-->
Tampilkan postingan dengan label Lain-lain. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Lain-lain. Tampilkan semua postingan

Simsalabim Dapur Bersih, Emang bisa?

Dapur memang salah satu  ruangan paling penting di rumah. Dari dapur kita bisa menumbuhkan cinta dalam keluarga melalui masakan-masakan yang kita olah.
Apalagi sebagai ibu rumah tangga, tiada hari tanpa ke dapur hahahaha, ya iya lah ya. Karena dapur  sering digunakan buat masak ini itu tak heran jika dapur paling mudah kotor.

MUDAHNYA BERBAGI PULSA KARTUAS


Provider Telkomsel banyak menjadi pilihan banyak masyarakat di Indonesia karena jangkauan sinyalnya yang luas terutama untuk yang berada di daerah-daerah. Telkomsel sebagai salah satu penyedia jaringan telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia memiliki beberapa jenis kartu prabayar, salah satunya adalah KartuAS. Banyak fitur yang memberikan kemudahan-kemudahan dalam berkomunikasi.

Mampir Sejenak Di Danau Raja


Danau Raja berada di ibukota kabupaten Indragiri hulu tepatnya di kota Rengat. Danau Raja memiliki ukuran yang cukup luas.  Ditepian danau raja juga dibuat seperti hutan kota, pepohonan yang ada  cukup rindang sehingga cukup teduh untuk pengunjung walau suasana matahari dalam keadaan terik.  

Tips Tepat untuk Menyambut Hadirnya Promo Harbolnas


Buat temen-temen yang suka belanja online, dan lagi nunggu diskon plus bebas ongkir, bulan Desember nanti waktu paling tepat loh . Pasalnya di bulan Desember akan ada perayaan hari belanja online nasional atau harbolnas dimana akan ada diskon atau potongan harga besar-besaran dari banyak pelaku ecommerce yang bisa twman-teman manfaatkan. Salah satu situs belanja online terpercaya yang pasti sudah ditunggu-tunggu promosinya adalah Bukalapak yang menjadi wadah dari ratusan pelapak aktif. Promo harbolnas 2017 bisa dijadikan sarana yang tepat untuk mendapatkan barang kebutuhan sehari-hari ataupun barang incaran dari dulu dengan harga yang lebih terjangkau.

Diperingati setiap tanggal 12 Desember, Harbolnas pada awalnya bertujuan untuk menyatukan para pelaku e commerce untuk melakukan promosi dengan maksud agar masyarakat memberikan kepercayaan terhadap transaksi online sehingga bisa melakukan belanja melalui sistem online yang mulai di rintis. Namun saat ini dengan semakin berkembangnya jaman, transaksi belanja online sudah bisa diterima masyarakat terutama kalangan dewasa dan remaja sehingga promo harbolnas dimanfaatkan sebagai perayaan untuk bisa memberikan promosi murah meriah kepada para calon pembeli.

Bagi yang sering mengunjungi situs Bukalapak, di hari Harbolnas nanti akan banyak ditemukan promosi dengan sistem sebagai berikut:

  • Flash sale yaitu diskon untuk durasi tertentu pada produk-produk tertentu.
  • Voucher belanja yang dibagikan di waktu-waktu tertentu.
  • Beli 1 dapat 1 atau 2 untuk produk-produk tertentu.
  • Potongan harga hingga 90%.
  • Promosi free ongkos kirim.


Karena moment harbolnas merupakan moment yang dinanti oleh banyak orang, maka tak aneh jika ada kemungkinan situs Bukalapak akan banyak dibuka di saat yang bersamaan. Akibatnya situs menjadi sedikit lamban dibandingkan dengan waktu-waktu biasa. Selain itu banyaknya antusias masyarakat juga wajib Anda antisipasi karena bisa berpengaruh pada kenyamanan Anda berbelanja. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menyambut promo harbolnas 2017  agar Anda bisa berbelanja dengan nyaman dan aman.

  1. Luangkan waktu untuk berbelanja di jam-jam senggang.
Banyaknya antusiasme warga untuk merayakan harbolnas demi mendapatkan barang idaman dengan harga murah akan membuat situs menjadi sedikit lamban karena banyaknya permintaan masuk ke situs tersebut. Untuk mengantisipasinya, Anda bisa melakukan belanja di waktu yang lenggang seperti di pagi hari atau bahkan tengah malam. Biasanya situs akan berada di waktu padat pengunjung di jam istirahat siang hingga sore dan malam hari.

  1. Buat list barang idaman sebelumnya.
Banyaknya produk yang di display juga bisa mengalihkan perhatian Anda ketika berbelanja. Sebaiknya terlebih dahulu Anda mencari produk idaman dengan cara menuliskan terlebih dahulu listnya. Jika produk idaman sudah didapatkan maka Anda bisa melanjutkan untuk berbelanja produk lainnya. List beberapa produk mulai yang prioritas ingin di beli, misalkan  Panci Presto, Tas Kerja, Sepatu, Kamera, Smartphone  dan lain sebagainya.

  1. Siapkan sistem pembayaran.
Bukalapak bisa menerima sistem pembayaran melalui transfer ATM, kartu kredit hingga melalui gerai mini market yang telah bekerja sama. Untuk itu Anda perlu mengisi ATM Anda untuk bisa membayar jumlah belanjaan dengan cara cepat. Atau Anda juga bisa menggunakan kartu kredit sehingga tidak perlu keluar ke mesin ATM. Namun perlu diingat bahwa belanja menggunakan kartu kredit memiliki fee yang harus Anda bayarkan.

Tips di atas bisa  teman-teman lakukan agar ketika tiba hari Harbolnas bisa memanfaatkan promo harbolnas 2017 dengan lebih nyaman dan leluasa. Jangan lupa untuk melakukan survey harga produk normal sebelumnya sehingga kita mengerti dan bisa memilih produk mana yang betul-betul memiliki harga yang lebih murah dibandingkan harga pasar, jangan sampai salah pilih loh..

Keputusan Berhijab & Segala Kekhawatiran



Aku tergolong terlambat memutuskan untuk berhijab.  Keputusan ku untuk berhijrah sempat pula dilarang oleh kakak ku dengan bilang selesaikan kuliah dulu, aku gak tau juga apa alasan dia. Namun beberapa Minggu kemudian aku tak lagi minta persetujuannya, aku langsung berhijab, tapi bersyukur dia gak ada mengomentari negatif tentang keputusan ku.

