BIDURAN

21:34:00


Beberapa hari yang lalu aku dan teman-teman kantor mengadakan buka puasa bersama. Menumakanananya macam-macam ada cah kangkung pakai bakso, ayam bakar,ikan bakar, capcai campur cumi, sambel ikan teri plus jachkichan alias jengkol haahah. Sepulang dari buka bersama aku dan suami lanjut menyantap  sate madura, alasannya sih masih belum kenyang. Tengah malam aku merasakan bagian kaki dan tanganku begitu gatal bentol-bentol. Aku mengingat-ingat kenapa bisa begini., rasanyaaku dari tadi tidak ada di kerubungi nyamuk. Telapak tangan dan kaki terasa panas dan memerah saking gatalnya, positif aku terserang biduran/kaligata/liman, ku coba membalurnya dengan minyak kayu putih namun beberapa saat gatal mulai muncul lagi, lama-lama gatal menyebar ke punggung,perut,leher bahkan kepala, berasa kutu tiba-tiba banyak. 

Keesokannya ibuku menyarankan digosok dengan parutan kunyit dan kapur, tapi males banget buat ngelakuinnya pasti nanti jadi kuning-kuning, atau minum air kelapa,tapi gak mungkin karena siang itu sedang melaksanakan ibadah puasa Romadhan. Akhirnya pada malam harinya aku dianjurkan suami untuk mengkonsumsi obat Mebhydroline 50 gram, ku minum saat ingin tidur dan ketika sahur satu butir sekali minum. Alhamdulilah cuma dua kali minunm gatalnya langsung hilang dan bentol-bentol sudah tidak ada lagi. 

Aku penasaran sebenarnya biduran itu apa sih, akhirnya search di mbah google. Biduran , kaligata ,liman, atau urtikaria adalah reaksi alergi (melibatkan pembuluh darah atau vaskuler) pada kulit (dan mukosa) yang ditandai denganbentol-bentol (adakalanya hanya berupa bercak merah) pada kulit, berwarna merah atau berwarna keputihan dan gatal, sebagai akibat pembengkaan (edema)interseluler. Singkatnya,urtikaria terjadi sebagai akibat pelebaran pembuluhdarah (istilah kerennya: vasodilatasi) dan peningkatan kepekaan pembuluh darah kecil (kapiler) sehingga menyebabkan pengeluaran cairan (transudasi) dari membran pembuluh darah, akibatnya terjadi bentol pada kulit. 

Kondisi ini dikarenakan adanya pelepasan histamin yang dipicu oleh paparan alergen (bahan atau apapun pencetus timbulnya reaksi alergi). Faktor pencetus terjadinya urtikaria, antara lain: makanan tertentu ( biasa makanan laut atau daging-dagingan), obat-obatan, bahan hirupan (inhalan), infeksi, gigitan serangga, faktor fisik, faktor cuaca (terutama dingin tapi bisa juga panas berkeringat), faktor genetik, bahan-bahan kontak (misalnya: arloji, ikat pinggang, karet sandal, karet celana dalam, dll) dan faktor psikis. 
Seafood Salad, Udang, Roket, Peterseli, Chicory, Salad
Udang, cumi, dan makanan laut bisa memicu timbulnya biduran
Gejala atau tanda-tanda biduran yakni bentol atau bercak meninggi pada kulit, berwarna merah dan berwarna keputihan jika ditekan, gatal, dengan berbagai variasi bentuk dan ukuran. Penampakannya beragam, mulai yang ringan berupa bentol merah dan gatal hingga ke wajah, bibir membengkak, daun telinga menebal dan tepi mata pun ikut bengkak adakalanya disertai demam.Parah tidaknya biduran tergantung kondisi.. Ada yang hilang tanpa obat..bahkan ada sembuh setelah beberapa minggu. Jika Biduran atau urtikaria  menyerang,  mending langsung ke dokter saja, apa lagi jika di sertai demam. Dan jika teman-teman termasuk orang yang langganan biduran ada baiknya mengingat-ingat apa pencetus biduran itu dan sebisanya menghindari pencetus tsb, seperti kejadian menimpaku kemungkinan adalah alergi setelah memakan seafood pada saat buka puasa. 
 
Mebhydroline 50 gram adalah obat yang  digunakan untuk mengurangi gejala-gejala alergi seperti, urtikaria (gatal-gatal), urtikaria idiopatik kronis, dan alergi kulit lainnya. Biasanya obat ini memiliki efek samping yaitu rasa kantuk, karena itu obat ini tidak dianjurkan diminum disaat akan bepergian dan menggunakan kendaraan bermotor. Nah untuk teman-teman yang punya alergi atau kebiasan terkena biduran obat ini bisa jadi pertolongan pertama, tapi ada baiknya konsultasi kedokter.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

1 komentar

  1. hmm, meski keliahatannya ringan tapi harus segera ditangani, supaya tidak bertambah parah dan tentunya biar cepet sembuh, daripada ngga dirawat sama sekali ..
    makasih atas share pngalamannya :)

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA