Kawasan yang Banyak Dicari Pencari Rumah di Bodetabek



Sepanjang tahun 2018 lalu, portal properti Lamudi.co.id melakukan survei terhadap minat pembelian rumah di kawasan Jabodetabek, data tersebut didapatkan dari jumlah pengunjung pada portal properti.



Survei tersebut dilakukan untuk mengetahui kawasan mana di Jabodetabek tersebut yang paling banyak dicari.  Kawasan pinggiran Jakarta ccfmemang saat ini menjadi area favorit untuk membeli rumah, karena banderolan rumah disana terbilang cukup murah. Contohnya seperti harga rumah dijual di Bekasi, rata-rata harga rumah disana mencapai Rp 12 juta.

Berdasarkan data konsultan properti Savills, banyaknya pembeli rumah di Bodetabek merupakan pembeli rumah pertama yang motori oleh kalangan milenial, mereka menilai harga rumah di sana sesuai dengan kemampuan mereka, apalagi saat ini sara infrastruktur di kawasan pinggiran Jakarta sudah sangat lengkap sehingga dapat mempercepat mobilisasi menuju pusat kota.         

Nah, bagi Anda yang ingin mengetahui daerah mana saja yang paling banyak dicari, berikut ini adalah ulasannya.

Bekasi
Kendati sempat menjadi bahan kelakar di sosial media, ternyata  Bekasi kini menjadi area favorit untuk mencari rumah. Salah satu faktor yang membuat kota ini banyak diburu karena banderolan huniannya yang murah. Berdasarkan data, rata-rata nilai rumah dijual di Bekasi adalah Rp 12 juta.     

Tidak hanya itu, banyaknya pencarian rumah dijual di Bekasi tentunya tidak terlepas dari masifnya pembangunan infrastruktur di sana. Contohnya adanya pembangunan proyek Tol Becakayu, LRT dan jalan tol layang di Cikampek.        

Berdasarkan data Lamudi, menyebutkan, setiap bulannya ada 28.227 orang yang berniat untuk membeli rumah dijual di Bekasi mayoritas dari mereka berniat untuk membeli rumah dengan luas tanah 60-90 meter persegi.

Bogor
Bogor menjadi kawasan favorit lainnya yang banyak dicari oleh para property seekers , sebulannya ada sekitar 21.503 orang yang mencari informasi tentang rumah. Alasan mereka tertarik untuk membeli hunian disana karena iklim kota ini terbilang cukup teduh dan airnya sangat bersih.

Depok
Diurutan selanjutnya ada Depok, kota ini banyak dipilih pembeli rumah karena areanya dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti adanya universitas terkemuka, pusat perbelanjaan, pusat kuliner dan lain-lain. Sebulannya ada 16.924 orang yang mencari hunian di sana, kebanyakan mereka mencari rumah dengan harga Rp 500 juta, mayoritas harga rumah yang ditawarkan adalah Rp 13 jutaan per meter.        

Tangerang
Tangerang merupakan salah satu kawasan yang diincar, sebulannya ada 16.239 orang yang membidik kawasan ini. Mayoritas pencari berniat melirik kawasan Serpong, Ciledug dan Cipondoh, kebanyakan mereka berniat membeli rumah dengan harga Rp 1 miliar. Alasan banyaknya pembeli melirik tempat ini karena Tangerang selama ini sudah dikenal sebagai kota yang menyediakan fasilitas yang lengkap seperti, rumah sakit, mall, tempat pendidikan dan lain-lain.

Berikut hal-hal yang menjadi pertimbangan konsumen mencari rumah.

1. Dekat dengan fasilitas umum, seperti ATM, Pasar swalayan, rumah sakit, sekolah dll.
2. Jalan. Biasanya orang memilih rumah yang dekat dengan jalan. Biasanya harga juga mempengaruhi.
3. Halaman luas, atau punya kelebihan tanah. Tanah yang cukup luas memberi ruang pembeli jika ingin merenovasi rumahnya, untuk membuat kamar baru atau taman dan garasi.

Bagaimana? Adakah teman-teman berniat membeli rumah atau investasi property di kota yang telah diswbut diatas?

13 comments

  1. Wah bener banget tuh Mbak, dekat dengan fasilitas umum itu memang sangat penting

    ReplyDelete
  2. Halaman rumah itu juga bisa mempengaruhi pembeli ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Terima kasih atas informasinya Mbak. Sangat membantu saya

    ReplyDelete
  4. Pingin banget nih Mbak punya rumah di Bekasi. Nggak tahu kenapa hehe

    ReplyDelete
  5. Bener banget tuh Mbak memang harga rumah juga terpengaruhi oleh fasilitas jalan juga

    ReplyDelete
  6. Kalau di Jakarta udah ga mungkin ada yang harganya masih masuk kantong kayak di pinggiran yah huhu
    Tapi setau aku daerah Cibubur atau Kalisari dan sekitarnya (di Jaktim) situ masih ada yg harga rumah 500juta mbak. Semoga bisa kebeli rumah yang sesuai idaman dan budget tentunya ya aamiinn

    ReplyDelete
  7. Tangerang pun jadi pilihan bagi orang yang akan sering bepergian dengan pesawat, lokasinya dekat dengan Bandara Soekarno Hatta.

    Kalau Bekasi areanya juga bagus, ada kota mandiri yang fasilitas dan ada akses yang mudah dengan transportasi umum. Cocok bagi karyawan yang bekerja di Jakarta.

    ReplyDelete
  8. kalau aku survey beli rumah ya ... yan deket kemana mana dan gampang akses jalan atau moda transportasi. hunian juga mesti nyaman dan ada tetangganya biar ada interaksi

    ReplyDelete
  9. Informasi yg sangat berguna nih Mbak. Kali aja suatu hari nanti aku mampu beli properti di salah satu kawasan di atas. Kawasan2 di atas memang jd impian banyak org sbg tempat tinggal karena dekat dg pusat kota Jakarta.

    ReplyDelete
  10. Wah habis baca ini jadi pengen pindah ke salah satu area itu dong.. punya kkelebihan masing-masing, tapi mupeng banget sama depok

    ReplyDelete
  11. Wuuih yg ditawarin mahal2 mbak. Budgetku gak segitu. Tapi ya harga wajar untuk jabodetabek sih

    Kalo di wilayahku, hmm mungkin hafganya separuhny

    ReplyDelete
  12. Iyaa...
    Planet Bekasi memang daerah penyangga Jakarta yang paling diminati untuk memiliki hunian.
    Aku sebagai mantan warga planet Bekasi, setuju banget...kalau harga tanah di sana makin naik.
    Hiiks~

    Eh, tapi sekarang uda pindah.
    Semoga ada rejeki untuk investasi properti di kota besar.
    Pasti menguntungkan...

    ReplyDelete
  13. Dilihat lokasi dari keempat kota pilihan diatas, Bogor menurutku paling startegis mudah dan nyqman.
    Sayangnya tingkat curah hujan yang tinggi kadang jadi kendala tersendiri.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.