Kita bersyukur berada di zaman yang memudahkan kita untuk berhijab berpenampilan lebih muslimah . Beda banget dengan kejadian beberapa dekade lalu,  dengan mengatakan orang berjilbab dengan aliran tertentu bahkan disebut atau difitnah sebagai penyebar racun. Dikantor, dipemerintahan, disekolah sangat jarang bahkan tidak ada yang berkerudung. Tapi kini begitu mudah orang untuk berhijab, banyak toko yang menjual tak terkecuali secara online.

Walau kini keputusan berhijab bisa begitu mudah dilaksanakan tapi masih saja yang banyak merasa belum siap melakukannya. Banyak beralasan bahwa dia belum pantas berhijab, karena merasa hati masih belum bersih, sholat yang belum benar dan lainnya. Padahal menurut aku lebih baik berhijab dulu, kemudian pelan-pelan membenahi ibadah yang lain. Hijab bisa kita jadikan benteng pertahanan untuk tidak melakukan hal buruk, misalnya pengen ninggalin sholat, kemudian  iman dihati berbisik “kamu berhijab kan malu dengan hijabmu  kalau nggak sholat” akhirnya kita sholat deh. Ya, semua bisa kita lakukan tahap demi tahap.Sebenarnya perintah  berhijab bisa disejajarkan  dengan perintah sholat, karena Allah langsung yang memerintahkan dalam firmanNya .

Selain karena belum siap secara hati, banyak pula yang enggan berhijab karena timbul kekhawatiran didalam hatinya. Tapi nyatanya kekhawatiran itu terlalu mengada-ada, yang tanpa sadar itu hanyalah sebuah bisikan agar kita ingkar pada perintah Nya.

Berikut beberapa hal yang dikhawatirkan atau ditakutkan saat memutuskan untuk berhijab.

Takut Terlihat Jelek . Alasan ini terlalu mengada-ada, karena sekarang sudah banyak berbagai mode hijab yang bisa disesuaikan dengan bentuk wajah, begitu juga pakaian gamis, setelan rok dan celana kulot yang justru membuat kita terlihat lebih anggun. Sebenarnya hijab justru membuat kita lebih cantik, kulit jadi lebih bersih karena terlindung dari sengatan matahari dan debu, begitu juga dengan rambut yang selalu terlindungi. Tak hanya berefek pada fisik tapi lambat laun membuat hati dan pikiran lebih positif dan lebih ikhlas menerima segala sesuatu yang terjadi. Soal cantik itu tergantung kita merawat diri , kalo nggak berhijab pun kalo malas dandan malas mandi, pake baju asal-asalan sembrono, ya gak enak dipandang juga kan?

Takut Tidak Dapat Jodoh. Jodoh itu ditangan Tuhan, bagaimana bentuk “wajah” jodoh tergantung usaha dan cara apa kita menjemputnya. Semoga dengan berhijrah berhijab menjadi kendaraan untuk menjemput jodoh yang lebih Sholih. Alasan ini juga tidak sesuai toh banyak juga mereka yang belum berhijab tapi belum dapat jodoh hingga usia 40 tahun. Jadi kesimpulannya, hijab bukan penghalang mendapatkan jodoh.

Takut Tidak Dapat Pekerjaan. Dizaman sekarang sepertinya semua sudah menerima keberadaan hijab, bahkan polisi pun berhijab. Orang2 sudah paham kok, dalam pekerjaan itu yang dibutuhkan adalah keahlian pada bidangnya bukan penampilan semata., Bukankah dengan berhijab bukan berarti penampilan amburadul kan?. Memangnya mau melamar jadi apa, kok takut ditolak? kecuali kamu melamar untuk bekerja ditempat “hiburan malam” yang memiliki aroma mesum. Dunia begitu luas memang tak sedikit perusahaan yang menolak wanita berhijab, tapi masih begitu banyak yang menerima wanita berhijab.

Takut Karena dilarang suami. Jika suami melarang berhijab, cobalah tanya alasannya. Apakah dia ingin melihat kita seksi. Perintah berhijab adalah untuk menutup aurat dari pandangan bukan muhrim terutama lelaki lain. Tanyakan apakah suami senang jika ada pria lain melototi  pinggul istri yang dibalut jins ketat? , Apakah suami suka jika belahan dada kita dinikmati oleh pria lain yang sengaja mengintip saat kita menunduk. Yakin deh, pasti mereka tidak suka. Kita istri hanya tertutup untuk orang lain, jika dirumah tentunya kita bisa tampil seksi untuk memuaskan hati suami. Mana lebih utama Mengikuti perintah suami ataukah mentaati perintah Allah?

Wanita berhijab bukan artinya tak memiliki cela. Hijab adalah jalan untuk menuju  kesempurnaan ibadah. Ada langkah , ada tahap, ada proses menuju kesempurnaan itu. Jika sekarang berhijab tapi mencela, berhijab tapi pembohong, berhijab tapi bla-bla, semoga dengan kemantapan hati membuat ibadah kita semakin bagus dan hubungan antar manusia semakin baik. Selamat memutuskan untuk berhijab. :)



5 HAL UNTUK PERSALINAN YANG BAHAGIA

bahagia saat hamil

Setelah mengandung sekitar 9 bulan lebih, saat – saat menjelang persalinan adalah saat paling mendebarkan bagi seorang ibu. Ada rasa tak sabar untuk melihat bagaima rupa si jabang bayi yang selama ini mengulet-ngulet menyentuhnya dalam kandungan. Tak hanya ibu yang mengandung bahkan seluruh anggota memiliki rasa yang sama ingin melihat si mungil lahir ke dunia. Saat Hamil dan melahirkan memang saat-saat membahagiakan. Apalgi buat yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati ditengah keluarga.

