LEBARAN TEKOR

03:21:00




"Lebaran Sebentar lagiiii......"

Tak terasa kita telah melewati lebih setengah bulan Ramadhan, dan itu artinya lebaran Idul Fitri kian dekat.
Biasanya sebagian masyarakat pada saat lebaran ingin semuanya serba baru sampai-sampai underwear pun ingi yang baru hhihiihii.. :)
Inilah yang membuat tekor pengeluaran dan terserang kanker alias kantong kering.

Logikanya di saat Ramadhan pengeluaran kita justru berkurang karena makan kita berkurang tidak ada jajan atau ngemil ini dan ngemil itu di siang hari. Tapi pada kenyataannya bukannya hemat tapi justru membuat pengeluaran meningkat berkali-kali lipat. Kenapa demikian?? yaitu karena harga-harga kebutuhan meningkat di saat menjelang romadhan juga karena menu yang disajikan pada saat berbuka dan sahur di buat lebih spesial, yang biasanya pada hari biasa tidak pernah di buat kini disajikan penuh di meja makan..(padahal kenyataannya meminum segelas air putih dan sepiring nasi, sudah membuat kenyang...)
Selain itu ada satu hal yang membuat tekor yang paling dominan yakni Sifat Konsumtif di saat menjelang lebaran.

Ketika lebaran semuanya ingin tampil baru , rumah di cat biar lebih mentereng, sofa baru, gorden baru,tv baru , dan peralatan dapur pun ingin yang baru..pakaian dan kendaraan pun ingin yang baru,pokoke serba baru deh..belum lagi soal kue dan hidangan lebaran...

tidak menutup kemungkinan menjadi tekor atau malah justru terbelit hutang. Dapat info dari kerabat yang bekerja sebuah dealer motor, bahwa penjualan secara kredit meningkat disaat akan lebaran, Mereka bela-belain ngeredit hanya karena ingin tampil beda..dan setelah dua atau tiga bulan setelah lebaran banyak kendaraan yang disita depcolector karena kredit macet.... Hfhffffff.... Kcian...kcian... Semuanya krena ingin tampil baru..

Masyarakat (sebagian) jadi lebih konsumtif pada saat sekarang ini, padahal mereka tahu ...harga-harganya pasti lebih mahal di banding bulan-bulan lain selain bulan puasa... Kenapa tidak belanja beberapa bulan sebelum romadhan saja...?????( tau deh......)

Dan kita semua tahu bahwa dengan berpuasa kita dianjurkan untuk lebih menanamkan pengendalian diri terhadap hawa nafsu yang bersifat keduniaan..termasuk nafsu gila belanja (betul..betu...betul... ?)

Yaaah....
Katanya pada saat lebaran hari kemenangan..justru sebenarnya kita kalah...kalah mengendalikan hawa nafsu..
(jadi gak menang dunk.....??? Terus yang menang apa..nya..??? )

Sebaiknya kita memilah-milah mana yang paling penting,paling perlu dan di butuhkan itu yang kita beli...
Membeli sesuatu karena perlu dan butuh bukan karena ingin...
Jangan "menghamburkan" rejeki yang mungkin seharusnya kita dapat berbagi dengan yang kurang mampu..
Sebaiknya kita tekan pengeluaran jangan sampai lebaran membuat kita tekor.. (ni postingan... Sekalian buat nasihati diri sendiri...wkwkwk... *jujur banget sih...)

Konsumtif disaat lebaran tak hanya membuat tekor keuangan tapi juga berdampak pada kejiwaan seseorang. Seseorang bisa stress karena tidak semua kebutuhan dan keinginannya terpenuhi...
Apa lagi jika memiliki sifat dengki dan iri hati..
Melihat tetangga beli sofa baru > sakit kepala..
Melihat tetangga beli kulkas > sakit gigi
Melihat tetangga punya kendaraan baru > demam..
Melihat tetangga punya suami/istri baru > pingsan (nah lo??;D)

Lebih lebih yang memiliki kebiasaan mudik..pulang kampung mesti tampil beda dunk, biar kesannya sukses merantau..ya kalau tidak biar kelihatan lebih gaul geethoo..
Ada baiknya bagi yang memiliki keuangan terbatas..jika membawa uang untuk belanja bawa sepelunya saja, takut jika tiba-tiba terserang penyakit mata keranjang dan maruk ...apa-apa mau dibeli..kikiiiki :D
Bahkan jika diminta menemani teman shopping,jangan mau kecuali dia janji mau membelikan ..hahay..., soalnya kalau ikut dan melihat barang bagus..pesti ingin beli
"eh.. Kamu gak beli.. Ngambil satu...bajunya lucu loh.."
" aku gak bawa uang... Lain kali aja lah..."
(padahal emang gak punya...lagi minus..hehhe)
"ya udah..... Pakai uang ku saja..ntar kapan-kapan kamu bayar..."
"hmmmmm...(pura-pura mikir)....... Ya..oke lah , aku ambil satu....."
Nahhhhh......sukses satu jalan ...membuat tekor...

-----****
Hhfhhffh....
Yang penting tanamkan sifat ikhlas dan legowo atau berbesar hati..tak semua keinginan dapat terpenuhi...jangan sampai stress deh tu.. Apa yang dianggap baik sekarang belum tentu membawa kebaikan di hari esok...

Jadi....
Bagai mana dengan anda..kamu..saya..kita lebaran ini???

Tekor duit plus tekor amal kah???... (jangan sampai ya... :)

Dah dulu yaaaa....
Sampai jumpa postingan berikutnya..
Salam bahagia buat semua..
daaaaaghhhh....
)* sambil menghitung baju baru di lemari..hihihihihi...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

2 komentar

  1. Bener banget, Mbak... untung kami sekeluarga jauh daru budaya konsumerisme jelang lebaran. :) Salam kenal, Ira

    ReplyDelete
  2. Bener mba kerasa sama qu jd pgn dandanin rumah thr bukannya awet malah jebol hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih atas kunjungannya, jangan lupa tinggalkan kritik dan sarannya di sini yach...:), Tidak terima komentar spam dan komentar mengandung Link atau brokenlink akan dihapus..

FOLLOWERS

LIKE NASHHAH ON FB

GOOGLE FOLLOWERS

VIVA LOG

PAGEVIEWS

RANK ALEXA