenai spesifikasi rumah, aksesbilitas, dan poin-poin lain yang harus diketahui oleh calon pembeli.
Setelah iklan jual rumah Bandung anda tayang di situs, gunakan juga media sosial seperti Facebook, Twitter, Line, WhatsApp, dan lain-lain untuk mengoptimalkan penyebarannya.
Media sosial adalah jalan tercepat orang menemukan informasi. Itu artinya, semakin banyak mata yang melihat, semakin besar juga kesempatan rumah yang anda jual cepat laku.
Khusus untuk tips ini, anda disarankan untuk memperbaharui iklan anda setiap bulannya. Anda bisa mengganti foto atau menambah informasi lebih lengkap.
Semakin lama iklan terpajang secara online, semakin menurun pula tingkat kredibilitas iklan tersebut. Sehingga menurunkan minat calon pembeli.
Mereka akan bertanya-tanya mengapa rumah anda tak kunjung terjual. Biasanya, akan ada asumsi negatif seperti banderol harga yang terlalu tinggi atau kondisi rumah yang tidak sesuai dengan iklan.
Nah, itu dia 5 tips untuk anda yang jual rumah Bandung. Semoga bermanfaat, ya!

-
Images : Pixabay

1 comment

  1. Pilihan tempat yang strategis bener-bener bisa memengaruhi harga jual ya, kak

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.