Ketika Panggilan Mengalami Penyempitan Makna



Bahasan kali ini sedikit menyinggung pelajaran bahasa Indonesia, karena aku ingat ada salah satu bab pelajaran bahasa Indonesia kalau nggak salah ketika aku sekolah smp, yang membahas tentang perluasan makna, penyempitan makna, peyorasi dan ameliorasi. Hmm, tapi gak serius banget, tapi ini penting karena  merupakan bagian  perkembangan bahasa di tanah air Indonesia kita #halaaaah :D. (Paragraf pertama aja udah bikin males)
Penyempitan dan perluasan makna sebuah kata itu ternyata di pengaruhi perkembangan jaman. Terbukti sekarang banyak sekali istilah –istilah baru yang muncul, yang dulu mungkin sudah ada tapi sangat asing terdengar ditelinga, dan sekarang ternyata justru jadi familiar banget.  
Oke kembali ke judul, Ketika Panggilan Mengalami Penyempitan Makna. Jadi dulu saat belajar ibu guru menerangkan  kalimat yang ada di buku cetak tentang beberapa contoh kata panggilan yang mengalami perluasan makna adalah kata “ibu” jika dulu ibu hanya panggilan untuk wanita yang melahirkan kita , kini ibu bisa digunakan  untuk panggilan ke semua wanita yang dihormati tak hanya lebih tua usia tapi juga karena pangkat, misalnya ibu guru, ibu camat dll.Contoh panggilan yang mengalami penyempitan makna adalah kata “bibi” jika dulu adalah panggilan untuk istri paman, atau orang dewasa yang usianya lebih muda dari orang tua kita, tapi kini bermakna lebih sempit yaitu panggilan untuk yang bantu-bantu dirumah/ ART.

Setelah 20 tahun berlalu ternyata banyak berubah, jika dulu dengan maksud menghormati dan kelihatan lebih sopan, ternyata kini justru berbalik dan dianggap tidak sopan. Jika dulu panggilan “mbak” untuk daerah jawa itu adalah panggilan halus dan sopan bahkan anak kecil perempuan juga dipanggil mbak. Tapi ternyata panggilan mbaK itu memiliki makna yang khusus dan sempit yaitu mbak-mbak yang bantu-bantu dirumah. Ah ..ternyata jaman membuat orang ingin selalu dipanggil muda kalau dulu bibi sekarang jadi mbak, naik pangkat satu generasi :D.
Terus yang dipanggil mbak dipanggil apa?. Nah, karena tak ingin disamakan  dengan yang bantu-bantu dirumah yang mbak-mbak  maunya dipanggil “kakak” , bahkan anak kecil sekalipun. Keponakan ku usia 8 tahun juga tidak mau dipanggil mbak, jadi ceritanya sepupu aku yang di Jakarta mudik ke Riau, dia punya anak cewe usia sekitar 8 atau Sembilan tahun gitu, maksud hati sih mau ngajarin Hamid hormat sama yang lebih tua jadi manggilnya “mba Keysa”, terus  sepupuku aku nyolek “stttt.. jangan panggil mbak, dia gak mau dipanggil mbak maunya dipanggil kakak”,”Loh..kenapa?”, “iya.., dia bilang emang keysa mbak-mbak yang masak dirumah”. Oalaaaaah…, aku jadi ngikik dalam hati, Kids jaman now (eh istilah ini beberapa bulan lalu belum ada).
Oh, Iya ada satu kisah lucu yang baru kemarin diceritakan kakak ku. Jadi saat dia kepasar , ya namanya didaerah pasarnya emang tradisional banget, banyak yang jualan cuma gelar tikar terus naroh sayur dan  ikan sungai begitu saja. Jadi ceritanya kakak ku belanja  dan mau tanya harga “ mak, mak itu harga ikan nya berapa?” itu yang jualan nunduk dan gak peduli, dan kakak ku nanya sampai berkali-kali tapi yang jualan cuek aja. Akhirnya nanya sama yang jualan disebelah “itu kenapa?”, yang ditanyain tentu saja nggak tau, akhirnya yang jualan buka suara sembari ngomel sodara-sodara! , mau tau apa katanya. “Enak aja manggil mamak-mamak, awak masih muda gini, panggil kakak lah!”.  Ya tuhan, terus  kakak ku bilang, kalau aku mah terserah aja mau dipanggil orang, kakak,mamak, ibu asal jualan laku. Padahal tu ibu-ibu yang jualan udah tua juga dan sudah  punya anak cucu. Ah ternyata panggilan ‘kakak’ sudah merembet ke area pasar  hahhaaha, gak mau dipanggil emak-emak, apa disuruh bikin blog dan  gabung ke emak blogger dulu ya?

Ternyata kini menyebut dan memanggil dengan sebutan lebih tua itu dianggap kurang sopan. Dan fenomena ini disadari oleh pelaku bisnis, yang berdagang, bahkan tukang angkot dan tukang ojek sekalipun. Jadi agar dapat pelanggan dan pelanggan senang maka abang tukang ojeg dengan senang hati memanggil pelanggannya “kakak”, walaupun ibu-ibu dan bercucu. :D, apa lagi si ibu yang dipanggil kakak itu tersenyum menyeringai #apaansih. 
Kalau aku pribadi sih terserah saja mau dipanggil siapa, dipanggil ibu boleh walau agak baper ,wkwkwkwk, dipanggil kakak  juga lebih bergairah :D.  Cuma jujur saja belum bisa move on dari panggilan kakak walau sekarang sudah bisa menyadari bahwa banyak yang memanggil ibu.

Memang sudah naluri perempuan ingin selalu terlihat lebih cantik dan lebih muda, dan iri liat Puspa Dewi masih seger burger diusia 50 tahun. Jangan iri kalau kitanya aja malas merawat tubuh dan mandi suka dijamak, jangan iri kalau lebih senang makan jeroan, kaki dan kepala ayam daripada ngunyah wortel mentah. Emangnya siapa yang iri sih?! ;D *celingak-celinguk. Dan bahkan ada yang tidak mau pakai kerudung karena takut terlihat  seperti orang tua atau takut dipanggil ibu. Aduh..kalau alasan belum siap mungkin masih bisa diterima ya, karena soal hati. Tapi kalau takut dipanggil ibu-ibu kok ya berlebihan, kan jadi doa kalau ada yang manggil  dengan sebutan “ibu haji”, pada hal nginjek pasir mekah aja belum pernah hehehe. Sekarang kerudung kan sudah banyak modenya ,  bahkan makainya juga simple  dan gak ribet seperti kerudung pashmina , dan banyak bermunculan hijab – hijab terbaru yang membuat penampilan lebih anggun dan muda.

