WEBINAR BETADINE FEMINIME CARE : SEHAT DAN BERSIH SAAT MENSTRUASI

  


Menstruasi adalah keluarnya darah dari rahim melalui vagina yang terjadi  setiap  bulannya. Setiap bulannya rahim mempersiapkan diri untuk menjadi tempat pembuahan  dengan menebal nya dinding rahim. Jika tidak terjadi pembuahan atau kehamilan maka akan luruh dan terjadi menstruasi. Menstruasi dianggap hal biasa yang terjadi tiap bulannya, namun kadang juga dianggap tabu untuk diperbincangkan oleh sebagian masyarakat sehingga ketika memberi edukasi pada anak perempuan menjadi kurang terbuka, dan tak sedikit pula yang merasa malu mengakui bahwa  mereka telah menstruasi. Padahal dengan menstruasi itu menunjukkan bahwa organ dan hormon di tubuh mereka bekerja dengan baik, dan berkembang dengan normal.

Tanggal 28 Mei diperingati sebagai hari kebersihan menstruasi untuk  meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya Manajemen Kebersihan  Menstruasi (MKM), serta mematahkan  stigma dan norma sosial negatif  terkait menstruasi yang masih dianggap tabu.  Peringatan ini menjadi sebuah aksi atau kegiatan tahunan yang melibatkan pemerintah , organisasi , pihak swasta dan masyarakat luas.

Tahun ini dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri  & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikologis Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan  webinar “Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” yang di ikuti oleh 1000 perempuan indonesia. Webinar ini bertujuan meningkatkan pemahaman perempuan  mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi. Dengan memahami tentang MKM diharapkan bisa menerapkan nya dan juga mengedukasi anak-anak perempuan mereka tentang pentingnya menjaga kebersihan saat menstruasi dan hal-hal yang berkaitan dengan menstruasi. Ini dipandang penting karena begitu banyak penyakit yang ditimbulkan karena tidak menjaga kebersihan Area kewanitaan, Miss V gatal, bau tidak sedap, keputihan, bahkan infeksi dan kanker.

 

Meeting zoom/ Webinar yang diikuti 1000 perempuan indonesia  selama 2 jam itu dari jam 2 siang hingga 4 sore, sangat antusias diikuti dan tidak membosankan apalagi,  dibawakan oleh MC nya yag ceria dan idola para ibu juga artis Indonesia Novita Angie dan  juga bahasan yang begitu menarik dari para Narsum.

Adapun yang menjadi Narasumber Webinar adalah :

dr. Dwi Oktavia  Handayani, M.PID ( Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas kesehatan Provinsi DKI Jakarta.


Dr. Dwi Oktavia memaparkan tentang dukungan pemerintah dan program apa saja yang dilakasanakan dalam edukasi tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi. Karena  banyak fakta yang ditemui di masyarakat bahwa anak perempuan :

  •   Belum memiliki pengetahuan tentang menstruasi disaat pertama kali  menstruasi.
  •  Belum mengetahui bahawa menstruasi adalah sebagai tanda fisik perempuan bisa hamil.
  •  Merasa malu saat mengetahui  pertama kali menstruasi, takut dibully dll.
  •   Hanya sedikit anak yang mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dalam menjaga kebersihan saat menstruasi, misalnya bahwa mengganti pembalut itu harus 4 jam sekali, harus mencuci tangan sebelum dan sesudah ganti pembalut.

Dr Dwi juga menjelaskan bahwa banyak program pemerintah yang mendukung tentang pemberian informasi  mengenai Manajemen Kebersihan Menstruasi, tapi mungkin saja ketika dimasyarakat belum berjalan seharusnya. Adapun program yang mendukung  kesehatan reproduksi Remaja adalah


ü  UKS (Usaha Kesehatan Sekolah)

ü  Posyandu Remaja

ü  Aku Bangga Aku Tahu

ü  Vaksinasi HPV




Prof. Dr.dr. Dwiana Ocviyanti, S.POG(K),MPH ( Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia)

dr. Dwiana menjelaskan bahwa disaat menstruasi kita harus menjaga kebersihan, karena pada saat menstruasi resiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di Vagina akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid.

