Makanan Penyebab Jerawat

Jerawat  salah satu masalah kulit yang sering  terjadi pada setiap orang, Jerawat tak hanya tumbuh pada wajah tetapi juga bagian tubuh, seperti punggung dan dada. Namun umumnya jerawat  menjadi masalah pada setiap orang adalah tumbuh di bagian wajah seperti pipi, dagu, hidung, dan bagian kening. 

Jerawat tumbuh biasanya disebabkan kurang menjaga kebersihan wajah. Kulit wajah yang kurang bersih  menyebabkan pori-pori tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Namun begitu banyak juga disebabkan oleh faktor hormon dan alergi pada makanan tertentu , dan kesalahan menggunakan kosmetik yang tidak cocok dengan jenis kulit

Berikut beberapa makanan yang dapat menyebabkan jerawat:

Gorengan

Gorengan memang makan pavorit banyak orang. Camilan ini biasanya menemani sore hari sambil ditemani secangkir teh hangat.  Namun tanpa kita sadari makanan ini bisa menyebabkan tumbuhnya jerawat, terutama untuk pemakaian minyak berulang-ulang dan mengandung banyak lemak jenuh, lemak trans. Lemak jenuh yang dikonsumsi secara berlebihan sangat tidak baik untuk kulit bahkan bisa menyebabkan peradangan yang bisa memunculkan Jerawat.

Banyak mengkonsumsi Gula

Mengkonsumsi gula  berlebih akan meningkatkan insulin dalam tubuh memicu meningkatnya hormon endrogen berujung  meningkatkan produktivitas kelenjar minyak dan menyebabkan timbulnya jerawat. Makanan yang di sinyalir banyak mengandung gula adalah nasi putih, minuman kemasan, makanan terbuat dari tepung, kue, permen ,soda dll.

Makanan dengan Olahan Susu

Walaupun susu terkenal mengandung kalsium dan protein dan sangat  baik untuk tubuh, ternyata juga bisa menyebabkan jerawat jika di konsumsi berlebihan. Hormon yangterdapat didalam susu memicu kelenjar minyak terus berkembang.

Jika kita simpulkan dari  beberapa makanan yang dianggap memicu tumbuh jerawat, sebenarnya   tidak ada makanan yang benar-benar penyebab tumbuh jerawat, selama kita tidak memakan secara berlebihan. 

Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk mencegah timbulnya Jerawat :

  1. Rajin membersihkan wajah, terutama setelah beraktivitas di ruang terbuka, dan sebelum tidur.

  2. Banyak mengkonsumsi air putih

  3. Menggunakan kosmetik sesuai jenis kulit.

  4. Mengkonsumsi sayur dan buah, mengurangi makanan yang dapat meningkatkan kelenjar minyak dlam kulit.

Jika teman-teman memiliki masalah  Jerawat dan sulit untuk sembuh teman-teman bisa konsultasi di website Halodoc dan menanyakan pada dokter secara rinci sebenarnya  apa saja Makanan Penyebab Jerawat dan benarkah  makanan-makanan tersebut menimbulkan alergi dan memperparah infeksi jerawat. 

Halodoc merupakan aplikasi dan situs web asli  Indonesia yang bergerak dibidang kesehatan.   Halodoc memberikan solusi kesehatan lengkap dan terpercaya untuk memeuhi kebutuhan sehat keluarga.  Kita bisa chatt dan bertanya langsung kepada dokter-dokter  spesialis yang ada. Dokter-dokter yang tersedia mencakup Dokter umum, Spesialis Kandungan, Spesialis kulit, psikologi klinis hingga spesialis bedah. Selain tanya dokter kita juga bisa Test Covid dan membuat janji , membeli obat, mencari rumah sakit dan mencari dokter untuk konsultasi langsung dan membuat janji.

Halodoc juga banyak berbagai artikel yang berkaitan dengan kesehatan. Semua diulas secara lengkap, sehingga informasi yang kita peroleh tak sekedar penjelasan umum tetapi memberikan solusi bagi kita yang memang membutuhkan informasi lengkap tentang kesehatan.   Tak hanya  tentang artikel kesehatan kita, tetapi juga hewan peliharaaan kita seperti kucing dan laiinya. Pokoknya gak rugi deh mengunjungi atau donload aplikasi Halodoc di ponsel kita. Dengan Halodoc seras punya dokter pribadi yang bisa dikunjungi dan berkonsultasi setiap saat.



                        l



No comments

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.