Satuhal yang kita sadari ternyata kita berada dizaman dimana setiap orang ingin gak mau disebut tua. Kalau teman-teman disini suka dipanggil sebuatan apa sih, mba, kakak, tante, atau ibu?. hmm… aku juga pernah dengar ada yang   gak mau dipanggil tante, “enak aja..emang saya tante-tante”. Memang nya “tante-tante” disini punya makna yang menyempit juga kah..?? apakah tante-tante itu memiliki aroma negatif atau bagaimana? (serius nanya). O iya? buat yang laki-laki sukanya dipanggil mas, bapak, om, atau babang ,ah..jadi inget Hamish Daud:D, efek kebanyakan ngikutin akunt gossshhhhhip.

DIY : Antara Keinginan, Kebutuhan dan Hobi



DIY , awal mulanya aku mengira itu adalah  singakatan dari Daerah Istimewa Yogyakarta, alasannya karena ada salah satu blogger senior yang suka memposting  soal DIY ini kebetulan tinggal di Yogyakarta . Tapi kalau dibaca-baca dan dikaitkan dengan kota Jogja sungguh tak nyambung. Itulah kekudetan aku, apa teman-teman juga  ada yang nggak mudeng  soal DIY? Alhamdulilah ternyata aku punya teman hahahaha.
DIY adalah Do It Yourself, yang artinya adalah hal-hal yang bisa kita kerjakan sendiri tapi lebih fokus pada membuat sesuatu dengan memanfaatkan  barang bekas  disekitar kita menjadi barang yang berguna dan bernilai. Bernilai disini maksudnya lebih bermanfaat, bisa buat pajangan atau hiasan atau lainnya. Seperti postingan  blogger Mba Lanniy diweb Kumpulan Emak-emak Blogger tentang membuat DIY dari dedaunan kering  hingga menjadi hiasan rumah yang cantik. Bisa juga memanfaat kardus bekas menjadi box cantik untuk tempat menyimpan buku, memanfaatkan baju bekas menjadi pita rambut anak, tas, dll. Seingatku kegiatan ini dulu sering aku  lakukan ketika membuat prakarya disekolah, seperti membuat tas dari bungkus odol, membuat hiasan  dinding dengan ampas kelapa yang diberi warna dan djemur hingga kering, dll. Eh, tapi gak mesti memanfaatkan barang bekas saja sih, tapi bisa saja barang  baru yang kita rangkai, tapi dengan cara sederhana dan mudah untuk dilakukan sendiri tanpa bantuan orang lain.
Kece banget, keliatan seninya.

Jika membaca postingan teman-teman tentang DIY  jadi suka termotivasi ingin ikutan bikin , apalagi kalau melihat di channel Youtube yang praktek langsung ternyata tak butuh waktu yang lama. Ya, tapi semua itu hanya sekedar keinginan dan tanpa praktek  semuanya tak kan pernah jadi kenyataan.
DIY memang terlihat mudah, tapi mudahnya itu karena kita cuma melihat,” waa gampang ya?” tapi untuk dapat  menjadi nyata itu ada hal-hal yang perlu persiapan terutama yang tak punya hobi dibidang DIY apalagi memiliki orientasi jauh dari komersil. Bisa bikin sendiri saja udah untung, boro-boro buat jualan hehehehhe
Keinginan dan Niat yang kuat . Ya, kalau cuma ingin “tok” tanpa  ada niat yang kuat percuma semuanya akan tersapu angin lalu (tsaah).
Pastikan barang /DIY yang akan kita buat adalah barang yang berguna dan kita butuhkan. Misalnya kita memang butuh box untuk menaruh pernak pernik seperti tempat charger, bross atau yang lainnya yang suka kita taruhkan  sembarangan diatas meja atau diatas lemari. Nah, kita  bisa memikirkan memanfaatkan box/kardus  yang kita bungkus dari kertas kado atau kain dengan pola menarik, hingga sedap dipandang dan terlihat  unik.
Biasanya nih, jika sudah berhasil melakukan nya  biasanya ada rasa candu untuk membuat yang lainnya dan berujung jadi hobi,apalagi barang yang dihasilkan bagus dan sempurna, ya. Apalagi  banyak love instagram dan   dipuji pak suami,” eh bagus ya  ma, dari apa bikinnya?” langsung deh  menjelaskan dengan semangat super diawal  dan mencak-mencak diakhir  pas suami bilang “bagus dong ma, sering-sering aja,kan lebih hemat, dengan begitu papa bisa kurangi jatah bulanan” hahahahah (kidding.com)

Aku sendiri tergolong orang yang ingin dan tersapu angin, biasanya suka semangat melihat karya DIY teman-teman, apalagi aku orangnya kurang teliti dan nggak telaten plus gak sabaran. Tapi bukan artinya aku gak  bisa, dan tak pernah membuatnya
Ini salah satu DIY yang aku buat, membuat tempat pulpen di meja kerja ku. Ini aku buat  dari botol minuman penyegar yang aku potong dan kuambil bagian bawahnya. Kemudian  aku bungkus dengan kertas kado sisa. Dan sisa kertas kadonya aku lipat seperti kipas, ikat ditengahnya, dan ujungnya disatukan hingga membuat lingkaran, bagian bawah biar gak oleng aku kasih dubbeltip biar gak gerak-gerak.
Ternyata jika kita mau , banyak loh barang yang kita manfaatkan, positifnya sampah berkurang tentunya tak mubazir dan lebih hemat karena tak perlu membeli barang yang sudah jadi. Kalo sudah ahli bisa juga di jual ke teman-teman. Iya gak sih?

Apakah teman-teman pernah DIY juga, barang apa yang dibuat? sharing yuk… , mana tahu teman-teman yang lain juga bisa membuatnya.

#KEBloggingCollab
Trigger post : MEmbuat DIY Dedaunan Kering

MEIKARTA “KOTA BARU” AKAN MENJADI KOTA TERMEWAH SE-ASIA TENGGARA, PERCAYA??