Perlu untuk membersihkan vagina secara berkala, mengganti pembalut 4 jam sekali, membersihkan dengan cairan antiseptik sesuai pH vagina dan mencuci dari arah belakang dengan air yang mengalir. Semua dilakukan untuk mencegah penyakit seperti gatal-gatal, keputihan sampai penyakit yang berbahaya seperti kanker serviks. Dan bagi perempuan yang telah melakukan kontak seksual penting melakukan pemeriksaan pap smir atau IVa secara teratur

 





Anna Surti Ariani , S.Psi, M.Si (Ketua Ikatan Psikologis Klinis Indonesia Wilayah Jakarta)

Sedangkan Psikolog Ana lebih membahas tentang psikologis anak dimasa mendekati pubertas dan pentingnya kedekatan ibu dan anak sebagai sumber informasi anak mengenai tentang menstruasi. Jarang sekali seorang ibu menjelaskan kepada anak sampai meluangkan waktu khusus membicarakan soal ini, kebanyakan anak tahu sendiri dan malu untuk bertanya.

Seorang ibu perlu banyak informasi tentang haid dengan benar sehingga ketika menyampaikan kepada anak juga bukan hal-hal mitos atau banyak yang dirahasiakan. Perlu komunikasi 2 arah buka metode ceramah, tapi banyak bertanya dan mengetahui sebatas mana pemahaman anak dan kita meluruskan informasi yang mereka dapat. Bukan hanya hal utama seperti menjaga kebersihan tetapi dari hal sederhana misalnya cara menggunakan pembalut, kapan sih pembalut perlu diganti?, apa yang dilakukan saat terjadi kram perut? dll.

Semua hal-hal yang berkaitan dengan menstruasi perlu disampaikan jauh sebelum mereka menstruasi pertama  sehingga mereka tidak bingung dan canggung, mereka sudah paham apa yang mereka harus lakukan dan bagaimana menjaga kebersihan nya.

Dan edukasi tentang menstruasi sesungguhnya juga perlu disampaikan kepada anak laki-laki, bahwa itu adalah hal normal terjadi kepada anak perempuan. Menstruasi menandakan bahwa perempuan itu sehat, perkembangan hormonal dan organ reproduksi mereka bekerja dengan baik. Semua ini agar anak lelaki tidak membully atau mengejek teman wanita yang haid, misalnya ketika ada teman yang haidnya tembus ke rok saat sekolah, atau harus istirahat di UKS saat kram haid.

Mada Shinta Dewi (Countri  Manager Mundipharma Indonesia)

Mada Shinta Dewi adalah perwakilan dari Mundhipharma. Beliau menyampaikan bahwa Mundhiparma Indonesia siap berkomitmen melakukan edukasi kepada masyarakat dalam menjaga kesehatan reproduksi area kewanitaan Indonesia.

Mundhiparma  Indonesia melalui BETADINE Feminime care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan indonesia mengetahui dan mengerti  cara tepat menjaga kebersihan dan kesehatan kewanitaan.



Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushableProduk Betadine Feminime Care dapat dibeli di sini



---


23 comments

  1. Ah, programnya betadine sampe ke UKS juga, dan memang penting nih edukasi di sekolah2, siapa tahu pas menstruasi pertama di sekolah, jadinya ada penanganan biar ga panik.
    MAkasih remindernya loh, khususnya buat buibu agar makin meningkatkan MKM agar sehat alat-alat reproduksi perempuan.

    ReplyDelete
  2. Asli aku baru gau lo mbak tanggal 28 mei tu hari kebersihan menstruasi. Udah gitu analogi yg dipakai pun bagus ya pas banget sama hari yg mau diangkat. Nambah lagi ilmu bru nih

    ReplyDelete
  3. Seru banget ya webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi. Jleb banget materinya. Bermanfaat banget, membantuku u.membantah mitos seputar menstruasi.

    ReplyDelete
  4. aku senang bisa ikut webinar ini mbak
    aku juga salut sama Betadine, punya banyak produk yang lengkap untuk menjaga perempuan menjaga kesehatan dan kebersihan area kewanitaannya ya

    ReplyDelete
  5. Beruntung banget bisa ikut Webinar ini. Ilmunya banyak. Jadi makin peduli deh soal kebersihan saat menstruasi. Terus mulai belajar buat ngomongin hal ini sama anak. Kan udah dapat ilmunya

    ReplyDelete
  6. Pengalaman saat menstruasi pertama kali memang sangat mengesankan bagi saya. Untung sebelumnya saya sudah tahu tentang menstruasi dari ngobrol dengan ibu saya, jadi nggak terlalu bingung mau ngapain. Untung juga sekarang ada Betadine feminine wash yang sangat membantu para perempuan menjaga area kewanitaannya ya..