Apa yang teman-teman ingat saat mendengar nama “MEIKARTA” ?, Yes , sebuah iklan property memperlihatkan gedung yang tinggi dan taman yang luas tampak seorang anak perempuan yang senang sekali diajak pindah ke sana. Awal-awal ketika iklan ini muncul aku mengira Meikarta adalah sebuah nama apartemen baru. Tapi nyatanya.lebih dari itu Meikarta adalah sebuah kota baru, dimana kota ini ditata sangat apik dan benar-benar  tersusun rapi terencana. Ya, sebuah kota baru telah tercipta, dan beberapa tahun lagi ada di peta. Melihat iklan yang begitu gencar-gencarnyamenggambarkan indahnya Meikarta, terkadang jadi ikut berkhayal bisa tinggal disana :).

Bagi teman-teman yang sudah jenuh tinggal dengan kesibukan kota seperti Jakarta yang padat atau suasana yang kurang nyaman mungkin bisa menjadikan Meikarta sebagai alternatif kota   untuk menetap dan tinggal di sana. Ya, Meikarta - Cikarang. Pengunjung mall  Lippo Group dan pembaca surat kabar ternama mungkin tidak asing mendengar nama ini, nama hamparan lahan yang diklaim bisa menciptakan dunia baru bagi para penghuninya.

Di atas tanah yang digadang-gadang seluas 600 hektar (ha), Lippo Group selaku pembangun menjanjikan akan terciptanya sebuah ‘kota baru’ yang modern, elegan, serta didukung dengan infrastruktur terlengkap di Asia Tenggara. Bukan hanya hunian, beberapa fasilitas menarik di dalamnya memang terdengar menggiurkan.

Bagaimana tidak, disini akan tersedia lahan terbuka hijau seluas 100 ha yang disebut Central Park. Mall di Meikarta tak seperti yang sering  kita kunjungi atau yg kita bayangkan selama ini, Central Park yang dibuka untuk publik ini dilengkapi dengan kebun binatang mini, jogging track, dan danau yang bisa menjadi reservoir penanggulangan banjir.

Proyek pembangunan Meikarta ditaksir mencapai angka fantastis hingga 278 triliun ini rupanya memang berniat untuk membuat hidup orang-orang yang tinggal disana semakin mudah dan berkualitas. Selain apartemen dan Central Park, Meikarta akan membangun pusat bisnis, health center, stadium, sekolah, cafe, hotel, dan tentunya lokasi ini akan terhubung dengan berbagai moda transportasi yang saat ini sedang dibangun pemerintah seperti kereta api cepat Jakarta-Bandung dan LRT (Light Rail Transit).

Sampai di sini, apakah teman-teman sudah tergiur? Jika ya, Meikarta sudah melakukan penjualan perdana sejak 13 Agustus lalu dan para calon membeli yang datangpun tidak sedikit. Namun, sebelum teman-teman  bergerak lebih jauh, sebaiknya  perlu diketahui bahwa sempat tersiar kabar bahwa Meikarta belum merampungkan perizinannya hingga Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar cukup terkejut. “Belum ada izin, kok sudah diumumkan saja,” ungkapnya.

Berbeda dengan kabar yang beredar, Danang Kemayan selaku Direktur PT Lippo Karawaci memaparkan, bahwa tidak ada masalah dalam pembangunan, dan penuntasan perizinan proyek ke Pemerintah Kabupaten Bekasi dan selanjutnya sedang diproses oleh pihak manajemen.

Selain problema perizinan, proyek pembangunan raksasa ini dikaitkan dengan tudingan hegemoni Cina di Indonesia, yang mana biaya sebesar 278 triliun tidak menjadi beban bagi Lippo Group untuk mengumpulkan dana, melainkan tinggal merealisasikannya saja. Hal ini ditampik oleh CEO Lippo Group James Riady, ia menyatakan bahwa dalam pembangunan Meikarta ini melibatkan banyak mitra bisnis untuk demi mewujudkan kota yang mandiri.

Jadi, terlepas dari desas-desus perizinan dan tudingan hegemoni Cina, sebagai warga negara Indonesia apakah salah, jika kita  ikut merasa bangga akan terciptanya ‘kota baru’ termewah se-Asia Tenggara di Indonesia? Apakah kita  bersedia membuka mata dan pikiran  akan hadirnya sebuah lingkungan baru yang menawarkan masa depan lebih baik?

Semoga pemerintah bisa ikut membangun sebuah kota dengan tata ruang yang indah. Karena anak Indonesia juga butuh lingkungan yang ramah , lingkungan sehat , untuk mereka bersenang-senang bermain dan belajar. Meikarta, membuka jendela melihat luas dan indahnya dunia dalam satu kota.

Pantai Cantik di Bali yang Masih Sepi Pengunjung





Bali adalah destinasi wisata paling padat di Indonesia. Setiap tahun, jutaan wisatawan dari dalam dan luar negeri datang ke Pulau Dewata untuk menikmati keindahan alamnya, mempelajari keunikan budayanya, sampai melakukan perjalanan bisnis. Tapi siapa sangka, di balik hingar bingar wisata Bali, ternyata masih ada beberapa spot menarik yang masih sepi pengunjung. Tempat ini jadi pilihan yang cocok sekali buat kamu yang ingin pergi ke Bali untuk melakukan relaksasi. Mau tahu di mana saja tempat wisata menarik di Bali yang masih jarang dikunjungi? Catat dulu daftar hidden paradise di bawah ini sebelum kamu melakukan reservasi tiket pesawat ke Bali.

Pantai Amed
Buat kamu yang ingin menikmati suasana pantai yang lebih alami dan belum tersentuh turis secara masal, datang saja ke desa Amed, Kecamatan Bang, Kabupaten Karang Asem, yang berada di pulau bali bagian Timur. Jaraknya hanya sekitar 3 jam perjalanan darat dari Denpasar. Di desa ini ada sebuah pantai yang masih sangat terlihat natural dibanding pantai-pantai yang ada di Denpasar, Badung, atau Gianyar. Ini karena pantai Amed ini belum terlalu banyak di kunjungi wisatawan. Pantainya sangat bersih, airnya jernih dan biru, serta banyak vegetasi hijau yang menyejukan suasana. Menariknya, pantai Amed juga punya alam bawah laut yang sangat cantik. Makanya, wisatawan yang pernah berkunjung ke sana sering merekomendasikan pantai ini sebagai salah satu spot snorkeling terbaik yang ada di Bali. Meskipun masih terlihat alami, di desa Amed memiliki banyak penginapan yang bisa kamu sewa dengan harga terjangkau.

Pantai Gunung Payung
Untuk menikmati pantai yang letaknya tersembunyi di balik bukit, datanglah ke desa Adat Kukuh yang ada di Kuta Selatan, Kabupaten Badung. Letaknya tidak terlalu jauh dari pantai Pandawa. Di sini, ada pantai Gunung Payung yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Suasana pantai Gunung Payung sangat tenang. Hingar bingar perkotaan pun tidak terlalu terasa di sini. Namun karena lokasinya yang berada di balik bukit, kamu terpaksa harus mengeluarkan tenaga lebih untuk bisa mengecup bibir pantainya yang eksotis. Ini karena kamu harus berjalan menuruni bukit melewati sekitar 300 anak tangga terlebih dahulu. Namun tenang saja, pemandangan yang menawan dari atas bukit membuat rasa lelah selama menuruni anak tangga menjadi tidak terasa. Selain bersantai di pasir pantai yang sejuk sambil menikmati sejuknya hembusan angin pantai dan suara debur ombak, kamu pun bisa melihat atraksi paralayang. Di sini juga teradapat sebuah pura yang namanya disematkan pada pantai yang sepi ini, yaitu pura Gunung Payung.

Pantai Geger
Di balik popularitasnya yang sudah sampai ke luar negeri, ternyata masih ada pantai yang masih jarang dikunjungi wisatawan di kawasan Nusa Dua. Namanya pantai Geger. Pantai yang popularitasnya tidak segeger namanya ini punya pasir yang halus, pemandangan sunset yang menawan, sampai tebing batu yang eksotis. Di sini juga kamu bisa melihat kehidupan nelayan Bali yang baru pulang melaut di sore hari. Selain itu, kamu pun dapat melakukan wisata budaya dan religi ke pura Geger yang ada di sana.

Pantai Bias Bugel
Ternyata, tak jauh dari pelabuhan Padang Bai, Kabupaten Karang Asem, ada sepotong surga yang tercermin pada pantai bernama Bias Bugel. Bias Bugel sendiri mempunya arti pasir terpotong. Nama ini disematkan karena garis pantai Bias Bugel tidak terlalu panjang. Di sisinya pun terdapat baturan karang yang eksotis. Di sini juga ada semacam kolam yang terbentuk secara ala,i dari formasi karang yang ada di pantai Bias Bugel. Menariknya, kamu juga bisa melihat deburan ombak yang menjulang tinggi saat membentur karang-karang tersebut.

Pantai Green Bowl
Di balik ramainya pantai-pantai yang ada di Kabupaten Badung, ternyata masih ada pantai yang belum banyak tersentuh wisatawan. Pantai ini terletak jalan Raya Bali Cliff, Kuta Selatan. Meskipun cukup tersembunyi, pantai ini sebenarnya berada di kawasan hotel Bali Cliff. Makanya, pantai ini pun lebih banyak di kenal dengan sebutan pantai bali Cliff. Sama seperti pantau Gunung Payung, Green Bowl juga tertutup oleh tebing batu yang tinggi. Untuk mencapainya pun kamu harus menuruni anak tangga terlebih dahulu. Pantai yang sepi pengunjung ini sangat cocok untuk para surfer karena ombaknya yang cukup menantang. Menurut informasi yang beredar, nama pantai Green Bowl diambil karena pantai ini akan terlihat seperti cekungan yang bentuknya menyerupai mangkuk saat laut sedang surut. Sedangkan kata Green diambil dari warna hijau yang ada pada karang-karang yang terlihat saat air surut..

Meskipun tergolong sepi, kamu tidak akan kesulitan dalam menemukan penginapan yang nyaman di dekat pantai-pantai tersebut. Ini karena fasilitas seperti hotel sudah banyak dibangun di sana. Kamu pun bisa memesan hotel murah di Bali di Reservasi.com agar mendapatkan kamar hotel dengan penawaran harga terbaik.

Agama dan Identitas


Akhir-akhir ini banyak yang bicara soal agama, banyak yang merasa sok tahu tentang agama, termasuk saya. Setiap orang merasa perlu mengungkapkan  apa yang iya pahami, ntah itu benar atau tidak, ya termasuk saya ,lagi. :D . Tidak salah, semua sah-sah saja , mengemukakan pendapat, ini negara demokrasi semua orang boleh mengemukakan opini asal bukan menjelekkan agama orang lain, ini menurut saya, jika ada yang melakukan nya ,resiko tanggung sendiri. Siap-siap di caci maki di tengah khalayak media sosial.


Bagiku agama bukan saja sebuah kepercayaan atau hubungan pribadi dengan sesuatu yang dianggap Tuhan nya,  tapi merupakan sebuah identitas di tengah masyarakat yang heterogen. Jadi tidak ada yang salah, ketika  melakukan kesalahan agama akan turut serta disebut-sebut.

“Is.. padahal orang Islam kok kerjaan mabuk-mabukan terus “ padahal banyak agama di luar Islam juga melarang itu.


“Padahal dia sering ke gereja loh, tapi istri orang diselingkuhin”


Nah, apapun  yang kamu lakukan baik penuh pujian atau cacian agama tetap dibawa. Agama adalah identitas diri. Jadi nih , kalau ada yang bilang agama harus dihilangkan dari Kartu Tanda Penduduk alias KTP aku termasuk orang yang tidak setuju. Agama dikartu identitas itu penting, apalagi semacam KTP, mohon maaf saja kalau ada nemu mayat dijalan gak dikenal  gak tau keluarganya dimana, dan jika kebetulan bawa KTP, paling tidak sudah tahu mau dimakamkan dengan cara yang bagaimana. Terutama yang muslim yang wajib menikah dengan yang seagama, jika tidak ada kolom agama pada KTP, mana bukti bahwa calon suami beragama islam?. Selain itu bukti bahwa negara kita itu  Bhinneka Tunggal Ika, bahwa masyarakat kita memiliki agama yang beragam. 

Takut aja sih,ketika agama tak boleh diperlihatkan di kartu identitas lama-lama tak boleh juga menunjukkan agama dalam cara berpakaian,padahal khususnya Islam ada tata cara berpakaian terutama yang wanita, atau agama lain yang harus berpakaian tertentu seperti biksu atau yang lainnya, saya gak hafal. Tidak boleh juga mengucapkan kata-kata dengan idiom agama, alhamdulilah, puji Tuhan dsb. Lebih menakutkan jika simbol-simbol agama terhapus dari negri ini. Terlalu jauh ya?, tapi bisa saja terjadi.