    ReplyDelete
  7. program kesehatan dari pemerintah untuk mendukung manajemen kesehatan menstruasi ini luarbisa, sangat membantu juga

    ReplyDelete
  8. menarik banget ya mbak webinarnya ini. banyak ilmu yang kita dapatkan dan bisa di share ke anak, ponakan, dan lainnya. saya jadi tahu banyak how to bilang ke anaknya jg

    ReplyDelete
  9. Kampanye semacam ini penting banget ya mbak untuk memberikan edukasi kepada setiap perempuan untuk menjaga daerah intimnya, terutama selama masa menstruasi.

    ReplyDelete
  10. Acaranya bernas banget, baru tahu tentang hari menstruasi dari acara ini semoga makin banyak perempuan yang paham tentang pentingnya kebersihan saat menstruasi

    ReplyDelete
  11. Penting banget ya mbak bicara secara terbuka tentang menstruasi dengan anak-anak dan tidak terkecuali anak laki-laki juga harus diedukasi, untuk itu ibunya harus paham nih tentang manajemen kebersihan menstruasi.

    ReplyDelete
  12. Manajemen kesehatan selama menstruasi memang penting banget. dan saya termasuk yang sering menggunakan produk Betadine ini juga loh di rumah.

    ReplyDelete
  13. Semua informas ini sangat bermanfaat untuk para ibu dalam mengedukasi penanganan kesehatan saat menstruasi bagi putrinya. Masih ada loh yang tidak mengganti pembalut secara teratur, bisa jadi sarang bakteri kan kalau terlalu lama terpapar darah kotor di pembalut.

    ReplyDelete
  14. Iya ih serem kalau ada anak gadis gak paham kalau udah dapat mens artinya dia bisa hamil2 bisa pengaruh kalau kenapa2 ya ttg reproduksinya.
    Makanya pengetahuan ttg mens penting banget supaya anak jg tahu kudu berhati2 dan jaga organ kewanitaannya.

    ReplyDelete
  15. kalo kita dulu diajarin ya nurut aja. percaya sama orangtua. tapi anak sekarang ya kritis. makanya jangan salah edukasi.

    ReplyDelete
  16. Ngeri ya mba infeksinya makanya penting banget sih manajemen kebersihan menstruasi ini untuk dibagikan agar tidak ada lagi case infeksi atau yang ganti pembalut jarang..

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah aku juga ikutan nih, banyak ilmu saat di webinar ini, karena memang harus diakui banyak perempuan terutama anak remaja yang belum dapat edukasi yang tepat tentang menstruasi

    ReplyDelete
  18. Aku tadinya sangat gak aware masalah kebersihan ini karena kan dirumahaja. Jadi merasa ya sudahlah...
    Tapi melalui webinar ini, jadi ada beberapa hal yang harus banget aku rubah kebiasaannya. Terimakasih banget sama Betadine yang melaksanakan webinar keren ini.

    ReplyDelete
  19. Saya baru tahu ada hari khusus kebersihan menstruasi . Memang penting sih karena klo ada apa2 efeknya jangka panjang, nyambung ke organ reproduksi

    ReplyDelete
  20. Seneng kemaren materinya bagusss aku jadi punya ide bener buat anak2 secara cowok semua :") ternyata prrlu dijelaskan juga

    ReplyDelete
  21. Bahas menstruasi itu kan rawan tembus yah apalagi waktu sekolahnya ada seragam rok putih. Haduuuh, ga PD banget. Jadinya di UKS disediakan rok cadangan buat yang tembus bisa pinjam rok itu.

    ReplyDelete
  22. Varian produk kewanitaan dari Betadine ini memang sudah terpercaya banget. Sejak zaman ibuku masih muda andalannya ya Betadine ini. sekarang makin banyak jenisnya jadi bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita.

    ReplyDelete
  23. Memperkenalkan pengetahuan tentang menstruasi kepada anak-anak perempuan kita sejak dini memang sangat bagus sebagai bekal pengetahuan saat ia mengalami saat-saat membingungkan ketika mearke.

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link,brokenlink , dan harus menggunakan nama semestinya , anonim dan merk tidak akan diterbitkan.