Setuju banget kalau negara kita menolak komunisme atau atheisme. Negara dengan agama menurut ku lebih meriah, lebih teratur. Perayaan agama itu sangat menyenangkan dan mengakrabkan, ada lebaran, ada natal, ada imlek dll. Sedikit banyaknya kita menikmati semua hari raya itu kok,  minimal menikmati diskon belanja dimana-mana ketika mendekati perayaan #ehgimana :D , suasana yang meriah membuat peluang baru bagi masyarakat untuk mengais rejeki, bikin kue, bikin takjil, bikin parcel dan lainnya, serta taradisi mudik yang  seru.


Agak gimana-gimana kalau ada yang memandang agama sebelah mata. Misalnya dengan bertanya :
“ Kenapa  manusia harus tolong menolong?”
Terus dijawab
“Ya..sebagai makhluk yang beragama kita harus…….”


“Terus apakah yang tidak beragama tidak tolong menolong? buktinya yang komunis juga tolong menolong?”


Ini pertanyaan yang sengaja menjebak seperti menganggap remeh agama.Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa sebagai orang yang memiliki agama dan negra yang memiliki asas ketuhanan  wajar saja saat melakukan sesuatu atau menyebut sesuatu dengan  membawa-bawa agama.Tapi lihat situasi atau kondisi juga sih, ntar takutnya yang dengar malah eneg, kaya dia aja yang punya agama, :D.


Jika mau tau apa alasan orang atheisme mau tolong menolong, ya tanyalah pada mereka apa alasannya. Jangan tanyakan pada orang yang beragama. Jika ditanya pada orang beragama pasti bilang itu perintah Tuhan ada naluri baik yang ditanamkan Tuhan pada jiwa manusia. Pasti Tuhan akan selalu dibawa.


Menurut aku (kamu? terserah aja :D) agama juga  mencegah banyak kejahatan yang terjadi, walau banyak juga yang beragama yang berbuat jahat, tapi ada hubungan tindak kejahatan dengan agama.Perampok memiliki agama banyak, tapi lebih banyak yang gak mau merampok karena merampok itu sesuatu yang dilarang agama. Pezina itu sangat banyak tapi lebih banyak yang tercegah dari perbuatan zina karena itu karena dilarang Tuhan, seandainya tidak ada ketaatan pada agama, zina pasti meraja “enak-enakan” , selama ini yg mencegah kita, karena ingat dosa, benar kan?? . Sedangkan ada agama saja sudah merebak, apalagi jika tidak ada. Yang korupsi rata-rata memiliki agama, tetapi lebih banyak yang nggak korupsi karena alasan takut dosa.


Ya , Agama itu identitas walau sebenarnya lebih dari itu, tapi dalam pergaulan bermasyarakat  agama itu identitas.Jadi, gak usah sinis jika berurusan ke suatu instansi atau lainnya. jika harus menyebutkan agama. Misalnya ketika mendaftar di Rumah Sakit, saya sangat yakin bukan maksud membedakan atau pengobatan dibeda-bedakan, tapi itu adalah data identitas diri. Misalnya yang nama  Nova itu banyak, nanti berkas riwayat penyakit tertukar bagaimana? jadi Identitas yang ada sebagai pembedanya. Toh buktinya RS  yang yayasannya  beda agama tetap ditawarkan diperlakukan dengan baik kan?, jika ada perbedaan karena agama di RS tertentu  mungkin hanya oknum,  kita bisa melapor ke pihak terkait. Di Bank pun begitu saat mengisi formulir awal pendaftaran ada kolom agama yang harus di isi, ya wajarlah negara kita negara agama kok, apalagi sekarang ada perbankan syariah, tapi saya rasa non muslim pun  boleh menikmatinya (CMIWW) . Bagi aku tabungan syariah cocok banget buat orang seperti aku yang nabung nggak banyak, uang pokok tetap utuh walau gak ditambah selama tiga bulan. Beda banget kalau konvensional awal nabung  buka 1 juta, tiga bulan lagi mau nyetor eh, tabungan berkurang sekian puluh ribu. Jadi kalau mau nabung ya ke syariah saja, nitip duit ;D. Loh? kok jadi bahas ini, #ngelantur.

Begini saja, sebagai yang memiliki agama dengan negara yang berketuhanan yang maha esa, gak usahlah sinis dengan kata “Agama”. Jika ada ulama yang menganjurkan sesuatu ya itu sudah menjadi tugasnya, jika gak mau nurutin, itu urusan masing-masing. Banyak menyeru agar jangan mencuri, toh yang mencuri banyak. Sampai muncrat-muncrat  melarang jangan ini itu, tapi yang melanggar tak terhitung. Ya itu tugas mereka kok, kita gak bisa protes, mau setuju atau nggak itu balik ke pribadi masing-masing saja. Asal yang diseru itu tepat kepada jemaahnya. Ustadz dan ulama kepada jemaah muslim, dan pendeta menyeru kepada jemaat nya.  Kecuali menyerukan sesuatu yang berbau agama ketika umat bercampur  baur, misalnya acara kemerdekaan atau sumpah pemuda yang dihadiri oleh lintas agama. 

Benar jika Indonesia  adalah negara beragama, dan bukan milik satu agama. Tapi jangan tuduhkan sesuatu pada satu agama jika belum jelas kepastian dan faktanya . Apalagi tuduhan itu keluar dari mulut orang yang gak jelas menjalankan agamanya apa, dibilang muslim tapi gak patuh dengan aturan, dibilang kristen gak terdaftar di gereja, apalagi jika sampai linglung dengan kepribadiannya.

JIKA AKU DIGOSSIPKAN



Menjadi bahan gossip itu gak enak banget, serasa ditusuk dari  belakang serasa dikhianati. Aku sendiri  berusaha untuk menghindari bergossip ria,kecuali lagi  kepepet  hahahaha.. sama aja dong.  Sebenarnya yang namanya ghibah itu antara pencetus awal, penimpal, dan pendengar (menikmati) punya dosa yang sama , tapi dalam keadaan tertentu agak susah menghindarinya, tapi  minimal tidak ikut menambahi, dan tidak ikut menyebarluaskan ke orang lain. Gossip yang diterima mending dikubur dalam-dalam apalagi itu aib orang lain, semoga dengan begitu  Tuhan berbelas kasihan pada kita dan menutupi aib yang kita punya  (ntah itu apa..hanya Tuhanlah yang tahu).

Kado Istimewa di Hari Ibu

Berawal dari sebuah kontes Blog untuk menyambut Hari Ibu dengan Tema Hati Ibu Seluas Samudra, Pak de Abdul Cholik sebagai sohibul kontes memiliki ide cemerlang, dengan mengumpulkan sebanyak 125 artikel para blogger pendaftar kontes untuk dijadikan/diterbitkan menjadi sebuah buku yang keren.

Sebuah Buku yang berjudul Hati Ibu Seluas Samudra. Buku ini berisi tentang pengakuan sosok ibu menurut pengakuan 125 blogger . Banyak senyum, kisah manis, bahkan juga duka yang dialami seorang ibu dalam menjalani semuanya dengan tegar, ikhlas dan sabar. Ibu memang bukan makhluk dengan sifat sempurna, tapi ibu adalah pemilik kasih sayang yang tulus dan sempurna untuk anak dan keluarganya. Tanpa memperingati hari ibu, diucapkan atau tidak, sosok ibu tetap segalanya dihati anak-anak mereka.

Senang rasanya bisa ikut jadi kontributor dalam antologi buku Hati Ibu Seluas Samudra. Ini kali kedua aku ikut proyek antologi dari eventnya para blogger.

Buku ini jadi kado istimewa yang dipersembahkan tepat dihari Ibu 22 Desember 2014, selamat hari ibu untuk semua ibu di indonesia.


Judul : Hati Ibu Seluas Samudra
Penulis : Susan, Diah Kurnia Sari,Abdul Cholik, dkk (122 Blogger lainnya)
Penyunting : Tim Sixmida
Desain Isi : SixmidArt Desain Sampul : Dani S.
Penerbit : Sixmidad, Bogor
Tahun : Cetakan pertama
Desember 2014
ISBN : 978-602-0997-02-5
Jumlah Halaman : xii+624 halaman
Ukuran : 15×21 cm
Harga : Soft cover : Rp. 75.000 hard cover Rp. 115.000 + Ongkir.
Order : Melalui inbox
Facebook : Belalang Cerewet

Puisi Antologi Pertamaku


Sejujurnya…(cie…) udah lama banget pengen punya buku  puisi karya sendiri, bahkan sudah aku print sebagian…..dan menghayal punya buku puisi. Puisiku rata-rata udah ku posting di blog ini. Kalau udah menulis puisi biasanya tanganku gatal pengen di post ke blog, ga tahan kalau mesti disimpan..apalagi kalau nulis dikertas selembar takut aja kebuang.

Sekitar pertengahan tahun 2013 lalu (gak ingat kapan tepatnya) Warung Blogger yang dikompori  (he2) oleh pak dhe Abdul Cholik punya misi besar yaitu proyek untuk menerbitkan buku diakhir tahun  2013 dengan berbagai macam kategori yang merupakan karya para anggota grup Warung Blogger, termasuklah,….kategori puisi 

Aku mengirim beberapa puisi dengan beberapa tema, seingatku aku ngirim semuanya kecuali tema “Ibu” saat itu aku ga punya stok puisi tentang ibu ( jadi nyesal..) . Awalnya aku ragu akhirnya aku nanya-nanya dengan Mas Insan Robbani (Admin Warung Blogger), boleh…ga? Kirim puisi yang udah pernah tampil di blog… katanya boleh.., silahkan lanjut ke email Belalang Cerewet (Rudi G.Aswan). Hasil penjualan buku akan digunakan untuk Amal. Aku jadi tambah semangat..semoga puisi amal ini memberikan keberkahan untuk semua kontributornya… aamiin.
Maka…….
Taraaaaaaa!!!
Terbitlah sebuah buku :  Harmoni~Antologi Puisi Warung Blogger  dengan 32 Penulis Kontributor didalamnya dan termasuk namaku ikut terpajang disana (Alhamdulilah..yah…)



Judul Buku                  :Harmoni~Antologi Puisi Warung Blogger
Penulis                        :Abdul Cholik: Menara Larasti, Zulfa Nurul Alawiyyah, dkk
Pemeriksa Aksara       : Rudi G.Aswan
Desain Isi                    :SixmidArt
Desain Sampul            :SixmidArt
Cetakan Pertama         :Januari 2014
Penerbit:Sixmidad       :Bogor
ISBN                            :978-602-14595-4-6
Jumlah hlm                  :142 hlm
Harga                           :Rp.35.000
Profilku di Antologi Harmoni

Adapun para Kontributornya adalah:
Abdul Cholik, Abi Sabila,Achmad Edi Goenawan,Achmad Rifaldi, Akmad Muhaimin Azzet, Anies Anggara, Dewi Fatma,Edrida Pulungan.Ea Lisnawati,Harmadi Halil,Hikmat Firmansyah,Kevin Evannanda Septian,Lea, Lianny Hendrawati,Lily Suhana,Mechta Deera,Menara Larasati, Mugniar,Nina Kirana,Noorma Fitriana M.Zain,Nova Violita,Nur Aini Iswati Hasanah, Phie,R.Zabriansyah Hakim,Rudi G.Aswan,Sang Shafa, Shofie Akmala Lutfie,Sjahrijati Yati Rachmat,Sukadi Brotoadmojo,Sunardi, Tita Kurniawan,Tiwwi Widyawati, Vera Astanti, Zuhanna Anibuddin Zuhro, Zulfa Nurul Alawiyyah.

Selamat untuk semua penulis yang tercakup didalamnya, semoga ini menjadi langkah awal untuk menerbitkan buku yang lainnya.. (ini..khusus buat yang belum punya buku ..seperti saiiyyya…. :)     )

Oh iya…. Buat teman-teman yang ingin memiliki nya… silahkan inbox langsung ke facebook mas Rudi G.Aswan/ Belalang Cerewet  atau bisa juga inbox ke facebook ku disini harganya cukup terjangkau hanya Rp 35.000,- saja, ingat  hasil penjualannya untuk amal, nah jika ingin beramal banyak… silahkan beli bukunya..ya… :)

 -----
novili

6*J-Theme